Resep

Resep Minyak Bawang Putih yang Gurih Sedap

07 Sep 2021|Nurul Rafiqua
Resep dan Cara Praktis Membuat Minyak Bawang PutihMinyak bawang putih untuk menambah gurih masakan dan aroma yang sedap

Minyak bawang putih atau garlic oil menyimpan banyak manfaat, baik sebagai bumbu masak maupun sebagai herbal berkhasiat. Cara membuatnya juga sangat mudah. Kamu hanya membutuhkan beberapa langkah saja.

Kegunaan minyak bawang putih untuk masakan dan kesehatan

Bawang putih adalah rempah aromatik yang menghasilkan wangi semerbak di masakan. Selain itu rasanya yang kuat juga dapat membuat citarasa makanan semakin kaya.

Nah dengan menggunakan minyak bawang putih, proses memasak juga bisa jadi lebih praktis karena kamu hanya tinggal tuang. Jadi, tidak perlu lagi repot-repot mengupas dan memotong bawang putih sebelumnya.

Kegunaan minyak bawang putih biasanya untuk menambah gurih masakan, seperti mie ayam, sup bening, roti panggang, dan bermacam tumisan.

Namun selain sebagai bumbu, minyak bawang putih juga juga mengandung berbagai khasiat bagi kesehatan. Banyak juga produsen obat herbal yang menggunakan minyak bawang putih sebagai bahan bakunya.

Manfaat minyak bawang putih untuk kesehatan

Minyak bawang putih dibuat dengan cara merendam bawang putih ke dalam minyak pembawa. Selama proses perendaman (infuse) berlangsung, senyawa aktif dari bawang putih akan ikut meresap ke dalam minyak tersebut.

Salah satu zat berkhasiat dari bawang adalah allicin, suatu senyawa antioksidan yang memiliki sifat antiradang kuat. Zat ini telah dilaporkan bisa membantu meredakan iritasi jaringan dan mengurangi rasa sakit pada persendian.

Sebuah penelitian ilmiah bahkan membuktikan bahwa allicin dalam minyak bawang putih terbukti dapat mengatasi penebalan dinding pembuluh darah. Sehingga dapat dijadikan terapi pencegahan penyakit aterosklerosis.

Di samping itu, bawang putih juga terkenal dapat membantu mengatur produksi insulin dan bisa mengoptimalkan aktivitas metabolisme tubuh. Oleh sebab itu, minyak bawang putih cocok digunakan bagi penderita diabetes ataupun orang yang ingin menurunkan berat badan.

Melirik muatan kalorinya, garlic oil juga memiliki kalori yang cukup rendah. Dalam setiap 1 sendok makan (14 ml) kalori minyak bawang putih berkisar di angka 0,12-0,13 kkal saja, tergantung jenis minyak pembawanya.

Resep minyak bawang putih yang praktis

Hanya dibutuhkan dua bahan dalam membuat garlic oil, yakni bawang putih dan minyak rendaman. Minyak tersebut bisa berasal dari jenis minyak apa saja, seperti minyak kelapa, zaitun (olive oil), canola, atau bunga matahari (sunflower oil).

Tertarik untuk membuat minyak bawang putih sendiri di rumah? Yuk, simak resep berikut.

Alat:

  • Wadah kaca

Bahan:

  • 500 gr bawang putih
  • 500 ml minyak goreng

Cara membuat minyak bawang putih

  1. Kupas dan rajang bawang putih (gunakan chopper jika ada)
  2. Panaskan minyak, tes tingkat kepanasan minyak dengan memasukkan sedikit bawang ke minyak. Suhu yang pas untuk menggoreng bawang adalah saat minyak menunjukkan gelembung dan bawang naik ke atas. 
  3. Jika panasnya sudah pas, masukkan semua bawang putih ke dalam minyak.
  4. Masak bawang putih dengan api sedang sambal terus diaduk
  5. Awasi terus jangan sampai bawang putih gosong.
  6. Angkat bawang ketika sudah berubah warna menjadi kuning keemasan.
  7. Saring bawang dan biarkan hingga dingin.
  8. Siapkan wadah kaca, masukkan bawang yang sudah dingin ke dalamnya.
  9. Masukan minyak goreng sebagai bahan dasar rendaman, gunakan minyak yang baru, jangan bekas menggoreng.
  10. Simpan di tempat sejuk.

Minyak bawang putih rumahan umumnya dapat disimpan selama 3 bulan jika disimpan dengan baik. Akan tetapi, jangan gunakan lagi minyak bawang putih jika telah mengalami perubahan, misalnya ketika warna atau baunya telah berubah.

Selamat mencoba!

Avicenna Journal of Phytomedicine. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4103721/#B106
Diakses pada 25 Agustus 2021

Organic Facts.
https://www.organicfacts.net/health-benefits/oils/garlic-oil.html
Diakses pada 25 Agustus 2021

Calories. https://www.calories.info/food/vegetable-oils
Diakses pada 25 Agustus 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter