Resep

Resep Es Doger yang Segar, Nikmat dan Tidak Cepat Cair

24 Jun 2021|Nurul Rafiqua
Resep Es Doger Beragam Rasa, Plus Tips Agar Es Doger Tidak Cepat CairKonon kata es doger berasal dari singkatan es “dorong gerobak”

Es doger adalah minuman segar yang sering dijajakan di atas gerobak dorong. Konon kata es doger juga berasal dari singkatan es “dorong gerobak”. Rasa es doger yang manis berpadu dengan dinginnya es serut menjadi alasan siapa saja yang sudah mencobanya pasti ketagihan.

Selain rasanya yang manis menyegarkan, es doger juga memiliki banyak topping yang menarik. Antara lain candil mutiara, roti tawar lalu variasi berbagai sirup yang menjadikan jajanan es ini memiliki banyak rasa. Keistimewaannya membuat es doger yang berasal dari Kota Cirebon ini tak hanya sebagai jajanan pasar namun juga dijadikan panganan khas di beragam acara.

Lebih dari itu, minuman yang tergolong kedalam list minuman jadul 90-an ini memiliki banyak kandungan nutrisi. Misalnya saja, pada salah satu bahan dasar es doger yaitu tape singkong yang merupakan sumber karbohidrat, kalsium dan fosfor yang baik bagi tubuh.

Di samping itu, bahan lainnya seperti tape hitam juga kaya akan antioksidan yang dapat melindungi dan mengurangi kerusakan sel akibat racun dan radikal bebas.

Tertarik untuk mencobanya? tak perlu menunggu gerobak dorong abang es doger, kini kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah, lho! Yuk, intip resep es doger berikut ini.

Resep Es Doger Khas Cirebon

Bahan-bahan es doger:

  • 1000ml santan cair
  • 250gr gula pasir
  • Kelapa muda serut, secukupnya
  • Susu kental manis putih dan cokelat, secukupnya
  • Jeruk nipis, secukupnya

Bahan-bahan pelengkap es doger:

  • 75gr tape singkong
  • 75gr tape ketan hitam
  • 75gr candil mutiara
  • 3 lembar roti tawar, potong dadu

Variasi rasa es doger:

  • 150ml sirup cocopandan
  • 150ml sirup coklat
  • 150 ml sirup lime

Cara membuat es doger:

  1. Siapkan panci, rebus santan cair dan gula sampai mendidih dengan api sedang. Aduk secara perlahan.
  2. Angkat rebusan santan, diamkan hingga dingin. Lalu masukan ke freezer sekitar 30-45 menit.
  3. Ambil santan yang beku di freezer, aduk agar tidak menggumpal. Ketika melakukan pengadukan, bisa dengan menggunakan spatula atau mixer dengan volume rendah.
  4. Siapkan tiga wadah, masukkan santan yang beku, kemudian campur dengan 3 variasi rasa seperti sirup cocopandan, coklat, dan sirup lime pada masing-masing wadah. Untuk variasi rasa lime, tambahkan jeruk nipis secukupnya.

Tips cara membuat es doger agar tidak cepat cair

Agar tes doger tidak cepat cair, kamu bisa mengikuti sejumlah cara berikut:

  1. Setelah adonan es direbus, diamkan air rebusan sebentar sebelum dimasukkan ke dalam cetakan es, terlebih apabila bahan cetakan terbuat dari plastik.
  2. Tambahkan sedikit garam ke dalam cetakan es. Kandungan natrium di dalam garam dapat mempertahankan tekstur es menjadi lebih lama.
  3. Gunakan cetakan es yang besar.

Cara penyajian es doger:

  1. Siapkan gelas, masukan kerokan es santan dengan variasi rasa sesuai selera.
  2. Tuangkan susu kental manis putih atau cokelat, secukupnya.
  3. Tambahkan tape singkong, ketan hitam, kelapa serut, roti tawar, dan candil mutiara. Tambahkan sedikit sirup dan susu kental manis lagi jika suka manis. Es doger siap disajikan.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter