Mom & Baby

7 Rekomendasi Slow Cooker MPASI yang Mudah Digunakan

04 Jun 2021|Dina Rahmawati
Slow cooker MPASI dapat membantu mempermudah pembuatan MPASISlow cooker MPASI memasak makanan hingga matang sempurna

Slow cooker MPASI sekilas memang tampak mirip dengan rice cooker. Namun, fungsinya jelas berbeda karena alat ini digunakan untuk memasak makanan pendamping ASI. Slow cooker untuk MPASI bisa kamu gunakan ketika usia bayi menginjak 6 bulan, tepatnya saat bayi mulai diperkenalkan dengan makanan padat..

Slow cooker memasak makanan secara perlahan sehingga memungkinkannya matang dengan sempurna dan tetap mempertahankan nutrisinya. Selain itu, proses pembuatan MPASI menjadi lebih mudah karena kamu tidak perlu membuatnya secara manual.

Cara menggunakan slow cooker MPASI

Jika kamu baru pertama kali menggunakannya, berikut adalah cara menggunakan slow cooker MPASI yang harus diperhatikan.

  • Siapkan bahan makanan dari sebelumnya agar lebih menghemat waktu, misalnya yang sudah dipotong-potong.
  • Gunakan bahan makanan yang sehat dan segar untuk si kecil.
  • Baca terlebih dahulu petunjuk cara menggunakan slow cooker yang terdapat pada buku panduan.
  • Pastikan mengisi slow cooker dengan takaran yang pas. Jangan sampai bahan makanan dan air yang digunakan terlalu penuh atau terlalu sedikit.
  • Letakkan sayuran keras di bagian bawah, daging di bagian tengah, dan sayuran ringan di bagian atas.
  • Tutupan slow cooker jangan dibuka tutup, kecuali instruksi dari resep.
  • Atur berapa lama bahan makanan dimasak hingga matang.

Cara menggunakan slow cooker tidak sulit, bukan? Di samping cara menggunakannya, kamu juga harus memerhatikan beberapa hal liannya, seperti fitur yang ditawarkan, kemudahan dalam menggunakan dan membersihkannya, hingga keamanan slow cooker MPASI tersebut.

Rekomendasi slow cooker MPASI

Untuk membantumu menemukan slow cooker MPASI yang tepat, berikut adalah rekomendasi dari SehatQ yang bisa kamu pertimbangkan.

1

Baby Safe Digital Slow Cooker

Rekomendasi slow cooker MPASI: Baby Safe Digital Slow CookerBaby Safe Digital Slow Cooker memiliki tombol digital untuk mengatur waktu memasak (sumber foto: babysafe.co.id)

Baby Safe Digital Slow Cooker memiliki kapasitas 1,2 liter untuk memasak makanan bayi, seperti sup, bubur, nasi tim, atau kaldu. Wadahnya menggunakan bahan keramik berkualitas yang menghasilkan cita rasa lezat.

Slow cooker ini dilengkapi dengan tombol digital untuk mengatur waktu memasak MPASI sesuai kebutuhanmu. Setelah proses memasak selesai, mesin pun secara otomatis akan beralih menghangatkan makanan.

Mengenai keamanan Baby Safe Digital Slow Cooker, kamu tak perlu khawatir karena slow cooker MPASI ini memiliki kemasan food grade, bebas BPA, dan telah bersertifikasi oleh Standar Keamanan Eropa. 

Slow cooker Baby Safe ini dibanderol dengan harga Rp304.500.

2

IQ Baby Slow Cooker M-0002

Rekomendasi slow cooker MPASI: IQ Baby Slow Cooker M-0002IQ Baby Slow Cooker M-0002 dilengkapi dengan tutup kaca (sumber foto: iqbaby.co.id)

IQ Baby Slow Cooker juga termasuk slow cooker MPASI yang patut kamu pertimbangkan. 

Alat berkapasitas 0,7 liter ini memiliki wadah keramik berkualitas dengan tutup kaca yang memudahkan kamu memantau makanan selama diproses.

Cara menggunakan slow cooker ini juga cukup mudah dan bisa membuat makanan matang dengan sempurna. 

Kamu harus menyiapkan dana sebesar Rp443.000 untuk mendapatkan IQ Baby Slow Cooker.

3

Takahi Slow Cooker Heat Resistant

Rekomendasi slow cooker MPASI: Takahi Slow Cooker Heat ResistantTakahi Slow Cooker Heat Resistant dilengkapi dengan pot dari tanah liat

Takahi Slow Cooker Heat Resistant dilengkapi dengan pot yang terbuat dari tanah liat dan memiliki kapasitas sebesar 3,5 liter. Slow cooker MPASI ini memiliki empat pengaturan, yaitu off, low, high, dan auto yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Waktu memasak 4 jam pada posisi auto dapat menghasilkan masakan yang lezat sekaligus menjaga nutrisnya. Di samping itu, kamu juga bisa mengatur kecepatan masak lewat mode lainnya. 

Untuk mendapatkan slow cooker Takahi ini, kamu harus merogoh kocek sekitar Rp1.450.000.

4

Slow Cooker Miyako SC-510

Rekomendasi slow cooker MPASI: Slow Cooker Miyako SC-510Slow Cooker Miyako SC-510 terbuat dari bahan keramik (sumber foto: miyako.co.id)

Slow Cooker Miyako SC-510 terbuat dari bahan keramik antilengket sehingga mudah dibersihkan. Alat ini cocok untuk membuat bubur, mengukus sayuran, atau membuat makanan pendamping ASI (MPASI).

Memiliki kapasitias 4 liter, slow cooker MPASI dari Miyako ini juga memiliki sistem pemanas yang bergerak ke segala arah sehingga membuat masakan cepat matang secara merata.

Slow Cooker Miyako SC-510 dilengkapi dengan penutup kaca bening yang memudahkanmu mengontrol masakan sehingga tidak perlu repot membuka tutupnya. 

Harga slow cooker untuk MPASI yang food grade dan bersertifikasi SNI ini adalah sekitar Rp321.000.

5

Akebonno Electric Slow Cooker

Rekomendasi slow cooker MPASI: Akebonno Electric Slow CookerAkebonno Electric Slow Cooker bisa digunakan untuk memasak bubur atau sup (sumber foto: akebonno-online.com)

Akebonno Electric Slow Cooker bisa dipakai untuk memasak bubur atau sup MPASI. Alat ini memiliki kapasitas 1,5 liter dengan panci yang terbuat dari keramik tahan panas dan tutupnya terbuat dari kaca.

Slow cooker MPASI Akebonno dapat membuat makanan matang dengan sempurna sehingga kandungan vitamin dan mineralnya tidak hilang. Selain untuk memasak, kamu juga bisa menggunakannya untuk menghangatkan makanan. 

Jika kamu tertarik mencobanya Akebonno Electric Slow Cooker, siapkan dana sekitar Rp462.000.

6

Little Giant Electrical Ceramic Crockery Pot

Rekomendasi slow cooker MPASI: Little Giant Electrical Ceramic Crockery PotLittle Giant Electrical Ceramic Crockery Pot memiliki pegangan tutup dan samping (sumber foto: littlegiant.co.id)

Little Giant Electrical Ceramic Crockery Pot terbuat dari stainless steel dan pot keramik yang dapat dengan praktis memasak bubur bayi. Saat proses memasak, kamu tidak perlu menunggunya sehingga bisa menghemat waktu dan tenaga.

Little Giant Electrical Ceramic Crockery Pot dilengkapi dengan empat pengaturan, yaitu off, warm, low, dan high. Ada pula pegangan tutup dan pegangan samping yang tidak panas saat dipegang. 

Ingin membawa pulang Little Giant Electrical Ceramic Crockery Pot? Pastikan kamu memiliki budget sekitar Rp250.000.

7

Mito Slow Cooker Crock Pot R929

Rekomendasi salow cooker MPASI: Mito Slow Cooker Crock Pot R929Mito Slow Cooker Crock Pot R929 mudah digunakan (sumber foto: Mito Official Store)

Mito Slow Cooker Crock Pot memiliki wadah yang terbuat dari bahan keramik premium berkualitas tinggi dan berkapasitas 3,3 liter. Cara menggunakan slow cooker ini juga mudah dan aman untuk memasak MPASI.

Kamu tak perlu khawatir karena Mito Slow Cooker Crock Pot bebas BPA. Slow cooker untuk MPASI ini dilengkapi dengan tiga pengaturan, yaitu low, high, dan auto. Tutupnya tembus pandang sehingga kamu bisa mengetahui kondisi makanan saat dimasak. 

Slow cooker MPASI ini dibanderol dengan harga Rp349.000.

Bayi & MenyusuiMpasiMakanan Bayi

CDC. https://www.cdc.gov/nutrition/infantandtoddlernutrition/foods-and-drinks/when-to-introduce-solid-foods.html
Diakses pada 04 Juni 2021

A Sweet Pea Chef. https://www.asweetpeachef.com/how-to-use-a-slow-cooker/
Diakses pada 04 Juni 2021

Baby Safe. https://babysafe.co.id/id/appliances/slow_cooker/digital_slow_cooker_12_l.html?file=id/appliances/slow_cooker/digital_slow_cooker_12_l
Diakses pada 04 Juni 2021

Takahi. http://takahi.co.id/product_detail.php?id=3870
Diakses pada 04 Juni 2021

Miyako. https://www.miyako.co.id/slow-cooker-miyako-sc-510/
Diakses pada 04 Juni 2021

Akebonno. http://akebonno-online.com/index.php/component/virtuemart/peralatan-dapur/akebonno-electric-slow-cooker-1-5-liter-detail?Itemid=0
Diakses pada 04 Juni 2021

IQ Baby. https://iqbaby.co.id/product/m-002/
Diakses pada 04 Juni 2021

Little Giant. https://littlegiant.co.id/products-detail/31/electrical-ceramic-crockery-pot-1,5-l
Diakses pada 04 Juni 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter