Gym & Sport

Rekomendasi Topi Renang Terbaik untuk Lindungi Kepala dan Telinga

06 Aug 2021|Nurul Rafiqua
10 Topi Renang Terbaik dari Bermacam Merek dan JenisUmumnya, swim cap terbuat dari bahan latex, silikon atau licra yang lentur

Ada berbagai alasan topi renang sangat dibutuhkan oleh para perenang, baik pemula maupun profesional. Topi renang atau swim cap adalah penutup kepala yang digunakan saat berenang. Umumnya, swim cap terbuat dari bahan latex, silikon atau licra yang lentur sehingga dapat menempel dengan rapat di kepala.

Fungsi topi renang

Topi renang sering dianggap sebagai pelindung rambut agar tidak basah saat berenang. Padahal, hampir semua penutup kepala renang tidak kedap air (waterproof). Fungsi sebenarnya dari topi renang adalah:

  • Menahan rambut agar tidak menghalangi pandangan ketika berenang.
  • Menjaga rambut, kulit kepala dan telinga dari paparan kaporit dan zat lain yang terdapat pada air kolam renang.
  • Membuat badan jadi lebih hidrodinamik yang memungkinkan tubuh berenang lebih cepat.
  • Bahan tertentu seperti neoprene dapat membantu menjaga kepala agar tetap hangat meski berenang di air yang dingin.

Kelebihan dan kekurangan bahan-bahan penutup kepala renang

Topi renang dapat dibuat dari berbagai bahan. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Berikut penjelasannya:

Bahan silikon

  • Kelebihan:
    • Awet dan tahan lama
    • Sangat lentur, hingga dapat ditarik dua kali dari ukuran aslinya
    • Pinggiran dapat melekat dengan erat
    • Dapat mengurangi hambatan di dalam air
    • Cocok untuk perenang kompetitif
  • Kekurangan:
    • Terkadang mudah terlepas karena bahannya sangat halus
    • Cenderung lebih mahal

Bahan lateks

  • Kelebihan:
    • Menempel dengan kuat dan tidak mudah bergeser
    • Bahan tipis dan lebih adem
  • Kekurangan:
    • Agak sulit untuk dipakai dan dilepas
    • Kurang tahan lama karena mudah sobek
    • Tidak disarankan bagi perenang yang alergi terhadap lateks

Bahan lycra

  • Kelebihan: Sangat nyaman karena tidak akan menekan kepala terlalu keras
  • Kekurangan:
    • Mudah kendur karena paparan klorin, jadi gampang lepas saat sudah lama.
    • Tidak cocok untuk perenang yang sedang berkompetisi

Bahan neoprene

  • Kelebihan: Sangat bagus menjaga suhu di kepala agar tetap hangat
  • Kekurangan: Sangat tebal jadi mungkin kurang nyaman ketika digunakan

Rekomendasi merek topi renang yang bagus

Setelah mengetahui fungsi dan spesifikasi bahan-bahan topi renang, sudah siap untuk memilih topi renang yang bagus? Yuk, simak berbagai rekomendasi topi renang terbaik versi SehatQ berikut ini:

1

Arena Long Hair Swim Cap

Rekomendasi Topi Renang: Arena Long Hair Swim CapArena Long Hair Swim Cap

Seperti namanya, Arena long hair swim cap diperuntukkan bagi pemilik rambut panjang. Terbuat dari 100% silikon, topi renang ini sangat lentur sehingga dapat memberikan ruang ekstra bagi rambut panjang.

Meski rambut dapat terkunci dengan kuat di dalam topi renang ini, kepala akan tidak terasa sakit. Selain itu, bahannya juga tidak menyebabkan alergi.

Arena long hair swim cap tersedia dalam enam variasi warna yaitu Alida black, Alida grey, alida white, Palm black, palm pink, dan palm red.

Harga topi renang Arena: Rp182.000

2

Nike Latex Swim Cap

Rekomendasi Topi Renang: Nike Latex Swim CapNike Latex Swim Cap

Nike terkenal akan kualitas dan desainnya yang stylish, dan ini juga terlihat pada produk topi renang yang dikeluarkannya. Dibuat dari lateks berkualitas, topi renang Nike mampu merekat dengan sempurna di berbagai bentuk kepala.

Bahan latex yang relatif tipis juga sangat cocok untuk digunakan di tempat bersuhu panas seperti di Indonesia. Meski tidak seawet topi renang dari bahan silikon, Nike Latex Swim Cap tetap menawarkan bahan bermutu dengan harga yang terjangkau.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dari penutup kepala renang berbahan lateks adalah produk ini tidak disarankan untuk pemilik kulit sensitif yang memiliki alergi latex. Selain itu, karena bahan ini mudah sobek, berhati-hatilah saat memasang dan melepaskannya.

Harga topi renang Nike: mulai dari Rp100.000

3

Intex Silicone Swim Cap

Rekomendasi Topi Renang: Intex Silicone Swim CapIntex Silicone Swim Cap

Topi renang berbahan silikon lainnya datang dari merek Intex yang diklaim tidak mudah slip atau bergeser saat digunakan. Sehingga, rambut dapat terlindungi dengan maksimal, bahkan tidak terasa basah selama berada di dalam kolam.

Intex silicone swim cap punya kelenturan yang baik. Bahannya pun terasa lembut dan tidak menempel pada helaian rambut. Topi renang ini dapat digunakan pada orang dewasa dan anak-anak usia delapan tahun keatas.

Ada tiga varian warna yang bisa kamu pilih yaitu putih, hitam dan biru.

Harga produk: Rp54.000

4

TYR LYCRA® Fiber Swim Cap

Rekomendasi Topi Renang: TYR LYCRA® Fiber Swim CapTYR LYCRA® Fiber Swim Cap (sumber: tyr.com)

Topi renang dari merek Tyr ini didesain khusus untuk kamu yang hobi renang dan bukan perenang profesional. Dengan perpaduan bahan lycra dan nylon, penutup kepala renang ini terasa sangat nyaman saat digunakan. Tidak mudah tertarik atau membuat rambut tersangkut ketika dikenakan.

Harga topi renang TYR LYCRA: mulai dari Rp174.875

5

Cressi Lady Ear Cap

Rekomendasi Topi Renang: Cressi Lady Ear CapCressi Lady Ear Cap

Cressi merupakan salah satu merek topi renang yang populer di kalangan perenang Wanita. Didesain khusus dari bahan silikon yang sangat elastis, topi renang ini cocok dipakai untuk yang berambut panjang.

Penutup telinga yang tersambung langsung ke alat ini juga membuatmu lebih nyaman dan tidak khawatir air akan masuk ke telinga. Kelebihan lainnya, Cressi Lady Ear Cap tidak akan menyebabkan reaksi alergi pada kulit sensitif sekalipun. Produk ini tersedia dalam 2 warna yaitu hitam dan merah muda.

Harga produk: Rp150.000

6

Speedo Ultra Pace Cap

Rekomendasi Topi Renang: Speedo Ultra Pace CapSpeedo Ultra Pace Cap

Kalau bicara tentang topi renang yang bagus, rasanya kurang lengkap kalau belum membahas Speedo. Topi renang ini sudah sejak lama jadi idola banyak orang karena desainnya nyaman maksimal dan bisa fit in ketika dikenakan. Selain itu, Speedo Ultra Pace Cap juga punya bentuk yang lebih slim dan halus, jadi pas untuk berbagai ukuran kepala.

Swim cap ini diformulasikan dengan lapisan tahan air yang dapat mengurangi risiko perpindahan air. Sehingga, rambutmu akan benar-benar terlindungi dari kaporit kolam renang. Bahannya pun kuat dan tidak mudah sobek karena terbuat dari lapisan nylon lycra. Ada dua warna yang bisa kamu pilih saat membeli topi renang ini, yaitu Electric pink/ galinda dan oxid gray/ black.

Harga produk: Rp280.000

7

Firesara Extra Large Swimming Cap

Rekomendasi Topi Renang: Firesara Extra Large Swimming CapFiresara Extra Large Swimming Cap (sumber: firesara.com)

Berbeda dari kebanyakan brand, topi renang dari firesara ini hadir dalam ukuran besar. Tersedia dalam ukuran L dan XL, topi renang ini memang ditujukan untuk perenang dengan rambut super tebal atau yang memiliki tatanan rambut tertentu.

Meski memiliki ruang yang luas, topi renang yang terbuat dari 100% silikon premium tanpa BPA ini memiliki pinggiran yang kuat dan tidak mudah terlepas maupun bocor dari samping.

Harga produk: Rp289.000

8

Nabaiji Mesh Fabric Swim Cap

Rekomendasi Topi Renang: Nabaiji Mesh Fabric Swim CapNabaiji Mesh Fabric Swim Cap

Jika kurang nyaman dengan produk berbahan silicon, topi renang merk Nabaiji bisa jadi pertimbangan. Topi renang ini terbuat dari 80% polyamide dan 20% elastane yang lembut di kepala.

Nabaiji Mesh Fabric Swim Cap bisa menahan rambut dengan baik saat berenang, jadi tidak berserakan ke luar topi. Namun, materialnya tidak dapat menahan air sekuat bahan yang lain, sehingga mungkin membuat rambutmu terasa lebih basah.

Nabaiji Mesh Fabric Swim Cap sangat cocok untuk perenang pemula. Bahannya ringan dan lembut dan tidak menimbulkan reaksi alergi, sehingga aman digunakan oleh anak-anak ataupun orang dewasa.

Topi ini tersedia dari ukuran S hingga L dengan tiga varian warna yaitu biru, biru dongker dan merah muda.

Harga produk: Rp135.000

9

Mad Wave’s Silicone Swim Caps

Rekomendasi Topi Renang: Mad Wave’s Silicone Swim CapsMad Wave’s Silicone Swim Caps

Topi renang dari brand olahraga Mad Wave ini dibuat dari silikon berkualitas tinggi yang sudah dipastikan chlorine-resistant, alias dapat menahan kaporit dari air kolam. Desainnya ergonomis, jadi nyaman dan aman melekat pada kepala.

Mad Wave’s silicone swim caps adalah pilihan sempurna untuk kamu yang punya latihan secara rutin di kolam renang.

Harga produk: Rp150.000

10

Speedo Bubble Swimming Cap

 

Rekomendasi Topi Renang: Speedo Bubble Swimming CapSpeedo Bubble Swimming Cap

Speedo Bubble Swimming Cap dirancang dengan eksterior berktekstur dari bahan silikon. Topi renang jenis ini sangat bagus untuk pemilik rambut panjang karena dapat menciptakan ruang yang lebih pas di kepala.

Saat dipakai, swim cap ini juga dapat memberikan efek hidrodinamis pada tubuh, karena dapat meminimalkan halangan dari air.

Bubble atau gelembung di lapisan luar topi renang ini diisi dengan udara sehingga dapat membuat kepala terasa hangat. Ideal digunakan pada kolam terbuka dengan air yang dingin. Di samping itu, bubble tersebut juga dapat menutupi telinga dengan aman.

Harga produk: Rp142.000

Berenang

Simplyswim. https://www.simplyswim.com/pages/choosing-swimming-caps’
Diakses pada 28 juli 2021

Yourswimlog. https://www.yourswimlog.com/best-swim-caps-for-swimmers/
Diakses pada 28 juli 2021

Myswimpro. https://myswimpro.com/blog/2018/02/12/why-you-should-wear-a-swim-cap/
Diakses pada 28 juli 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter