Mom & Baby

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Menyusui yang Bantu Jaga Kesehatan

08 Jun 2021|Bayu Galih Permana
Vitamin untuk ibu menyusui penting dalam menjaga kesehatanVitamin untuk ibu menyusui bisa didapatkan dari konsumsi suplemen

Ibu menyusui perlu memastikan agar kebutuhan vitamin harian mereka terpenuhi. Tak hanya untuk menunjang kesehatan sang ibu, pemenuhan kebutuhan vitamin harian juga membantu proses tumbuh kembang bayi dan menjaga supaya si Kecil tetap sehat. 

Vitamin untuk ibu menyusui bisa diperoleh dengan cara mengonsumsi makanan yang menjadi sumbernya. Kamu juga dapat mengonsumsi suplemen untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin harian. Namun, pastikan kamu sudah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika hendak mengonsumsi suplemen tertentu.

Apa saja vitamin yang dibutuhkan oleh ibu menyusui?

Beragam vitamin dibutuhkan oleh ibu menyusui. Tiap vitamin mempunyai fungsi tersendiri, mulai dari menjaga kesehatan ibu dan bayi, hingga membantu proses tumbuh kembang si Kecil.

Berikut jenis vitamin yang dibutuhkan ibu menyusui:

  • Vitamin C

Vitamin C diperlukan untuk proses perbaikan jaringan yang rusak setelah melahirkan. Selain itu, vitamin ini juga punya peranan penting dalam pembentukan jaringan pada buah hati. Pada masa menyusui, tubuh memerlukan asupan vitamin C sebanyak 120 mg per hari.

  • Vitamin D

Ibu menyusui memerlukan asupan vitamin D sebesar 600 IU per hari. Selain membantu mengoptimalkan proses penyerapan kalsium, vitamin ini berguna untuk menjaga fungsi kekebalan tubuh berjalan dengan baik.

  • Vitamin B complex

Vitamin B complex harian membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Beragam komponen yang tergabung dalam vitamin B complex bekerjasama menjaga tingkat energi dan meningkatkan sistem pertahanan tubuh terhadap kuman.

Rekomendasi vitamin untuk ibu menyusui

1

Folamil Gold

Suplemen vitamin untuk ibu menyusuiFolamil Gold (Sumber foto: Dexa Group)Cek Sekarang

Folamil Gold merupakan suplemen vitamin untuk ibu menyusui yang membantu memenuhi kebutuhan vitamin D dan vitamin B12 (folat). Dalam satu kapsul suplemen ini mengandung asam folat 1 mg, vitamin D3 400 IU, kalsium karbonat 250 mg, dan DHA 200 mg.

Suplemen vitamin yang bagus untuk ibu menyusui ini bisa dikonsumsi 2 kapsul per hari atas izin dokter. Folamil Gold dijual dengan harga mulai Rp171.000 untuk kemasan isi 30 kapsul.

2

Obimin AF

Suplemen vitamin untuk ibu menyusuiObimin AFCek Sekarang

Suplemen untuk ibu menyusui ini punya beragam kandungan vitamin dan mineral mulai dari vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin D, zat besi, dan asam folat. Obimin AF berguna untuk mencegah defisiensi vitamin yang bisa terjadi saat hamil, usai melahirkan dan selama masa menyusui.

Konsumsi suplemen ini dapat memicu efek samping seperti gangguan pencernaan dan ruam pada bagian tertentu, oleh sebab itu jangan lupa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum meminumnya. Harga Obimin AF dibanderol dengan harga Rp12.000 untuk kemasan isi 5 kapsul

3

Lycalvit

Suplemen vitamin untuk ibu menyusuiLycalvit (Sumber foto: Interbat)Cek Sekarang

Lycalvit adalah multivitamin untuk ibu menyusui yang membantu mencegah dan mengobati defisiensi vitamin. Suplemen vitamin untuk ibu menyusui ini membantu memenuhi kebutuhan vitamin B6, vitamin C, vitamin D3, kalsium laktat, dan kalsium monohidrogen fosfat.

Meskipun dapat dikonsumsi tanpa resep dokter, kamu sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu apabila hendak minum suplemen ini. Lycalvit bisa dibeli dengan harga mulai Rp218.000 untuk kemasan isi 100 tablet.

4

Farmabex C

Suplemen vitamin untuk ibu menyusuiFarmabex CCek Sekarang

Farmabex C merupakan suplemen vitamin C untuk ibu menyusui. Tidak hanya membantu memenuhi kebutuhan vitamin C harian, kamu juga bisa mendapat asupan vitamin B lewat konsumsi suplemen ini.

Jika kamu mengonsumsi obat lain, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum minum Farmabex C. Multivitamin untuk ibu hamil ini umumnya dijual dengan harga mulai Rp147.000 untuk kemasan isi 100 tablet.

5

Elkana

Elkana dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin D untuk ibu menyusui. Suplemen ini juga menyediakan asupan vitamin dan mineral lain, mulai dari vitamin B6, vitamin C, kalsium laktat.dan kalsium fosfat.

Dalam 1 tablet Elkana mengandung 200 mg kalsium fosfat, 100 mg kalsium laktat, 20 mg vitamin B6, 25mg vitamin C, dan 100 IU vitamin D3. Suplemen vitamin untuk ibiu hamil ini dibanderol dengan harga Rp9.600 untuk kemasan isi 10 tablet.

6

Blackmores Pregnancy & Breastfeeding

Suplemen vitamin untuk ibu menyusuiBlackmores Pregnancy & Breastfeeding (Sumber foto: Blackmores)Cek Sekarang

Blackmores Pregnancy & Breastfeeding merupakan suplemen yang membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral bagi ibu menyusui. Suplemen ini juga membantu mendukung perkembangan bayi pada 1.000 hari pertama sejak lahir.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian, kamu bisa mengonsumsi 2 kapsul Blackmores Pregnancy & Breastfeeding atas izin dokter. Blackmores untuk ibu menyusui ini bisa dibeli dengan harga Rp194.000 untuk kemasan isi 60 kapsul.

7

CDR (Calcium D Redoxon)

Suplemen vitamin untuk ibu menyusuiCDR (Calcium D Redoxon)Cek Sekarang

Suplemen ini membantu memenuhi kebutuhan vitamin C, D, dan B6 pada ibu menyusui. Tak hanya itu, kandungan kalsium di dalamnya berguna untuk menunjang kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Produk ini aman dikonsumsi oleh semua orang, kecuali jika kamu hipersensitif terhadap salah satu komponen yang ada di dalamnya atau seorang penderita fenilketonuria. Harga Calcium D Redoxon untuk ibu menyusui ini umumnya dijual mulai Rp45.000 untuk kemasan isi 10 tablet.

VitaminSuplemenIbu Menyusui

Healthline. https://www.healthline.com/health/breastfeeding-vitamins
Diakses pada 8 Juni 2021

Toko SehatQ. https://toko.sehatq.com/
Diakses pada 8 Juni 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter