Mom & Baby

10 Rekomendasi Sikat Gigi Bayi untuk Jaga Kesehatan Gigi Si Kecil

01 Mar 2021|Fadli Adzani
Ayah dan Ibu tidak perlu khawatir, karena rekomendasi sikat gigi bayi didesain khusus untuk Si Kecil.Berbagai rekomendasi sikat gigi bayi ini didesain khusus agar tidak melukai bagian dalam mulut Si Kecil.

Setiap orangtua mungkin akan bertanya-tanya, kapan bayi tumbuh gigi? Perlu diketahui, bayi akan mengalami pertumbuhan gigi yang berbeda-beda. Namun, biasanya bayi tumbuh gigi saat usianya mencapai 6-12 bulan. Pada fase ini, orangtua bisa memperkenalkan berbagai merek sikat gigi bayi yang bagus untuk Si Kecil.

Terdapat berbagai ciri bayi tumbuh gigi yang harus diperhatikan orangtua, seperti:

  • Gusi yang membengkak
  • Sering menangis
  • Suhu tubuhnya meningkat (tapi masih di bawah 38 derajat Celcius)
  • Ingin menggigit benda keras
  • Produksi air liur meningkat
  • Batuk
  • Menggosok pipi dan menarik telinganya sendiri
  • Memasukkan tangan ke mulut
  • Perubahan pada pola makan dan tidur.

Saat bayi tumbuh gigi, kini saatnya kamu membeli sikat gigi bayi. Sebelum membelinya, berikut adalah sejumlah kriteria sikat gigi bayi yang perlu kamu perhatikan:

  • Memiliki sikat yang lembut
  • Memiliki kepala yang kecil (agar muat di dalam mulut bayi)
  • Memiliki pegangan yang besar
  • Tidak mengandung BPA (Bisphenol-A) dan

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan pasta gigi, pilihlah pasta gigi yang tidak memiliki rasa dan warna. Gunakan pasta gigi sedikit saja (seukuran butir beras).

Gosoklah gigi bayi secara hati-hati dan lembut sebanyak dua kali dalam sehari. Jangan lupa untuk mengganti sikat gigi bayi setidaknya sekali setiap tiga bulan.

Rekomendasi sikat gigi bayi yang bagus untuk jaga kebersihan gigi anak

1

Original Baby Banana Infant Toothbrush

sikat gigi bayiOriginal Baby Banana Infant Toothbrush (Sumber: Baby Banana)

Original Baby Banana Infant Toothbrush merupakan salah satu produk dari Baby Banana yang namanya sudah dikenal di kalangan orangtua. Selain bentuknya lucu dan menyerupai buah pisang, sikat gigi bayi ini memiliki tekstur yang fleksibel sehingga tak akan melukai mulut Si Kecil.

Sikat gigi bayi dari Baby Banana ini terbuat dari 100 persen silikon food-grade. Bahannya yang empuk juga memudahkan bayi menggenggamnya saat fase teething.

Original Baby Banana Infant Toothbrush tersedia dalam warna biru dan merah muda. Sikat gigi bayi yang direkomendasikan untuk anak berusia 3-12 bulan ini bisa kamu beli dengan harga mulai dari Rp127.000 saja.

2

Tommee Tippee The Trainer Toothbrush

sikat gigi bayiTommee Tippee The Trainer Toothbrush (Sumber: Tommee Tippee)

Tommee Tippee menawarkan produk sikat gigi bayi yang lengkap untuk tiga fase, yakni Stage 1 Gum Massager yang didesain untuk merangsang gusi dan juga memperkenalkan bayi terhadap kebiasaan sikat gigi.

Selanjutnya, ada Stage 2 Massaging Brush yang memiliki sikat lembut untuk memijat bagian gusi dan gigi pertama bayi.

Terakhir, ada Stage 3 First Toothbrush yang dilengkapi dengan sikat lembut dan kepala sikat kecil agar bisa pas di mulut bayi. Paket komplet ini dibanderol dengan harga mulai dari 37.000.

3

Pigeon Training Toothbrush Set

sikat gigi bayiPigeon Training Toothbrush Set (Sumber: Pigeon)

Sama seperti produk sebelumnya, Pigeon juga memiliki paket lengkap untuk merawat kesehatan gigi dan gusi bayi. Pigeon Training Toothbrush Set menghadirkan tiga jenis sikat yang dapat digunakan sesuai usia bayi.

Terdapat sikat gigi tahap 1 dapat digunakan untuk bayi berusia 7 bulan yang sudah memiliki tiga gigi susu. Kamu jangan khawatir karena gagang sikatnya tebal dan berkontur sehingga mudah digenggam. Kepala karetnya juga lembut sehingga tidak melukai gusi bayi. Namun, pastikan pelindungnya sudah terpasang agar bayi tidak tersedak.

Sikat gigi tahap 2 dapat digunakan bayi berusia 11 bulan yang memiliki 8-10 gigi susu. Sikatnya lembut dan halus sehingga aman digunakan oleh bayi.

Sikat gigi tahap 3 direkomendasikan jika semua gigi susu bayi sudah tumbuh. Ujung sikatnya yang bulat, halus, dan lembut akan menjaga kesehatan gusi anak. Pigeon Training Toothbrush Set dapat dibawa pulang dengan harga mulai dari Rp96.788.

4

Oral B Baby Toothbrush

SIKAT GIGI BAYIOral B Baby Toothbrush (Sumber: Oral B)

Anak bayi senang dengan benda yang berwarna-warni, tidak terkecuali sikat gigi. Maka dari itu, kamu boleh membelikannya Oral B Baby Toothbrush featuring Disney’s Pooh, Baby Soft Bristles.

Didesain untuk anak berusia 0-3 tahun, sikat gigi bayi ini menghadirkan gambar karakter Winnie the Pooh yang sangat menggemaskan. Tidak hanya itu, kelebihan lainnya adalah sikatnya yang halus dan gagangnya yang mudah dipegang sehingga tidak mudah jatuh saat digenggam.

Untuk mendapatkan sikat gigi bayi yang lucu ini, kamu hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp20.500.

5

Jack N' Jill Bio Toothbrush

sikat gigi bayiJack N' Jill Bio Toothbrush (Sumber: Jack N' Jill)

Jack N' Jill Bio Toothbrush adalah sikat gigi bayi yang terbuat dari bahan-bahan aman untuk digunakan oleh Si Kecil. Selain bebas BPA dan polivinil klorida (PVC), sikat gigi ini terbuat dari nilon dan cornstarch.

Gagangnya memiliki bentuk yang ergonomis sehingga mudah digenggam. Sayangnya, Jack N' Jill Bio Toothbrush disarankan untuk diganti setiap 8 minggu sekali. Sikat gigi bayi ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp71.000 saja.

6

NUK Training Toothbrush Set

SIKAT GIGI BAYINUK Training Toothbrush Set (Sumber: NUK)

NUK Training Toothbrush Set merupakan sikat gigi anak yang menawarkan dua buah sikat untuk membersihkan gigi sekaligus gusi bayi. Gagangnya juga mudah digenggam sehingga tidak mudah lepas dari tangan.

Kemudian, sikat gigi anak ini dilengkapi dengan pelindung yang bisa dipasang ke badan gagangnya agar tidak membuat bayi tersedak. Kamu bisa membeli sikat gigi anak ini dengan harga mulai dari Rp104.000.

7

 

Jordan Toothbrush Step 1

 

sikat gigi bayiJordan Toothbrush Step 1 (Sumber: Jordan Toothbrush)

Dengan sikat yang halus dan gagang yang bisa dijadikan sebagai teether, Jordan Toothbrush Step 1 menjadi salah satu produk sikat gigi bayi yang harus dicoba.

Gagangnya yang unik dapat digenggam oleh tangan mungil Si Kecil dan orangtuanya. Selain itu, leher dari sikat gigi ini tidak panjang sehingga bisa mencegah bayi tersedak.

Meski demikian, orangtua harus selalu mengawasi anaknya saat sedang bermain dengan teether dan sikat gigi seperti Jordan Toothbrush Step 1. Sikat gigi anak ini juga tidak mahal, harganya mulai dari Rp26.900 saja.

8

Dr Brown's Finger Toothbrush

sikat gigi bayiDr Brown's Finger Toothbrush (Sumber: Dr Brown)

Jika kamu belum ingin menggunakan sikat gigi yang bisa dipegang Si Kecil, kamu boleh membeli Dr Brown's Finger Toothbrush. Sikat gigi yang terbuat dari 100 persen silikon ini dapat dipasang langsung ke jari kamu, kemudian bisa dimasukkan ke dalam mulut bayi untuk membersihkan giginya.

Lebih dari itu, Dr Brown's Finger Toothbrush juga membersihkan gusi Si Kecil. Sikat gigi ini juga menyediakan kotak penyimpanan agar kebersihannya tetap terjaga. Dr Brown's Finger Toothbrush bisa kamu bawa pulang dengan mengeluarkan uang sekitar Rp58.000.

9

Combi Baby Toothbrush for Parents

sikat gigi bayiCombi Baby Toothbrush for Parents (Sumber: Combi)

Combi Baby Toothbrush for Parents merupakan sikat gigi bayi yang dapat digunakan saat usianya mencapai 4 bulan ke atas. Keunggulan dari sikat gigi anak ini terletak pada ujung sikatnya yang bisa dilekukkan 15 derajat supaya mempermudah orangtua saat membersihkan bagian dalam mulut bayi.

Di dalam paketnya, kamu bisa mendapatkan dua buah sikat gigi. Harganya juga relatif murah, yakni mulai dari Rp69.000.

10

Colgate Smiles Minion

sikat gigi bayiColgate Smiles Minion (Sumber: Colgate)

Jika Si Kecil suka dengan karakter kartun Minion, kamu bisa membelikannya sikat gigi bayi dari Colgate yang satu ini. Didesain khusus untuk anak tahun ke atas, Colgate Smiles Minion dilengkapi dengan bagian kepala yang kecil agar mudah masuk ke dalam mulut anak.

Di balik sikat halusnya, terdapat pembersih lidah yang bisa kamu gunakan. Selain itu, gagangnya juga dapat digenggam dengan kuat. Kamu dapat menghadiahi anak dengan Colgate Smiles Minion yang harganya relatif murah ini, yakni mulai dari Rp10.500 saja.

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Bayi & Menyusui

Healthy Children. https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/teething-tooth-care/Pages/Babys-First-Tooth-Facts-Parents-Should-Know.aspx#:~:text=Most%20babies%20will%20develop%20teeth%20between%206%20and%2012%20months.&text=Typically%2C%20the%20first%20teeth%20to,baby%20teeth%20by%20age%203.
Diakses pada 1 Maret 2021

Web MD. https://www.webmd.com/parenting/baby/teething-symptoms-remedies#1
Diakses pada 1 Maret 2021

Web MD. https://www.webmd.com/parenting/baby/caring-babies-teeth#1
Diakses pada 1 Maret 2021

What to Expect. https://www.whattoexpect.com/baby-products/baby-care/best-baby-toothbrushes
Diakses pada 1 Maret 2021

Baby Banana. https://www.baby-banana.com/product/infant-toothbrush-yellow/
Diakses pada 1 Maret 2021

Tommee Tippee. https://en.tommeetippee.com.hk/product/trainer-toothbrush-set
Diakses pada 1 Maret 2021

Pigeon. http://www.pigeon.co.id/products/product/based-on-categories/health-care-and-hygiene-care/toothbrushes/training-toothbrush-set
Diakses pada 1 Maret 2021

Oral B. https://oralb.com/en-us/products/kids-products/baby-toothbrush-featuring-disneys-pooh-baby-soft-bristles-0-3-years/
Diakses pada 1 Maret 2021

The Natural Baby. https://www.thenaturalbabyco.com/products/jacknjill-toothbrush
Diakses pada 1 Maret 2021

NUK. https://www.nuk.co.uk/nuk-training-toothbrush-set.html
Diakses pada 1 Maret 2021

Jordan Oral Care. https://www.jordanoralcare.com/products/step-0-2-years/
Diakses pada 1 Maret 2021

Dr Brown. http://drbrowns.id/dental/finger-toothbrush/
Diakses pada 1 Maret 2021

Combi. http://www.combi.com.sg/productionContent.php?cate=7&pid=105
Diakses pada 1 Maret 2021

Colgate. https://www.colgate.com/en-sg/products/toothbrush/colgate-smiles-minion
Diakses pada 1 Maret 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter