Makan Sehat

Review Mie Goreng Shirataki dan Mug Cake dari Ashitaki, Enak dan Rendah Kalori!

mie shirataki dari ashitakimakanan rendah kalori dari Ashitaki bisa bantu program dietmu

Salah satu kunci sukses untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi jumlah asupan kalori makanan. Namun selain memperhitungkan kalori, kamu juga harus mengurangi konsumsi gula dan garam berlebih, mengurangi asupan karbohidrat, dan memperbanyak makanan berprotein serta tinggi serat.

Melihat deretan “aturan” diet ini, kamu mungkin jadi berpikir, “Diet itu nightmare! Tidak bisa makan enak, hanya bisa makan sayur dan buah-buahan saja.”

Nah buat kamu yang ingin tetap bisa makan enak saat diet, jangan khawatir.

Tidak ada salahnya mencoba dua produk makanan rendah kalori keluaran Ashitaki ini di kala sedang bosan dengan menu diet harianmu atau ketika sedang tidak ada waktu untuk memasak yang ribet-ribet.

Kenapa harus diet dengan Ashitaki?

Ashitaki menghadirkan produk-produk diet sehat bercita rasa enak yang sudah tersertifikasi halal dan berkualitas mutu tinggi karena diproduksi dengan menjalankan Good Manufacturing Practice (GMP).

Selain rendah kalori, produk-produk makanan Ashitaki diolah menggunakan tiga bahan unggulan yang potensi kesehatannya tidak perlu diragukan lagi, yaitu konyaku dari umbi porang, daun seledri jepang alias ashitaba, dan tepung mocaf.

Mari kita kupas satu per satu manfaatnya.

1. Mengandung ashitaba

Bisa dibilang, salah satu keunggulan produk Ashitaki yang tidak ada pada makanan diet siap masak lainnya adalah kandungan ashitaba-nya. Ashitaba terkandung dalam mi Ashitaki dan Mug Cake Premix.

Ashitaba adalah jenis daun seledri asal Jepang yang getahnya telah terbukti kaya antioksidan bernama chalchones.

Chalcones sudah banyak diteliti manfaatnya untuk membantu menurunkan berat badan, tapi bukan dengan cara menghambat atau mengurangi nafsu makan.

Chalcones bekerja memelihara keseimbangan bakteri baik dalam usus yang tugasnya mengendalikan metabolisme tubuh.

Dengan kata lain, proses pengolahan makanan dalam sistem pencernaan menjadi lebih efektif sehingga mencegah kelebihan timbunan lemak pada tubuh.

Menariknya lagi, daun seledri jepang juga mengandung mineral dan vitamin penting, seperti vitamin A dan vitamin K.

Kamu bisa baca lebih lanjut manfaat ashitaba yang sayang dilewatkan untuk kesehatan tubuh.

2. Diolah dari konyaku (umbi porang)

Sementara itu, konyaku adalah bahan makanan bertekstur mirip agar-agar yang terbuat dari umbi porang dan biasanya diolah menjadi mie shirataki.

Konyaku sendiri saat ini sudah sangat terkenal pamornya sebagai makanan diet yang bagus karena tinggi serat dan tidak memiliki kandungan lemak, karbohidrat, serta kalori sama sekali.

Berdasarkan banyak penelitian, makanan olahan dari shirataki bagus untuk diet karena tinggi serat untuk membantu kamu kenyang lebih lama dan tidak melonjakkan kadar gula darah setelah makan.

Selain itu, kandungan serat tinggi dalam mie shirataki menyehatkan saluran cerna dan bantu menurunkan kolesterol.

Mie shirataki juga terkenal sebagai makanan diet yang aman untuk pencernaan sensitif karena tidak mengandung gluten.

3. Dibuat dengan tepung mocaf

Mungkin masih sedikit orang yang familiar dengan bahan makanan satu ini.

Tepung mocaf sebetulnya adalah tepung singkong bertekstur kasar yang diolah dengan cara fermentasi sehingga kandungan nutrisi pentingnya tidak ikut hilang dan menjadi lebih mudah dicerna.

Tepung mocaf termasuk tepung yang bebas gluten. Tepung mocaf digunakan sebagai bahan dasar dari Mug Cake Premix Ashitaki.

Oleh karenanya, Mug Cake Premix Ashitaki aman untuk kamu yang memiliki alergi gluten atau jika kamu intoleran terhadap gluten (sistem pencernaanmu tidak bisa memecah gluten dengan baik).

Selain itu, makanan olahan dari tepung mocaf juga aman untuk diet karena tepung ini rendah lemak dan termasuk memiliki kandungan serat paling tinggi dibanding jenis tepung lainnya.

Ini berarti, mengonsumsi makanan dari tepung mocaf dapat membantu kamu tetap merasa kenyang untuk waktu yang relatif lebih lama.

1

Review mie goreng Ashitaki Original

mie goreng Ashitaki originalmie goreng Ashitaki originalCek Sekarang

Buat kamu yang mungkin sudah sangat akrab dengan penampilan mie goreng instan berwarna kuning cerah, jangan kaget ketika membuka kemasan mie goreng Ashitaki ini.

Mienya dikemas kering dalam bentuk persegi berwarna hijau daun. Lembaran mienya juga tampak lebih tipis ketimbang mie shirataki lain di pasaran.

Hal lain yang juga unik dan sedikit membedakan mie goreng ini dari mie instan biasa adalah air rebusannya tidak berubah warna ataupun mengeruh. 

Ketika memasak mie instan biasa, kamu mungkin melihat warna airnya menguning. Ini biasanya karena ada banyak lemak dan pati dari mie instan yang larut dalam air.

Nah setelah direbus, air rebusan mie Ashitaki tetap tampak bening dan bersih karena shirataki tidak mengandung karbohidrat pati dan rendah lemak.

Per satu sajian porsi mie goreng Ashitaki varian original tercatat mengandung 90 kkal. Sebagai perbandingan, jumlah kalori mie Ashitaki goreng hanya sekitar 1/5 dari total kalori mie goreng instan biasa yang umumnya berkisar 300-600 kalori per bungkus.

Bagaimana dengan rasanya? Tekstur mie instan ini terasa kenyal dan lembut ketika dikunyah. Rasa asin gurih khas mie gorengnya juga masih terasa “kental” di lidah meski kandungan natrium (garam/sodium) mie Ashitaki tergolong rendah, hanya 240 mg per satu porsi. Sementara itu, kadar garam mie instan biasa bisa mencapai 1300 mg atau lebih.

Oleh karena itu, mie Ashitaki cocok untuk kamu yang sedang diet atau ingin mengurangi kebiasaan makan mie instan tapi rindu dengan sensasi gurih.

Satu porsi sajian mie goreng shirataki ini sebetulnya juga sudah cukup lengkap nutrisinya. Akan tetapi jika kamu ingin lebih lengkap lagi, kamu bisa tambahkan variasi topping yang menyehatkan, seperti irisan baby kailan, wortel, atau brokoli, dan tambahan protein dari telur.

Selain varian goreng original, mie Ashitaki juga tersedia dalam pilihan rasa:

Harga mie Ashitaki dibanderol mulai dari Rp18.000 per bungkusnya.

2

Review mug cake premix Ashitaki Original

mug cake premix Ashitaki rasa original vanilamug cake premix Ashitaki rasa original vanilaCek Sekarang

Nah sementara kalau kamu ingin ngemil yang manis-manis, Mug Cake Premix Ashitaki mungkin bisa jadi pilihan penunda laparmu saat diet.

Sebagai makanan diet, daftar komposisi dari Mug Cake Ashitaki cukup sederhana, hanya terdiri dari tepung mocaf, gula pasir, minyak nabati, perasa vanila, susu bubuk, ashitaba bubuk, dan baking powder.

Cara bikinnya sangat mudah. Kamu tinggal menuangkan satu sachet serbuk adonan kue dan satu sachet minyak goreng ke dalam gelas tahan panas, kemudian tambahkan 4 sdm air dan aduk rata.

Selanjutnya kamu bisa buat mug cake ini dengan tiga cara, yaitu dipanaskan di microwave, dipanggang dalam oven, atau dikukus di atas api maupun di Magic Jar.

Bagaimana dengan rasanya? Banyak yang mengira Mug Cake Ashitaki Original memiliki rasa matcha alias teh hijau karena tampilan cakenya yang berwarna hijau.

Namun, rasa dari cake ini sebetulnya adalah manis vanila yang pas dan legit. Tidak terlalu kuat tapi tetap bisa memanjakan lidah penyuka manis.

Nah untuk soal teksturnya, cake Ashitaki sedikit berbeda dari sponge cake pada umumnya yang fluffy. Tekstur mug cake ini justru chewy alias agak kenyal saat dikunyah, karena tidak mengandung telur dan tinggi serat pangan dari ekstrak ashitaba.

Satu porsi mug cake varian original yang dibuat dari satu sachet premix lengkap dengan minyaknya hanya mengandung 130 kalori dengan lemak total tidak sampai 2 gram per porsi. Kandungan gula dalam satu porsi Mug Cake Premix Original juga rendah, hanya sekitar 10 gram.

Satu box Mug Cake Premix Ashitaki berisi lima porsi, yang terdiri dari lima sachet serbuk adonan dan lima sachet minyak.

Harga per boksnya dibanderol cukup murah, hanya Rp18.500.

3

Review mug cake premix Ashitaki rasa cokelat

mug cake premix Ashitaki rasa cokelatmug cake premix Ashitaki rasa cokelatCek Sekarang

Buat kamu penyuka dessert serba cokelat, Mug Cake Premix varian satu ini jangan sampai terlewat. Sebab, teksturnya juga sedikit unik di lidah.

Cake ini terasa kenyal dan empuk saat dikunyah. Rasa cokelatnya juga pekat meski tidak terlalu manis, karena satu porsi cake ini hanya mengandung 7 gram gula.

Cara membuatnya sama dengan varian original. Kamu cukup tuangkan satu sachet serbuk adonan kue dan satu sachet minyak gorengnya ke dalam gelas tahan panas, kemudian tambahkan 4 sdm air dan aduk rata. Panaskan adonan di microwave, oven, Magic Jar, atau kukus dengan mengikuti arahan yang tertera di kemasan.

Satu buah Mug Cake cokelat dari Ashitaki mengandung 150 kalori dengan lemak total setara 6 gram jika kamu membuatnya dengan minyak yang sudah disediakan.

Kalau ingin dikurangi lagi, kamu bisa membuat cake ini tanpa pakai minyak. Tanpa minyak, satu porsi cake cokelat ini hanya mengandung 80 kalori. Namun, tekstur cakenya bisa terasa lebih kering dan padat jika kamu membuatnya tanpa minyak.

Komposisi bahan dari mug cake premix ini juga cukup sederhana, yaitu: tepung mocaf, gula pasir, minyak nabati, perasa cokelat, susu bubuk, cokelat bubuk, ashitaba bubuk, dan baking powder.

Satu box Mug Cake Premix Ashitaki rasa cokelat dibanderol dengan harga Rp18.500, yang berisi lima porsi terdiri dari lima sachet serbuk adonan dan lima sachet minyak. Ini artinya, satu buah kue yang dibuat dari satu sachet premix hanya seharga sekitar Rp3.500 saja. Cukup terjangkau, bukan?

Semua varian Mug Cake Premix Ashitaki bebas telur dan gluten, sehingga aman untuk kamu yang alergi atau memiliki masalah pencernaan karena intoleransi gluten.

Tips DietMakanan SehatMakanan DietDiet SehatSerat

Ashitaki https://ashitaki.co.id/product/

Diakses 2 Juni 

Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian. http://cybex.pertanian.go.id/artikel/93426/tepung-mocaf-dan-keunggulannya/

Diakses 2 Juni 2021

Self Hacked https://selfhacked.com/blog/ashitaba/

Diakses 2 Juni 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email