Gym & Sport

10 Rekomendasi Treadmill Manual Terbaik untuk Dapatkan Tubuh Sehat

13 Sep 2021|Nina Hertiwi Putri
Treadmill manual yang bagus antara lain Vosgo, OB Fit, dan iReborn.Treadmill manual cocok untuk yang lebih suka berolahraga dengan berjalan

Treadmill secara umum bisa dibagi menjadi dua jenis, yaitu manual dan elektrik. Sebagian orang mungkin lebih senang berolahraga menggunakan treadmill manual karena dianggap bisa memberikan hasil yang lebih maksimal. Benarkah?

Perbedaan treadmill manual dan elektrik

Baik manual maupun elektrik, treadmill sama-sama bisa memberikan manfaat kesehatan. Perbedaan treadmill manual dan elektrik yang utama terletak pada sumber tenaga yang digunakan.

Treadmill manual, sesuai namanya, tidak menggunakan tenaga listrik untuk menggerakkan belt atau alas tempat kita berlari. Belt baru berjalan jika kita menggerakkannya menggunakan kaki.

Berbeda dengan treadmill elektrik yang menggunakan tenaga listrik untuk menggerakkan belt. Jadi, alas bisa tetap berjalan walau tidak ada yang menaikinya.

Treadmill manual memiliki belt yang lebih lentur dan sedikit menekuk ke bawah. Tujuannya untuk memudahkannya bergerak menggunakan tenaga manusia. Sedangkan belt pada treadmill elektrik posisinya lurus dan tidak lentur.

Kelebihan dan kekurangan treadmill manual

Treadmill manual memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa jadi bahan pertimbangan sebelum kamu memutuskan untuk membeli alat ini.

Kelebihan treadmill manual

  • Harganya lebih murah
  • Bisa meningkatkan detak jantung di kecepatan yang lebih rendah dibanding treadmill elektrik. Saat detak jantung sudah naik sampai batas tertentu, pembakaran kalori akan terjadi secara maksimal.
  • Cocok untuk orang yang lebih suka berjalan dibanding berlari
  • Hemat biaya karena tidak membutuhkan listrik untuk digunakan
  • Lebih aman dibanding treadmill elektrik karena belt akan berhenti bergerak saat kamu berhenti bergerak

Kekurangan treadmill manual

  • Fiturnya tidak sebanyak treadmill elektrik sehingga variasi latihannya juga sedikit
  • Sulit untuk mengganti posisi ketinggian belt karena harus dilakukan secara manual, tidak bisa otomatis dengan menekan tombol seperti pada treadmill elektrik
  • Lebih berat untuk sendi karena di awal perlu memusatkan kekuatan di area kaki termasuk lutut dan pinggul agar belt bisa bergerak. Treadmill jenis ini tidak terlalu cocok untuk yang punya masalah sendi.
  • Strukturnya tidak sekuat treadmill elektrik
  • Kurang cocok untuk kamu yang lebih suka berlari

Rekomendasi treadmill manual

Berikut ini beberapa jenis treadmill manual yang bisa kamu pilih:

1

Vosgo Manual Treadmill SP-M580Q

Vosgo Manual Treadmill SP-M580QVosgo Manual Treadmill SP-M580Q (sumber: vosgofitness.com)

Vosgo adalah merek alat olahraga asal Indonesia yang juga menyediakan treadmill manual multifungsi. Disebut multifungsi karena selain bisa dipakai untuk jalan dan jogging, alat ini juga tersambung langsung dengan beberapa fitur lain, seperti:

  • Massager
  • Twister
  • Sit up bar
  • Resistance band
  • Push up bar

Gabungan fitur-fitur ini akan membantumu meraih kebugaran tak hanya lewat latihan kardio, tapi juga latihan beban menggunakan berat badan sendiri (body weight training).

Treadmil manual Vosgo jenis ini dijual dengan harga mulai dari Rp2.900.000.

2

Vosgo Manual Treadmill SP-M510

Vosgo Manual Treadmill SP-M510Vosgo Manual Treadmill SP-M510 (sumber: vosgofitness.com)

Vosgo juga memiliki treadmill manual jenis lain, yaitu SP-M510. Meski fiturnya tak selengkap seri sebelumya, alat ini tetap bisa memenuhi kebutuhanmu untuk berjalan dan berlari.

Alat ini tidak dilengkapi dengan sit up bar ataupun resistance bar. Akan tetapi, ada stepper yang terpasang langsung di dalamnya. Stepper adalah pedal naik turun yang dapat dipakai untuk mengencangkan paha, betis, dan bokong.

Untuk menghemat tempat, treadmill ini bisa dilipat dengan mudah setelah digunakan.

Dapatkan treadmill manual ini dengan harga mulai dari Rp2.480.000.

3

ACE Kinetic Magnetic Treadmill Manual

ACE Kinetic Magnetic Treadmill ManualACE Kinetic Magnetic Treadmill Manual (sumber: ruparupa.com)

Dengan harga mulai dari Rp2.549.000, kamu sudah bisa mendapatkan treadmill manual Kinetic Magnetic dari ACE. Ukurannya yang tidak terlalu besar, membuat alat ini cocok dimasukkan sebagai salah satu list alat gym rumahan.

Treadmill manual ini dilengkapi dengan layar LCD yang akan menunjukkan status latihanmu, mulai dari jarak, waktu, hingga jumlah kalori yang sudah dibakar.

Alat ini bisa dipakai tanpa menggunakan listrik sama sekali dan dapat menahan beban maksimal hingga 100 kg.

Kalau kamu mencari alat olahraga yang praktis untuk space terbatas, ACE Kinetic Magnetic Treadmill Manual adalah pilihan yang tepat.

4

TOTAL Treadmill Manual TL-001

TOTAL Treadmill Manual TL-001TOTAL Treadmill Manual TL-001 (sumber: total-healthgym.com)

Kalau kamu ingin treadmill manual dengan harga yang lebih murah dan hanya membutuhkan fitur dasar, yaitu berlari, alat dari TOTAL ini cocok untuk dimiliki.

Alat ini memang tidak dilengkapi dengan fitur tambahan macam-macam. Namun, justru inilah yang membuatnya cocok bagi kamu yang memang hanya memerlukan treadmill untuk jalan, jogging, maupun lari di sela-sela waktu sibukmu.

Mengingat bisa dilipat, treadmill ini mudah disimpan dan tidak akan memakan banyak tempat di rumah. Lagipula, lebarnya kurang lebih hanya satu meter sehingga dalam keadaan terbuka pun tidak akan menutupi banyak akses jalan di dalam ruangan.

Bisa menahan bobot maksimal hingga 80 kg, treadmill manual dari TOTAL seri TL-001 bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp1.680.000.

5

TOTAL Treadmill Manual TL-002

TOTAL Treadmill Manual TL-002TOTAL Treadmill Manual TL-002 (sumber: total-healthgym.com)

Sedikit lebih unggul dari seri sebelumnya, treadmill manual dari TOTAL seri TL-002 mampu menahan bobot tubuh maksimal hingga 85 kg.

Dilengkapi dengan monitor yang menunjukkan detak jantung, jarak tempuh, hingga kalori yang terbakar, alat ini juga bisa diatur tingkat kemiringannya. Dengan menyetel alat menjadi lebih miring, maka intensitas latihan pun akan meningkat.

Total Treadmill Manual seri TL-002 bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp2.200.000.

6

OB Fitness OB-2017

OB Fitness OB-2017 treadmill manual yang bagusOB Fitness OB-2017 (sumber: obfit.com)

OB Fitness OB-2017 adalah treadmill manual yang juga dilengkapi dengan berbagai fitur latihan lain, seperti twister, stepper atau pedal naik turun untuk melatih otot kaki dan betis, loop, push up bar, hingga loop untuk massage.

Bisa menahan beban hingga 100 kg, treadmill ini juga dilengkapi dengan layar LCD yang akan menampakkan kecepatan, waktu, jarak, dan kalori yang sudah dibakar.

Belt yang dijadikan tempat berlari memiliki dimensi 120x34 cm, sehingga tidak memakan banyak tempat. Lagipula, alat ini bisa dilipat sehingga penyimpanannya bisa dilakukan di mana saja.

Treadmill manual OB Fitness OB-2017 bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp3.850.000.

7

OB Fitness OB-2014

OB Fitness OB-2014 treadmill manual yang bagusOB Fitness OB-2014 (sumber: obfit.com)

Treadmill manual OB-2014 memiliki enam fungsi sekaligus. Ini membuatnya jadi salah satu alat olahraga terlengkap yang bisa kamu dapatkan untuk membangun home gym.

Tambahan fitur rope bisa dipakai untuk melatih kekuatan otot, sehingga kamu bisa mendaptakan manfaat ganda dari alat ini. Selain sebagai penunjang latihan kardio, treadmill manual ini juga bisa digunakan untuk latihan beban.

Bisa menahan berat badan maksimal hingga 100 kg dan mudah dilipat sehingga bisa disimpan di ruangan yang sempit.

Dapatkan OB Fitness OB-2014 dengan harga mulai dari Rp4.070.000.

8

iReborn IR 502CF Manual Treadmill

iReborn IR 502CF Manual TreadmilliReborn IR 502CF Manual Treadmill (sumber: ireborn.com)

Sebagai salah satu merek yang sudah cukup termasyhur di dunia perlengkapan olahraga, iReborn juga tak mau ketinggalan mengeluarkan treadmill manual.

Mengingat tidak membutuhkan tenaga listrik, jalan atau jogging menggunakan alat ini bisa jadi salah satu kegiatan yang eco friendly.

Salah satu kelebihan treadmill manual, seperti yang telah disebutkan di atas adalah kecepatannya yang bisa dengan mudah disesuaikan dengan kondisi masing-masing pengguna. Begitupun dengan alat keluaran iRerborn ini.

Layarnya dilengkapi dengan kecepatan, jumlah kalori yang sudah dibakar, serta denyut nadi.

Untuk mendapatkan treadmill manual ini kamu perlu merogoh kocek mulai dari Rp2.000.000-an.

9

Oke Fit Treadmill Manual

Oke Fit Treadmill ManualOke Fit Treadmill Manual (sumber: ok-fit.com)

Oke Fit Treadmill Manual tergabung dalam satu paket alat olahraga lengkap bersama twister, sit up dan push up bar, serta tali karet. Jadi selain jalan atau lari, kamu juga bisa menggunakan alat ini untuk variasi latihan lain.

Dapatkan badan ideal dengan memaksimalkan latihan kardio dan body weight training hanya dalam satu alat.

Treadmill ini juga dilengkapi dengan layar yang akan menunjukkan waktu, kalori yang terbakar dan jarak yang sudah ditempuh, membuat kamu bisa mengukur intensitas latihan dengan lebih baik. Bisa dipakai oleh orang dengan bobot maksimal 110 kg.

Treadmill manual dari Oke Fit bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp1.690.000.

10

IDACHI OMA-6350 CB Treadmill Manual

IDACHI OMA-6350 CB Treadmill ManualIDACHI OMA-6350 CB Treadmill Manual (sumber: idachifitness.com)

Treadmill manual dari IDACHI merupakan jenis yang berbeda dari treadmill lain yang sudah disebutkan di atas. Belt alat ini berbentuk melengkung yang dilengkapi dengan berbagai fitur mulai dari LCD komputer, handle pulse, hingga body fat function.

Pada LCD yang tersambung langsung ke alat, kamu dapat melihat kecepatan jalan atau lari hingga detak jantung. Dibanding treadmill manual lainnya, alat ini cocok untuk kamu yang ingin berlatih lari dengan teknik khusus.

Strukturnya lebih kuat karena bisa digunakan oleh orang hingga berat maksimal 160kg.

Untuk mengetahui harga treadmil manual dari IDACHI, kamu bisa menghubungi kontrak resminya secara langsung di tautan berikut ini.

OlahragaTips OlahragaLari
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email