Beauty & Skincare

13 Rekomendasi Toner yang Bagus untuk Dapatkan Kulit Sehat

13 Oct 2021|Nina Hertiwi Putri
Toner wajah bisa mencerahkan kulit dan membuatnya jadi lebih sehatToner wajah bisa mencerahkan dan menyehatkan tubuh

Untuk bisa mendapatkan kulit yang sehat, memilih toner wajah yang bagus tentu jadi salah satu kuncinya. Toner biasanya dipakai segera setelah selesai mencuci muka. Ini karena toner bertujuan mempersiapkan kulit sebelum masuk ke urutan pemakaian skincare berikutnya.

Memilih toner terbaik untuk kulitmu tidak bisa sembarangan. Sebab, setiap tipe kulit punya jenis tonernya sendiri-sendiri.

Supaya tidak bingung, berikut ini SehatQ sajikan info lengkap tentang fungsi, cara pakai, jenis, hingga rekomendasi merek toner yang bagus untuk berbagai jenis tipe kulit.

Fungsi toner untuk kulit wajah

Ada banyak fungsi toner untuk kulit, beberapa di antaranya adalah:

1. Membuat kulit lebih bersih

Toner yang bagus akan mampu menyempurnakan proses pembersihan wajahmu. Soalnya, walaupun kamu sudah cuci muka dan menggunakan produk pembersih wajah, kotoran bisa saja masih menempel di kulit.
Itulah alasannya setelah pakai toner wajahmu biasanya akan terlihat lebih cerah dan terasa lebih kencang.

2. Mencegah munculnya jerawat

Untuk kamu yang punya kulit berminyak, toner akan membantu mengurangi produksi minyak berlebih di kulit. Hal ini akan mengurangi risiko terbentuknya jerawat.

3. Membuat pori-pori jadi lebih kencang

Pakai toner secara teratur akan membuat tampilan pori-pori mengecil. Jadi, kotoran, minyak, dan sisa polusi sulit menempel di wajah.

4. Membuat kulit jadi lebih lembap

Nah, kalau kamu punya kulit yang cenderung kering, penggunaan toner juga bisa membantu kulit lebih lembap.

Tentu, jenis toner untuk kulit berminyak dan kering berbeda. Bagi pada pemilik kulit kering, pilihlah toner yang mengandung bahan pelembap, seperti hyaluronic acid.

5. Menyeimbangkan pH di kulit

Toner bisa menyeimbangkan pH di kulit yang normalnya bernilai 5,5. Kadar pH kulit memang tergolong asam, tapi justru inilah yang akan melindungi kulit dari iritasi dan mencegah kulit menjadi terlalu kering.

Memilih toner yang tepat sesuai kebutuhan dan jenis kulit

Setiap tipe kulit punya jenis tonernya tersendiri. Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat membeli toner:

  • Kulit berminyak dan mudah berjerawat: pilih toner yang mengandung salicylic acid atau witch hazel.
  • Kulit kering: pilih toner yang mengandung asam amino atau hyaluronic acid.
  • Kulit sensitif: pilih toner berbahan tumbuhan yang bisa membuat kulit menjadi lebih tenang, seperti chamomile.
  • Kulit dengan pori-pori besar: pilih toner yang mengandung alpha hydroxy acids (AHA)
  • Kulit kusam: pilih toner yang mengandung asam laktat atau exfoliant alami seperti ekstrak pepaya.
  • Kulit yang mengalami penuaan: pilih toner yang mengandung antioksidan dan pelembap, seperti air mawar, hyaluronic acid, atau lecithin.

Cara menggunakan toner yang benar

Pakailah toner dengan cara yang tepat agar manfaatnya bisa kamu rasakan secara maksimal. Berikut tahapan pakai toner yang benar:

  • Sebelum pakai toner, bersihkan wajah dengan produk pembersih dan sabun cuci muka.
  • Keringkan wajah dengan handuk atau tisu yang lembut
  • Oleskan toner di wajah menggunakan kapas berbahan halus. Kamu juga bisa menuangkan toner langsung ke tangan dan menepuk-nepuk lembut ke wajah.
  • Gunakan toner pada pagi dan malam hari jika kulitmu berminyak atau kombinasi. Kalau kulitmu cenderung kering, sebaiknya hanya pakai toner malam hari.
  • Setelah selesai pakai toner, kamu bisa melanjutkan perawatan kulitmu dengan pelembap, serum, maupun produk skincare lainnya.

13 toner terbaik untuk wajah

Berikut ini daftar 13 toner yang bagus untuk wajahmu:

1

Avoskin Your Skin Bae Series Toner Ultimate Hyaluron Marine Collagen 5% + Hyacross 2% + Galactomyces

Avoskin Your Skin Bae Series Toner Ultimate Hyaluron Marine Collagen 5% + Hyacross 2% + GalactomycesAvoskin Your Skin Bae Series Toner Ultimate Hyaluron Marine Collagen 5% + Hyacross 2% + GalactomycesCek Sekarang

Setelah mengeluarkan seri Miraculous Refining Toner yang direkomendasikan banyak orang. Avoskin kini memproduksi Skin Bae Series yang didesain spesifik untuk masing-masing masalah kulit.

Avoskin Your Skin Bae Series Toner Ultimate Hyaluron Marine Collagen 5% + Hyacross 2% + Galactomyces adalah salah satu toner yang bagus untuk kulit kering, kusam, dan berjerawat.

Toner ini termasuk salah satu jenis hydrating toner yang akan melembapkan kulit secara maksimal. Gunakan saat pagi dan malam hari sebelum pakai serum atau essence untuk hasil yang maksimal.

Harga toner Avoskin untuk kulit kering ini dibanderol mulai dari Rp150.000.

2

Erha Acneact AHA BHA & Niacinamide Clarifying Toner 60 ml

Erha Acneact AHA BHA & Niacinamide Clarifying Toner 60 ml harga Rp104.500Rekomendasi toner wajah Erha Acneact AHA BHA & Niacinamide Clarifying Toner 60 mlCek Sekarang

AHA dan BHA serta niacinamide adalah tiga bahan holy grail di dunia skin care. Gabungan ketiganya terbukti efektif menghilangkan jerawat dan merawat kulit berminyak.

Tidak hanya menyembuhkan jerawat, toner ini juga dapat mencegah munculnya jerawat baru. Bisa dipakai oleh pria dan wanita yang punya masalah dengan jerawat.

Dapatkan toner ini dengan harga mulai dari Rp104.500.

3

Inez Balanced Skin Toner

Inez Balanced Skin Toner bagus untuk mengecilkan pori-poriRekomendasi toner wajah Inez Balanced Skin TonerCek Sekarang

Toner lokal keluaran Inez juga punya kualitas yang tidak kalah dibanding merek luar. Inez Balanced Skin Toner efektif untuk mengembalikan pH kulit wajah dan mengecilkan pori-pori.

Toner ini cocok untuk kulit normal cenderung kering. Setelah penggunaan, kamu akan merasakan sensasi segar yang mungkin tidak didapatkan dari toner merek lain.

Kamu bisa membeli Inez Balanced Skin Toner dengan harga yang terjangkau, yakni mulai Rp38.000.

4

Aqua+ Soothing Purifying Toner

Aqua+ Soothing Purifying Toner Toner Wajah Bagus Seharga Rp395.000Rekomendasi toner wajah Aqua+ Soothing Purifying TonerCek Sekarang

Ini adalah salah satu toner terbaik untuk kuilt berminyak dan berjerawat. Teksturnya ringan, sehingga tidak memicu rasa perih atau lengket ketika dipakai.

Toner ini efektif untuk menyingkirkan kotoran dan mengangkat sel kulit mati. Jadi, wajah lebih sehat, cerah, dan lebih siap untuk menerima skincare selanjutnya.

Toner Aqua+ mengandung Salsphere AquaSkin, AC.NET, Vitamin B3 & L-Arginine yang sudah terbukti secara klinis bisa mengatasi berbagai masalah kulit berjerawat.

Meski bisa mengurangi produksi minyak, toner ini tidak lantas membuat kulit menjadi kering, apalagi kusam.
Aqua+ Soothing Purifying Toner bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp395.000 untuk ukuran 150 ml.

5

Sebamed Clear Face Cleansing Facial Toner

Sebamed Clear Face Cleansing Facial Toner untuk kulit berminyak harga Rp123.500Rekomendasi toner wajah Sebamed Clear Face Cleansing Facial TonerCek Sekarang

Sebamed Clear Face Cleansing Facial Toner merupakan toner wajah yang dikhususkan untuk pemilik kulit berminyak dan berjerawat.

Kalau kulitmu kombinasi apalagi kering, sebaiknya jangan pakai toner ini karena bisa membuat wajah terasa perih.

Teksturnya cair dan ada aroma khas produk steril meski tidak mengganggu. Untuk kulit berminyak dan berjerawat, toner ini sangat ampuh untuk mengangkat tumpukan sebum.

Toner Sebamed mengandung ekstrak timun, witch hazel, vitamin B5, dan protein sutra yang akan membantu memperkecil tampilan pori, mengurangi produksi minyak, menyembuhkan luka bekas jerawat, sekaligus mencegah timbulnya jerawat baru.

Salah satu toner terbaik Sebamed ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp123.500.

6

Mineral Botanica Brightening Care Toner

Mineral Botanica Brightening Care Toner Harga Terjangkau hanya Rp29.000Rekomendasi toner wajah Mineral Botanica Brightening Care TonerCek Sekarang

Mineral Botanica juga menghadirkan produk brightening alias pencerah wajah dalam bentuk toner. Terbuat dari bahan-bahan berkualias, ini adalah salah satu toner yang bisa kamu dapatkan dengan harga yang terjangkau, yaitu mulai dari Rp29.000.

Toner dari Mineral Botanica efektif untuk menyempurnakan pembersihan kulit karena dapat mengangkat sisa-sisa make up yang sering kali tertinggal meski sudah melakukan dua kali pembersihan.

Setelah penggunaan, kamu akan merasa kulit wajah terasa lebih segar dan kenyal.

7

Kojie San Dreamwhite Anti Aging Facial Toner with Collagen

Kojie San Dreamwhite Anti Aging Facial Toner with Collagen harga Rp40.000Rekomendasi toner wajah Kojie San Dreamwhite Anti Aging Facial Toner with CollagenCek Sekarang

Toner dari Kojie San ini adalah toner yang bagus untuk kamu yang sedang mencari produk untuk mencegah penuaan dini dengan harga yang terjangkau, yaitu kurang lebih hanya Rp40.000 untuk ukuran 60 ml.

Toner ini akan membuat kulit terlihat lebih muda dengan cara mencerahkan, melembutkan, dan mengecilkan pori-pori sehingga wajah terasa dan terlihat lebih halus.

8

Evershine Rose Toner Essence

Evershine Rose Toner Essence toner air mawar untuk jerawatRekomendasi toner wajah Evershine Rose Toner EssenceCek Sekarang

Kalau kamu sedang mencari toner mawar berkualitas, kamu bisa memilih Evershine Rose Toner Essence. Toner ini terbuat dari sulingan air mawar alami dan dilengkapi dengan vitamin A, C, dan E.

Gabungan dari bahan-bahan tersebut akan menimbulkan efek menenangkan untuk kulit, membuatnya terlihat lebih cerah, bebas jerawat dengan tekstur kenyal, halus, dan elastis. Kulit akan tampak lebih sehat bercahaya.

Evershine Rose Toner Essence bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp157.000.

9

Holika Holika Aloe Soothing Essence 98% Toner

Holika Holika Aloe Soothing Essence 98% Toner harga Rp298.000Rekomendasi toner wajah Holika Holika Aloe Soothing Essence 98% TonerCek Sekarang

Merek skincare asal Korea Selatan Holika Holika mengeluarkan berbagai seri toner yang bisa kamu pilih sesuai dengan jenis kulit. Salah satu toner yang bagus adalah jenis Soothing Essence 98% Toner.

Toner ini mengandung lidah buaya dengan kandungan 98%, sehingga cocok untuk kamu yang punya masalah kulit teriritasi, kemerahan, dan kering. Lidah buaya akan membantu menenangkan dan mengembalikan kelembapan kulit.

Ini adalah salah satu toner terbaik untuk perawatan kulit kering. Selain tidak mengandung alkohol, toner dari Holika Holika ini juga sudah teruji secara dermatologis.

Kamu bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp298.000 untuk ukuran 200 ml.

10

Herbal Care Face Toner Almond Flower

Herbal Care Face Toner Almond Flower Toner Wajah Murah Rp125.000Rekomendasi toner wajah Herbal Care Face Toner Almond FlowerCek Sekarang

Kalau kamu mencari toner wajah dengan bahan-bahan alami, Herbal Care Face Toner Almond Flower bisa jadi pilihan.

Kandungan bunga almond yang ada di dalamnya akan membantu menyegarkan, melembapkan, sekaligus mengembalikan keseimbangan pH kulit.

Toner ini cocok untuk semua jenis kulit dan akan memberikan kenyaman setelah penggunaan karena wanginya yang harum.

Kamu bisa mendapatkan toner ini dengan harga mulai dari Rp125.000 untuk ukuran 200 ml.

11

Pixi Glow Tonic

Pixi Glow Tonic harga Rp150.000 - Rp160.000Rekomendasi toner wajah Pixi Glow Tonic (sumber: pixibeauty.co.uk)

Pixi Glow Tonic adalah salah satu toner yang bagus untuk remaja. Bahkan, toner ini sudah dapat banyak penghargaan sebagai salah satu toner terbaik, lho.

Toner dari Pixi cocok untuk semua jenis kulit dan memiliki berbagai fungsi, seperti melembapkan, melancarkan sirkulasi di wajah, mengangkat sel-sel kulit mati, hingga membuat kulit lebih siap menerima perawatan selanjutnya.

Toner ini juga aman untuk kulit sensitif karena tidak mengandung alkohol sehingga tidak perih di kulit.

Kamu bisa mendapatkan Pixi Glow Tonic dalam beberapa ukuran, yaitu 15 ml, 100 ml, dan 250 ml dengan harga beragam dari Rp150.000 – Rp160.000.

12

COSRX Centella Water Alcohol-Free Toner

COSRX Centella Water Alcohol-Free Toner wajah yang bagus untuk hilangkan iritasiRekomendasi toner wajah COSRX Centella Water Alcohol-Free Toner (sumber: cosrx.com)

COSRX Centella Water Alcohol-Free Toner adalah toner yang bagus untuk kulit sensitif karena dengan penggunaan teratur, kemerahan dan iritasi di kulit bisa menyingkir.

Toner ini terbuat dari bahan yang ringan, termasuk air mineral dari pulau Jeju yang akan membuat kulit terasa lebih lembut, kenyal, dan halus.

Dikemas dalam bentuk semprotan yang praktis, kamu bisa menggunakan toner ini untuk menyegarkan wajah setiap saat.

Toner COSRX dijual dengan harga Rp200.000 untuk ukuran 150 ml.

13

Innisfree Green Tea Balancing Skin EX

Innisfree Green Tea Balancing Skin EX harga Rp240.000Rekomendasi toner wajah Innisfree Green Tea Balancing Skin EX (sumber: innisfree.com)

Innisfree mengeluarkan berbagai seri toner untuk mengatasi masalah kulit yang spesifik, salah satunya toner green tea yang dikhususkan untuk kulit berminyak dan kombinasi.

Toner ini akan membantu mengurangi produksi minyak di area T-Zone, sekaligus membuat wajah terlihat lebih cerah dengan tekstur yang lebih halus. Meski produksi minyak berkurang, namun wajah tidak lantas kering setelah menggunakan toner ini.

Kandungan 16 asam amino yang ada di dalamnya akan mempertahankan kelembapan dan membuat wajah bercahaya dan nampak sehat.

Saat dipakai, tekstur toner ini juga tidak terlalu cair maupun terlalu pekat, sehingga nyaman di kulit dan tidak lengket.

Dapatkan toner Innsifree Green Tea Balancing Skin EX dengan harga Rp240.000.

Kulit SehatPerawatan KulitKesehatan KulitPerawatan Wajah

Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/what-does-toner-do/
Diakses pada 29 September 2021

Allure. https://www.allure.com/story/what-is-toner
Diakses pada 29 September 2021

Cleure. https://www.cleure.com/guide-to-skin-toner-s/551.htm
Diakses pada 29 September 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter