Makan Sehat

Lebih Sehat dari Roti Biasa, Ini Pilihan Roti Gandum untuk Diet yang Ada di Pasaran

02 Jun 2021|Ade Irawan
Roti gandum terenak untuk bantu dietPunya rasa yang gurih, roti gandum jadi pilihan makanan yang nikmat untuk diet

Dewasa ini, roti gandum mendadak naik pamor lantaran banyak orang yang ingin hidup lebih sehat. Roti gandum ini dipercaya baik untuk para penderita diabetes dan orang yang mengalami masalah pencernaan. Mungkin kamu pun salah satu yang ingin mulai mengganti roti putih biasa dengan roti gandum untuk diet sebagai menu sarapan. 

Pilihan roti gandum di pasaran pun cukup banyak. Masing-masing menawarkan keunggulan dari segi rasa, kelembutan, dan pastinya harga. Untuk itu, ada baiknya ketahui beberapa pilihan roti gandum terbaik yang bisa dipilih.

Tips memilih roti gandum untuk diet terbaik

roti gandum untuk diet yang sehat
Roti gandum sangat cocok untuk jadi menu sarapan diet sehat

Produk boleh sama-sama roti gandum, tapi pasti ada perbedaan satu dengan lainnya. Di samping itu, kamu pun pasti punya preferensi sendiri untuk memilih roti gandum yang pas dengan selera. Kamu bisa mulai mencarinya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Baca label kandungan nutrisi

Biarpun sangat penting, masih banyak orang yang mengabaikan kandungan nutrisi yang ada di setiap kemasan makanan. Dalam memilih roti gandum, pastikan kamu tidak melewatkan informasi yang satu ini. Biasanya, label pada kemasan akan menampilkan kalori roti gandum serta nutrisi lainnya. Roti gandum rendah kalori merupakan pilihan sarapan tepat untuk diet.

2. Hindari pemanis tambahan yang berlebih

Roti gandum memiliki rasa yang cenderung gurih. Untuk beberapa orang yang suka makanan manis, rasa ini kurang diminati. Nah, beberapa produk roti biasanya menambahkan gula atau pemanis lainnya untuk membuatnya lebih manis.

Sayangnya, tambahan pemanis ini membuat kalori roti gandum jadi semakin tinggi. Karena itu, perhatikan pemanis yang digunakan dalam roti. Pastikan tidak mengandung pemanis buatan yang tidak sehat.

3. Pilihan gandum utuh atau campuran

Gandum utuh tetap lebih baik karena serat yang ada di dalamnya lebih banyak. Namun, ada beberapa merek roti gandum yang mencampurnya dengan bahan lain untuk mendapatkan tekstur yang diinginkan. Untuk itu, kamu perlu mengecek kembali penggunaan bahan yang dipakai dalam roti.

4. Cek tekstur roti

Roti gandum terbilang lebih keras dan padat. Tekstur tersebut didapat dari penggunaan gandum utuh di dalamnya. Jika menemukan roti gandum yang lembut, biasanya produsen roti menambahkan bahan lain di dalamnya.

5. Harga

Ketimbang roti putih biasa, roti gandum punya harga yang lebih mahal. Biasanya juga, roti gandum dengan bahan berkualitas punya harga yang lebih tinggi lagi. Untuk itu, sesuaikan dengan budget dan selera kamu saat ingin membelinya.

Rekomendasi merek roti gandum terenak

Roti gandum sudah cukup nikmat hanya dengan dioleskan mentega (butter) atau selai kacang. Kamu pun bisa mencoba menu sarapan lain dengan roti gandum. Untuk mencobanya, kamu bisa pilih rekomendasi roti gandum yang enak di bawah ini.

1

Roti Gandum Sari Roti

Roti gandum yang sangat enak dari Sari RotiSari Roti sangat mudah didapatkan di minimarket dan pasar swalayan

Merek roti gandum pertama yang bisa dipilih adalah keluaran Sari Roti. Pilihan yang satu ini terbilang cukup dekat dengan masyarakat Indonesia. Kamu bisa mendapatkan roti gandum Sari Roti di minimarket atau warung kelontong yang ada di sekitar rumah.

Roti gandum yang satu ini memiliki tekstur yang lembut dan mudah disobek. Biarpun lembut, Sari Roti menggunakan gandum utuh dalam pembuatannya. Roti gandum Sari Roti dibanderol dengan harga Rp18.500 per kemasan.

2

Roti Tawar Gandum Mr. Bread

Roti gandum terbaik dan murahPilihan roti gandum dengan harga terjangkau dan rasanya enak

Selain Sari Roti, Mr. Bread juga lumayan merajai beberapa minimarket di kota-kota besar. Varian roti gandumnya memilih rasa yang gurih dengan tekstur yang lebih lembut. Roti ini tidak memiliki mengandung kadar gula yang tinggi.

Roti gandum Mr. Bread juga terbilang lebih terjangkau dibanding dengan merek populer lainnya. Kamu hanya butuh mengeluarkan uang sebesar Rp15.000 untuk setiap kemasan isi 8 slice.

3

Roti Gandum Garmelia Bakery

Roti gandum terbaik tanpa tambahan pemanis buatanRoti gandum buatan rumah untuk para penderita diabetes

Merek Garmelia Bakery sudah cukup populer di Bandung dan sekitarnya. Roti ini pun sering jadi pilihan untuk mereka yang sedang menjalani diet sehat atau para penderita diabetes. Garmelia Bakery selalu menggunakan bahan alami yang aman untuk dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga.

Roti gandum yang satu ini pun mengandung karbohidrat yang bisa membantu menyehatkan pencernaan. Rasa roti gandumnya pun cukup gurih biarpun tanpa tambahan apa pun. Harga roti gandum Garmelia Bakery adalah Rp18.000.

4

Roti Tawar Funwari Gandum Myroti

Roti tawar gandum yang lembut dan enakAlternatif roti tawar gandum untuk kamu yang suka tekstur lembut

Myroti merupakan alternatif produk roti yang bisa didapatkan dengan mudah di minimarket. Teksturnya lembut dan rasanya sangat gurih. Roti yang satu ini cocok disantap untuk sarapan dengan teh manis atau cokelat hangat untuk memberikan energi pada pagi hari.

Dalam setiap kemasannya, Myroti memberikan 8 lembar roti gandum bernutrisi dengan harga yang terjangkau. Roti ini bisa didapat di minimarket atau warung kelontong dengan harga Rp16.500.

5

Pepperidge Farm Whole Grain

Roti tawar gandum terbaikRoti gandum premium untuk kamu yang mencari rasa dan kualitas terbaik

Satu merek yang harus kamu lirik kala memilih roti gandum adalah Pepperidge Farm Whole Grain. Roti yang satu ini mengandung serat yang baik untuk membantu menyehatkan pencernaan sekaligus menurunkan berat badan. Pada bagian atas roti, kamu pun masih bisa merasakan tekstur kasar dari gandumnya.

Rasa roti ini sangat gurih dan sedikit hambar karena benar-benar menggunakan gandum utuh. Mungkin kamu butuh menambahkan selai atau isian lain sesuai selera. Produk ini mungkin hanya bisa didapat supermarket yang menyediakan produk impor.

Sarapan SehatTips DietMakanan DietSarapanDiet SehatDiet Vegan
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email