Makan Sehat

Rekomendasi Tepung Bumbu Terbaik untuk Gorengan Renyah dan Nikmat

04 Sep 2021|Nurul Rafiqua
10 Rekomendasi Tepung Bumbu Terbaik untuk Kriuk yang NikmatTepung bumbu dapat menjadi sumber karbohidrat dan protein

Makanan apapun yang digoreng biasanya memang lebih nikmat. Jarang rasanya ada orang yang tidak suka makanan yang digoreng. Bagaimana tidak, sensasi renyah dan kriuk-nya pasti bisa membuat siapa pun ketagihan.

Untuk menghasilkan gorengan yang nikmat, tentunya dibutuhkan racikan tepung yang sama nikmatnya. Saat ini, sudah tersedia tepung bumbu dalam berbagai pilihan yang cara pakainya sangat praktis. Kamu cukup mencampurkan tepung bumbu dengan air atau dibalurkan langsung pada bahan makanan yang akan diolah.

Kandungan gizi tepung bumbu

Secara umum, bahan dasar dari tepung bumbu adalah tepung terigu yang dapat menjadi sumber karbohidrat dan juga protein. Beberapa tepung bumbu juga sudah diperkaya dengan kandungan vitamin dan mineral.

Dari segi kalorinya, rata-rata tepung bumbu serbaguna mengandung sekitar 120 kalori per 35 gram. Sedangkan untuk makanan bertepung bumbu yang sudah digoreng kalorinya bisa saja meningkat cukup besar.

Belum lagi, risiko kesehatan lain juga bisa ikut muncul dari proses penggorengan makanan seperti obesitas atau penyakit jantung. Oleh karena itu, meski memang terasa lezat, konsumsi gorengan sebaiknya tetap dibatasi.

Rekomendasi tepung bumbu yang enak

Sudah memutuskan akan makan apa hari ini? sekali-kali boleh kok olah menu tersebut dengan cara digoreng, jangan lupa lapisi dengan tepung bumbu yang nikmat, seperti pada rekomendasi tepung bumbu berikut ini.

1

Tepung bumbu Sajiku

Rekomendasi Tepung Bumbu: Tepung bumbu SajikuTepung bumbu Sajiku

Sajiku tepung bumbu serbaguna merupakan tepung bumbu yang bisa digunakan untuk menggoreng banyak jenis makanan, diantaranya ayam, udang, ikan, tahu, tempe, sayuran dan sebagainya.

Komposisinya terdiri dari tepung terigu dan tepung sagu. Ditambah berbagai bumbu seperti bawang putih, bawang merah, merica dan lain-lain. Paduan bahan-bahan tersebut menjadikan tepung bumbu ini sangat gurih dan lezat.

Selain varian serbaguna-nya, tepung bumbu Sajiku juga tersedia dalam versi khusus untuk macam-macam hidangan. Varian yang beredar adalah tepung tempe crispy, tepung bumbu pedas, serta tepung golden crispy yang cocok digunakan untuk menggoreng ayam ala restoran.

Tepung bumbu Sajiku sangat mudah didapat, mulai dari swalayan besar hingga warung-warung kecil.

Harga Tepung bumbu Sajiku: mulai dari Rp3.000 untuk ukuran yang paling kecil (20gr).

2

Tepung bumbu Kobe

Rekomendasi Tepung Bumbu: Tepung bumbu KobeTepung bumbu Kobe

Tepung dari Kobe ini diklaim bisa mempertahankan kerenyahan gorengan hingga 8 jam. Banyak orang menggunakan tepung bumbu Kobe ini untuk menggoreng ayam crispy yang biasa tersedia di restoran fast food.

Keunggulan lain dari tepung bumbu Kobe ini adalah kalorinya yang rendah, yakni hanya sekitar 70kkal saja.

Selain varian original, Kobe juga merilis tepung bumbu putih kristal ala Korea. Jadi kamu bisa memasak berbagai gorengan khas Korea yang belakangan lagi hits dengan tepung ini.

Harga tepung bumbu Kobe: mulai dari Rp6.000 untuk tepung ayam ukuran 210gr dan Rp7.100 untuk tepung putih ayam korea ukuran 210gr.

3

Tepung bumbu Sasa

Rekomendasi Tepung Bumbu: Tepung bumbu SasaTepung bumbu Sasa

Tepung bumbu Sasa merupakan tepung bumbu yang agak unik. Pasalnya, tepung Sasa ini sudah diperkaya dengan kandungan vitamin dan mineral. Di samping varian tepung bumbu serbaguna yang ditujukan untuk beragam makanan, Sasa juga punya jenis tepung bumbu lainnya.

Varian lain dibuat spesifik untuk tiap makanan, di antaranya adalah tepung bakso goreng, tepung bumbu pisang goreng vanilla dan tepung bakwan spesial.

Harga tepung bumbu Sasa: mulai dari Rp6.500

4

Tepung bumbu Mamasuka

Rekomendasi Tepung Bumbu: Tepung bumbu MamasukaTepung bumbu Mamasuka

Tepung bumbu Mamasuka hadir dengan rasa bumbu rempah yang dominan. Rasa rempah terutama lada hitamnya cocok untuk kamu yang suka dengan makanan berbumbu kuat.

Makanan yang digoreng dengan tepung ini sudah dapat dipastikan menjadi lebih beraroma, renyah dan gurih.

Harga tepung bumbu mamasuka:  mulai dari Rp7.000 untuk 180gr

5

Tepung bumbu Halawa

Rekomendasi Tepung Bumbu: Tepung bumbu HalawaTepung bumbu Halawa

Tepung bumbu Halawa merupakan tepung bumbu organik dan merupakan pelopor bumbu masak probiotik. Kandungan probiotik dalam tepung bumbu ini diklaim dapat membantu memelihara kesehatan sistem pencernaan.

Karena klaimnya tersebut, tepung bumbu Halawa ini dianggap relatif aman untuk dikonsumsi anak-anak.

Tepung bumbu Halawa terbuat dari tepung terigu dan tepung tapioka dengan tambahan bawang putih, bawang merah dan penguat rasa. Selain itu, terdapat bubuk kari di dalamnya untuk memberi rasa khas nusantara.

Harga mulai dari Rp4.500 untuk 100gr

6

Tepung bumbu Kana

Rekomendasi Tepung Bumbu: Tepung bumbu KanaTepung bumbu Kana

Tepung bumbu Kana terbuat dari campuran tepung terigu, sagu, maizena (jagung), beras, gandum, natrium bicarbonate, dan rempah-rempah. Tepung bumbu dari Kana cocok untuk membuat tempe mendoan karena teksturnya yang pas untuk membuat kulit tipis hingga tebal. Rasanya lembut dengan sensasi gurih yang nikmat.

Harga produk ini mulai dari Rp1.000 untuk 100gr

7

Tepung bumbu Qreezpy

Rekomendasi Tepung Bumbu: Tepung bumbu QreezpyTepung bumbu Qreezpy

Keunggulan tepung bumbu Qreezpy dari Rizqiyyafood ini adalah tepung yang diproduksi tanpa MSG dan turunannya (IMP/GMP/HVP), bebas pengawet dan pestisida.

Maka dari itu, tepung bumbu serbaguna ini diklaim aman untuk ibu hamil dan anak-anak. Walaupun tanpa penambah rasa, tepung bumbu serbaguna ini juga tetap terasa gurih karena dibuat dari tepung berkualitas dan rempah segar.

Harga dari produk ini berkisar Rp5.000 untuk 125gr dan Rp9.000 untuk 200gr

8

Tepung bumbu Putri

Rekomendasi Tepung Bumbu: Tepung bumbu PutriTepung bumbu Citra Putri

Tepung bumbu serbaguna ini cocok untuk segala jenis bahan makanan seperti ayam, cumi, udang, tempe, dan sebagainya. Tepung serbaguna ini dapat menghasilkan tekstur garing yang tahan lama pada masakan-masakan tersebut.

Harga produk ini di e-commerce sekitar Rp8.500 untuk 250gr

9

Tepung bumbu Unifood

Rekomendasi Tepung Bumbu: Tepung bumbu UnifoodTepung bumbu Unifood

Unifood merupakan salah satu merk dari perusahaan bahan makanan besar yakni PT. Pondan Pangan Makmur Indonesia. Tepung bumbu terlaris dari brand Unifood ini adalah tepung bumbu bakwan dan tepung bakso goreng.

Dengan adanya tepung bumbu bakso goreng dari Unifood ini, pembuatan bakso terasa lebih mudah. Cukup campurkan tepung bumbu dengan daging, aduk rata, kemudian bentuk bulat dan bakso pun siap digoreng.

Harga produk dimulai dari Rp11.000 untuk 200gr

10

Tepung Ladang Lima

Rekomendasi Tepung Bumbu: Tepung Ladang LimaTepung Ladang Lima

Tepung serbaguna Ladang Lima terbuat dari singkong yang dikembangkan dengan metode bioteknologi. Dari proses tersebut, dihasilkanlah tepung singkong berkualitas yang teksturnya persis seperti tepung terigu pada umumnya. Bedanya, kadar kalorinya jauh lebih rendah.

Tepung dari Ladang Lima juga dinyatakan gluten free alias bebas gluten (protein utama dalam gandum) serta tanpa MSG, pemutih, maupun pengawet. Dengan demikian, tepung ini aman untuk dikonsumsi orang yang memiliki alergi terhadap gluten.

Tidak cukup sampai di situ, tepung serbaguna ini juga memiliki indeks glikemik yang rendah.

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email