News

Sentra Vaksinasi Bersama BUMN Hadir di 5 Lokasi

29 Mar 2021|Fadli Adzani
Sentra Vaksinasi Covid-19 Bersama BUMN di Jakarta diselenggarakan di Istora Senayan dan Tennis Indoor Senayan.Sentra Vaksinasi Covid-19 Bersama BUMN kini tersedia di 4 kota dan 5 lokasi.

Pemerintah Republik Indonesia (RI) terus mendistribusikan vaksin Covid-19 untuk menekan jumlah kasus virus corona di Tanah Air. Guna mempercepat proses pendistribusian vaksin Covid-19 ini, pemerintah menghadirkan Sentra Vaksinasi Covid-19 Bersama BUMN.

Menurut situs Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Sentra Vaksinasi Bersama BUMN adalah hasil kolaborasi antara Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kementerian Kesehatan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan Indonesia Healthcare Corporation (IHC) yang bertujuan untuk mendukung kelancaran program nasional vaksinasi Covid-19.

Jika sebelumnya Sentra Vaksinasi Covid-19 Bersama BUMN ini hanya diselenggarakan di Istora Senayan Jakarta saja, kini program ini telah hadir di empat kota besar di Indonesia.

Lokasi dan jadwal Sentra Vaksinasi Bersama BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir pun menegaskan bahwa pendistribusian vaksin Covid-19 harus dipercepat agar bisa mewujudkan Indonesia Sehat.

Menurutnya, Sentra Vaksinasi Bersama BUMN dapat mempermudah akses masyarakat serta memperluas cakupan vaksinasi program pemerintah. Nantinya, data peserta vaksin Covid-19 ini akan didapatkan melalui pendaftaran dan pendataan berbasis teknologi dari Kementerian BUMN, Kementerian Kesehatan, serta peserta umum yang berbasis komunitas.

Hingga bulan Maret 2021, program Sentra Vaksinasi Covid-19 Bersama BUMN telah menjangkau lima lokasi di empat kota, di antaranya:

  • Istora Senayan Jakarta: 8 Maret – 8 Mei
  • Tenis Indoor Senayan Jakarta: 21 Maret – 21 Mei
  • Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Semarang: 21 Maret – 21 Mei
  • Gelanggang Olahraga (GOR) Satria Banyumas: 31 Maret – 31 Mei
  • Grand City Exhibition Centre Surabaya: 28 Maret – 28 Mei.

Siapa saja yang boleh ikut Sentra Vaksinasi Bersama BUMN?

Dilansir dari CNBC, Ketua Satgas Sentra Vaksinasi Bersama BUMN Arya Sinulingga menegaskan bahwa saat ini terdapat dua kelompok yang menjadi sasaran utama Sentra Vaksinasi Bersama BUMN, yakni orang lanjut usia (lansia) dan petugas publik.

Menurutnya, hal ini sejalan dengan tahapan program vaksinsasi Covid-19 yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

Lantas, bagaimana cara untuk mendaftarkan diri ke Sentra Vaksinasi Covid-19 Bersama BUMN ini? Lansia dan petugas publik bisa mendaftarkan dirinya langsung melalui situs Loket.com.

Namun perlu diingat, tautan (link) pendaftarannya akan berbeda-beda sesuai dengan lokasi yang dituju. Tautan pendaftaran ini dapat dilihat secara lengkap di akun Instagram @SentraVaksinasiBUMN.

Sebelum mengikuti program Sentra Vaksinasi Covid-19 Bersama BUMN, peserta dianjurkan untuk menjaga kondisi kesehatannya. Coba cek dulu apakah tubuh Anda memiliki penyakit komorbid atau tidak dengan menjawab beberapa pertanyaan skrining Kementerian Kesehatan RI di SehatQ.

Sebab, jika penyakit komorbid ini baru terdeteksi sebelum melakukan vaksin Covid-19, maka pemberian vaksin akan ditunda atau bahkan dibatalkan.

Bagi Anda yang sedang menjalani pengobatan rutin penyakit kronis, bawalah surat rekomendasi vaksin dari dokter spesialis yang menangani Anda.

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Vaksin LansiaCoronavirusVaksin Corona

CNBC Indonesia.
https://www.cnbcindonesia.com/news/20210327155943-4-233350/ada-5-sentra-vaksinasi-covid-19-bersama-bumn-cek-lokasinya
Diakses pada 29 Maret 2021

CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210327150344-25-622827/sentra-vaksinasi-covid-19-bersama-bumn-hadir-di-4-kota
Diakses pada 29 Maret 2021

Covid 19. https://covid19.go.id/p/berita/sentra-vaksinasi-bersama-bumn-terima-lansia-non-dki-daftar-di-loketcom
Diakses pada 29 Maret 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter