Beauty & Skincare

5 Rekomendasi Shampo Ketoconazole Terbaik yang Bisa Dicoba

20 Oct 2021|Fadli Adzani
Shampo ketoconazoleShampo ketoconazole dipercaya bisa mengatasi kerontokan dan meredakan infeksi jamur.

Keberadaan ketombe dan jamur di kulit kepala memang menyebalkan. Selain dapat menurunkan kepercayaan diri, rasa tak nyaman pun bisa datang. Salah satu cara mengatasi masalah ini adalah menggunakan shampo ketoconazole.

Shampo ketoconazole adalah shampo medis yang dirancang untuk mengobati ketombe, masalah kulit seperti psoriasis, hingga kerontokan rambut.

Menurut sebuah studi kecil yang dimuat dalam jurnal ISRN Dermatology, shampo yang mengandung ketoconazole mampu merangsang pertumbuhan rambut pada pasien alopecia (kerontokan akibat penyakit autoimun).

Walaupun demikian, kamu disarankan untuk berkonsultasi dulu pada dokter sebelum mencobanya. Hal ini dilakukan agar dokter dapat memberi tahu cara penggunaan yang tepat sehingga terhindar dari efek samping.

Jika kamu tertarik menggunakannya, simak rekomendasi shampo ketoconazole dari berbagai merek berikut ini.

5 pilihan shampo ketoconazole terbaik

1

Erhair Erazol

shampo ketoconazoleErhair Erazol (Sumber: Erha)

Erhair Erazol merupakan sampo ketoconazole dan antijamur dari Erha. Produk ini dikemas dalam botol berukuran 100 mililiter (ml) yang mudah digunakan.

Erhair Erazol diklaim mampu mengobati infeksi jamur di kulit kepala, seperti dermatitis seboroik, pityrasis versicolor, hingga ketombe.

Cara menggunakannya juga mudah, kamu hanya perlu mencuci rambut dengan air, lalu oleskan sedikit Erhair Erazol. Tunggu sekitar 3-5 menit, kemudian basuh dengan air bersih.

Harga shampo yang mengandung ketoconazole 2 persen ini dibanderol mulai dari Rp160.000-an.

2

Nizoral A-D

shampo ketoconazoleNizoral A-D (Sumber: Nizoral)

Kalau kamu menginginkan shampo yang mengandung ketoconazole 1 persen, cobalah Nizoral A-D. Produk ini dianggap ampuh mengatasi ketombe dan infeksi jamur pada kulit.

Dikemas dalam botol 125 ml, shampo Nizoral A-D cukup mudah untuk digunakan. Pertama-tama, cucilah rambut seperti biasa dengan produk tersebut, lalu tunggu beberapa menit. Kemudian, bilas dengan air bersih.

Jika kamu ingin menggunakan Nizoral A-D untuk jerawat yang disebabkan oleh jamur, kamu bisa mengoleskan sedikit ke bagian kulit yang terdampak dan diamkan selama 5-10 menit. Jika sudah sembuh, segera hentikan penggunaannya.

Kamu perlu merogoh kocek mulai dari Rp153.000-an untuk menebus Nizoral A-D.

3

Ketomed

shampo ketoconazoleKetomed (Sumber: Ketomed)

Ketomed adalah produk yang mengandung 2 persen ketoconazole. Shampo ini bisa digunakan untuk mengontrol ketombe, mengurangi pengelupasan dan gatal di kulit kepala.

Cara menggunakan produk ini juga tidak sulit. Jika ingin digunakan untuk mengatasi infeksi jamur pada kulit, oleskan langsung ke bagian kulit tersebut. Sedangkan untuk ketombe, kamu bisa menggunakannya untuk keramas.

Namun ingat, jika muncul efek samping berupa iritasi, gatal, dan sensasi terbakar, segera hentikan penggunaannya dan konsultasikan masalah tersebut dokter.

Untuk memiliki Ketomed dalam kemasan botol 60 ml, siapkan uang sekitar Rp48.000-an.

4

Fungasol-SS

shampo ketoconazoleFungasol-SS (Sumber: Fungasol)

Fungasol-SS adalah produk yang bisa digunakan untuk menangani infeksi jamur serta mengurangi keberadaan ketombe sekaligus.

Mengandung 2 persen ketoconazole, Fungasol-SS dapat kamu gunakan sebanyak 2 kali seminggu selama 2-4 minggu pada fase pengobatan.

Jika sudah sembuh, kamu boleh menggunakan produk ini sekali saja setiap 1-2 minggu pada fase perawatan.

Cara penggunaannya pun tidak rumit, kamu hanya perlu mengusapkan kurang lebih 5 ml Fungasol-SS dan diamkan 3-5 menit sebelum dibilas.

Meski begitu, jika kamu sedang hamil, menderita penyakit hati akut. atau meningitis kriptokokus, jangan gunakan produk ini. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mencobanya.

Harga shampo ketoconazole ini dipatok mulai dari Rp64.000-an.

5

Zoloral SS

shampo ketoconazoleZoloral SS (Sumber: Zoloral SS)

Sedang mencari shampo ketoconazole yang menawarkan banyak keunggulan? Zoloral SS dapat kamu pertimbangkan.

Produk yang mengandung 2 persen ketoconazole ini diklaim bisa digunakan untuk menyehatkan kulit kepala, membuat rambut lebih indah, mengatasi jamur di kulit kepala, hingga mengatasi ketombe.

Sebelum menggunakan Zoloral SS, kamu perlu membasahi rambut dengan air terlebih dahulu. Oleskan shampo sekitar 5 ml, lalu pijat rambut dan kulit kepala hingga merata. Diamkan selama 5 menit hingga menyerap, lalu bilas dengan air bersih.

Harga produk ini juga tidak terlalu mahal, yakni mulai dari Rp50.000-an saja.

Kulit Dan KecantikanKesehatan Rambut

Healthline. https://www.healthline.com/health/ketoconazole-shampoos#uses
Diakses pada 4 Oktober 2021

Erha Store. https://www.erhastore.co.id/erhair-erazol-shampoo-100-ml
Diakses pada 4 Oktober 2021

Tokopedia Anggun Tansyah. https://www.tokopedia.com/angguntansyah/shampoo-ketoconazole-fungal-nizoral-dandruff-bottle-anti-in-acne-share?whid=0
Diakses pada 4 Oktober 2021

Tokopedia Century. https://www.tokopedia.com/century-online/ketomed-2-solution-60-ml-ketoconazole-anti-ketombe-anti-jamur?whid=0
Diakses pada 4 Oktober 2021

Tokopedia Biboy Beauty. https://www.tokopedia.com/biboybeauty/original-shampoo-zoloral-ss-ketoconazole-80-ml-shampo-anti-ketombe?whid=0
Diakses pada 4 Oktober 2021

Tokopedia Diafora Store. https://www.tokopedia.com/diaforastore/fungasol-ss-fungasol-ss-2-ketoconazole-shampoo-80-ml-anti-ketombe?whid=0
Diakses pada 4 Oktober 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email