Beauty & Skincare

Rekomendasi Vitamin Rambut yang Bagus untuk Rambut Kering dan Mengembang

16 Sep 2021|Nurul Rafiqua
8 Pilihan vitamin rambut yang bagus untuk mengatasi rambut keringTerlalu sering styling dengan alat yang panas dapat menyebabkan rambut kering

Vitamin merupakan zat yang dibutuhkan oleh seluruh bagian tubuh, tak terkecuali rambut. Apalagi untuk kondisi rambut yang kering. Umumnya, rambut kering membutuhkan vitamin E, A dan C. Dengan mencukupi kebutuhan vitamin tersebut, rambut dapat ternutrisi dari dalam dan luar. Rambut idaman yang sehat, tebal, dan berkilau pun bisa kamu dapatkan.

Kenapa rambut bisa berubah menjadi kering dan rusak?

Rambut kering sendiri disebabkan oleh kurangnya minyak yang berfungsi melembapkan kulit kepala dan rambut. Hal ini bisa terjadi karena sejumlah faktor, antara lain:

  • Cuaca yang kering dan panas
  • Paparan air yang mengandung klorin
  • Terlalu sering keramas
  • Penggunaan produk perawatan rambut yang keras
  • Terlalu sering melakukan styling dengan alat yang panas

Fungsi dan manfaat vitamin rambut

Oleh karena berbagai permasalahan yang dihadapi rambut kering, jenis rambut ini tentunya membutuhkan asupan vitamin. 

Fungsi dan manfaat vitamin untuk rambut kering meliputi:

  • Melembapkan dan menutrisi rambut
  • Melindungi rambut dari kerusakan
  • Mengembalikan kilau rambut

Tips menggunakan vitamin rambut untuk rambut kering 

Secara umum, vitamin rambut terbagi berdasarkan bentuk dan teksturnya. Berikut cara terbaik untuk mengaplikasikan vitamin pada rambut kering.

  1. Vitamin berbentuk cairan: 
  • Gunakan vitamin pada kondisi rambut yang agak basah, sesaat setelah keramas
  • Tuangkan vitamin ke telapak tangan
  • Ratakan vitamin pada rambut dan usapkan ke batang rambut
  1. Vitamin berbentuk spray
  • Vitamin spray dapat digunakan di rambut basah atau kering
  • Semprotkan vitamin secukupnya pada rambut 
  • Sisir rambut dengan sisir atau tangan untuk meratakan vitamin
  • Jangan membilas rambut setelahnya

Rekomendasi vitamin untuk rambut kering terbaik

Sudah siap menambahkan vitamin rambut dalam rangkaian perawatan rambutmu? Berikut beberapa rekomendasi vitamin yang bagus untuk rambut kering dan mengembang.

1

Natur Hair Vitamin Aloe Vera & Provitamin B5

Rekomendasi vitamin rambut kering: Natur Hair Vitamin Aloe Vera & Provitamin B5Natur Hair Vitamin Aloe Vera & Provitamin B5 (sumber: natur.co.id)

Natur memang sudah dikenal sejak dulu sebagai brand perawatan rambut dengan bahan-bahan alaminya. Saat ini, Natur juga mengeluarkan vitamin khusus untuk rambut kering, yakni Natur Hair Vitamin Aloe Vera & Provitamin B5

Produk ini mengandung Aloe Vera Extract dan Provitamin B5 yang berfungsi untuk melembutkan dan menutrisi helaian rambut, menghidrasi dan menjaga kesejukan di kulit kepala serta membantu menjaga kesuburan rambut.

Kamu bisa pakai vitamin ini saat rambut masih setengah basah. Produk ini dikemas dalam botol spray yang memudahkan kamu saat menggunakannya. Cukup semprotkan pada kulit kepala atau rambut kamu dari jarak 10-15 cm, kemudian ratakan di seluruh kulit kepala dan rambut.

Produk dengan kemasan seperti ini pun mudah dibawa kemana-mana. Ditambah lagi wangi yang dihasilkan dari hair vitamin ini pun tercium segar dengan aroma lidah buaya, kamu jadi bisa menggunakannya sebagai hair mist juga.      

2

L’Oreal Extraordinary Oil

Rekomendasi vitamin rambut kering: L’Oreal Extraordinary OilL’Oreal Extraordinary Oil (sumber: loreal-paris.co.id)

Extraordinary Oil adalah serum perawatan rambut intensif. Dengan bantuan vitamin rambut ini, rambut akan ternutrisi dan terlindungi dengan baik. Hasil akhir dari vitamin rambut ini menjadikan rambut halus, lembut dan tampak berkilau tanpa membuat rambut menjadi lepek.

L’Oreal Extraordinary Oil mengandung 6 minyak natural istimewa, di antaranya adalah lotus, chamomile, rose, tiare, linseed dan soybean. Dengan kandungan minyak bunga tersebut, vitamin rambut ini lebih mudah terserap hingga ke batang rambut, merawat kelembapan sampai inti rambut.

Vitamin rambut ini bisa kamu pakai setelah keramas atau sebelum styling rambut. L'Oreal Extraordinary Oil punya 2 varian vitamin rambut yang cocok untuk rambut kering, yakni varian Gold dan varian Floral Jasmine.

Harga produk: Rp119.500 untuk 100ml

3

Ellips Hair Vitamin

Rekomendasi vitamin rambut kering: Ellips Hair VitaminEllips Hair Vitamin (sumber: ellipshaircare)

Brand Ellips adalah salah satu merek perawatan rambut yang terkenal dengan vitamin rambutnya yang berbentuk kapsul. Bentuknya yang unik dan harganya yang terjangkau membuat produk ini laris manis di pasaran.

Ellips juga menghadirkan berbagai macam vitamin untuk segala permasalahan rambut. Untuk kamu yang berambut kering, bisa mencoba varian Smooth & Shiny. Produk in mengandung Pro-Keratin Complex dan minyak Aloe Vera untuk menjaga kelembapan rambut. Setelah diaplikasikan, kamu bisa mendapati rambut kamu jadi halus, lembut dan bersinar.

Penggunaan vitamin rambut ini juga sangat mudah. Cukup robek kapsul lalu tuang produk ke tangan dan oleskan pada rambut kamu. Kamu bisa menyesuaikan jumlah kapsul yang dibutuhkan sesuai dengan panjang dan tebalnya rambut.

Harga produk: Rp15.200 untuk satu sachet isi 6 kapsul dan Rp72.000 untuk satu botol isi 50 kapsul.

4

Makarizo Honeydew Nutriv Serum

Rekomendasi vitamin rambut kering: Makarizo Honeydew Nutriv SerumMakarizo Honeydew Nutriv Serum (sumber: makarizo.com)

Rambut kering dan rusak karena sering distyling? Makarizo Homeydew Nutriv Serum bisa jadi penyelamat rambut kamu. Vitamin rambut dari Makarizo ini diperkaya dengan kandungan madu dan kombinasi vitamin A, C dan E yang dapat menutrisi rambut kering dan rusak.

Produk ini juga dipastikan efektif untuk rambut kering karena terdapat silikon yang akan membuat rambut halus, berkilau dan gampang diatur. Vitamin rambut ini juga menawarkan perlindungan panas, baik dari alat styling seperti catokan, bahkan sinar UV.

Kamu bisa pakai vitamin rambut dari Makarizo ini setelah keramas di setiap harinya.

Harga produk: Rp8.400 untuk satu ampul isi 5ml, Rp27.000 untuk kemasan 1 pack isi 5 ampul dan Rp180.000 untuk satu dus ini 25 ampul.

5

Lucido-L Triple Beauty Vitamin Oil

Rekomendasi vitamin rambut kering: Lucido-L Triple Beauty Vitamin OilLucido-L Triple Beauty Vitamin Oil (sumber: mandom.co.id)

Lucido merupakan merek perawatan rambut di bawah perusahaan Mandom, yakni perusahaan yang menaungi beberapa brand kecantikan Indonesia. Vitamin rambut Lucido-L Triple Beauty ini juga mudah didapat, baik di swalayan besar atau minimarket terdekat.

Lucido-L Triple Beauty Vitamin Oil mengandung vitamin A, C dan E yang mampu menyerap dengan intensif ke batang rambut untuk menghasilkan rambut yang indah dan halus. Kandungan sunflower oil dan avocado oil nya juga membantu rambut lebih lembut dan mengembalikan kilau alami rambut.

Jika kamu kurang suka dengan tekstur oil, kamu bisa coba varian hair vitamin Lucido dalam bentuk spray.

Harga produk: Rp35.200 untuk isi 50ml.

6

Matrix Biolage Deep Smoothing Serum

Rekomendasi vitamin rambut kering: Matrix Biolage Deep Smoothing SerumMatrix Biolage Deep Smoothing Serum (matrix.com)

Matrix merupakan brand ternama untuk perawatan rambut. Salah satu produk best sellernya, yakni Matrix Biolage Deep Smoothing Serum dikhususkan untuk kamu yang punya rambut keriting, kering dan rusak.

Dengan kandungan utama bunga kamelia, produk ini diformulasikan untuk membantu mengatur kelembapan rambut dan bisa mengunci hidrasi rambut hingga 97% dari kelembapan udara.

Selain itu, vitamin rambut ini juga bisa menghilangkan kusut, melembutkan dan melindungi rambut dari alat-alat styling dan cuaca lembap. Formulanya yang bebas paraben juga cocok digunakan untuk rambut yang diwarnai.

Harga produk: Rp95.700 untuk isi 100ml

7

Dove Hair Serum Nourishing Oil Care

 

Rekomendasi vitamin rambut kering: Dove Hair Serum Nourishing Oil CareDove Hair Serum Nourishing Oil Care (sumber: dove.com)

Dove Hair Serum Nourishing Oil Care adalah salah satu vitamin rambut yang cocok untuk rambut kering. Kandungan ekstrak botaninya mampu memperbaiki rambut yang kasar.

Vitamin E yang ada pada Dove hair serum ini juga bisa membantu menutrisi rambut kering. Ditambah lagi mineral oilnya dapat melindungi rambut dari berbagai zat berbahaya yang dihasilkan polusi. Kamu bisa mengandalkan vitamin ini dalam menjalani aktivitas sepanjang hari.

Produk ini juga menggunakan teknologi Nutri-Oil yang mengombinasikan bahan alami berupa ekstrak minyak almond, minyak kelapa dan minyak bunga matahari untuk rambut yang lebih lembut, berbinar dan gampang diatur.

Produk ini dibandrol dengan harga Rp160.000 untuk 40ml

8

Kerastase Elixir Ultime L’Huile Légére

Rekomendasi vitamin rambut kering: Kerastase Elixir Ultime L’Huile LégéreKerastase Elixir Ultime L’Huile Légére (sumber: kerastase.com)

Kerastese adalah brand perawatan rambut asal Prancis yang sudah tak diragukan lagi kualitasnya. Kerastase Elixir Ultime ini sendiri adalah serum yang diformulasikan untuk rambut kering, kusut dan kusam.

Vitamin rambut ini juga bisa membuat rambut lebih bervolume karena memiliki teknologi intra-cylane. Teknologi ini dapat menciptakan ikatan yang kuat pada tiap helaian rambut hingga tampak bervolume.

Dengan kandungan marula oil, camellia oil dan argan oil, vitamin rambut ini bisa menutrisi, melindungi dan memberikan kilau alami pada rambut. 

Kerastase Elixir Ultime L’Huile Légére bahkan diklaim bisa melindungi rambut dari suhu panas hingga suhu 230. Tak heran jika vitamin rambut ini menjadi andalan para professional.

Harga produk: Rp495.000 untuk 100ml

Produk KecantikanKosmetikKesehatan RambutRambut Kering

Natur. https://natur.co.id/
Diakses pada 9 September 2021

Loreal Paris. https://www.loreal-paris.co.id/
Diakses pada 9 September 2021

Makarizo. https://makarizo.com/
Diakses pada 9 September 2021

Mandom. https://www.mandom.co.id/
Diakses pada 9 September 2021

Matrix Professional. https://www.matrixprofessional.co.id/
Diakses pada 9 September 2021

 

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email