Makan Sehat

Rekomendasi Teh Kemasan untuk Lepaskan Dahaga di Siang Hari

22 Sep 2021|Bayu Galih Permana
Teh kemasan cocok dinikmati untuk melepas dahaga di siang hariTeh kemasan dapat membantu melepas dahaga di saat haus

Ketika cuaca sedang panas dan terik, minuman kemasan seringkali dijadikan pilihan orang-orang untuk melepaskan dahaga mereka. Dari berbagai jenis minuman kemasan, salah satu yang paling sering dibeli adalah teh.

Teh kemasan umumnya dipilih karena punya rasa manis, yang bisa membantu menyegarkan tenggorokan. Selain itu, minuman ini biasanya juga tersedia dalam keadaan dingin, sehingga dapat menambah kesegaran ketika diminum.

Meski terasa enak di tenggorokan, kamu sebaiknya tak mengonsumsi minuman teh kemasan secara berlebihan. Tingginya kandungan gula dalam minuman ini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes.

Manfaat minum teh untuk kesehatan

Teh sendiri sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, apabila dikonsumsi dalam bentuk minuman kemasan, terutama yang menggunakan banyak gula tambahan sebagai pemanis, manfaat yang ada bisa berubah menjadi potensi penyakit.

Berikut ini sejumlah manfaat teh untuk kesehatan:

  • Mengurangi risiko terkena penyakit kronis

Konsumsi teh secara rutin dapat membantu mengurangi risiko terserang penyakit kronis. Dalam studi berjudul “Green Tea Consumption and Mortality Due to Cardiovascular Disease, Cancer, and All Causes in Japan”, disebutkan bahwa minum teh hijau 5 gelas dalam sehari membantu menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular seperti stroke dan sakit jantung.

  • Mencegah risiko komplikasi akibat diabetes

Minum teh, khususnya teh hijau, dapat membantu mengurangi risiko komplikasi akibat penyakit diabetes. Teh hijau dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, melindungi sel pankreas dari kerusakan lebih lanjut, hingga mengurangi peradangan akibat penyakit ini.

  • Baik untuk kesehatan otak

Konsumsi teh secara rutin bisa membantu meningkatkan kemampuan dalam mengingat dan mencegah penurunan kognitif. Kemampuan tersebut berasal dari kandungan L-theanine dan kafein yang terkandung di dalamnya.

Perlu diingat, manfaat-manfaat tersebut bisa diperoleh apabila kamu mengonsumsi teh murni, tanpa tambahan gula atau pemanis lainnya. Apabila kamu mengonsumsi teh kemasan yang menggunakan gula, risiko penyakit diabetes akan semakin meningkat, terlebih saat diminum secara berlebihan

Rekomendasi teh kemasan untuk bantu lepaskan dahaga

1

Teh Pucuk Harum

Rekomendasi teh kemasan yang enakTeh Pucuk Harum (Sumber foto: Mayora)

Teh pucuk harum merupakan teh kemasan yang terbuat dari pucuk teh untuk memeroleh rasa teh terbaik. Dibuat tanpa tambahan pemanis buatan dan pengawet, teh ini cocok dikonsumsi sebagai teman makan atau sekedar melepas dahaga di siang hari.

Minuman kemasan Teh Pucuk Harum tersedia dalam dua varian, yaitu original dan less sugar, yang bisa disesuaikan dengan selera manismu. Harga teh pucuk harum dijual mulai Rp2.500 untuk kemasan 350 mL.

2

Teh Kotak

Rekomendasi teh kemasan yang enakTeh Kotak (Sumber foto: PT Ultrajaya Milk Industry)

Teh Kotak adalah salah satu minuman teh kemasan yang diproses dengan sentuhan bunga melati. Diekstrak dari daun teh berkualitas tinggi, minuman teh kemasan ini melewati proses Ultra High Temperature (UHT) untuk membunuh bakteri dan memastikan aroma kesegarannya tetap terjaga.

Teh kemasan ini tersedia dalam berbagai varian, mulai dari original, less sugar, hingga buah-buahan. Kamu dapat membeli minuman kemasan Teh Kotak ini dengan harga mulai Rp3.000 untuk kemasan 300 mL.

3

Teh Botol Sosro

Rekomendasi teh kemasan yang enakTeh Botol Sosro (Sumber foto: PT. Sinar Sosro)

Diluncurkan pertama kali tahun 1969, Teh Botol Sosro adalah produk minuman teh kemasan pertama di Indonesia, bahkan dunia. Salah satu teh kemasan paling enak ini diproduksi dari seduhan daun teh asli dan gula pasir, yang diproses dengan sterilisasi suhu tinggi. 

Menariknya, kemasan Teh Botol Sosro sangat beragam, mulai dari botol beling, botol plastik, hingga kotak. Kamu dapat membeli minuman teh kemasan ini dengan harga Rp3.000 untuk kemasan botol plastik 350 mL.

4

Nu Green Tea

Rekomendasi teh kemasan yang enakNu Green Tea (Sumber foto: ABC Corporate)

Nu Green Tea merupakan minuman teh hijau kemasan pertama yang ada di Indonesia. Teh kemasan ini terbuat dari ekstrak daun teh hijau segar, yang diproses menggunakan teknologi PET Aseptic Cold Filling.

Minuman teh kemasan ini mempunyai empat varian rasa, antara lain original, madu, gula batu, dan yogurt. Nu Green Tea dijual dengan harga mulai Rp5.500 untuk kemasan botol isi 450 mL.

5

Frestea

Rekomendasi teh kemasan yang enakFrestea (Sumber foto: Coca Cola Company)

Frestea adalah produk teh kemasan yang diproduksi menggunakan standar kualitas tinggi dari The Coca-Cola Company. Standar tinggi yang diterapkan membuat setiap botol Freste memiliki kualitas yang sama.

Beragam varian Frestea dapat kamu coba, mulai dari teh melati, teh hijau, madu, rendah kalori, apel, markisa, hingga teh susu gula aren. Kamu bisa mendapatkan kesegaran Frestea dengan harga mulai Rp5.500 per botol isi 500 mL.

Minuman Tidak SehatTeh

Mind Body Green. https://www.mindbodygreen.com/0-17286/9-surprising-health-benefits-of-drinking-tea.html
Diakses pada 22 September 2021

Jama Network. https://jamanetwork.com/journals/jama/fullarticle/203337
Diakses pada 22 September 2021

Teh Pucuk Harum. https://www.tehpucukharum.com/
Diakses pada 22 September 2021

ABC. https://abcpresident.com/id/
Diakses pada 22 September 2021

Sosro. http://sinarsosro.id/posts/teh-botol-sosro
Diakses pada 22 September 2021

Ultrajaya. http://www.ultrajaya.co.id/
Diakses pada 22 September 2021

Coca Cola. https://www.cocacola.co.id/
Diakses pada 22 September 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email