Beauty & Skincare

10 Rekomendasi Terbaik Facial Wash untuk Kulit Berminyak

Facial wash untuk kulit berminyak tak hanya berfungsi membersihkan wajahFacial wash untuk kulit berminyak berfungsi untuk mengendalikan produksi minyak berlebih

Facial wash untuk kulit berminyak harus dipilih dengan hati-hati. Sebab, sabun cuci muka untuk kulit berminyak tak hanya berfungsi untuk mengangkat penumpukan minyak alami, kotoran, debu, dan bakteri.

Penggunaan facial wash untuk kulit berminyak juga penting dalam mencegah pori-pori tersumbat yang menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Untuk mencari produk pencuci muka untuk kulit berminyak serta rekomendasinya yang terbaik, simak artikel berikut ini.

Cara memilih sabun cuci muka untuk kulit berminyak

Memilih sabun pencuci muka untuk kulit berminyak memang tidak boleh sembarangan.

Pasalnya, produk ini merupakan hal penting sebagai cara menjaga kesehatan kulit paling mendasar.

Adapun beberapa cara memilih sabun cuci muka untuk kulit berminyak adalah sebagai berikut.

1. Cermati kandungan bahan aktifnya

Salah satu cara memilih sabun cuci muka untuk kulit berminyak adalah dengan mencermati kandungan bahan aktif di dalamnya.

Beberapa kandungan bahan aktif yang dianjurkan ada dalam produk pencuci muka untuk kulit berminyak adalah asam salisilat, benzoil peroksida, asam glikolat, hingga niacinamide.

Berbagai kandungan bahan aktif tersebut bisa membantu mengendalikan atau menyingkirkan produksi sebum atau minyak alami di wajah sehingga timbulnya jerawat bisa dicegah.

2. Pilih label bebas minyak dan noncomedogenic

Sabun cuci muka untuk kulit berminyak paling tidak memiliki label “bebas minyak” atau “oil-free” dan “noncomedogenic” atau tidak rentan menyumbat pori-pori.

Produk dengan label ini cocok untuk kulit berminyak karena tidak rentan menyumbat pori-pori dan tidak menimbulkan jerawat.

3. Hindari kandungan alkohol

American Academy of Dermatology Association merekomendasikan produk sabun cuci muka untuk kulit berminyak yang lembut, serta tidak mengandung alkohol.

Produk pencuci muka untuk kulit berminyak mengandung alkohol bisa membuat kulit kering dan iritasi.

Rekomendasi facial wash untuk kulit berminyak

Masih bingung cari facial wash untuk kulit berminyak? Berikut adalah beberapa rekomendasi pilihan SehatQ.

1

Cetaphil Oily Skin Cleanser

Salah satu rekomendasi facial wash untuk kulit berminyak adalah Cetaphil Oily Skin CleanserCetaphil Oily Skin Cleanser (Sumber: Toko SehatQ)Cek Sekarang

Salah satu rekomendasi facial wash untuk kulit berminyak pilihan SehatQ adalah Cetaphil Oily Skin Cleanser.

Cetaphil Oily Skin Cleanser adalah produk pembersih wajah lembut yang cocok dipakai setiap hari untuk membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit berminyak.

Menariknya, Cetaphil Oily Skin Cleanser menawarkan keunggulan dengan cara membersihkan minyak berlebih di wajah tanpa membuatnya terasa kering saat disentuh.

Sabun pembersih ini diklaim efektif untuk membersihkan kulit yang berminyak, kulit kombinasi, atau kulit yang cenderung kering.

Cetaphil Oily Skin Clenaser mampu menghasilkan busa yang lebih sedikit dibandingkan face wash pada umumnya.

Meski demikian, produk pembersih ini cukup efektif untuk membersihkan wajah kamu secara menyeluruh.

Harga produk: mulai dari Rp169.000 (ukuran 125 ml)

2

Elsheskin Oily Cleanser Wash

Facial wash untuk kulit berminyak berikutnya adalah Elsheskin Oily Cleanser WashElsheskin Oily Cleanser Wash (Sumber: Toko SehatQ)Cek Sekarang

Facial wash untuk kulit berminyak berikutnya adalah Elsheskin Oily Cleanser Wash.

Berbagai kandungan bahan aktif, seperti potassium thiocyanate, lactoferrin, lactoperoxidase, glucose oxidase, glucose pentaacetate, dan citric acid, mampu membersihkan kotoran, debu, polusi, dan sisa make up yang menempel di wajahmu secara menyeluruh.

Tak hanya itu, Elsheskin Oily Cleanser Wajah juga mampu mengurangi produksi minyak berlebih yang membuat kulit terasa lembut saat disentuh.

Harga produk: mulai dari Rp65.000 (ukuran 100ml)

3

Evershine Moringa Facial Wash

Evershine Moringa Facial Wash berbeda dengan facial wash untuk kulit berminyakEvershine Moringa Facial Wash (Sumber: Toko SehatQ)Cek Sekarang

Evershine Moringa Facial Wash berbeda dengan facial wash untuk kulit berminyak pada umumnya.

Sabun cuci muka untuk kulit berminyak ini mengandung ekstrak lemon. Teksturnya diklaim lembut di kulit sehingga mampu membersihkan sekaligus melembapkan kulit.

Evershine Moringa Facial Wash dibuat dengan pH seimbang untuk menjaga kadar asam dan basa pada permukaan kulit.

Selain itu, produk pencuci muka untuk kulit berminyak ini juga bisa membantu menyeimbangkan kadar air dan minyak alami pada kulit.

Tak hanya baik untuk kulit berminyak, Evershine Moringa Facial Wash juga diklaim baik untuk pemilik kulit sensitif sekalipun.

Harga produk: mulai dari Rp129.000 (ukuran 100 ml)

4

Azalea Face Wash Oil Control 

Azalea Face Wash Oil Control mungkin bisa jadi pilihan facial wash untuk kulit berminyakAzalea Face Wash Oil Control (Sumber: Toko SehatQ)Cek Sekarang

Cari facial wash untuk kulit berminyak dan berjerawat? Azalea Face Wash Oil Control mungkin bisa jadi pilihan kamu.

Azalea Face Wash Oil Control bisa merawat kulit berminyak dan berjerawat secara alami.

Produk pencuci muka untuk kulit berminyak dari Natur ini mampu membersihkan wajah dari minyak, kotoran, dan sisa make up secara menyeluruh.

Dengan demikian, wajahmu akan tampak lebih cerah, lembap, dan terasa lembut saat disentuh.

Kabar baiknya, Azalea Face Wash Oil Control mudah ditemukan di sejumlah toko supermarket hingga secara online. Harganya pun ramah di kantong, lho.

Harga produk: mulai dari Rp50.000 (ukuran 100 ml)

5

Erha21 Erha 2 Facial Wash for Oily Skin

Facial wash untuk kulit berminyak dari Erha 2 Facial Wash for Oily Skin berfungsi untuk mengangkat kotoranErha21 Erha 2 Facial Wash for Oily Skin (Sumber: Toko SehatQ)Cek Sekarang

Facial wash untuk kulit berminyak dari Erha 2 Facial Wash for Oily Skin berfungsi untuk mengangkat kotoran, sel kulit mati, dan minyak berlebih di kulit.

Sejumlah kandungan bahan aktif pada sabun cuci muka untuk kulit berminyak ini, seperti:

  • Niacinamide, berfungsi sebagai pelembap.
  • Antioksidan, mencegah tanda-tanda penuaan dini.
  • AHA, mencerahkan dan mengangkat lapisan sel kulit mati sehingga kulit lebih halus dan lembut.
  • Aloe vera, berfungsi sebagai pelembap, antiradang, dan antioksidan.
  • Glycolic acid, berfungsi untuk mengeksfoliasi kulit.

Dengan ini, wajah kamu bisa terlihat lebih bersih, cerah, dan terasa kenyang.

Harga produk: mulai dari Rp74.000 (ukuran 60 ml)

6

Himalaya Herbal Oil Control Lemon Face Wash

Pilihan facial wash untuk kulit berminyak adalah Himalaya Herbal Oil Control Lemon Face WashHimalaya Herbal Oil Control Lemon Face Wash (Sumber: Toko SehatQ)Cek Sekarang

Pilihan facial wash untuk kulit berminyak dan kulit berjerawat lainnya adalah Himalaya Herbal Oil Control Lemon Face Wash.

Kandungan bahan aktif utama berupa ekstrak lemon bekerja sebagai antibakteri.

Sedangkan, asam sitrat dalam buah lemon bekerja secara efektif untuk mencerahkan wajah, mengurangi peradangan pada jerawat, sekaligus melembutkan kulit.

Di samping itu, sabun cuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat ini diperkaya dengan ekstrak madu dan minyak jojoba yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit.

Kabar baiknya, Himalaya Herbal Oil Control Lemon Face Wash adalah sabun pembersih wajah yang aman digunakan setiap hari dan tidak mengandung paraben (paraben free).

Harga produk: mulai dari Rp36.900 (ukuran 100 ml)

7

Wardah Perfect Bright Creamy Foam Brightening + Oil Control

Facial wash untuk kulit berminyak dari Wardah harganya terjangkauWardah Perfect Bright Creamy Foam Brightening + Oil Control (Sumber: Wardah Beauty)

Cari facial wash untuk kulit berminyak dari produk lokal dengan harga terjangkau? Mungkin kamu bisa mencoba Wardah Perfect Bright Creamy Foam Brightening + Oil Control.

Sabun cuci muka yang diformulasikan untuk kulit berminyak ini diperkaya dengan double lightening actives (mencerahkan wajah), pore cleanse agent (membersihkan pori wajah), dan mineral clay yang diklaim efektif mengangkat debu, kotoran, dan minyak berlebih di wajah.

Facial wash Wardah untuk kulit berminyak ini memberikan hasil akhir matte atau tidak terlalu berminyak setelah kamu mencuci muka.

Harga produk: mulai dari Rp27.000 (ukuran 100 ml)

8

Safi White Expert Oil Control & Anti Acne Facial Cleanser 

Facial wash untuk kulit berminyak merek lokal lainnya datang dari Safi White Expert Oil Control & Anti Acne Facial CleanserSafi White Expert Oil Control & Anti Acne Facial Cleanser (Sumber: Safi Indonesia)

Facial wash untuk kulit berminyak dan berjerawat merek lokal lainnya datang dari Safi White Expert Oil Control & Anti Acne Facial Cleanser.

Sabun cuci muka dengan busa yang lembut ini diperkaya dengan oxy white yang mampu membersihkan kotoran dan minyak berlebih di wajah.

Selain itu, kandungan mineral zinc di dalamnya dapat membantu merawat kulit minyak yang rentan berjerawat.

Review salah satu pengguna Safi White Expert Oil Control & Anti Acne Facial Cleanser.

Kelebihan:

  • Setelah cuci muka, efek bersihnya cukup terasa.
  • Harganya cukup terjangkau.
  • Hadir dalam kemasan 50 gram dan 100 ml.

 Kekurangan:

  • Efek oil control kurang terasa pada tipe kulit kombinasi cenderung berminyak setelah 1 tahun lebih pemakaian.
  • Jarang ditemukan di minimarket. Produk ini lebih mudah ditemukan di hypermarket atau toko online resmi.

Harga produk: mulai dari Rp26.900 (ukuran 50 gram)

9

Acnes Natural Face Wash Oil Control

Pilihan facial wash untuk kulit berminyak dengan harga terjangkau lainnya adalah Acnes Natural Face Wash Oil ControlAcnes Natural Face Wash Oil Control (Sumber: Acnes)

Pilihan facial wash untuk kulit berminyak dan berjerawat dengan harga terjangkau lainnya adalah Acnes Natural Face Wash Oil Control.

Sesuai namanya, produk ini ideal digunakan untuk orang-orang dengan tipe kulit berminyak.

Bahkan, baik pula untuk tipe kulit kombinasi dan rentan berjerawat sekalipun.

Sabun cuci muka untuk kulit berminyak dengan tekstur putih ini diperkaya dengan butiran microbeads warna hijau sehingga membuat kulit bersih maksimal tanpa terasa kering atau tertarik sesudahnya.

Harga produk: mulai dari Rp21.700 (ukuran 100 ml).

10

CeraVe Foaming Facial Cleanser

facial wash untuk kulit berminyak berkualitas adalah CeraVe Foaming Facial CleanserCeraVe Foaming Facial Cleanser (Sumber: CeraVe)

Bagi kamu yang sedang mencari facial wash untuk kulit berminyak berkualitas, CeraVe Foaming Facial Cleanser mungkin bisa jadi pilihannya.

Sabun cuci muka untuk kulit berminyak ini dirancang untuk membersihkan dan mengangkat produksi minyak berlebih, kotoran, serta sisa make up yang menempel di kulit, tanpa merusak lapisan alami kulit atau membuat kulit terasa kering dan tertarik.

CeraVe Foaming Facial Cleanser dapat menjaga kelembapan kulit dan menenangkannya berkat kandungan ceramide, hyaluronic acid, dan niacinamide di dalamnya.

Berikut adalah ulasan salah seorang pengguna CeraVe Foaming Facial Cleanser.

Kelebihan:

  • Membersihkan wajah mengangkat kotoran dan minyak benar-benar terasa sesaat setelah cuci muka.
  • Kulit tidak terasa kering setelah cuci muka, melainkan terasa lebih lembap dan tidak terasa berminyak (bahkan, termasuk setelah ditinggal lama sebelum menggunakan produk skincare).
  • Setelah satu bulan rutin pemakaian, produksi minyak tidak terlalu banyak.
  • Efek kulit terasa lembap dan oil control langsung terasa pada pemakaian pertama.
  • Teksturnya gel, lembut di kulit, dan non-perfumed sehingga baik untuk kulit sensitif.
  • Produk sabun cuci muka cukup awet digunakan untuk ukuran 87 ml.

Kekurangan:

  • Produk pembersih sulit ditemukan di minimarket, hypermarket, atau drug store. Kamu harus membelinya di toko online terpercaya.
  • Harga cukup mahal. Namun, cukup puas dengan manfaat yang didapat.

Harga produk: mulai dari Rp270.000 (untuk ukuran 87 ml).

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Kulit BerminyakKulit SehatPerawatan KulitKesehatan KulitKulit Dan Kecantikan

Toko SehatQ. https://toko.sehatq.com/
Diakses pada 2 Maret 2021

Cetaphil. https://www.cetaphil.co.id/product/cetaphil-oily-skin-cleanser
Diakses pada 2 Maret 2021

Wardah Beauty. https://www.wardahbeauty.com/en/product/skincare/wardah-perfect-bright-creamy-foam-brightening---oil-control
Diakses pada 2 Maret 2021

Safi. https://www.safiindonesia.com/product/detail/safi-white-expert-oil-control-anti-acne-facial-cleanser-50gr
Diakses pada 2 Maret 2021

Cerave. https://www.cerave.com/skincare/cleansers/foaming-facial-cleanser
Diakses pada 2 Maret 2021

American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/dry/oily-skin
Diakses pada 2 Maret 2021

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/best-face-wash-for-oily-skin#what-to-look-for
Diakses pada 2 Maret 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter