Beauty & Skincare

Rekomendasi Sunscreen Wardah, Pelindung Kulit dari Bahaya Sinar UV

03 Mar 2021|Nurul Rafiqua
Rekomendasi varian sunscreen wardah untuk lindungi kulit dari sinar matahariPenggunaan sunscreen penting untuk lindungi kulit dari UV A, UV B maupun blue light

Pentingnya sunscreen untuk menjaga kesehatan kulit  

Sunscreen Wardah hadir dalam berbagai pilihan dengan sejumlah manfaat bagi kesehatan kulit. Salah satu fungsi utamanya adalah melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV) yang dihasilkan cahaya matahari.

Sinar ultraviolet yang terdiri dari UV A dan UV B dapat menimbulkan berbagai efek negatif bagi kulit. Misalnya, kulit belang, sunburn, penuaan dini hingga kanker kulit. Oleh karena itu, penggunaan sunscreen sangatlah penting.

Sunscreen bekerja dengan cara menyerap sinar UV yang masuk, sebelum mencapai lapisan dalam kulit. Sinar UV yang sudah diserap tersebut akan disaring dan diubah ke panjang gelombang cahaya dan panas yang tidak akan merusak kulit.

Menjawab kebutuhan para konsumen, Wardah pun menawarkan varian sunscreen yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Apa saja variannya? Simak review berikut ini!

1

Wardah UV Shield Active Protection Serum SPF 50

Rekomendasi Sunscreen Wardah UV Shield Active Protection Serum SPF 50Wardah UV Shield Active Protection Serum SPF 50 (sumber: wardahbeauty.com)

Wardah UV Shield Active Protection Serum adalah sunscreen dengan cakupan perlindungan yang luas. Ini berarti, produk tersebut dapat memberikan perlindungan dari UV A, UV B bahkan blue light yang dihasilkan dari perangkat digital.

Salah satu kriteria sunscreen yang bagus sebaiknya memiliki SPF di atas 30. Sunscreen dari Wardah satu ini memiliki SPF yang cukup tinggi, yakni SPF 50. Jadi, daya proteksinya pun dapat bertahan lama.

Tak cuma itu, sunscreen ini juga tidak akan luntur meski terkena air atau keringat. Sangat cocok untuk digunakan pada kegiatan seperti berenang, lari, bersepeda, berjemur di pantai atau aktivitas dinamis lainnya.

Ketika digunakan, tekstur dari produk ini terasa agak cair, antara krim dan losion berwarna putih susu. Meski mudah diaplikasikan secara merata, sunscreen ini membutuhkan waktu agar dapat meresap sepenuhnya.

Produk ini juga cocok digunakan berbagai jenis kulit. Wangi yang tercium sangat natural dan kandungan bebas alkohol dari produk ini menjadikannya aman digunakan pada kulit yang sensitif. 

Soal whitecast, yaitu noda putih yang tertinggal pada kulit ketika menggunakan sunscreen, Sehatq sendiri tidak pernah mengalaminya ketika menggunakan produk ini.

Namun, sebagian orang sempat mengeluhkan adanya whitecast. Umumnya, whitecast tersebut akan hilang jika sunscreen sudah rutin digunakan, tetapi akan membuat tone kulit meningkat alias seperti memakai krim pemutih.

Dari segi kemasan, Wardah UV Shield Active Protection Serum ini dibuat dari kemasan plastik berwarna oranye. Kemasannya minimalis dan juga compact, jadi sangat mudah untuk dibawa ke mana saja.

Harga produk: Rp47.775.

2

Wardah Sunscreen Gel SPF 30

Rekomendasi Sunscreen Wardah Sunscreen Gel SPF 30Wardah Sunscreen Gel SPF 30 (sumber: wardahbeauty.com)

Wardah Sunscreen Gel SPF 30 merupakan sunscreen yang berfungsi ganda, yaitu untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, sekaligus melembapkan kulit. SPF pada produk ini memang lebih rendah dari produk sebelumnya, tapi masih praktis untuk digunakan, karena bisa bertahan sekitar 5 jam.

Meski pada keterangan kemasan produk ini dinyatakan gel, tapi ketika mencoba mengoleskannya, tekstur yang terasa lebih seperti losion. Formula non-comedogenic yang dimiliki produk ini menjadikannya terasa ringan dan tidak lengket ketika dioleskan di kulit

Menelaah kandungan di dalamnya, sunscreen ini dilengkapi dengan UV A & UV B filter, vitamin E sebagai antioksidan, serta ekstrak aloe vera dan Pro Vit B5 yang membantu menjaga kelembapan kulit. Efeknya setelah dioleskan ke kulit memang meninggalkan kesan dingin dan membuat kulit semakin lembut.

Pun begitu, produk ini mengandung beberapa zat turunan alkohol dan pewangi. Jadi jika memiliki kulit sensitive, kamu kurang cocok menggunakannya.

Tampilan akhir yang dihasilkan dari produk ini akan terlihat dewy. Jadi, pemilik kulit berminyak mungkin bisa melapisinya dengan bedak tabur, agar tidak kelihatan terlalu berminyak.

Dari segi harga, Wardah Sunscreen Gel SPF 30 ini terbilang sangat ramah di kantong.

Harga produk: Rp33.500.

3

Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence SPF 50

Rekomendasi Sunscreen Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence SPF 50Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence SPF 50 (sumber: wardahbeauty.com)

Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence adalah sunscreen dengan SPF 50 yang menawarkan perlindungan dari UV A, UV B, dan blue light. Selain itu, produk yang satu ini juga dapat meredakan kemerahan akibat sengatan sinar matahari.

Hal yang membuat produk ini berbeda dengan sunscreen wardah lainnya adalah aquafused technology yang diterapkan di dalamnya. Fungsinya adalah untuk menyegarkan sekaligus menghidrasi kulit.

Tekstur yang dihasilkan berupa watery feel alias terasa seperti losion yang cair. Meski begitu, butuh waktu yang cukup lama, sekitar 10 menit agar sunscreen dapat meresap sempurna ke dalam kulit.

Dari banyak kelebihan yang ditawarkan, lagi-lagi cukup banyak pemilik kulit berminyak yang merasa kurang cocok dengan sunscreen ini. Jadi sunscreen ini mungkin lebih cocok bila digunakan oleh tipe kulit normal to dry atau kombinasi.

Harga produk: Rp55.000.

4

Wardah Sunscreen Gel SPF 30 Edisi Umroh dan Haji

 

Rekomendasi Sunscreen Wardah Sunscreen Gel SPF 30 Edisi Umroh dan HajiWardah Sunscreen Gel SPF 30 Edisi Umroh dan Haji (sumber: wardahbeauty.com)

Wardah Sunscreen Gel SPF 30 ini hadir dalam seri rangkaian perawatan kulit yang ditujukan saat menjalankan ibadah umroh dan haji. Soalnya, terbayang kan sengatan sinar matahari di Arab Saudi?

Formulanya terdiri dari Pro Vitamin B5, ekstrak aloe vera dan vitamin E yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit serta sebagai antioksidan. Produk ini memiliki tekstur yang kurang lebih sama dengan produk sunscreen wardah lainnya, gel yang cair dengan warna putih.

Hanya saja, sunscreen ini tidak mengandung parfum ataupun alkohol. Jadi cocok untuk semua jenis kulit.

Sunscreen ini hanya bisa dibeli satu paket dengan perlengkapan skincare lainnya yang bisa kamu dapatkan dengan harga Rp142.000.

5

Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30

Rekomendasi Sunscreen Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 (sumber: wardahbeauty.com)

Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 adalah sunscreen dengan Broad Spectrum Protection. Menurut klaimnya, produk ini 30 kali lebih optimal menjaga kulit dari sinar UV A, UV B serta pancaran blue light berlebih.

Ketika digunakan, teksturnya masih serupa dengan jenis sunscreen Wardah lainnya. Namun, hasilnya di kulit berminyak tidak terlalu berkilau dibandingkan varian lain. Produk ini juga memiliki formula non-acnegenic. Jadi kamu tidak perlu takut berjerawat, terutama jika memiliki kulit berminyak.

Produk ini juga cocok digunakan untuk kulit sensitif, karena formulanya mengandung 0% alkohol serta kombinasi vitamin E dan Pro Vitamin B5 di dalamnya dapat membantu penuhi kebutuhan nutrisi kulit sehari-hari.

Daya serapnya ke kulit juga lebih baik, sehingga kamu tidak perlu menunggu lama dalam pengaplikasiannya. Teksturnya pun mudah menyatu saat dibaurkan sebelum menggunakan makeup.  

Hanya saja beberapa orang merasakan efek kusam jika sudah terpapar udara cukup lama setelah memakai sunscreen ini. Jika kejadiannya begitu, coba untuk bersihkan wajah terlebih dahulu dan oleskan lagi sunscreen tersebut ya.

Harga produk: Rp35.000.

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Kulit Dan KecantikanKanker KulitProduk KecantikanMasalah Kulit

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3543289/
Diakses pada 2 Maret 2021


Wardah Beauty. https://www.wardahbeauty.com/
Diakses pada 2 Maret 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter