Beauty & Skincare

Rekomendasi Serum Somethinc Paling Bagus Sesuai Jenis dan Masalah Kulit

14 Sep 2021|Nurul Rafiqua
10 Serum Somethinc yang Bagus untuk Semua Jenis KulitAda banyak varian serum somethinc yang dapat menyesuaikan kebutuhan kulit

Somethinc, brand lokal Indonesia ini tengah naik daun karena berbagai produk serumnya yang bagus. Serum wajah sendiri adalah salah satu produk skincare yang memiliki konsentrasi bahan aktif yang tinggi. 

Biasanya serum berfungsi khusus untuk satu jenis masalah kulit. Namun, secara umum, manfaat serum adalah untuk mencerahkan kulit, memperbaiki tekstur kulit, memperkuat skin barrier dan mencegah penuaan (anti aging).

Somethinc memiliki banyak jenis serum untuk segala masalah kulit. Selain serum, Somethinc juga menghadirkan essence yang secara tekstur lebih ringan dari serum. Sehingga lebih nyaman digunakan di kulit, khususnya untuk para pemula di dunia perskincarean.

Cara menggunakan serum Somethinc

Serum dari Somethinc kebanyakan hanya memiliki 1 atau 2 bahan aktif dalam kemasannya, maka untuk cara penggunaannya disarankan, seperti berikut ini:

  • Aplikasikan 5-10 tetes serum ke telapak tangan
  • Tepuk tepuk dengan lembut ke wajah yang telah dibersihkan
  • Tunggu 1-3 menit agar produk terserap maksimal.

Rekomendasi macam macam serum Somethinc

Penasaran dengan berbagai serum Somethinc dengan segala keunggulannya? Yuk, simak review berikut ini

1

Niacinamide Barrier Serum

Rekomendasi Serum Somethinc: Niacinamide Barrier SerumNiacinamide Barrier Serum (Sumber: somethinc.com)

Niacinamide merupakan bahan aktif dalam skincare yang paling ‘bersahabat’ untuk semua jenis kulit, dengan fungsinya yang beragam. Fungsi dari niacinamide sendiri adalah mencerahkan dan menyamarkan noda hitam atau hyperpigmentation pada kulit. 

Selain itu, zat ini juga mampu melembapkan kulit, meminimalkan pecah-pecah pada kulit, mengurangi kemerahan, memperkuat skin barrier, bahkan mengatasi jerawat. 

Dengan segala manfaatnya, serum niacinamide cocok buat kamu yang sedang melakukan skincare diet karena dengan satu kandungan saja, kamu sudah bisa mendapatkan berbagai manfaat. Serum niacinamide dari Somethinc ini bisa kamu pakai pagi dan malam hari. 

Di samping kandungan niacinamidenya, serum ini diformulasikan dengan formula vegan terdiri dari 3 jenis ceramide (Ceraminde NP, Ceramide AP, Ceramide EOP) dan 48% Rosa Damascena Water.

Serum niacinamide dari Somethinc tersedia dalam 2 macam, yakni yang berdosis 5% dan dosis 10%. Buat kamu yang pemula dan baru akan mencoba memakai serum, dianjurkan menggunakan dosis yang rendah terlebih dahulu (5%). Hal ini untuk pengecekan dan adaptasi kulit terhadap zat aktifnya. Setelah beberapa lama, kamu bisa upgrade dengan dosis 10% jika dirasa dibutuhkan.

Serum ini dikemas dalam botol kaca berwarna putih, kesan yang ditampilkan dari kemasannya sangat minimalis dan elegan. Dilengkapi juga dengan pipet sebagai aplikator untuk mengambil produknya. Dengan pipet ini kamu bisa dengan mudah menakar produk yang diambil.

Harga dari produk ini berkisar Rp89.000 untuk dosis 5% ukuran 20ml dan Rp 115.500 untuk dosis 10% untuk ukuran yang sama.

2

Hyaluronic9+Advanced +B5 Serum

Rekomendasi Serum Somethinc: Hyaluronic9+Advanced +B5 SerumHyaluronic9+Advanced +B5 Serum (Sumber: somethinc.com)

Serum ini berfungsi untuk memberi hidrasi pada kulit karena mengandung 9 jenis Hyaluronic Acid, B5 (panthenol) dan Chlorella yang berperan penting untuk membentuk kolagen dan mempertahankan hidrasi hingga 24 jam. 

Hyaluronic acid memiliki sifat hidrofilik alias berperan untuk menarik air pada kulit. Serum ini bisa dikombinasikan dengan bahan aktif lainnya seperti AHA, BHA atau bahkan Niacinamide untuk hasil yang lebih maksimal. 

Dengan berbagai kelebihan dari formulanya, serum ini cocok untuk digunakan pemilik kulit kering. Tekstur yang sangat cair, membuatnya jadi lebih mudah menyerap ke kulit. Serum ini bisa digunakan setiap hari di pagi atau malam.

Hyaluronic9+Advanced +B5 Serum dikemas dalam botol kaca berwarna biru terang. Dilengkapi pipet sehingga memudahkan untuk mengambil produk tanpa takut kebanyakan. 

Harga dari produk ini adalah Rp115.000 untuk 20ml.

3

5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum dan 10% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Max Brightening Serum

Rekomendasi Serum Somethinc: 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum dan 10% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Max Brightening Serum5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum dan 10% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Max Brightening Serum (Sumber: somethinc.com)

Serum Niacinamide + Moisture Sabi Beet Max Brightening ini memiliki segudang manfaat bagi kulit. Kandungan utamanya, yaitu Sabi Beet dan centella asiatica berfungsi untuk mencerahkan kulit, melindungi kulit yang rusak dan mengatasi kulit kusam serta flek hitam. Sabi beet juga punya efek calming untuk kulit dan kaya dengan antioksidan.

Dengan berbagai keunggulan bahan zat aktifnya, serum ini lebih cepat mencerahkan dari pada yang varian Niacinamide Barrier Serum. Hal ini disebabkan intensitas kandungan niacinamide pada varian ini memang lebih tinggi.

Dari segi kemasan dan tekstur, serum ini masih sama dengan serum niacinamide yang sebelumnya.

Harga dari produk ini berkisar Rp89.000 untuk yang 5% Niacinamide per 20ml dan Rp115.500 untuk yang 10% Niacinamide per 20ml.

4

BAKUCHIOL Skinpair Oil Serum

Rekomendasi Serum Somethinc: BAKUCHIOL Skinpair Oil SerumBAKUCHIOL Skinpair Oil Serum (Sumber: somethinc.com)

Bakuchiol terdengar asing di kalangan masyarakat Indonesia. Padahal bakuchiol ini punya manfaat yang tak kalah penting, bahkan disebut-sebut bisa menggantikan fungsi retinol.

Bakuchiol adalah bahan natural aktif yang diambil dari tanaman Babchi (Psoralea corylifolia plant), biasa dipakai dalam pengobatan China sejak zaman dulu. Bakuchiol memiliki sifat antioxidant, antiinflammatory, dan dapat mengatasi jerawat.

Somethinc pun menghadirkan semua manfaat bakuchiol tersebut dalam serumnya, yaitu Bakuchiol Skinpair Oil Serum. Bakuchiol bekerja dengan merangsang kulit untuk produksi sel baru dan collagen, mengembalikan kekenyalan kulit dan mencegah penuaan dini. Dilihat dari fungsi dan cara bekerjanya, bakuchiol ini memang agak mirip dengan retinol.

Serum ini aman digunakan untuk semua kulit, bahkan direkomendasikan untuk kulit yang berminyak dan rentan jerawat (acne-prone). Selain bakuchiol, serum ini juga diperkaya dengan kandungan sunflower seed oil, Pyrus malus (Apple) seed oil, Calophyllum inophyllum seed oil, salicylic acid, dan tocopherol (Vitamin E). 

Bakuchiol Skinpair Oil Serum dikemas dengan botol kaca berwarna kuning dilengkapi pipet aplikator. Tekstur dari serum ini agak oily, tapi masih terasa ringan dan tidak greasy. Dikarenakan masih tergolong serum yang ringan, serum bakuchiol ini bisa digunakan pagi dan malam hari.

Harga serum bakuchiol Somethinc ini berada di kisaran Rp89.000 untuk 20ml.

5

LEVEL 1% Retinol

Rekomendasi Serum Somethinc: LEVEL 1% RetinolLEVEL 1% Retinol (Sumber: somethinc.com)

LEVEL 1% Retinol Serum dari Somethinc dibentuk dengan teknologi Enkapsulasi Gentinol-200 dengan kemampuan yang lebih stabil, aman digunakan oleh kulit sensitif dan diformulasikan dengan pH setara pH kulit, sehingga tidak membuat kulit iritasi.

Serum ini juga mengandung ceramide3 dan hyaluronic acid yang bisa melindungi kulit dari radikal bebas, anti polusi dan menjaga kadar air di lapisan kulit. Serum ini juga bertindak sebagai UV absorber untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan memperlambat proses oksidasi.

LEVEL 1% Retinol Serum dikemas dengan botol kaca warna hijau, dengan pipet sebagai aplikatornya. Warna dari serumnya sendiri agak kuning coklat. Teksturnya juga cair sehingga mudah menyerap pada kulit.

Karena retinol ini bahan aktif yang lumayan keras, buat kamu yang pemula, disarankan melakukan patch test terlebih dahulu di area kecil misalnya belakang telinga atau leher. Hal ini dilakukan untuk mengetahui reaksi kulit terhadap bahan aktif ini. 

Jika kulitmu tidak menimbulkan reaksi alergi, penggunaan serum bisa dilakukan 1 kali dalam seminggu dan dosis bisa ditingkatkan secara perlahan. Perlu diingat, serum dengan bahan retinol ini tidak disarankan untuk ibu hamil dan menyusui, ya.

LEVEL 1% Retinol Serum dari Somethinc ini dibanderol dengan harga Rp155.000 untuk 20ml

6

AHA BHA PHA Peeling Solution 

Rekomendasi Serum Somethinc: AHA BHA PHA Peeling SolutionAHA BHA PHA Peeling Solution (Sumber: somethinc.com)

Produk ini sebenarnya memiliki fungsi utama sebagai exfoliating serum, yaitu serum yang bertujuan mengangkat sel-sel kulit mati di lapisan terluar kulit. Berkat kandungannya yang terdiri dari AHA3% BHA1% PHA2%, niacinamide, Daucus carota leaf extract (ekstrak wortel), Hibiscus sabdariffa extract, dan panthenol.

Warna merah terang khas dari serum AHA/BHA ini datang dari kandungan ekstrak wortelnya. Kandungan AHA BHA pada serum ini bisa membersihkan sumbatan pada pori-pori sekaligus meregenerasi pertumbuhan kulit. Kandungan niacinamide dari serum ini juga bisa mencerahkan wajah.

Penggunaan exfoliating serum ini bisa dikombinasikan dengan serum yang bekerja melembapkan seperti Niacinamide atau Hyaluronic Acid. Dikarenakan serum ini berfungsi sebagai exfoliate, disarankan tidak menggunakannya setiap hari. Baiknya, bisa mulai dengan seminggu sekali pada dosis rendah, misalnya 5 tetes terlebih dulu kemudian naikkan dosis perlahan.

Harga serum Somethinc ini ada di angka Rp115.500 untuk 20ml

7

AHA7%, BHA1%, PHA3% Weekly Peeling Solution

Rekomendasi Serum Somethinc: AHA7%, BHA1%, PHA3% Weekly Peeling SolutionAHA7%, BHA1%, PHA3% Weekly Peeling Solution (Sumber: somethinc.com)

Serum ini memiliki fungsi yang sama dengan produk sebelumnya, yakni sebagai exfoliating serum. Meski begitu, terdapat perbedaan yang mencolok dari produk ini yang berasal dari kandungan utamanya.

Produk ini mengandung AHA PHA yang lebih tinggi sehingga lebih ampuh dalam mengangkat sel kulit mati, membersihkan pori-pori yang tersumbat dan menyamarkan bekas jerawat. 

Namun, karena konsentrasi AHA PHA-nya yang lebih tinggi, exfoliating serum Somethinc ini disarankan untuk kamu yang sudah terbiasa melakukan exfoliating. Sebaiknya, hanya gunakan serum ini sebanyak seminggu sekali pada malam hari.

Kandungan aktif lainnya yakni Mugwort, bisa membantu memperkuat skin barrier, meredakan peradangan pada kulit dan mencegah timbulnya jerawat. Tambahan calendulanya turut membantu mengurangi iritasi dan melindungi kulit dari paparan polusi dan sinar UV.

Dari kemasan hanya berbeda dari warna botolnya saja, yakni dikemas dalam berwarna biru.

Harga yang ditawarkan juga beda tipis dengan produk serupa sebelumnya, yakni Rp125.000 untuk 20ml.

8

Holygrail Multipeptide Youth Elixir

Rekomendasi Serum Somethinc: Holygrail Multipeptide Youth ElixirHolygrail Multipeptide Youth Elixir (Sumber: somethinc.com)

Holygrail Multipeptide Youth Elixir merupakan serum Somethinc yang berfungsi sebagai anti aging. Serum ini mampu mengencangkan dan mengembalikan elastisitas kulit dengan mengurangi pergerakan otot yang menyebabkan kerutan dan garis halus.

Hal itu bisa dilakukan karena serum ini mengandung 12 jenis peptide diantaranya Argireline dan Syn®-Ake, yang berfungsi sebagai “Botox Like Effect” yakni menarik garis-garis halus yang disebabkan oleh expression lines. Peptide sendiri adalah zat protein yang penting untuk pembentukan collagen dan elastin.

Serum ini dikemas dalam botol kaca dengan warna soft pink dilengkapi pipet untuk mengambil produknya. Tekstur dari produk ini berupa gel yang agak kental. Karena itu, disarankan untuk pemakaian serum ini di malam hari. 

Sedikit catatan untuk kamu yang punya alergi terhadap kedelai, jika ingin menggunakan produk ini. disarankan melakukan patch test terlebih dahulu di bagian belakang telinga.

Kamu bisa membeli Holygrail Multipeptide Youth Elixir di harga Rp129.000 untuk 20ml.

9

Salmon DNA + Marine Collagen Elixir

Rekomendasi Serum Somethinc: Salmon DNA + Marine Collagen ElixirSalmon DNA + Marine Collagen Elixir (Sumber: somethinc.com)

Serum Somethinc ini mengandung 62% Deep Sea Water, DNA Salmon, Pseudoalteromonas Ferment Extract, Hydrolyzed Marine Collagen dan Pearl.

DNA Salmonya sendiri bermanfaat untuk memperkuat lapisan kulit, memperkuat skin barrier, mencegah penuaan dini dan meningkatkan elastisitas dan kilau kulit. Hydrolyzed Marine Collagen yang diambil dari sari ikan ini mengandung collagen tipe 1, yang memiliki partikel lebih kecil sehingga mudah terserap oleh kulit. Deep Sea Water nya sendiri pun kaya akan mineral yang bagus untuk kulit.

Tapi, untuk kamu yang punya alergi ikan, serum ini kurang disarankan. Apabila tetap ingin mencobanya, lakukan patch test terlebih dahulu di daerah belakang telinga.

Teksturnya masih berbentuk gel, tapi lebih ringan, jadi bisa digunakan pada pagi hari. Kemasannya juga masih sama dengan serum Somethinc lainnya, dengan botol kaca berpipet. Hal yang membedakan hanya dari warna botolnya yang bernuanasa oranya khas ikan salmon.

Harga dari produk ini adalah Rp155.000 untuk 20ml

10

CRIOUSLY 24K Gold Essence

Rekomendasi Serum Somethinc: CRIOUSLY 24K Gold EssenceCRIOUSLY 24K Gold Essence (Sumber: somethinc.com)

Serum ini menggunakan Ascorbyl Glucoside yakni senyawa vitamin C yang merupakan turunan dari Ascorbyl Acid dan memiliki kestabilan tinggi, lebih powerful, tidak mudah teroksidasi menjadi kuning dan pH nya seimbang dengan kulit (5-7) jadi tidak memiliki tingkat keasaman yang terlalu tinggi. Hal ini membuat serum ini aman digunakan untuk kulit sensitif sekalipun.

Kandungan vitamin C nya juga kaya antioksidan sehingga mampu mencerahkan, mengatasi tanda penuaan, menstimulasi produksi kolagen dan mencegah produksi melanin. Sedangkan kandungan emas 24K, bertugas untuk menghaluskan kulit, mengatasi kulit kusam dan meratakan warna kulit.

Teksturnya agak kental, tapi tidak membuat kulit terasa greasy atau terlalu lengket. Penggunaan serum ini pun bisa setiap hari dan bisa dikombinasikan dengan serum Somethinc lainnya, seperti Niacinamide Moisture Beet Serum.

Packaging dari serum ini agak berbeda dengan serum Somethinc lainnya. Serum ini dikemas dalam botol kaca berwarna ungu dengan stiker label kuning. Kesannya sangat colorful dan unik. 

Harga dari produk ini adalah Rp119.500 untuk kemasan 20ml

Produk KecantikanKosmetik

Somethinc. somethinc.com

Diakses pada 3 September 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter