Beauty & Skincare

Toner untuk Kulit Berjerawat: Fungsi, Kandungan, dan Rekomendasi Produk

Toner untuk kulit berminyak dan berjerawat berfungsi untuk mengurangi minyak di wajahGunakan toner untuk jerawat menggunakan kapas, lalu usapkan ke wajah secara perlahan

Toner untuk kulit berjerawat merupakan salah satu produk skincare yang sebaiknya tidak dilewatkan dalam rangkaian perawatan kulit. Maka dari itu, ketahui tips memilih dan rekomendasi toner untuk kulit berjerawat yang tepat agar kulit bisa kembali bersih dan sehat.

Salah memilih produk toner bisa-bisa dapat memperparah kondisi jerawat yang sedang dialami. Terlebih, jika kamu memiliki tipe jerawat tingkat sedang hingga parah, seperti jerawat kistik.

Fungsi toner untuk kulit berminyak dan berjerawat

Toner wajah adalah produk perawatan kulit yang digunakan setelah membersihkan wajah dengan sabun cuci muka.

Fungsi toner untuk kulit berminyak dan berjerawat tidak hanya mengangkat sisa-sisa make up dan kotoran yang mungkin masih terdapat di wajah dan tidak terangkat sempurna saat mencuci muka.

Lebih dari itu, ada berbagai fungsi toner untuk kulit berminyak dan berjerawat yang bisa didapat bila digunakan secara rutin, seperti:

  • Membersihkan pori-pori kulit tersumbat
  • Mengurangi peradangan pada jerawat
  • Mengobati jerawat
  • Mencegah munculnya jerawat di kemudian hari

Akan tetapi, manfaat toner wajah ini bisa didapat secara maksimal bila tahu tips memilih dan rekomendasi toner untuk kulit berjerawat dengan tepat.

Penggunaan toner yang salah dapat menimbulkan rasa perih atau sensasi rasa terbakar di kulit. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh kandungan di dalamnya yang cenderung terlalu keras bagi kulit.

Meski demikian, perlu diketahui bahwa penggunaan toner untuk jerawat tidak dapat mengobati jerawat membandel sepenuhnya. Ini artinya, kamu tetap perlu melakukan rangkaian pengobatan jerawat lainnya.

Rutin menggunakan toner jerawat hanya dapat mengurangi risiko timbulnya jerawat baru di kemudian hari, bukan menghilangkan jerawat yang sudah ada.

Tips memilih kandungan toner yang bagus untuk kulit berjerawat

Saat mencari produk toner yang bagus untuk kulit berjerawat, pastikan kamu mencari kandungan yang tepat.

Adapun berbagai kandungan toner yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat adalah sebagai berikut.

Rekomendasi toner untuk kulit berjerawat

Bingung mencari toner yang bagus untuk jerawat? Simak berbagai rekomendasi toner untuk kulit berjerawat di bawah ini.

1

ElshéSkin Acne Refresh Toner

Salah satu rekomendasi toner untuk kulit berjerawat datang dari merek ElshéSkinElshéSkin Acne Refresh Toner mengandung asam salisilat dan sulfurCek Sekarang

Salah satu rekomendasi toner untuk kulit berjerawat datang dari merek ElshéSkin. Toner untuk jerawat ini mengandung bahan aktif berupa asam salisilat dan sulfur.

Manfaat asam salisilat dapat membantu menjaga pori-pori kulit agar tetap bersih dan mencegahnya dari penyumbatan sel-sel kulit mati.

Sedangkan, sulfur bekerja layaknya benzoil peroksida dan asam salisilat, yakni bahan yang umum digunakan dalam obat jerawat.

Sulfur memiliki zat antimikroba yang dapat membantu membasmi bakteri penyebab jerawat, mencegah produksi sebum berlebih penyebab jerawat, serta mengeringkan sel-sel kulit mati sehingga mencegah sumbatan pori-pori.

Sesuai namanya, ElshéSkin Acne Refresh Toner dapat memberi kesan segar pada kulit wajah.

Kamu bisa memakai toner ini dengan cara menuangkan produk ke kapas bersih setelah cuci muka. Kemudian, usapkan kapas ke seluruh wajah secara merata.

Beberapa pengguna mengatakan produk ini ampuh dalam menenangkan kulit berjerawat dan mengurangi iritasi kulit. Meski demikian, sejumlah pengguna merasa terganggu dengan aroma cairan tonernya.

Kamu bisa memperoleh ElshéSkin Acne Refresh Toner dengan harga Rp65.000,00 per botol.

2

Mineral Botanica Acne Care Toner

Mineral Botanica Acne Care Toner adalah toner untuk kulit berjerawat merek lokalMineral Botanica Acne Care Toner dijual dengan harga sangat terjangkauCek Sekarang

Cari rekomendasi toner untuk kulit berjerawat merek lokal lainnya? Kamu bisa melirik Mineral Botanica Acne Care Toner.

Mineral Botanica Acne Care Toner tidak hanya diformulasikan untuk mengangkat sisa-sisa kotoran atau make up yang masih menempel di wajah setelah cuci muka. Namun, juga diklaim membuat kulit terasa segar dan bersih.

Kandungan witch hazel di dalamnya memiliki sifat anti peradangan yang tinggi sehingga mampu menetralisir radikal bebas.

Kandungan tersebut juga berperan sebagai antioksidan alami yang dapat menyehatkan kulit secara mendalam.

Sayangnya, produk ini mengandung alkohol sehingga mungkin dapat meningkatkan risiko iritasi kulit pada beberapa orang. Wangi alkoholnya pun disebut cukup menyengat.

Jika tertarik menggunakannya, lakukan secara hati-hati saat pertama kali pemakaian.

Kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp28.900,00 untuk sebotol Mineral Botanica Acne Care Toner. Sangat terjangkau, bukan?

3

Inez Acne Care Facial Toner

toner untuk kulit berjerawat bernama Inez Acne Care Facial TonerToner yang bagus untuk kulit berjerawat ini mengandung asam salisilat dan witch hazelCek Sekarang

Selain menghadirkan produk kosmetik berkualitas, brand lokal Inez juga memiliki produk skincare untuk berbagai jenis kulit. Salah satunya, toner untuk kulit berjerawat bernama Inez Acne Care Facial Toner.

Toner yang bagus untuk kulit berjerawat ini mengandung asam salisilat, ekstrak kayu manis, ekstrak witch hazel, allantoin, glycine. 

Kandungan mentol di dalamnya dapat membantu mengurangi tampilan jerawat di wajah, mengecilkan pori, dan menyegarkan kulit.

Sayangnya, toner untuk kulit berjerawat ini juga diperkaya dengan alkohol sehingga mungkin berisiko mengiritasi kulit beberapa orang.

Inez Acne Care Facial Toner dijual dengan harga yang sangat terjangkau, yakni Rp42.000,00.

4

Avoskin Your Skin Bae Toner Salicylic Acid 1%+Zinc+Tea Tree Water

toner untuk kulit berminyak dan berjerawat dari brand AvoskinAvoskin Your Skin Bae Toner Salicylic Acid merupakan exfoliating tonerCek Sekarang

Bagi pencinta produk skincare lokal, jangan lupakan toner untuk kulit berminyak dan berjerawat dari brand Avoskin.

Avoskin Your Skin Bae Toner Salicylic Acid 1%+Zinc+Tea Tree Water merupakan exfoliating toner dengan kandungan utama asam salisilat 1% yang berfungsi mengeksfoliasi kulit hingga ke pori-pori.

Kombinasi zinc dan air pohon teh dapat mengoptimalkan perawatan kulit berjerawat dan komedo dengan tetap menjaga kelembapannya.

Hadir dalam kemasan warna merah muda berukuran 100 ml. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga Rp149.000,00.

5

Sebamed Clear Face Cleansing Facial Toner 

Sebamed Clear Face Cleansing Facial Toner karena merupakan toner untuk berjerawatSebamed Clear Face Cleansing Facial Toner mengandung ekstrak mentimun dan witch hazelCek Sekarang

Sebamed Clear Face Cleansing Facial Toner adalah cairan pembersih wajah yang dirancang untuk pemilik kulit berminyak dan berjerawat.

Jadi, bagi kamu yang memiliki kulit cenderung berminyak di area T wajah serta rentan berjerawat, toner untuk kulit berminyak dan berjerawat ini dapat menjadi pilihan.

Sebamed Clear Face Cleansing Facial Toner mengandung ekstrak mentimun yang dapat memberikan efek segar pada kulit, sekaligus memperkecil tampilan pori-pori.

Kandungan tersebut juga dikombinasikan dengan ekstrak witch hazel untuk mengurangi produksi sebum berlebih dan membersihkan minyak hingga ke dalam pori-pori.

Selain itu, toner ini juga mengandung vitamin B5 dan protein sutra untuk menyembuhkan luka bekas jerawat, melembapkan kulit, serta mencegah timbulnya jerawat baru.

Menariknya, Sebamed Clear Face Cleansing Facial Toner karena merupakan toner untuk kulit sensitif dan berjerawat karena bebas kandungan silikon dan tidak mengandung minyak mineral.

Toner untuk kulit berjerawat dari Sebamed ini dijual dengan harga Rp123.500,00 ukuran 150 ml.

6

Aqua+ Soothing Purifying Toner

Aqua+ Soothing Purifying Toner merupakan toner untuk kulit berminyak dan berjerawatAqua+ Soothing Purifying Toner bisa mengurangi minyak di wajah dan mencerahkan kulitCek Sekarang

Aqua+ Soothing Purifying Toner merupakan toner untuk kulit berminyak dan berjerawat yang mampu membersihkan kotoran dan sisa make up di wajah hingga membersihkan sel-sel kulit mati.

Berbagai kandungan, seperti Salsphere AquaSkin, AC.NET, vitamin B3, dan L-Arginine di dalamnya dapat membantu mengendalikan minyak berlebih dan membuat kulit wajah tampak lebih cerah.

Berbeda dari produk toner kebanyakan, tekstur Aqua+ Soothing Purifying Toner sedikit lebih kental dengan warna bening. Namun, cepat menyerap pada kulit dan tidak menimbulkan rasa lengket.

Sejumlah pengguna mengatakan wajahnya jadi bersih dari jerawat setelah beberapa kali penggunaan.

Kamu bisa mendapatkan produk ini dengan merogoh kocek sekitar Rp217.000,00 ukuran 50 ml.

7

Some by Mi AHA/BHA/PHA 30 Days Miracle Toner

Toner untuk kulit berjerawat ini mengandung 3 bahan chemical exfoliatorSome by Mi 30 Days Miracle Toner merupakan poduk eksfoliasi untuk wajah berjerawat (Sumber foto: Some by Mi)

Some by Mi 30 Days Miracle Toner menjadi produk eksfoliasi untuk wajah berjerawat yang banyak direkomendasikan oleh para penggiat kecantikan.

Toner untuk kulit berjerawat ini mengandung 3 bahan chemical exfoliator sekaligus, yakni AHA, BHA, dan PHA.

Jika kamu ingin merasakan hasil eksfoliasi yang maksimal, penggunaan produk ini bisa dicoba.

Di samping eksfoliasi, produk ini juga mengandung tea tree oil yang baik untuk kulit berjerawat.

Kandungan niacinamide sebesar 2% di dalamnya pun dapat menghilangkan bekas jerawat sekaligus meningkatkan produksi kolagen alami pada kulit. Menarik, bukan?

Some by Mi AHA/BHA/PHA 30 Days Miracle Toner tak hanya cocok untuk kulit berjerawat, melainkan kulit sensitif sekali pun karena diklaim tidak memberi efek perih di kulit.

Dapatkan toner untuk kulit sensitif dan berjerawat dari Some by Mi dengan harga Rp169.000,00.

8

COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner

COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner merupakan produk toner untuk kulit berjerawatToner jerawat ini mengandung AHA/BHA, ekstrak willow bark, ekstrak apel, betaine salicylate, dan allantoin (Sumber foto: COSRX Official Website)

COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner merupakan produk toner yang bagus untuk jerawat.

Sesuai namanya, toner jerawat ini mengandung AHA/BHA, ekstrak willow bark, ekstrak apel, betaine salicylate, dan allantoin.

Berbagai kandungan tersebut dapat membantu memperbaiki tekstur kulit, mengendalikan pori-pori kulit, menghilangkan kotoran, serta melembapkan dan mengeksfoliasi kulit.

Kamu bisa menyemprotkan toner langsung pada wajah sesaat setelah cuci muka, atau pada permukaan kapas dan mengusapkannya ke seluruh wajah.

Kamu juga bisa menggunakan toner Korea untuk kulit berjerawat ini dengan menyemprotkannya pada permukaan kapas bersih. Kemudian, menempatkannya pada area wajah tertentu selama beberapa saat.

Beberapa pengguna mengungkapkan produk ini ampuh dalam meredakan sekaligus menghilangkan jerawat dan bekasnya, serta mampu menghaluskan kulit.

Harga COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner sekitar Rp200.000,00 ukuran 150 ml.

9

Wardah Acnederm Pore Refining Toner

Rekomendasi toner untuk kulit berjerawat berikutnya adalah Wardah Acnederm Pore Refining TonerWardah Acnederm Pore Refining Toner mengandung witch hazel dan lidah buaya (Sumber foto: Official Wardah Beauty)

Rekomendasi toner untuk kulit berjerawat berikutnya adalah Wardah Acnederm Pore Refining Toner.

Bisa dikatakan, toner ini memang diformulasikan untuk kulit berminyak dan mudah berjerawat.

Toner yang bagus untuk kulit berminyak dan berjerawat ini membantu membersihkan pori-pori kulit secara mendalam dan membersihkan wajah secara merata.

Dengan demikian, kulit menjadi lebih bersih dan memudahkan penyerapan produk skincare yang akan digunakan selanjutnya.

Wardah Acnederm Pore Refining Toner memiliki derma treat actives di dalamnya, serta witch hazel dan lidah buaya.

Manfaat keduanya mampu mengurangi kemerahan pada kulit dan mencegah terjadinya iritasi kulit.

Review dari beberapa pengguna mengatakan, toner untuk jerawat dari Wardah ini ampuh mengatasi jerawat bruntusan dan mengurangi kadar minyak di wajah.

Harga Wardah Acnederm Pore Refining Toner, yakni Rp32.000,00.

10

COSRX AC Collection Calming Liquid Mild

COSRX AC Collection Calming Liquid Mild juga menjadi rekomendasi toner untuk kulit berjerawatProduk ini diformulasikan untuk mengurangi produksi sebum dan mencegah terbentuknya jerawat

COSRX AC Collection Calming Liquid Mild juga menjadi rekomendasi toner untuk kulit berjerawat lainnya.

Produk ini diformulasikan untuk mengurangi produksi sebum (minyak alami), mencegah terbentuknya jerawat, mengatasi jerawat, serta mengurangi kulit iritasi.

Berbagai manfaat tersebut hadir berkat kandungan madecassic acid, asiaticoside, dan asiatic acid.

Kabar baiknya, produk ini bebas kandungan alkohol, minyak, zat pewangi, silikon, dan bersifat noncomedogenic sehingga baik pula digunakan oleh pemilik kulit sensitif.

Kamu bisa menggunakannya dengan cara menuang produk ke kapas bersih, lalu mengusapkannya ke seluruh wajah secara perlahan.

Dengan berbagai manfaatnya yang tampak menjanjikan, kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp370.000,00 untuk ukuran 125 ml.

JerawatPengobatan JerawatKulit Dan KecantikanProduk Kecantikan

Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/should-i-use-a-toner-15596
Diakses pada 1 September 2021

Derm Collective. https://dermcollective.com/toner-for-acne/
Diakses pada 1 September 2021

Bustle. https://www.bustle.com/p/the-9-best-toners-for-acne-prone-skin-64601
Diakses pada 1 September 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter