Beauty & Skincare

Rekomendasi Serum untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat dan Tips Memilihnya

Serum untuk kulit berminyak merupakan salah satu rangkaian produk perawatan kulitSerum kulit berminyak berfungsi mengendalikan produksi minyak berlebih sekaligus mengatasi masalah jerawat

Serum untuk kulit berminyak merupakan salah satu rangkaian produk perawatan kulit atau skincare yang sebaiknya tidak kamu lewatkan begitu saja.

Penggunaan serum dapat membantu mengendalikan produksi minyak berlebih sekaligus mengatasi masalah jerawat yang rentan dialami oleh pemilik kulit berminyak.

Kulit berminyak sendiri ditandai dengan kondisi wajah yang mengilap dan memiliki pori-pori besar. Tidak jarang, muncul juga jerawat, komedo, atau noda lain di wajah.

Maka dari itu, pastikan kamu mengetahui cara memilih serum untuk kulit berminyak dengan tepat.

Tips memilih serum untuk kulit berminyak dan berjerawat

Mengetahui tips memilih serum untuk kulit berminyak dan berjerawat sangat penting bagi Anda.

Tak hanya karena kulit berminyak rentan berjerawat, tetapi di sisi lain, harga serum wajah yang kerap merogoh kocek  cukup dalam.

Nah, agar tidak salah dalam menggunakan serum untuk kulit berminyak, alangkah baiknya Anda mengetahui cara memilih toner yang bagus untuk kulit berminyak dengan tepat berikut ini.

  • Cari serum untuk kulit berminyak dan berjerawat yang berlabel noncomedogenic, atau tidak rentan menyumbat pori-pori.
  • Bila memungkinkan, pilih serum yang khusus ditujukan untuk kulit berminyak dan berjerawat.
  • Pilih serum kulit berminyak yang mengandung bahan-bahan aktif, seperti benzoil peroksida, asam salisilat, asam glikolat, niacinamide, vitamin C, atau alpha hydroxy acid/AHA.
  • Anda juga bisa memilih serum yang mengandung retinol untuk mengurangi peradangan akibat jerawat sekaligus mencegah pori-pori agar tidak tersumbat.
  • Hindari memilih serum kulit berminyak yang mengandung pewangi dan pengawet

Tak ada salahnya mempertimbangkan membeli serum kulit berminyak dalam jumlah kecil terlebih dahulu untuk melihat reaksi kulitmu.

Rekomendasi serum untuk kulit berminyak dan berjerawat

Bagi kamu yang bingung mencari serum untuk kulit berminyak dan berjerawat yang tepat, jangan khawatir.

SehatQ telah menghimpun berbagai rekomendasi serum untuk kulit berminyak yang bisa kamu pertimbangkan, seperti:

1

Avoskin Miraculous Refining Serum

Salah satu rekomendasi serum untuk kulit berminyak adalah Avoskin Miraculous Refining SerumAvoskin Miraculous Refining Serum mengandung bahan aktif AHA, BHA, niacinamide, dan ceramideCek Sekarang

Salah satu rekomendasi serum untuk kulit berminyak adalah Avoskin Miraculous Refining Serum.

Avoskin Miraculous Refining Serum mengandung 10% AHA dan 3% BHA sehingga mampu mengangkat sel-sel kulit mati penyebab jerawat.

Kandungan 2% niacinamide, ceramide, polyglutamic acid ditambah ekstrak alami raspberry, aloe vera, seaweed, dan chamomile berfungsi melembapkan proses pengelupasan kulit.

Niacinamide yang terkandung di dalamnya juga berfungsi untuk mengendalikan produksi minyak di wajah.

Mengingat ada kandungan AHA dan BHA yang terdapat dalam produk ini, kamu mungkin akan merasakan efek samping kulit wajah kering setelah penggunaannya.

Namun, tak perlu khawatir efek samping ini hanya terjadi sementara waktu dan akan berangsur menghilang.

Kamu bisa memperoleh Avoskin Miraculous Refining Serum di sejumlah toko online terpercaya dengan harga Rp234.220 (ukuran 30 ml)

2

Humphrey Intensive Oily-Brightening Serum

Humphrey Intensive Oily-Brightening Serum adalah serum untuk wajah berminyakGunakan serum untuk kulit berminyak dan berjerawat ini pada pagi dan malam hariCek Sekarang

Humphrey Intensive Oily-Brightening Serum adalah serum wajah yang dirancang khusus untuk perawatan kulit wajah berminyak.

Kamu tak perlu khawatir akan kandungannya karena serum untuk kulit berminyak ini menggunakan bahan-bahan berkualitas yang dipercaya baik untuk membantu mengurangi produksi minyak berlebih di wajah.

Misalnya saja, etil asam askorbat, ectoin, ekstrak lidah buaya, hingga kolagen. Perpaduan kandungan tersebut dapat menekan kelebihan sebum pada kulit rentan berjerawat, menyerap minyak di wajah, serta berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Kamu bisa menggunakan serum untuk kulit berminyak dan berjerawat ini pada pagi dan malam hari untuk memperoleh kulit lembap dan bebas minyak.

Humphrey Intensive Oily-Brightening Serum dibanderol dengan harga mulai dari Rp150.000,00 (ukuran 18 ml).

3

Bhumi Acid Complex Clearing Serum

Bhumi Acid Complex Clearing Serum merupakan rekomendasi serum untuk kulit berminyakBhumi Acid Complex Clearing Serum mampu mengurangi produksi minyak di wajah dan mencerahkannyaCek Sekarang

Bhumi Acid Complex Clearing Serum merupakan rekomendasi serum untuk kulit berminyak dan berjerawat yang mengandung kombinasi komponen berbagai asam dan bahan alami.

Sebut saja, asam salisilat, borage oil, acnatu extracts, Sprout GF extracts yang mampu mengurangi produksi minyak berlebih di wajah, mengurangi jerawat dan menghilangkan bakteri penyebab jerawat, serta membantu proses penyembuhan kulit.

Menariknya lagi, Bhumi Acid Complex Clearing Serum juga berfungsi untuk mencerahkan wajah dari bekas jerawat dan hiperpigmentasi pada kulit.

Penting diketahui, bahwa produk Bhumi Acid Complex Clearing Serum ini tidak boleh digunakan oleh ibu hamil dan menyusui.

Tertarik menggunakan serum untuk kulit berminyak dan berjerawat serta kulit kombinasi ini? Dapatkan dengan harga mulai dari Rp267.000,00 (ukuran 30 ml).

4

True to Skin Niacinamide - Brightening Serum

Serum untuk kulit berminyak dari True to SkinSerum untuk kulit berminyak mengandung niacinamide yang baik untuk mengurangi minyak berlebih di wajahCek Sekarang

Rekomendasi serum kulit berminyak berikutnya jatuh pada merek True to Skin, True to Skin Niacinamide - Brightening Serum.

Serum wajah ini mengandung niacinamide yang baik untuk mengurangi minyak berlebih di wajah, memperkuat lapisan kulit, mencerahkan kulit, memudarkan bintik hitam, serta memperbaiki warna dan tekstur kulit.

Tak hanya itu, keunggulan lainnya, produk ini juga diperkaya dengan zinc dan allantoin.

Kandungan zinc sebanyak 1% di dalamnya bekerja sebagai antioksidan yang membantu mengatasi jerawat dengan antimikroba.

Selain itu, ada pula kandungan allantoin yang mampu menenangkan kulit dan mengurangi peradangan sekaligus menjaga kulit tetap terhidrasi.

Hadir dalam ukuran 20 ml, True to Skin Niacinamide - Brightening Serum bisa jadi produk perawatan kulit bagi kamu yang baru tertarik mencoba serum kulit berminyak, karena tidak mengandung zat aktif lainnya.

Harga True to Skin Niacinamide - Brightening Serum, yakni sekitar Rp109.000,00.

5

Innisfree Green Tea Seed Serum

Serum untuk kulit berminyak dari InnisfreeInnisfree Green Tea Seed Serum bisa melembapkan kulit wajah berminyak (Sumber gambar: Innisfree)

Para penggemar merek skincare Korea tentu sudah pernah mendengar Innisfree. Innisfree memiliki produk andalan berupa Innisfree Green Tea Seed Serum.

Produk skincare berwarna hijau ini bisa membuat wajah lebih lembap dan tampak lebih bercahaya berkat kandungan daun dan biji teh hijau dari Jeju.

Beberapa penggunanya mengulas bila Innisfree Green Tea Seed Serum dapat mengurangi produksi minyak berlebih di wajah.

Teksturnya berwarna putih keruh kental yang membuatnya lebih cepat menyerap. Sedangkan, aroma wangi teh hijau membuat kulitmu terasa lebih segar.

Kamu bisa menggunakannya sesaat setelah menggunakan essence. Cukup tuang beberapa tetes serum, lalu usapkan ke wajah dan leher seraya memijatnya perlahan.

Untuk memperoleh produk ini, kamu bisa membelinya di beberapa toko online dan gerai toko offline Innisfree dengan harga mulai dari Rp370.000 (ukuran 100 ml).

6

Votre Peau Vitamin C Serum

Votre Peau Vitamin C Serum merupakan serum untuk kulit berminyakVotre Peau Vitamin C Serum cocok digunakan oleh kulit berminyak, berjerawat, dan kulit kombinasi

Votre Peau Vitamin C Serum merupakan serum untuk kulit berminyak dan berjerawat yang patut dicoba.

Sesuai namanya, serum ini mengandung vitamin C jenis ethyl ascorbic acid dan salicylic acid.

Teksturnya berupa gel yang cukup tebal, tetapi mudah dioleskan dan diratakan ke permukaan kulit.

Selain memberi efek yang membuat minyak alami atau sebum di wajah lebih terkendali, Votre Peau Vitamin C Serum mampu melembapkan dan mencerahkan kulit, sekaligus merangsang produksi kolagen.

Kulit juga terlindungi dari paparan radikal bebas dan menghambat sintesis abnormal dari melanin.

Hasilnya, warna kulit kamu bisa lebih merata, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, dengan penggunaan yang rutin.

Votre Peau Vitamin C Serum hadir dalam kemasan pump sehingga tidak mudah teroksidasi. Kamu cukup mengeluarkan 2-3 pump pada telapak tangan.

Kemudian, oleskan pada permukaan wajah secara menyeluruh. Bagi kamu yang punya kulit berminyak dan masalah bekas jerawat, produk ini dapat membantu memudarkannya.

Walaupun Votre Peau Vitamin C Serum ukuran 30 ml ini dibanderol dengan harga Ro260.000,00, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaatnya yang tidak terduga secara maksimal.

7

The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%

The Ordinary juga mengeluarkan produk serum untuk kulit berminyakSerum dari The Ordinary ini mengandung niacinamide dengan kadar konsentrasi tinggi (Sumber gambar: The Ordinary)

The Ordinary juga mengeluarkan produk serum untuk kulit berminyak bernama The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%.

Sesuai namanya, produk ini mengandung niacinamide dengan kadar konsentrasi tinggi, yakni 10% yang diklaim mampu membersihkan, mencerahkan, dan melembutkan kulit sekaligus menyeimbangkan produksi minyak di wajah.

Bagi pemilik masalah bekas jerawat, pori-pori besar, kulit kemerahan, dan warna kulit tidak merata, penggunaan The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% juga mampu mengatasinya.

Harga produk skincare yang mengandung niacinamide dari The Ordinary ini dijual sekitar Rp195.000,00 (ukuran 30 ml).

8

Sensatia Botanicals Facial C-Serum Oily Acne Prone

Rekomendasi serum untuk kulit berminyak dari Sensatia BotanicalsSensatia Botanicals Facial C-Serum Oily Acne Prone bisa digunakan oleh pemilik kulit berminyak dan berjerawat

Rekomendasi serum untuk kulit berminyak dan berjerawat berikutnya adalah Sensatia Botanicals Facial C-Serum Oily Acne Prone.

Produk lokal ini diformulasikan khusus dengan berbagai bahan alami yang baik bagi kulit, seperti aloe vera, minyak jojoba, rosehip oil, shea butter, dan amat banyak bahan alami lainnya.

Keunggulan serum lokal untuk kulit berminyak ini juga berasal dari kandungan vitamin C berupa lemon dan tamarind.

Jadi, tak hanya merawat kulit berminyak dan rentan berjerawat, kandungan ini juga dapat mencerahkan, memperbaiki tekstur kulit, dan membuat kulit lebih elastis. Menarik, bukan?

Kulit BerminyakJerawatPengobatan JerawatKulit Dan KecantikanProduk KecantikanPori-pori BesarKomedo

WebMD. https://www.webmd.com/beauty/features/serums
Diakses pada 8 Juli 2021

WebMD. https://www.webmd.com/beauty/whats-your-skin-type
Diakses pada 8 Juli 2021

WebMD. https://www.webmd.com/beauty/features/beauty-smarts-serums-jan13
Diakses pada 8 Juli 2021

Harvard Health. https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/finding-the-right-serum-for-your-skin
Diakses pada 8 Juli 2021

American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/skin-care-basics/oily-skin
Diakses pada 8 Juli 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter