Gym & Sport

Naik Gunung Tidak Lengkap Tanpa Trekking Pole, Ini Rekomendasinya!

07 Aug 2021|Rhandy Verizarie
rekomendasi trekking poleTrekking pole dapat sangat membantu saat hiking

Mendaki gunung atau hiking adalah aktivitas fisik yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Untuk menunjang kegiatan yang satu ini, kamu memerlukan sejumlah perlengkapan, salah satunya trekking pole. 

Trekking pole atau tongkat mendaki berfungsi sebagai tumpuan kaki saat kamu harus melewati medan yang berat, terutama jalur pendakian yang masih baru. Nah, berikut ini ada rekomendasi tongkat gunung terbaik yang bisa kamu gunakan. Apa saja itu?

Manfaat mendaki gunung bagi kesehatan tubuh

Seperti yang telah disinggung di awal, mendaki gunung tidak hanya menyenangkan, tapi juga menyehatkan tubuh. 

Bahkan, manfaat mendaki gunung tidak hanya untuk kesehatan secara fisik, tapi juga mental.

Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kegiatan hiking, antara lain:

  • Menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler (stroke dan jantung)
  • Menurunkan tekanan darah dan gula darah
  • Melatih otot-otot dan tulang tubuh
  • Melatih keseimbangan tubuh
  • Mengatasi stres
  • Melatih kemampuan berpikir
  • Meningkatkan jiwa sosial

Belum lagi, udara di gunung yang cenderung bersih sangat baik untuk paru-paru. Itu sebabnya, kamu sangat disarankan untuk sesekali mendaki gunung guna menghasilkan tubuh yang sehat. 

Rekomendasi trekking pole terbaik

Memang, tongkat pendaki bukanlah barang wajib saat naik gunung. Akan tetapi, supaya lebih aman dan mudah dalam mengarungi medan pendakian, penggunaan perlengkapan gunung yang satu ini dianjurkan.

Berikut ini adalah rekomendasi trekking pole terbaik untuk kamu gunakan saat mendaki gunung nanti:

1

NatureHike Trekking Pole

Trekking pole naturehikeTrekking pole NatureHike cocok untuk pemula (Sumber: hikenrun.com)

Bagi kamu yang masih pemula dalam hiking, trekking pole dari NatureHike ini mungkin bisa dijadikan pilihan. Pasalnya, sistem pengunciannya tergolong mudah untuk dioperasikan.

Tongkat ini juga dilengkapi dengan tali Dyneema rope yang tidak mudah putus dan bahkan diklaim mampu menahan beban hingga 500N.

Jika melihat situs-situs belanja online, harga trekking pole NatureHike ini cukup beragam, bergantung tipe yang Anda pilih. Tongkat gunung ini bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp120.000.

2

Black Diamond Distance Carbon FLZ

Trekking pole black diamondSalah satu kelebihan Trekking pole Black Diamond adalah dapat dilipat (Sumber: Situs Black Diamond Equipment)

Black Diamond Distance Carbon FLZ bisa dibilang menjadi salah satu favorit para pendaki. Pasalnya, tongkat ini sangat mudah dilipat. 

Materialnya juga kokoh sehingga pendakianmu dapat berjalan dengan nyaman. Sistem penguncian tongkat ini menggunakan teknologi FlickLock sehingga lebih praktis dioperasikan. 

Untuk harganya, trekking pole ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp1.699.000

3

Decathlon Forclaz 1

tongkat pendaki gunung decathlonTongkat pendaki gunung milik Decathlon punya bobot yang ringan (Sumber: Decathlon.co.id)

Decathlon yang dikenal sebagai produsen alat olahraga juga mengeluarkan produk tongkat pendaki, yakni Decathlon Forclaz 1.

Tongkat ini terbuat dari bahan karbon sehingga ringan. Selain itu, tongkat juga nyaman dan tahan lama saat digunakan.

 

Harga Decathlon Forclaz 1: mulai dari Rp700.000

4

Eiger Tenacity

trekking pole eigerTongkat gunung milik Eiger seri Tenacity juga dapat dilipat (Sumber: situs resmi Eiger)

Eiger adalah produsen peralatan gunung lokal yang sudah sangat terkenal di kalangan pendaki. Untuk urusan tongkat gunung, Eiger memiliki sejumlah produk, salah satunya Eiger Tenacity.

Trekking pole Eiger yang satu ini terbuat dari bahan aluminium alloy dan dilengkapi tip yang bisa menunjang segala macam medan pendakian.

 

Harga Eiger Tenacity: mulai dari Rp250.000

5

Eiger Trail Enduro

rekking pole EigerTali pegangan di trekking pole Eiger Enduro membuat tongkat lebih nyaman (Sumber: situs Eiger Adventure)

Trekking pole Eiger lainnya yang direkomendasikan adalah Eiger Trail Enduro. Tongkat ini memiliki tali pegangan dengan bahan yang terasa nyaman dipegang. 

Selain itu, material tongkat secara keseluruhan terbuat dari bahan EVA yang biasa dipakai di tongkat-tongkat premium. Eiger Trail Enduro cocok untuk kamu yang merupakan pendaki pemula. Namun, pendaki profesional pun dapat menggunakannya. 

 

Harga Eiger Trail Enduro: mulai dari Rp199.000

6

Consina Trekking Pole Duralumin

trekking pole consinaTrekking pole consina berbahan duralumin ringan dan awet (Sumber: Situs Consina Adventure)

Consina Duralumin—sesuai dengan namanya—terbuat dari bahan duralumin yang menjadikannya berbobot ringan tapi bisa digunakan dalam jangka panjang. 

Sementara itu, pegangan tongkat gunung ini terbuat dari bahan EVA yang membuatnya tidak mudah licin saat terkena keringat atau air.


Harga Consina Duralumin: mulai dari Rp195.000

7

Trekking Pole Rei Manaslu

trekking pole reiTrekking pole Rei Manaslu lebih nyaman karena pegangannya bentuk T (Sumber: situs Arei Outdoor Gear)

Produsen peralatan outdoor asal Indonesia lainnya yang juga mengeluarkan produk tongkat gunung adalah Arei (beberapa membacanya Rei). Salah satu produk trekking pole Arei yang direkomendasikan adalah Manaslu. 

Tongkat ini lebih dikhususkan bagi Anda yang mendaki gunung dengan medan tidak terlalu terjal. Pegangannya berbentuk T-Shape sehingga cocok bagi para pendaki pemula.

Sementara itu, secara kualitas, produk ini terbuat dari material yang terasa kokoh saat dipegang sehingga bisa digunakan dalam waktu yang lama.

 

Harga Arei Manaslu: mulai dari Rp99.000

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter