Makan Sehat

10 Suplemen Makanan Terbaik yang Cocok untuk Anak hingga Ibu Hamil dan Menyusui

Suplemen makanan mengandung vitamin, mineral, serta ekstrak buah dan tumbuhan alamiSuplemen makanan mampu melengkapi kebutuhan asupan harian Anda

Suplemen makanan biasanya diperlukan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian selain dari makanan dan minuman.

Terkadang, ada beberapa hal yang membuat asupan gizi tidak seimbang, seperti alergi, pantangan, hingga intoleransi.

Selain itu, ada pula kondisi yang membuat kamu membutuhkan asupan yang lebih besar daripada biasanya, seperti saat hamil atau menyusui.

Untuk itu, kamu memerlukan suplemen makanan terbaik sesuai dengan kebutuhan kamu.

Meski demikian, kamu tetap perlu konsultasi dengan dokter gizi atau ahli gizi agar bisa mendapatkan asupan nutrisi dari makanan dengan dosis dan jenis nutrisi yang tepat.

Tips mengonsumsi suplemen makanan

Dikutip dari National Center for Complementary and Integrative Health, inilah beberapa kiat yang bisa diterapkan bila mengonsumsi suplemen makanan:

1. Baca label informasi pada kemasannya

Standar suplemen yang ada di pasaran tentu sangat berbeda dengan standar suplemen untuk mengobati kondisi tertentu.

Untuk itu, risetlah lebih dalam tentang keamanan suplemen makanan yang dikonsumsi.

2. Alami tidak selalu aman

Beberapa bahan alami rupanya mampu menyebabkan kerusakan cukup serius pada organ tubuh. Selain itu, bila melihat istilah "terstandar" atau "bersertifikat", ini tidak selalu menjamin kualitas produk.

3. Pastikan suplemen yang dikonsumsi tidak mengganggu obat atau suplemen lainnya

Ada kemungkinan bila mengonsumsi obat-obatan atau suplemen dan suplemen lainnya akan saling memengaruhi cara kerjanya.

Misalnya, kamu tidak direkomendasikan konsumsi suplemen penambah darah mengandung zat besi dengan suplemen kalsium.

4. Waspadai kontaminasi

Rupanya, beberapa suplemen mengandung obat-obatan yang seharusnya dikontrol oleh resep dokter. Misalnya, pada pil penggemuk yang mengandung steroid.

5. Konsultasi dengan dokter atau ahli gizi

Selalu pastikan keamanan produk dengan dokter atau ahli gizi. Hal ini membantu kamu memberikan informasi rinci terkait suplemen dan cara suplemen untuk mendukung kesehatan kamu.

Rekomendasi suplemen makanan terbaik

1

Sakatonik Liver Sirup

Rekomendasi suplemen makanan: Sakatonik Liver SirupSakatonik Liver Sirup merupakan suplemen makanan penambah darah yang cukup terjangkauCek Sekarang

Sakatonik liver merupakan suplemen makanan penambah darah yang direkomendasikan untuk mengatasi anemia.

Tidak hanya mengandung zat besi, Sakatonik Liver juga mengandung beragam vitamin dan mineral, seperti vitamin B12, asam folat, mangan, dan zinc.

Selain untuk anemia, manfaat Sakatonik Liver Sirup juga baik untuk masa penyembuhan dan pelengkap nutrisi saat hamil.

Cara mengonsumsi Sakatonik Liver Sirup adalah 1-2 kali sehari sebanyak satu sendok makan untuk dewasa.

Sementara untuk anak, minumlah sebanyak 1-2 kali sebanyak 1-2 sendok teh disertai minum air putih.

Harga Sakatonik Liver Sirup pun cukup terjangkau, dibanderol mulai dari Rp22.121.

2

Ferospat Tablet Effervescent Tube

Rekomendasi suplemen makanan: Ferospat Tablet Effervescent TubeFerospat Tablet Effervescent Tube adalah suplemen zat besi dengan rasa stroberi agar menyamarkan rasa seperti logam di mulut.Cek Sekarang

Ferospat Tablet Effervescent Tube juga merupakan salah satu suplemen makanan yang terbaik di pasaran.

Dengan kandungan zat besi, suplemen ini juga mampu mencegah anemia defisiensi zat besi.

Selain mengandung vitamin B12 asam folat, dan zat besi, Ferospat Tablet Effervescent Tube juga mengandung vitamin C. Terbukti, vitamin C dan zat besi baik bila dikonsumsi bersamaan.

Tablet ini berperisa stroberi yang enak di lidah, agar tidak meninggalkan sensasi "mengemut logam" setelah dimakan

Cara minum salah satu suplemen makanan terbaik ini adalah dengan melarutkan 1 tablet effervescent ke dalam 1 gelas air putih. Pastikan kamu mengonsumsi suplemen ini setelah makan.

Effervescent ini dibanderol mulai dari 54 ribu Rupiah.

3

Esfolat Kaplet

Rekomendasi suplemen makanan: Esfolat KapletSelain menyediakan asam folat, Esfolat Kaplet menyediakan asupan antioksidan untuk menangkal radikal bebasCek Sekarang

Esfolat adalah suplemen asam folat yang direkomendasikan untuk ibu hamil.

Suplemen ini juga mengandung multivitamin B, beta-karoten, vitamin C, zat besi, dan mineral lainnya yang baik untuk memastikan asupan nutrisi agar sesuai kebutuhan harian.

Beta-karoten dan vitamin C mampu bekerja sebagai antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas.

Sayangnya, dengan kandungan yang hampir mirip dengan suplemen makanan lainnya, Esfolat Kaplet mematok harga yang cukup merogoh kocek, yaitu mulai dari Rp316.800.

4

Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold

Rekomendasi suplemen makanan: Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding GoldBlackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold diformulasikan khusus untuk ibu IndonesiaCek Sekarang

Ini merupakan salah satu suplemen makanan terbaik untuk ibu hamil dan menyusui yang telah diformulasi khusus untuk ibu Indonesia.

Komposisi suplemen asam folat ini juga mengandung yodium, omega-3 dari minyak ikan, zat besi, vitamin C, kalsium, magnesium, multivitamin B, dan vitamin E.

Selain itu, zat besi yang dipilih suplemen ini berasal dari besi fumarat sehingga tidak menyebabkan sembelit. Selain itu, minyak ikan yang digunakan tidak berbau sehingga tidak memicu mual.

Kamu bisa mengonsumsi ini sebanyak 2 kapsul per hari.

Harga satu Blackmores Pregnancy & Breast Feeding Gold untuk satu kemasannya mulai dari 168.000 Rupiah.

5

Enervon-C Multivitamin

Rekomendasi suplemen makanan: Enervon-CEnervon-C bisa dikonsumsi dalam keadaan perut kosongCek Sekarang

Suplemen makanan ini paling direkomendasikan untuk kamu konsumsi agar cepat sembuh dari sakit.

Enervon-C tidak hanya tinggi vitamin C, ia juga mengandung multivitamin B.

Vitamin C terbukti membantu kesehatan tulang, otot, dan  pembuluh darah.

Vitamin B kompleks pun juga berguna untuk mengatur hormon, kolesterol, hingga cadangan tenaga. Vitamin B pun juga baik untuk beberapa bagian tubuh penting, seperti jantung, saraf, dan otak.

Kelebihan multivitamin ini adalah kamu bisa mengonsumsinya dalam keadaan perut kosong. Dosis konsumsi suplemen ini adalah satu kali sehari.

Sayangnya, ada beberapa efek samping yang bisa dirasakan, seperti mual, sakit kepala dan perut, hingga diare. Untuk itu, konsultasi ke dokter bila ingin mulai konsumsi suplemen makanan ini. Enervon-C Multivitamin bisa didapatkan mulai dari 35.540 Rupiah.

6

Fruit 18 for Adults

Rekomendasi suplemen makanan: Fruit 18 for AdultsFruit 18 for Adults mengandung ekstrak buah dan probiotik untuk pencernaanCek Sekarang

Suplemen makanan ini cukup unik sebab diekstraksi dari beragam buah-buahan, seperti jeruk, nanas, apel, lemon, limau persik, cranberry, pepaya, strawberry, pisang, pear, apricot, bilberry, dan tangerine.

Suplemen ini sebaiknya dikonsumsi sebelum makan dengan segelas air putih.

Tidak hanya vitamin dan mineral, Fruit 18 for Adults juga mengandung probiotik yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Harga produk ini dibanderol sekitar 140.310 Rupiah.

7

Renovit

Rekomendasi suplemen makanan: RenovitRenovit diperkaya dengan 12 vitamin, 13 mineral, dan asam aminoCek Sekarang

Renovit juga mampu memenuhi asupan harian vitamin dan mineral kamu. Bahkan, suplemen ini pun mengandung 12 jenis vitamin dan 13 jenis mineral dalam satu kapsul. Tentu, ini cukup praktis dan kaya nutrisi.

Selain itu, produk ini juga mengandung asam amino berupa L Carnitine untuk membantu membakar lemak serta beta-karoten dan lutein untuk menjaga kesehatan mata.

Bahkan, untuk nutrisi yang cukup lengkap, kamu hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp70.000.

8

Puritan's Pride Biotin

Rekomendasi suplemen makanan: Puritan's Pride BiotinPuritan's Pride Biotin mampu menjaga kesehatan kuku, rambut, dan membantu menambah energi

Biotin terbukti mampu meningkatkan cadangan tenaga di dalam tubuh. Sebab, biotin mampu mengubah lemak ke dalam energi. Hal inilah yang membuat Puritan's Pride Biotin juga cocok untuk diet.

Selain itu, biotin pun juga baik untuk mengurangi rambut rontok dan kuku rapuh. Oleh karena itu, kecantikan kamu pun juga senantiasa terjaga. 

Kelebihan salah satu suplemen makanan terbaik ini adalah tanpa tambahan pemanis dan perasa buatan, tanpa pengawet dan gluten, aman untuk vegan, dan tidak mengandung natrium sehingga aman dikonsumsi orang dengan hipertensi. Suplemen biotin ini dibanderol dengan harga mulai dari 99 ribu rupiah.

9

Nature’s Way Complete Daily Multivitamin With Spirulina

Rekomendasi suplemen makanan: Nature’s Way Complete Daily Multivitamin With SpirulinaNature’s Way Complete Daily Multivitamin With Spirulina juga menyediakan beragam vitamin dan mineral dan dilengkapi sumber antioksidan

Suplemen makanan ini mengandung vitamin dan mineral yang lengkap, mulai dari vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, dan vitamin D.

Selain itu, mineralnya juga cukup bervariasi, seperti magnesium, zat besi, kalsium, mangan, dan kalium.

Keunggulan suplemen makanan ini adalah mengandung spirulina yang terbukti merupakan sumber antioksidan bagi tubuh.

Selain itu, antioksidan lainnya yang ada di suplemen ini adalah resveratrol. Jadi, tidak hanya vitamin dan mineral, suplemen ini diperkaya dengan antioksidan.

Meski demikian, Nature's Way Complete Daily Multivitamin With Spirulina mematok harga yang relatif mahal, yaitu mulai dari 400 ribu per kemasan.

10

Nutrimax Complete Multivitamins & Minerals

Rekomendasi suplemen makanan: Nutrimax Complete Multivitamins & MineralsNutrimax Complete Multivitamins & Minerals mengandung beragam vitamin, mineral, dan ekstrak tanaman alami

Kekurangan vitamin dan mineral ternyata mampu memicu stres. Untuk itu, kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi asupan vitamin dan mineral yang lengkap. Produk ini mampu menyediakan ragam vitamin dan mineral yang cukup lengkap, mulai dari vitamin A, multivitamin B, vitamin D, vitamin, vitamin K.

Selain itu, kandungan mineral di dalam suplemen ini juga lengkap, seperti biotin, fosfor, yodium, dan magnesium. Bahkan, vitamin ini juga memiliki ekstrak alami yang terbukti berkhasiat, seperti ginseng dan jahe.

Harga suplemen ini berkisar 270 ribu Rupiah.

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
VitaminSuplemenMakanan SehatHidup Sehat

National Center for Complementary and Integrative Health. https://www.nccih.nih.gov/health/tips/tips-what-consumers-need-to-know-about-dietary-supplements

Diakses pada 3 Mei 2021

Kalbe. https://www.kalbe.co.id/id/produk-detil/ArtMID/706/ArticleID/754/Sakatonik-Liver Diakses pada 3 Mei 2021

Pyridam Farma. https://pyfahealth.com/ferospat.html Diakses pada 3 Mei 2021

Puspa Pharma. http://puspapharma.com/product_detail.php?product_id=40 Diakses pada 3 Mei 2021

Blackmores. https://www.blackmores.co.id/product/kehamilan-dan-menyusui/pregnancy-breast-feeding-gold Diakses pada 3 Mei 2021

Puritan's Pride. https://www.puritanspride.sg/products/puritans-pride-biotin-10-000-mcg-50-softgels-item-051463 Diakses pada 3 Mei 2021

Renovit. https://www.renovit-multivitamin.com/about Diakses pada 3 Mei 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter