Resep

Sehat dan Cocok untuk Diet, Ini Resep Olahan Tempe yang Bisa Dibuat di Rumah

30 Apr 2021|Bayu Galih Permana
Resep olahan tempe yang sehat dan bisa dibuat di rumahResep olahan tempe yang sehat dan cocok untuk diet

Tempe merupakan salah satu sumber protein yang digemari oleh banyak orang. Selain protein, makanan ini juga memiliki beragam kandungan lain yang tak kalah baiknya untuk tubuh, seperti karbohidrat, serat, lemak sehat, vitamin, dan mineral.

Untuk memperoleh manfaat dari nutrisi-nutrisi yang terdapat di dalamnya, proses pengolahan masakan tempe harus dilakukan dengan benar. Mengolah tempe dengan cara kurang sehat seperti digoreng dapat membuat kandungan nutrisinya hilang, bahkan malah akan memberi efek buruk bagi kesehatan.

Meski begitu, resep olahan tempe yang sehat tidak melulu harus direbus atau dikukus untuk kemudian dimakan. Ada beragam olahan tempe kekinian yang dapat dicoba sendiri di rumah. Berikut sejumlah resep olahan tempe yang sehat, namun tetap mempunyai cita rasa nikmat:

Resep olahan tempe kekinian

Steak tempe

Resep olahan tempe yang lezat dan sehat adalah steak tempe
Steak dari olahan tempe cocok untuk para vegetarian

Steak umumnya terbuat dari bahan daging ayam atau sapi. Namun, siapa yang menyangka kalau steak dari olahan tempe ternyata juga memiliki rasa nikmat. Tak seperti daging, tempe minim akan kandungan lemak jenuh sehingga lebih sehat. Proses pengolahan dengan cara dipanggang juga jauh lebih baik untuk kesehatan daripada digoreng, asalkan tidak gosong.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat steak tempe adalah sebagai berikut:

  • 200 gram tempe
  • 50 gram brokoli
  • 50 gram buncis
  • 1 siung bawang putih
  • Lada secukupnya
  • Sejumput Garam

Untuk saus steak, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan seperti

  • ½ sdt saus tiram
  • 1 sdt saus sambal
  • 1 siung bawang putih
  • Lada secukupnya

Setelah semua bahan berhasil didapatkan, kamu bisa langsung membuat steak tempe dengan cara mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Kukus tempe beserta bawang putih. 
  2. Sambil mengukus tempe, kamu bisa merebus brokoli dan buncis yang sudah dipotong-potong dan dibersihkan sesuai selera. Angkat dan tiriskan jika sudah mendapat tingkat kematangan yang diinginkan.
  3. Seusai tempe dan bawang putih selesai dikukus, haluskan sambil menambahkan sedikit garam dan lada untuk memberi rasa pada adonan steak. Aduk hingga semua bumbu tercampur rata dalam adonan.
  4. Bentuk adonan steak yang sudah halus sesuai selera. Lalu, panggang adonan steak di atas teflon hingga warnanya berubah menjadi kecokelatan. Hindarilah memasak hingga gosong karena bisa memberi dampak buruk terhadap kesehatan.
  5. Jika sudah mendapatkan warna yang diinginkan, angkat dan pindahkan steak tempe ke piring.
  6. Untuk membuat sausnya, cincang bawang putih dan tumis dengan sedikit air.
  7. Saat sudah harum, tambahkan saus sambal dan saus tiram. Tambahkan sedikit lada untuk menambah cita rasa.
  8. Tuang saus ke atas steak tempe yang ada di atas piring. 

Sepiring steak tempe sehat sudah siap untuk dinikmati. Steak ini bisa dijadikan pilihan untuk kamu yang ingin memasak olahan tempe untuk diet.

Burger tempe

Burger tempe cocok dimakan oleh Anda yang vegetarian
Anda bisa mengganti daging dengan tempe jika ingin makan burger sehat

Burger merupakan salah satu makanan kekinian yang disukai banyak orang. Namun, sajian ini umumnya tidak sehat karena dibuat memakai bahan-bahan seperti daging olahan, roti berbahan dasar tepung putih, dan mayones. 

Tapi tenang, kamu bisa membuat burger yang lebih sehat menggunakan tempe. Olahan tempe kekinian ini membutuhkan bahan-bahan seperti:

  • 2 potong tempe
  • 1 lembar keju
  • 1 buah telur
  • 1 lembar daun selada
  • Bawang bombai dan jagung secukupnya

Jika bahan-bahan tersebut sudah siap, membuat burger tempe bisa dilakukan dengan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Rebus jagung dan telur hingga matang. Masaklah pada panci yang berbeda, jangan dicampur.
  2. Panggang tempe dan bawang bombai di atas teflon. Tambahkan sedikit minyak kelapa dan masak hingga kecokelatan. Apabila tidak ingin menggunakan minyak, kamu dapat memasak tempe menggunakan airfryer.
  3. Setelah matang, susun tempe, bawang bombai, daun selada, keju, dan telur hingga membentuk seperti burger. Anda boleh menambahkan sedikit saus supaya rasanya semakin nikmat. Burger sehat yang cocok untuk diet sudah bisa dinikmati.

Resep olahan tempe sederhana

Jika kamu jenuh dengan makanan kekinian, ada juga olahan tempe sederhana yang mudah dibuat tapi tetap mempunyai rasa enak, yaitu tempe bacem. Untuk membuat tempe bacem, bahan-bahan yang diperlukan antara lain:

  • Tempe
  • 1 sdm ketumbar
  • 5 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 lembar daun salam
  • 1 biji gula merah
  • 1 cm jahe
  • 2 cm lengkuas
  • Asam jawa, kecap, dan garam secukupnya

Langkah-langkah membuat tempe bacem yang sehat dan nikmat sangatlah sederhana, cukup ikuti instruksi berikut:

  1. Haluskan semua bumbu, bisa diulek atau diblender. Namun, untuk mendapatkan cita rasa yang lebih memanjakan lidah, sebaiknya diulek.
  2. Panaskan air di wajan atau panci secukupnya, lalu masukkan bumbu halus dan tempe ke dalamnya. Diamkan hingga air habis dan bumbu menyerap ke dalam tempe.
  3. Setelah air bumbu menyusut dan menyerap ke dalam tempe, angkat dan pindahkan ke atas piring. Tempe bacem yang sehat dan cocok untuk diet sudah bisa dinikmati.

Itu tadi resep olahan tempe sederhana dan kekinian yang sehat dan cocok dikonsumsi ketika diet. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya sendiri di rumah?

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Makanan SehatMakanan Diet

Cookpad. https://cookpad.com/id/resep/13538918-steak-patty-tempe-w-buncis-dan-brokoli-menu-diet-sehat
Diakses pada 30 April 2021

Cookpad. https://cookpad.com/id/resep/7088011-burger-tempe-bungkus-sehat
Diakses pada 30 April 2021

Cookpad. https://cookpad.com/id/resep/903351-tempe-tahu-bacem-sehat-non-kolesterol-non-msg?ref=search&search_term=bacem%20sehat%20tanpa%20minyak
Diakses pada 30 April 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter