Makan Sehat

Rekomendasi Selai Coklat yang Enak untuk Olesan Roti Saat Sarapan

15 Sep 2021|Bayu Galih Permana
Rekomendasi selai coklat untuk olesan rotiRekomendasi selai coklat yang enak untuk sarapan

Dalam memilih selai untuk olesan roti, setiap orang mempunyai rasa kesukaannya masing-masing. Dari berbagai macam varian rasa, selai coklat merupakan salah satu yang digemari cukup banyak orang. Rasanya yang manis membuatnya cocok untuk mengisi energi supaya kamu lebih bersemangat  dalam menjalani hari.

Meski begitu, kamu yang menderita obesitas atau diabetes sebaiknya tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Kandungan gula dan kalori yang tinggi dalam selai coklat dapat berpotensi memperparah kondisimu.

Nilai gizi dalam selai coklat

Selai coklat adalah makanan yang memiliki nilai kalori tinggi. Hal tersebut dikarenakan bahan utama pembuatnya adalah gula. Oleh sebab itu, penderita diabetes atau obesitas disarankan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Sebagai alternatif, produk selai coklat rendah kalori bisa dijadikan pilihan.

Berikut nilai gizi yang terkandung dalam 2 sendok makan (32 gram) selai coklat merk Nutella:

  • Kalori: 200 kalori
  • Lemak: 19 gram
  • Karbohidrat: 17,2 gram
  • Gula: 21 gram
  • Protein: 15 gram
  • Sodium:12,8 mg

Nilai gizi yang terkandung dalam masing-masing selai coklat mungkin akan berbeda satu sama lain, tergantung komposisi bahan di dalamnya. Contoh, selai yang memakai banyak gula tentu jumlah kalorinya akan lebih tinggi.

Rekomendasi selai coklat untuk olesan roti saat sarapan

1

Nutella Chocolate Hazelnut Spread

Rekomendasi selai coklat yang enakNutella Chocolate Hazelnut Spread (Sumber foto: Nutella)

Nutella Chocolate Hazelnut Spread merupakan salah satu selai coklat yang sangat terkenal dan mempunyai banyak penggemar. Paduan antara coklat dan kacang hazel di dalamnya membuat selai ini bercita rasa unik dan autentik ketika dimakan.

Selai coklat dari Nutella ini memakai bahan-bahan terbaik yang dipilih dengan cermat, sehingga kamu tidak perlu ragu lagi mengenai kualitasnya. Nutella Chocolate Hazelnut Spread bisa dibeli dengan harga mulai Rp70.000 untuk kemasan 350 gram.

2

Ceres Spread Double Hazelnut

Rekomendasi selai coklat yang enakCeres Spread Double Hazelnut (Sumber foto: Delfi)

Ceres Spread Double Hazelnut adalah selai yang memadukan antara coklat dengan kacang hazel. Produk ini dibuat menggunakan bahan-bahan pilihan sehingga kualitas rasanya sudah tidak perlu diragukan.

Ideal dipadukan dengan roti tawar, kamu juga bisa mengombinasikan selai ini dengan biskuit, kue, hingga es krim. Selai coklat dari Ceres ini dapat kamu beli dengan harga mulai Rp47.000 untuk kemasan 350 gram.

3

Ovomaltine Crunchy Cream

Rekomendasi selai coklat yang enakOvomaltine Crunchy Cream (Sumber foto: Ovomaltine)

Memadukan antara selai coklat dengan butiran granul Ovaltine, Ovomaltine Crunchy Cream memiliki tekstur renyah saat dimakan. Selai ini cocok dimakan sebagai olesan roti, isian kue, hingga topping martabak manis.

Dari sisi kesehatan, Ovomaltine Crunchy Cream disebut kaya akan nutrisi karena memadukan 11 vitamin dan  mineral. Kamu bisa mendapatkan selai coklat crunchy ini dengan harga mulai Rp78.000 untuk kemasan 380 gram.

4

Goldenfil Choco Crunchy

Rekomendasi selai coklat yang enakGoldenfil Choco Crunchy (Sumber foto: Goldenfil)

Goldenfil Choco Crunchy merupakan selai coklat yang memiliki tekstur renyah saat dikunyah. Tekstur renyah selai Goldenfil ini diklaim murni berasal dari coklat, tanpa memakai tambahan sereal.

Cocok dipakai sebagai olesan roti, selai coklat crunchy ini aman dikonsumsi karena telah lolos uji dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, serta mempunyai sertifikat halal MUI. Harga selai coklat Goldenfil Choco Crunchy dijual mulai Rp42.000 untuk kemasan 1 kg.

5

Tropicana Slim Chocolate Spread

Rekomendasi selai coklat yang enakTropicana Slim Chocolate Spread (Sumber foto: Tropicana Slim)

Selai coklat crunchy dari Tropicana Slim ini dibuat tanpa menggunakan tambahan gula pasir. Absennya gula pasir membuat Tropicana Slim Chocolate Spread cocok dikonsumsi penderita diabetes maupun obesitas.

Selain itu, nilai kalori dalam Tropicana Slim Chocolate Spread juga lebih sedikit dari produk serupa lainnya, yaitu 50 kalori per 10 gram. Harga selai coklat rendah dari Tropicana Slim ini dibanderol mulai Rp75.000 untuk kemasan 300 gram.

Sarapan

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/nutella
Diakses pada 15 September 2021

Nutritionix. https://www.nutritionix.com/
Diakses pada 15 September 2021

Nutella. https://www.nutella.com/id/
Diakses pada 15 September 2021

Tropicana Slim. https://tropicanaslim.com/
Diakses pada 15 September 2021

Ovomaltine. https://www.ovomaltine.com/
Diakses pada 15 September 2021

Goldenfil. http://goldenfilindonesia.simplesite.com/
Diakses pada 15 September 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter