Beauty & Skincare

Rekomendasi Sunblock dan Sunscreen Anak untuk Lindungi Kulit Si Kecil dari Sinar UV

02 Mar 2021|Nurul Rafiqua
Rekomendasi sunblock dan sunscreen anak yang bagusSunblock dan sunscreen yang cocok untuk anak biasanya ramah bagi kulit sensitif anak

Tabir surya berfungsi untuk melindungi kulit dari radiasi ultraviolet (UV) yang dihasilkan sinar matahari. Beberapa merek tabir surya tersebut memiliki jenis yang diperuntukkan khusus bagi anak. Lantas, apa bedanya dengan yang dewasa dan bagaimana cara memilih sunblock atau sunscreen anak yang bagus? Ikuti ulasan berikut!

Memahami sunblock dan sunscreen  

Sunblock dan sunscreen adalah jenis tabir surya dengan fungsi yang hampir sama namun memiliki mekanisme yang berbeda.

Sunblock bertindak sebagai penghalang sinar UV dengan membentuk lapisan di atas permukaan kulit. Sedangkan, sunscreen bekerja dengan menembus kulit untuk menyaring sinar UV yang masuk sebelum mencapai lapisan dalam kulit.

Keduanya dapat dipilih untuk melindungi kesehatan kulit orang dewasa maupun anak-anak. Hanya saja, ketika ada sunblock atau sunscreen yang khusus dibuat untuk anak-anak, itu berarti formula dari produk tersebut umumnya ramah bagi kulit sensitif. Kemungkinan, bahan yang dikandung di dalamnya tidak akan mengiritasi atau dibuat senatural mungkin. 

Tips memilih sunblock atau sunscreen anak

Saat membeli tabir surya, ada tiga hal penting yang harus diperhatikan, yakni:

  • Memiliki SPF yang tinggi (rata-rata produk tabir surya mengandung SPF 30 ke atas)
  • Memiliki spektrum luas, yang berarti dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.
  • Tahan air, dapat tetap melindungi kulit anak-anak saat berada di dalam air, setidaknya selama 40–80 menit.

Nah setelah memahami kriteria tabir surya yang baik, intip rekomendasi merek sunblock dan sunscreen anak berikut yuk!

1

Babyganics sunscreen SPF 50+

Rekomendasi sunblock dan sunscreen anak: Nivea Sun Kids Lotion SPF 25Babyganics sunscreen SPF 50+ (Sumber: Babygenics.com)

Babygenic Sunscreen adalah sunscreen yang memiliki daya perlindungan UV A dan UV B. Zinc oxide, octisalate, dan titanium dioxide yang terkandung di dalamnya, mampu mencegah kulit terbakar (sunburn) dan mengurangi risiko kerusakan pada kulit akibat sinar matahari.

Tak hanya itu, Babygenic Sunscreen ini juga dilengkapi dengan kombinasi biji jintan hitam, tomat, bunga matahari, cranberry dan red raspberry yang diekstrak secara cold-pressed. Formula alaminya menjadikan sunscreen ini aman digunakan pada wajah maupun tubuh anak. Apalagi produk ini sudah bersifat hypoallergenic dan juga tear free alias tidak akan membuat mata si kecil perih.

Babygenic Sunscreen memiliki SPF 50+ dan juga tahan air. Jadi bisa digunakan sehari-hari ketika anak sedang bermain atau berenang. Namun, jika dipakai di dalam air, jangan lupa untuk mengoleskannya kembali ya, karena ketahanannya terhadap air hanya selama 80 menit.

Produk ini umumnya disukai anak-anak karena wanginya yang tidak menyengat. Teksturnya juga tidak lengket dan mudah diaplikasikan, tapi memang sih agak lama menyerapnya. Anda mungkin harus membuat anak diam terlebih dahulu agar sunscreen tidak terlihat putih belepotan di kulit.

Penggunaan Babygenic Sunscreen disarankan untuk anak di atas 6 bulan, jadi untuk anak yang berusia di bawah itu harap konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Produk ini bisa didapatkan dengan kisaran harga mulai dari Rp175.000

2

Banana Boat Kids Max Protect & Play Continuous Clear Spray Sunscreen SPF 100+

Rekomendasi sunblock dan sunscreen anak: Nivea Sun Kids Lotion SPF 25Banana Boat Kids Max Protect & Play Continuous SPF 100+ (Sumber: bananaboat.com)

Banana Boat merupakan merek tabir surya yang telah terkenal di pasaran. Tersedia dalam banyak jenis, Banana Boat juga tak ketinggalan menyajikan sunscreen khusus anak yang memiliki SPF 100+ dan juga anti air.

Selain SPF-nya yang tinggi, hal yang paling SehatQ suka dari Banana Boat ini adalah botolnya yang berbentuk spray. Jadi sudah tahan lama, produk ini juga sangat praktis pengaplikasiannya. Ketika mengenakannya di muka, jangan khawatir mata anak akan perih hingga mengeluarkan air mata, sebab, produk ini bersifat tear-free.

Teksturnya dibuat mudah menyerap, tidak berminyak dan lembut di kulit anak. Wangi yang tercium juga terasa lebih enak. Berbeda dengan Banana Boat untuk dewasa yang menurut pengalaman pribadi SehatQ sih baunya kurang nyaman jika tercium.

Akan tetapi, beberapa anak mungkin lebih memilih sunscreen yang tidak mengandung pewangi sama sekali. Jika memungkinkan, tanya buah hati Anda untuk memastikan jenis sunscreen mana yang mereka lebih suka.

Banana Boat Kids Max Protect & Play Continuous Clear Spray Sunscreen bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp190.000

3

NIVEA SUN KIDS LOTION SPF 25

Rekomendasi sunblock dan sunscreen anak: Nivea Sun Kids Lotion SPF 25Nivea Sun Kids Lotion SPF 25 (Sumber: Nivea.co.id)

Nivea Sun Kids Lotion adalah sunblock yang cocok digunakan untuk sehari-hari. Teksturnya agak cair khas losion Nivea, cepat meresap, terasa tidak lengket dan juga anti air. Sehingga bisa digunakan untuk segala jenis kulit.

Selain dapat melindungi dari bahaya sinar matahari, sunblock ini juga telah dilengkapi dengan kandungan vitamin E yang dapat menutrisi kulit. Jadi, selain menjaga anak dari kulit belang akibat bermain, kulit juga memang terasa lebih lembab dan terlihat sehat.

Meski begitu, SPF yang terkandung dalam Nivea Sun Kids Lotion ini cukup rendah dengan SPF 25+. Oleh karena itu, jangan lupa untuk dioleskan kembali jika anak masih terpapar cahaya matahari dalam 4 jam setelah pemakaian pertama.

Nivea Sun Kids Lotion termasuk sunblock yang cukup terjangkau untuk dipilih, Anda bisa membelinya mulai dari Rp107.140

4

Neutrogena Wet Skin Kids Sunscreen Stick SPF 70+

Rekomendasi sunblock dan sunscreen anak: Neutrogena Wet Skin Kids Sunscreen Stick SPF 70+Neutrogena Wet Skin Kids Sunscreen Stick SPF 70+ (Sumber: neutrogena.com)

Neutrogena Wet Skin adalah sunscreen anti air berbentuk stick untuk wajah dan tubuh anak. Sesuai namanya, sunscreen ini bisa dioleskan pada kulit basah. Jadi, tak perlu menunggu kulit anak kering untuk dapat dioleskan. Bisa dijadikan Andalan ibu sewaktu anak-anak berenang nih.

Kemasannya yang unik dalam bentuk stick bukan hanya agar terlihat imut saja, namun juga membuat produk ini anti ribet. Stick yang terdapat pada sunscreen ini dapat dengan mudah meluncur dan menjangkau berbagai bagian tubuh. Dengan begitu, lebih mudah bagi ibu untuk mengaplikasikannya kembali meski anak-anak masih asik berenang.

Di samping kadar SPF yang cukup tinggi, yaitu SPF 70+, Neutrogena Sunscreen ini diformulasikan dengan teknik Helioplex. Ini berarti sudah dapat dipastikan, sunscreen tersebut memiliki cakupan perlindungan yang luas dalam menangkis UV A maupun UV B.

Neutrogena Wet Skin Sunscreen juga aman untuk kulit anak yang lebih sensitif karena bebas PABA, zat yang dapat berbahaya jika tertelan dan sering meninggalkan noda kuning pada kain. Sayangnya, produk ini masih sulit ditemukan di Indonesia. Anda mungkin baru bisa memesannya secara online.

Produk ini bisa dibeli dengan kisaran harga sekitar Rp185.000

5

Nature Republic Green Derma Mild Kids Sun Cushion SPF 50+

Rekomendasi sunblock dan sunscreen anak: Nature Republic Green Derma Mild Kids Sun Cushion SPF 50+Nature Republic Green Derma Mild Kids Sun Cushion SPF 50+ (Sumber: Naturerepublic.com)

Cushion biasanya berisikan base make up, baik itu foundation, BB atau CC cream. Akan tetapi, tampil beda dengan yang lain, Nature Republic menghadirkannya sebagai sunblock dengan SPF 50+.

Wah, jika anak Anda perempuan, pasti akan sangat tertarik pada produk ini. Soalnya, sunblock ini diaplikasikan dengan sponge persis seperti bedak orang dewasa, tap, tap! Ceritanya si kecil sedang berdandan.

Produk dari korea ini diformulasikan untuk kulit sensitif tanpa mengandung paraben, sulfat, alkohol dan allergen-free. Akan tetapi, selalu perhatikan jika anak mengalami dermatitis atau eksema, karena produk ini tidak bisa digunakan pada kulit yang sakit.

Meski secara keseluruhan Nature Republic Sun Cushion ini mendapat respon positif dari penggunanya, beberapa orang sempat mengeluhkan adanya whitecast (noda putih yang tertinggal) pada kulit. Jadi pastikan untuk menempelkan isinya secara merata, ya.

Nature Republic Green Derma Mild Kids Sun Cushion dapat dibeli di kisaran harga Rp280.000.

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Ibu Dan AnakKulit Dan KecantikanProduk Kecantikan

Library of Congress. https://www.loc.gov/everyday-mysteries/sunscreen .html
Diakses pada 26 Februari 2021

Kids Health. https://kidshealth.org/en/parents/sunscreen .html
Diakses pada 26 Februari 2021

Babyganics. https://babyganics.com/products/sunscreen -50spf/
Diakses pada 26 Februari 2021

Bananaboat. https://www.bananaboat.com/products/kids-100-spf-sunscreen
Diakses pada 26 Februari 2021

Nivea. https://www.nivea.co.id/produk/nivea-sun-kids-lotion-spf-25-899977785598710048.html
Diakses pada 26 Februari 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter