Mom & Baby

13 Rekomendasi Susu Ibu Hamil yang Bagus untuk Perkembangan Janin

08 Nov 2022|Dina Rahmawati
Susu ibu hamil yang bagus antara lain Prenagen, Anmum, dan NutrimaSusu ibu hamil bantu penuhi kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan

Ibu hamil membutuhkan lebih banyak nutrisi agar janin bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, serta menunjang kesehatan selama kehamilan. 

Untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ini, Moms bisa minum susu ibu hamil yang bagus sebagai pelengkap. Susu bumil diketahui mengandung kalsium, protein, vitamin D dan nutrisi penting lain yang mampu menjaga kesehatan ibu dan janin.

Apa saja rekomendasi susu ibu hamil yang bagus untuk ibu dan janin? Simak ulasannya di sini. 

Manfaat minum susu ibu hamil

Ada banyak manfaat minum susu ibu hamil. Selain baik untuk kesehatan ibu, susu ini juga bisa mendukung perkembangan janin dalam kandungan,. 

Manfaat susu ibu hamil didapatkan dari kandungan menyehatkan yang ada di dalamnya, seperti: 

  • Protein. Kandungan protein dalam susu ibu hamil bermanfaat mendorong pertumbuhan janin, memperkuat rahim, meningkatkan suplai darah, dan memenuhi kebutuhan nutrisi janin selama dalam kandungan. Protein dalam susu ibu hamil juga diketahui memiliki sembilan asam amino esensial yang penting untuk kesehatan ibu dan janin.
  • Kalsium. Bermanfaat membantu menjaga kesehatan tulang ibu dan mendukung perkembangan kerangka janin.
  • Vitamin D. Bermanfaat mencegah rakitis dan berat badan lahir rendah pada bayi.

Lantas, kapan sebaiknya minum susu ibu hamil? Susu ibu hamil bisa dikonsumsi segera setelah Moms menyadari kehamilan. Ini bertujuan agar kebutuhan nutrisi yang diperlukan selama kehamilan demi kesehatan ibu dan janin bisa segera terpenuhi.  

Jika Moms ingin minum susu ibu hamil yang bagus, pilihlah produk yang telah melalui proses pasteurisasi. Artinya, susu telah dipanaskan pada suhu tinggi untuk menghilangkan mikroba di dalamnya sehingga lebih aman bagi Moms dan janin.

Jangan lupa untuk mengikuti saran penyajian dan jumlah konsumsi pada label di kemasan produk.

Rekomendasi susu ibu hamil yang bagus dan bernutrisi

Berikut ini rekomendasi susu ibu hamil yang bagus beserta harganya yang bisa Moms coba atau konsultasikan lebih lanjut dengan dokter kandungan:

1

Prenagen Mommy Rasa Vanila

Susu ibu hamil yang bagus Prenagen MommyPrenagen Mommy Rasa Vanila diformulasikan dengan protein dan asam folatCek Sekarang

Prenagen  Mommy dapat menambah asupan nutrisi bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan. 

Susu ibu hamil dari Prenagen ini diformulasikan khusus dengan protein, kalsium, vitamin D, asam folat, zat besi, fosfor, magnesium, inulin, omega 3, dan omega 6 yang penting selama kehamilan.

Berbagai kandungan ini bermanfaat mencegah anemia pada ibu hamil, menunjang tumbuh kembang janin, memperkuat janin agar terhindar dari keguguran, serta menghindari cacat lahir. 

Moms juga tak perlu khawatir mengonsumsinya setiap hari karena susu Prenagen untuk ibu hamil ini hanya mengandung sedikit gula, natrium, dan lemak. 

Dengan beragam varian rasa seperti vanilla, cokelat, stroberi, mocha, dan kacang hijau, Moms bisa membeli Prenagen Mommy Rasa Vanila ukuran 200 gram dengan harga mulai dari Rp43.400.

2

SGM Bunda

Susu ibu hamil yang bagus SGM BundaSGM Bunda Rasa Cokelat bantu optimalkan tumbuh kembang janinCek Sekarang

SGM Bunda merupakan susu yang diformulasikan untuk ibu hamil dan menyusui. Susu ini tinggi kandungan zat besi, kalsium, asam folat, dan minyak ikan yang dapat membantu memenuhi nutrisi ibu hamil dan mengoptimalkan tumbuh kembang janin.

Kandungan zat besi yang tinggi di dalam susu ibu hamil ini bisa mencegah Moms terkena anemia yang berisiko mengganggu pembentukan otak dan kesehatan janin. Sementara itu, kandungan asam folat di dalamnya membuat janin terhindar dari risiko cacat tabung saraf (spina bifida). 

Susu ibu hamil terbaik dari SGM ini memiliki rasa cokelat yang lezat dan ringan, lho! Untuk membawa pulang paket dua kotak SGM Bunda 300 gram, Moms hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp73.500.

3

Lactamil Pregnasis

Susu ibu hamil yang bagus Lactamil PregnasisLactamil Pregnasis memiliki formula ACTIDuobio+Cek Sekarang

Lactamil Pregnasis dirancang dengan formula ACTIDuobio+ yang lebih rendah lemak, mengandung inulin untuk tingkatkan asupan serat harian, asam folat untuk mengurangi risiko cacat tabung saraf, dan zat besi untuk mencegah anemia.

Selain itu, susu yang bagus untuk ibu hamil ini juga memiliki kandungan omega-6 yang baik untuk perkembangan otak janin. Mengonsumsi Lactamil Pregnasis secara teratur juga dapat mendukung kesehatan Moms dan janin selama kehamilan.

Lactamil Pregnasis tersedia dalam varian rasa vanila, cokelat, dan stroberi. Merek susu ibu hamil yang bagus ini dibanderol dengan harga Rp72.000 untuk ukuran 400 gram.

4

Lovamil

Rekomendasi susu ibu hamil yang bagus LovamilLovamil mengandung DHA dan eksrtrak katuk yang baik bagi ibuCek Sekarang

Lovamil merupakan pilihan susu yang bagus untuk ibu hamil. Lovamil mengandung protein, DHA, polydextrose, asam folat, zat besi, berbagai vitamin, mineral, dan ekstrak katuk yang dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil dan janin dalam kandungan. 

Susu ibu hamil dari Lovamil ini juga tersedia dalam varian rasa stroberi, cokelat, vanilla, dan kacang hijau. Untuk mendapatkan manfaatnya, Moms hanya perlu mengonsumsinya satu gelas sehari.

Susu ibu hamil Lovamil dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp14.025 dalam kemasan 120 gram.

5

Anmum Materna

Rekomendasi susu ibu hamil yang bagus Anmum MaternaAnmum Materna mengandung omega 3 dan 6 (sumber foto: anmum.com)Cek Sekarang

Anmum Materna membantu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan ibu dan janin selama masa kehamilan

Susu yang bagus untuk ibu hamil ini mengandung folat dan serang pangan yang baik untuk perkembangan sel ibu serta fungsi pencernaannya. Tak hanya itu, kandunganGA & DHA di dalam susu ini juga penting untuk perkembangan otak janin.

Moms juga bisa mendapatkan asupan protein, kalsium, zat besi, omega-3, omega-6, kolin, biotin, serta berbagai vitamin dan mineral lainnya yang tak kalah penting selama kehamilan. 

Tertarik mencoba Anmum Materna? Moms bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp91.800 untuk ukuran 400 gram.

6

Friso Gold Mum

Susu ibu hamil yang bagus Frisomum GoldFrisomum Gold mengandung prebiotik untuk menjaga pencernaan ibu (sumber foto: friso.co.id)

Frisomum Gold diformulasikan khusus untuk ibu hamil dan menyusui. Susu ibu hamil yang bagus untuk perkembangan janin ini rendah sukrosa, sehingga indeks glikemiknya rendah. 

Indeks glikemik yang rendah dapat membantu ibu dan janin mengalami kelebihan berat badan selama kehamilan. Kadar gula dalam darah juga akan lebih terjaga.

Selain itu, salah satu susu ibu hamil terbaik ini memiliki sejumlah nutrisi penting lainnya bagi Moms dan janin. Kandungan vitamin B12 didalamnya dapat membantu pembentukan sel darah merah sehingga baik untuk mencegah dan mengatasi anemia pada ibu hamil

Frisomum Gold juga mengandung asam folat, yodium, vitamin D, dan kalsium yang baik untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin. 

Menariknya, Frisomum Gold juga mengandung prebiotik untuk menjaga kesehatan pencernaan ibu hamil agar terhindar dari sembelit

Ingin mencoba susu ibu hamil tinggi kalsium ini? Moms bisa mendapatkan Frisomum Gold dengan harga mulai dari Rp98.500 untuk ukuran 400 gram.

7

SUN Ibu

Rekomendasi susu ibu hamil yang bagus SUN IbuSUN Ibu diformulasikan dengan nutrisi lengkap (sumber foto: indofood.com)

SUN Ibu memiliki formulasi baru dengan nutrisi lengkap untuk menunjang kebutuhan gizi ibu dan janin selama masa kehamilan. Susu bumil yang bagus ini diperkaya dengan zat besi untuk membantu mencegah anemia dan asam folat untuk mencegah cacat tabung saraf.

Selain itu, susu ibu hamil yang tinggi asam folat ini juga mengandung omega-3 dan omega-6 yang dapat mendorong perkembangan saraf maupun kecerdasan otak janin

Kandungan vitamin B6 di dalamnya juga bisa mengurangi rasa mual saat hamil. Sementara itu, kandungan serat yang tinggi dalam susu bumil ini bisa membantu mencegah sembelit yang sering terjadi pada ibu hamil. 

Harga SUN Ibu rasa cokelat atau stroberi ukuran 150 gram cukup terjangkau, yakni dibanderol mulai dari Rp18.300.

8

Frisian Flag Mama Tahap 0 Suprima

susu ibu hamil yang bagus Frisian Flag Mama Tahap 0 SuprimaFrisian Flag Mama Tahap 0 Suprima mengandung 29 multivitamin dan mineral (sumber foto: frisianflag.com)

Frisian Flag Mama dikhususkan untuk ibu hamil dan menyusui dengan rasa cokelat yang lezat. 

Susu ibu hamil yang bagus untuk perkembangan janin ini memiliki kandungan protein, karbohidrat, lemak, serat pangan inulin, zat besi, kalsium, asam folat, serta 29 multivitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh ibu dan janin selama kehamilan.

Bagi ibu yang sedang hamil sekaligus menyusui, susu ini bisa menjadi asupan bernutrisi yang praktis. Moms juga bisa menikmatinya dengan campuran air hangat maupun air dingin. 

Frisian Flag Mama ukuran 200 gram dibanderol dengan harga mulai dari Rp25.400.

9

Enfamama A+

Rekomendasi susu ibu hamil yang bagus Enfamama A+Enfamama A+ diformulasikan bagi ibu hamil dan menyusui (sumber foto: enfa.co.id)

Enfamama A+ juga diformulasikan khusus bagi ibu hamil dan menyusui. Susu ibu hamil yang bagus untuk perkembangan janin ini tinggi asam folat, kalsium, zat besi, dan vitamin C.

Selain itu, Enfamama A+ juga mengandung berbagai vitamin dan mineral lain yang dapat mendukung kebutuhan nutrisi ibu selama masa kehamilan.

Kandungan asam linoleat (ALA), DHA, kolin, dan biotin di dalamnya juga sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin dalam kandungan. 

Enfamama A+ memiliki rasa cokelat yang lezat dan tidak menyebabkan mual. Moms bisa mendapatkan susu bumil terbaik ini dengan harga mulai dari Rp101.200 untuk ukuran 400 gram.

10

Vidoran Ibunda Milk

Susu ibu hamil yang bagus Vidoran Ibunda MilkVidoran Ibunda Milk diperkaya dengan minyak hati ikan kod (sumber foto: duniasmartvidoran.com)

Mencari susu terbaik untuk ibu hamil dengan harga terjangkau? Vidoran Ibunda Milk bisa menjadi pilihan yang tepat.

Produk ini merupakan susu ibu hamil pertama dengan imunUp yang diperkaya minyak hati ikan kod. Selain itu, kandungan asam folat, tinggi kalsium, omega-3, omega-6, 12 vitamin, dan 8 mineral di dalamnya juga baik untuk ibu dan janin selama kehamilan.

Susu ibu hamil ini dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang jaringan saraf janin, membentuk dan mempertahankan kepadatan tulang, serta memelihara perkembangan janin. 

Vidoran Ibunda Milk ukuran 350 gram dibanderol dengan harga mulai dari Rp34.900.

11

Soyamil

Rekomendasi susu ibu hamil yang bagus SoyamilSoyamil terbuat dari sari kedelai pilihan yang diperkaya berbagai herbal (sumber foto: babyzaniaofficial)

Soyamil cocok diminum bagi Moms yang tidak bisa mengonsumsi susu sapi. Produk susu kedelai ini dapat membantu memberi nutrisi tambahan yang dibutuhkan selama masa kehamilan.

Soyamil terbuat dari sari kedelai pilihan yang diperkaya oleh sari daun kelor, bidara, chia seed, minyak VCO, madu, dan herbal lainnya. Selain itu, susu ini kaya akan protein nabati, isoflavon, asam amino esensial, serta berbagai vitamin dan mineral.

Soyamil ukuran 200 gram cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp 38.000.

12

Nutrima Royal Pronutra 

Rekomendasi susu ibu hamil yang bagus Nutrima Royal PronutraNutrima Royal PronutraCek Sekarang

Nutrima Royal Protuna hadir dengan 9 vitamin dan 4 mineral penting yang mampu mendukung kesehatan ibu dan janin selama masa kehamilan. 

Kandungan nutrisi dalam susu bumil ini efektif meningkatkan daya tahan tubuh ibu selama hamil, membantu perkembangan janin dalam kandungan, serta mengoptimalkan perkembangan otak janin

Dengan rasa cokelat yang lezat, Moms bisa menikmati Nutrima Royal Protuna 3 kali sehari atau sesuai dengan aturan pada kemasan. 

Harga Nutrima Royal Protuna dalam ukuran 400 gr dibanderol dengan harga mulai dari Rp45.000.

13

Susu Kedelai Green Soya Ibu Hamil

Rekomendasi susu ibu hamil yang bagus Susu Kedelai Green Soya Ibu HamilSusu Kedelai Green Soya Ibu HamilCek Sekarang

Jika Moms alergi susu sapi, Susu Kedelai Green Soya bisa menjadi alternatif yang aman sekaligus menyehatkan bagi ibu hamil. 

Susu ibu hamil yang satu ini memiliki kandungan biji kedelai pilihan yang mampu memenuhi asupan vitamin D, kalsium, dan protein selama kehamilan. Dilengkapi dengan kandungan sari kurma, Green Soya memiliki cita rasa yang lezat sekaligus kaya manfaat. 

Susu bumil dari kacang kedelai ini bisa membantu mendukung perkembangan saraf dan otak janin, mencegah bayi lahir prematur dan cacat lahir, serta menunjang kesehatan ibu dan janin secara keseluruhan. 

Dengan beragam manfaat di dalamnya, Moms hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp30.500 untuk ukuran 200 gram.

Nutrisi Ibu HamilKehamilanMakanan Untuk HamilSusuIbu Hamil

Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/types-milk-can-consumed-pregnancy_0076537/
Diakses pada 15 Juni 2021

Toko SehatQ. https://toko.sehatq.com/produk/prenagen-mommy-susu-ibu-hamil-rasa-vanila-box-200-g
Diakses pada 15 Juni 2021

Toko SehatQ. https://toko.sehatq.com/produk/paket-2-sgm-bunda-minuman-ibu-hamil-menyusui-coklat-300-g
Diakses pada 15 Juni 2021

Toko SehatQ. https://toko.sehatq.com/produk/lactamil-pregnasis-minuman-ibu-hamil-coklat-400-g
Diakses pada 15 Juni 2021

Anmum. https://www.anmum.com/id/id/products/anmum-materna
Diakses pada 15 Juni 2021

Friso. https://www.friso.co.id/frisomum-gold/susu-frisomum-gold-dualcare
Diakses pada 15 Juni 2021

Kalbe. https://kalbenutritionals.com/id/produk-kami/lovamil
Diakses pada 15 Juni 2021

Indofood. https://www.indofood.com/product/sun/product/sun-susu-ibu-hamil
Diakses pada 15 Juni 2021

Frisian Flag. https://www.frisianflag.com/produk/susu-ibu-balita/Frisian-Flag-Mama
Diakses pada 15 Juni 2021

Enfa. https://www.enfa.co.id/produk/enfamama-a-plus
Diakses pada 15 Juni 2021

Vidoran. https://www.duniasmartvidoran.com/produk/detail/Susu-vidoran-Ibunda-coklat
Diakses pada 15 Juni 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email