Makan Sehat

7 Rekomendasi Susu untuk Diabetes dari Berbagai Merek

07 Jun 2021|Dina Rahmawati
Susu untuk diabetes sebaiknya tidak mengandung karbohidrat dan gula yang tinggiSusu untuk diabetes sebaiknya dikonsumsi sesuai anjuran dokter

Kamu tidak boleh sembarangan dalam memilih susu untuk diabetes karena susu yang salah dikhawatirkan bisa memicu gula darah naik. Sebab, penderita diabetes tidak bisa membuat atau menggunakan insulin (hormon yang membantu mengatur gula darah) secara efektif. 

Alhasil, ketika insulin tidak melakukan tugasnya dengan baik, kadar gula darah pun dapat melonjak. Oleh karena itu, penting bagimu untuk mengatur asupan gula, termasuk yang terkandung dalam susu, supaya tidak menimbulkan masalah.

Jenis susu untuk diabetes

Tidak semua jenis susu baik untuk penderita diabetes, misalnya susu full cream untuk diabetes karena lebih tinggi karbohidrat dan lemak. Walaupun kamu membutuhkan kalsium dan protein yang terkandung dalam susu, penting untuk memerhatikan kandungan lemak jenuh, karbohidrat, dan kadar gula di dalamnya.

Saat ini, terdapat berbagai merek susu untuk penderita diabetes yang bisa kamu pilih. Pastikan susu untuk diabetes yang kamu pilih memenuhi kriteria berikut:

  • Tidak mengandung karbohidrat yang tinggi karena asupan karbohidrat penderita diabetes tidak boleh lebih dari 45-60 gram per sajian.
  • Memiliki kadar gula yang rendah.
  • Tidak mengandung lemak jenuh dan lemak trans yang tinggi
  • Harus tertulis Nutritional Facts pada kemasan yang mencakup persentase harian vitamin dan nutrisi per ukuran porsi dan menunjukkan jumlah: lemak, gula, karbohidrat, dan kolesterol.

Memilih susu yang tepat dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Kamu pun bisa mengonsumsinya dengan tenang. Selain itu, kalsium dan protein di dalam susu dapat membantu menjaga tulang tetap sehat dan kuat.

Rekomendasi susu untuk diabetes

Sebelum mengonsumsi susu untuk diabetes, pastikan kamu sudah berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter, ya

Dari sekian banyak merek yang ada di pasaran, berikut adalah rekomendasi susu untuk diabetes yang bisa kamu pertimbangkan.

1

Diabetasol Susu Rasa Vanilla

Rekomendasi susu untuk diabetes: Diabetasol Susu Rasa VanillaDiabetasol Susu Rasa Vanilla membantu pemenuhan gizi seimbang dalam program diet diabetesCek Sekarang

Diabetasol Susu Rasa Vanilla dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes yang membutuhkan nutrisi khusus untuk menyeimbangkan kadar gula darah

Susu untuk diabetes ini mengandung 11 vitamin, 6 mineral, serat, tinggi kalsium, bebas kolesterol, dan rendah gula. Berbagai nutrisi yang ada di dalamnya dapat membantu memenuhi pemenuhan gizi seimbang dalam program diet diabetes. 

Jika kamu menginginkan merek susu untuk penderita diabetes yang bersertifikat halal ini, kamu harus merogoh kocek sekitar Rp140.700 untuk ukuran 600 gram.

2

Nutren Diabetes

Rekomendasi susu untuk diabates: Nutren DiabetesNutren Diabetes mengandung serat pangan dan karbohidrat kompleksCek Sekarang

Nutren Diabetes merupakan merek susu untuk penderita diabetes yang menawarkan berbagai nutrisi penting. Nutrisi susu ini lengkap dan seimbang karena terbuat dari campuran serat pangan dan karbohidrat kompleks yang dapat memberi energi pada tubuh dan melindungi saluran pencernaan.

Selain itu, Nutren Diabetes diklaim rendah glikemik sehingga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah dan tidak mengandung gluten. Sebaiknya kamu minum susu untuk diabetes ini sesuai anjuran dokter dan perhatikan takaran penggunaannya. 

Nutren Diabetes yang memiliki rasa vanila dibanderol dengan harga Rp150.030 (ukuran 400 gram).

3

Abbott Glucerna Triple Care Powder

Rekomendasi susu untuk diabetes: Abbott Glucerna Triple Care PowderAbbott Glucerna Triple Care Powder diperkaya dengan asam lemak omega-3 (sumber foto: nutrition.abbott)

Abbott Glucerna Triple Care Powder diformulasikan khusus untuk kebutuhan nutrisi penderita diabetes. Karbohidrat yang dilepaskan dalam susu ini lebih lambat sehingga membantu mengendalikan glukosa.

Sementara itu, asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak omega-3 di dalamnya dapat menunjang kesehatan dan sirkulasi pembuluh darah pada penderita diabetes. 

Susu ini juga diperkaya dengan chromium picolinate yang dapat mendorong metabolisme karbohidrat untuk mengatur berat badan.

Abbott Glucerna Triple Care Powder bisa menjadi alternatif yang baik ketimbang mengonsumsi camilan tidak sehat yang tinggi kalori dan bernutrisi rendah. Jika tertarik membawa pulang susu rendah lemak untuk diabetes ini, kamu harus menyiapkan dana sebesar Rp698.000 untuk ukuran 850 gram.

4

Mirota Lactona Dia-B

Rekomendasi susu untuk diabetes: Mirota Lactona Dia-BMirota Lactona Dia-B cocok untuk penderita diabetes (sumber foto: produkmirotaksm.com)

Mirota Lactona Dia-B merupakan susu yang cocok bagi penderita diabetes. Susu ini memiliki kandungan serat pangan tinggi yang bermanfaat dalam membantu memelihara fungsi saluran pencernaan, dan sumber protein yang bisa membangun dan memperbaiki jaringan tubuh.

Susu untuk diabetes ini mengandung 11 vitamin yang dibutuhkan tubuh, di antaranya vitamin A, B2, B3, B6, C, dan sebagainya. Sementara itu, kandungan empat mineralnya meliputi kalsium, fosfor, iodium, dan selenium. 

Apabila kamu tertarik mengonsumsi Mirota Lactona Dia-B 300 gram, siapkan dana sebesar Rp52.885.

5

Appeton Wellness 60+ Diabetic

Rekomendasi susu untuk diabetes: Appeton Wellness 60+ DiabeticAppeton Wellness 60+ Diabetic diformulasikan untuk lansia berusia 60 tahun ke atas (sumber foto: appeton.com)

Appeton Wellness 60+ Diabetic diformulasikan untuk lansia berusia 60 tahun ke atas yang menderita diabetes atau pradiabetes. Susu ini juga cocok bagi yang memiliki komplikasi diabetes, seperti hipertensi, penyakit kardiovaskular, dan nefropati diabetik.

Kandungan karbohidrat yang dilepaskan susu ini lebih lambat sehingga dapat memasok energi ke tubuh tanpa menyebabkan lonjakan gula darah. Appeton Wellness 60+ Diabetic juga mengandung inulin dan serat yang bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Selain itu, ada pula kandungan kasein dan omega 3 yang dapat membantu menjaga otot dan fungsi jantung normal. Keunggulan lainnya dari susu ini adalah rendah natrium, bebas laktosa, gluten, dan kolesterol. Merek susu untuk penderita diabetes ini dibanderol dengan harga Rp317.000 (ukuran 400 gram).

6

Tropicana Slim Skim Milk Original

Rekomendasi susu untuk diabetes: Tropicana Slim Skim Milk OriginalTropicana Slim Skim Milk Original dilengkapi dengan fitosterol (sumber foto: tropicanaslim.com)

Tropicana Slim Skim Milk Original adalah susu tanpa lemak, bebas gula, dan tinggi kalsium. Susu untuk diabetes ini dianggap bisa membantu menjaga kadar gula darah penderita diabetes agar tetap normal dan membatasi konsumsi gula.

Tropicana Slim Skim Milk Original dilengkapi dengan fitosterol yang bisa mengurangi penyerapan kolesterol di usus sehingga menurunkan kadar kolesterol dalam darah. 

Selain rasa vanila, ada pula varian rasa cokelat dan kopi. Untuk mendapatkan Tropicana Slim Skim Milk Original ukuran 1 kg, kamu harus merogoh kantong sekitar Rp198.400.

7

Dianeral Susu Bubuk Rasa Vanilla

Rekomendasi susu untuk diabetes: Dianeral Susu Bubuk Rasa VanillaDianeral Susu Bubuk Rasa Vanilla tidak mengandung pemanis buata (sumber foto: sohoglobalhealth.com)

Dianeral Susu Bubuk Rasa Vanilla memiliki kandungan karbohidrat, protein, dan lemak yang tepat bagi penderita diabetes. Ada pula kandungan serat pangan yang dapat membantu mengendalikan gula darah.

Selain itu, susu untuk diabetes ini dilengkapi dengan vitamin dan mineral tanpa tambahan gula pasir dan pemanis buatan. Harga Dianeral Susu Bubuk Rasa Vanilla ukuran 180 gram cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp49.638.

DiabetesMakanan SehatSusuPrediabetes

Healthline. https://www.healthline.com/health/diabetes/best-milk-for-diabetics#milks-to-avoid
Diakses pada 07 Juni 2021

The Diabetes Council. https://www.thediabetescouncil.com/can-i-drink-milk-if-i-have-diabetes/
Diakses pada 07 Juni 2021

Nutrition Abbott. https://nutrition.abbott/au/product/glucerna-triple-care
Diakses pada 07 Juni 2021

Appeton. https://appeton.com/52-appeton-wellness-60-diabetic.html
Diakses pada 07 Juni 2021

Tropicana Slim. https://tropicanaslim.com/produk/skim-milk-original
Diakses pada 07 Juni 2021

Soho Global Health. https://www.sohoglobalhealth.com/id/brands/20
Diakses pada 07 Juni 2021

Mirota. https://produkmirotaksm.com/lactona-dia-b/
Diakses pada 07 Juni 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter