Makan Sehat

10 Restoran Vegetarian di Jakarta yang Bisa Kamu Coba

23 Feb 2021|Nina Hertiwi Putri
Restoran vegetarian di Jakarta dari yang terjangkau hingga yang fine diningRestoran vegetarian yang ada di Jakarta menyajikan banyak variasi makanan yang bisa dipilih

Vegetarian adalah pola makan yang secara umum mengonsumsi sayur maupun buah sebagai asupan utama dan tidak memasukkan daging hewan ke dalam asupan harian. Jumlah orang yang menjalani pola makan ini kian hari kian meningkat, sehingga tak heran restoran-restoran vegetarian pun banyak yang bermunculan.

Di Jakarta sendiri ada banyak restoran vegetarian, mulai dari yang khusus menghidangkan masakan asia pada umumnya, restoran padang vegetarian, hingga yang menyajikan resep dari barat seperti burger dan pasta.

Ada banyak jenis pola makan vegetarian sendiri ada banyak jenisnya. Sebagian ada yang masih mengonsumsi produk yang dihasilkan oleh hewan seperti telur dan susu. Namun sebagian lagi sama sekali tidak mengonsumsi produk hewani.

Jenis-jenis pola makan vegetarian dan manfaatnya

Dalam perkembangannya, pola makan vegetarian dapat dibagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Lacto-vegetarian: tidak makan daging, ikan, unggas, dan telur, tapi masih mengonsumsi susu dan produk olahannya seperti keju, yogurt, dan butter.
  • Ovo-vegetarian: tidak makan daging, ikan, unggas, serta susu dan produk olahannya, tapi masih mengonsumsi telur.
  • Lacto-ovo-vegetarian: tidak makan daging, ikan, unggas, namun masih mengonsumsi susu dan produk olahannya serta telur.
  • Pescatrian: tidak makan daging, unggas, telur, dan susu serta produk olahannya namun masih makan ikan.
  • Vegan: tidak mengonsumsi daging, ikan, unggas, telur, susu dan produk ulahannya, maupun makanan-makanan lain yang mengandung bahan tersebut.

Banyak orang yang menjadi vegetarian karena menganggap pola makan ini lebih sehat dibandingkan pola makan biasa. Berikut ini beberapa manfaat yang dinilai bisa didapatkan oleh para vegetarian.

  • Bisa membantu menurunkan berat badan, setidaknya dalam jangka pendek
  • Baik untuk kesehatan jantung
  • Menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2
  • Menurunkan risiko kanker

Namun, bukan berarti menjadi vegetarian bisa sepenuhnya sehat karena hanya mengonsumsi sayur dan buah.

Sebab, olahan sayur atau produk-produk imitasi daging yang terbuat dari jamur, kedelai, dan bahan-bahan lain juga bisa mengandung gula, lemak, kalori, maupun garam yang tinggi.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan manfaat dari makanan vegetarian, kamu tetap perlu memperhatikan cara mengolah, serta bumbu-bumbu tambahan yang digunakan.

Restoran vegetarian di Jakarta yang bisa kamu coba

Untuk kamu yang ingin mencicipi makanan ala vegetarian, berikut ini beberapa restoran vegetarian yang dapat dicoba.

1

Vegetarian Campur Rasa

Restoran vegetarian padang di JakartaNasi padang dendeng vegetarian dari Campur Rasa (sumber foto: instagram @vegetariancampurrasa)

Kalau kamu adalah vegetarian dan sedang ngidam masakan padang, kini kamu bisa menikmati lebih banyak menu dari sekadar gulai daun singkong atau terong balado.

Di Vegetarian Campur Rasa, berbagai olahan dengan bumbu khas minang seperti gulai cincang, rendang, hingga dendeng tersaji dan dibuat tanpa tambahan daging.

Harga makanan di restoran vegetarian ini pun tergolong standar seperti rumah makan padang pada umumnya. Untuk satu porsi nasi, sayur, kuah, bumbu, sambal, dan satu lauk, harganya masih di bawah Rp30.000.

Vegetarian Campur Rasa berlokasi di Jl Pademangan II Nomor 101A Gang 9 RT 004/RW005, Pademangan, Jakarta Utara.

2

Soto Betawi Kim’s Vegetarian

Restoran vegetarian soto betawi kim's vegetarianSoto Betawi Kim's Vegetarian menyajikan beragam menu lain seperti pempek (sumber foto: instagram @kedai_28)

Soto betawi yang biasanya menjadi makanan penuh daging dan kaldu yang dicampur dengan santan atau susu dan rempah, rupanya juga dapat diolah menjadi makanan vegetarian.

Di soto betawi Kim’s, kuah rempah yang menjadi ciri khas makanan ini dibuat dari susu kedelai dan bahan-bahan lain yang cocok untuk para vegetarian. Untuk menikmati semangkuk soto, Anda cukup merogoh kocek sekitar Rp30.000 saja.

Selain soto betawi, restoran vegetarian ini juga menjual pempek, siomay, bakso goreng, hingga bakso malang.

Lokasi soto betawi Kim’s pusat berada di Jl. Taman Dutamas Blok A7 no.30. Sementara cabangnya, ada di Jl. KH Moh Mansyur No. 168 Jembatan Lima, Gajah Mada, Jakarta Barat.

3

Namy House Padang Vegetarian

Restoran vegetarian masakan padang Namy HouseAyam vegetarian pedas dari Namy Kitchen (sumber foto: instagram @namyhousevegetarian)

Satu lagi restoran vegetarian yang menyajikan masakan padang dengan harga yang terjangkau. Namy House memiliki puluhan menu khas Sumatra Barat yang sudah disesuaikan untuk para vegetarian.

Di sini, Anda bisa menikmati nasi rendang ayam vegetarian, nasi daging balado vegetarian, nasi kikil vegetarian, hingga nasi ampela vegetarian. Semua menu di Namy House juga terjangkau, karena seporsi nasi beserta kelengkapannya plus satu lauk, tidak akan membuatmu mengeluarkan uang lebih dari Rp30.000.

Kamu bisa menyambangi restoran vegetarian ini di Jl. Kusuma Blok C1A no.16, RT.10/RW.9, Wijaya Kusuma, Grogol petamburan, Jakarta Barat.

4

Kinkitsuya Japanese Vegan & Vegetarian

Restoran vegetarian masakan jepang KinkitsuyaKinkitsuya menyajikan masakan Jepang vegetarian (sumber foto: instagram @kinkitsuya)

Kinkitsuya adalah restoran vegetarian yang khusus menyajikan berbagai menu comfort food dari negeri Sakura.

Kamu bisa mencoba sensasi berbeda dari masakan Jepang yang selama ini mungkin sudah akrab di lidah, seperti gyoza, yakimeshi, curry katsu, tempura, hingga udon dengan berbagai pilihan kuah.

Harga makanan di Kinkitsuya tergolong terjangkau jika dibandingkan dengan beberapa restoran Jepang lain sekelasnya.

Untuk seporsi gyoza, misalnya, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp35.000 dan agar bisa menikmari seporsi Curry Katsu Don, uang yang perlu dikeluarkan adalah Rp 60.000. Setiap menu makanan di sini masih di bawah Rp100.000.

Kamu bisa menyambangi Kinkitsuya di Ruko Cordoba, Blok H No. 25, Bukit Golf Mediterania, Jl. Marina Indah Raya, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

5

Loving Hut

Restoran vegetarian loving hut jakarta timurLoving Hut menyajikan banyak variasi menu (sumber foto: instagram @lovinghutjatinegara)

Loving Hut adalah restoran vegetarian yang sudah lama melanglang buana di dunia kuliner. Cabangnya sudah tersebar di beberapa kota di Indonesia, mulai dari Jakarta, Yogyakarta, Medan, Denpasar, hingga Surabaya.

Di Jakarta sendiri kamu bisa menemukan beberapa cabang Loving Hut, seperti di Jatinegara, Tanjung Duren, Ciputra World, Daan Mogot Baru, dan ANZ square.

Loving Hut menyajikan puluhan menu vegetarian, mulai dari masakan Indonesia, China, Thailand, Jepang, hingga hidangan khas western.

Beberapa makanan yang bisa kamu nikmati di sini antara lain tongseng solo, ayam mercon, nasi bali, nasi hainan, berbagai variasi sushi vegetarian, hot dog, pizza, spaghetti carbonara, laksa singapore, dan tom yam.

Harga menu yang disajikan Loving Hut tergolong standar, rata-rata di bawah Rp50.000.

6

RM Vegetarian Kharisma

Restoran vegetarian di Jakarta RM Vegetarian KharismaPangsit goreng ala RM Vegetarian Kharisma (sumber foto: instagram @kharisma.veg)

RM Vegetarian Kharisma adalah restoran vegetarian yang konsepnya mirip seperti warung nasi pada umumnya. Kebanyakan menu di sini sudah tersaji, sehingga saat memesan, cukup menunjuk jenis yang ingin Anda taruh di piring.

Di sini, makanan vegetarian yang tersaji kental dengan suasana masakan rumah, seperti aneka sayur tumis, tempe orek, sate, dan kentang balado.

Namun selain itu, RM Vegetarian Kharisma juga menyajikan banyak variasi chinese food seperti fuyunghai, bacang, pangsit, siobak, dan bakmi kuah serta goreng.

Harga makanan di restoran vegetarian ini terjangkau. Semua harga per porsi makanan di sini tidak ada yang di atas Rp20.000. Namun jika Anda memutuskan untuk membeli lebih banyak jenis lauk dan sayur, tentu harganya akan menyesuaikan.

RM Vegetarian Kharisma berlokasi di Jl. KH Syahdan Gang Keluarga No. 36, Palmerah, Jakarta Barat.

7

Treat Vegan

Restoran vegetarian Jakarta Treat Vegan kemangSausage muffin with cheese dari Treat Vegan (sumber foto: instagram @treatvegan_id)

Treat Vegan adalah salah satu restoran vegetarian dengan sajian makanan asian fusion yang unik. Di sini, kamu bisa menemukan menu seperti sausage muffin yang patty-nya terbuat dari tempe yang dilengkapi dengan keju vegan dan Sriracha mayo.

Treat Vgan juga memiliki menu lain seperti omurice yang disajikan dengan hamburg steak dan saus okonomiyaki, spicy nugget dari tofu, serta dessert khas Filipina bernama halo-halo yang mirip seperti es campur berisi kacang merah, es krim ube, kelapa, nanas, dan bahan-bahan lainnya.

Harga per porsi semua menu di sini di bawah Rp50.000. Kamu bisa menyambangi Treat Vegan di Jl. Kemang Utara No. 35, Kemang, Jakarta Selatan.

8

Green Grills

Restoran vegetarian di Jakarta green grills dengan burger vegetarianVariasi burger vegetarian dan vegan dari Green Grills (sumber foto: instagram @green.grills)

Green Grills adalah restoran burger vegetarian yang juga menyajikan varian burger vegan. Ada lima jenis burger yang disajikan di sini, yaitu Vegan Deluxe, Green’s Signature Burger, Texas Smoked BBQ, Garlic Overload, dan Spicy Sriracha Burger.

Semua menu di atas juga bisa kamu pasangkan dengan side dish yang tersedia, yaitu sweet potato tempura fries, onion rings, dan champignon fries.

Setiap menu burger vegetarian ditambah satu side dish, bisa kamu nikmati seharga Rp54.000, sedangkan untuk burger vegan dengan satu side dish, dihargai Rp 59.000. Kalau ingin memilih champignon fries sebagai pendamping, kamu cukup menambahkan Rp5.000 saja dari harga paket.

Lokasi pusat Green Grills ada di Tangerang, lebih tepatnya di Jl. Boulevard Raya Gading Serpong Blok AF1 No.22, Ruko Paramount Serpong.

Untuk kamu yang ada di Jakarta, restoran ini juga memiliki cabang di Apartemen Belmont Residence – Tower Athena, Kembangan, Jakarta Barat. Namun di sini tidak tersedia opsi untuk makan di tempat dan hanya bisa dibungkus.

9

Burgreens

Restoran vegetarian Burgreens JakartaRaw Strawberry Cheesecake dari Burgreens (sumber: instagram @burgreens)

Burgreens merupakan restoran vegetarian yang menyajikan beragam menu dengan inspirasi dari banyak masakan asia dan western.

Di sini, kamu bisa menemukan varian seperti vegan bao, chicken karage, berbagai smoothie bowl, vegan rendang platter, soto, sate, ramen, lasagna, burger, hot dog, dan tentunya beragam jenis salad.

Tak hanya itu, di Burgreens, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan rasa manis di lidah dengan berbagai pilihan menu, mulai dari brownie, cookie, hingga cake yang semuanya aman untuk dinikmati oleh para vegetarian.

Harga makanan di sini sangat beragam. Untuk makanan pembuka, harganya berkisar antara Rp40.000-Rp50.000. Sementara itu untuk makanan utama, berkisar antara Rp50.000-Rp80.000 per porsi.

Saat ini Burgreens sudah tersebar di banyak lokasi di Jakarta, seperti Menteng, Oakwood, Darmawangsa, Pacific Place, Pondok Indah Mall, Kemang Village, Neo Soho, dan Mall of Indonesia.

10

Dharma Kitchen

Restoran vegetarian dharma kitchen JakartaAneka masakan asia dari Dharma Kitchen (sumber foto: instagram @dharma.kitchen)

Bagi para vegetarian di Jakarta, Dharma Kitchen adalah salah satu tempat yang namanya pasti sudah akrab di telinga. Restoran vegetarian ini menyajikan menu yang lengkap, mulai dari masakan Asia, Indonesia, hingga Western.

Ada puluhan menu yang bisa kamu coba di sini, mulai dari sate, ayam kremes, bebek panggang, bahkan daging barbeque. Tentunya, semuanya tidak dibuat menggunakan daging sungguhan sehingga dapat dinikmati oleh para vegetarian.

Restoran vegetarian yang satu ini memiliki konsep fine dining, sehingga kamu memang perlu merogoh kocek agak dalam ketika menikmati makanan di sini. Tentu harga per orangnya berbeda, tergantung dari menu yang kamu pesan.

Namun biasanya, pelanggan perlu menyiapkan kurang lebih Rp75.000-Rp200.000 per orang.
Kamu bisa mengunjungi restoran ini di gedung Dharma Kitchen, Jl. Pluit Kencana Raya No.124, Jakarta Utara.

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Makanan SehatMakanan DietBuah Dan Sayuran

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/vegetarian-diet/art-20046446
Diakses pada 22 Februari 2021

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/8749
Diakses pada 22 Februari 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter