Gym & Sport

Rekomendasi Sepatu Lari Wanita Terbaik Versi SehatQ

20 May 2021|Nurul Rafiqua
5 Rekomendasi Sepatu Lari atau Jogging Terbaik untuk WanitaSepatu lari wanita dibuat dengan fitur khusus untuk rasa nyaman saat berlari

Tahukah kamu, ada perbedaan signifikan antara sepatu lari wanita dan sepatu lari untuk wanita? Perbedaan yang dimaksud adalah perbedaan lengkung kaki, bentuk tumit, ruang jari kaki serta titik tumpuan kaki yang berbeda. Jadi sebaiknya jangan sembarangan memakai sepatu lari milik kakak atau adik laki-laki kamu ya, meskipun ukurannya sama dengan ukuran sepatumu.

Tips memilih sepatu running wanita

Sebelum memilih sepatu lari wanita terbaik, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu perhatikan, antara lain:

  • Jangan pilih sepatu yang terlalu pas dengan kaki
    Saat kamu akan membeli sepatu lari, cobalah untuk memberi jarak seukuran ibu jari pada ujung jari kamu agar kamu tidak merasa terlalu sempit.
  • Perhatikan Kaus Kaki yang Kamu Gunakan
    Sebisa mungkin kamu harus mengenakan kaus kaki dengan ketebalan yang sama ketika pertama mencoba sepatu lari yang akan kamu beli di toko dan ketika menggunakan sepatu yang telah kamu beli tersebut saat berlari. Pemakaian kaus kaki yang berbeda, tentu akan mempengaruhi kenyamanan dalam berlari karena ukurannya tidaklah sama.
  • Pilih bahan sepatu yang lembut dan fleksibel
    Setelah merasa pas dengan ukuran sepatu, kamu juga harus memperhatikan bagian upper sepatu, atau bagian atas sepatu kamu. Pastikan bagian upper sepatu yang kamu pilih terbuat dari bahan yang lembut dan elastis untuk memimalisir kaki kamu lecet saat kamu berlari. Upper sepatu yang lembut dan elastis juga akan membuat kamu lebih nyaman saat kamu berlari.

Rekomendasi sepatu lari wanita terbaik

Nah, setelah kamu mengetahui tips memilih sepatu olahraga wanita terbaik, Tim SehatQ telah merangkum 5 sepatu terbaik untuk jogging atau lari khusus wanita yang bisa kamu pilih. Tidak saja aman dipakai untuk kamu berlari, deretan sepatu ini tapi bisa meningkatkan performa kamu waktu lari, dan tentu saja, kamu bisa tampil dengan stylish saat menggunakannya.

1

New Balance Women’s Fresh Foam Tempo

Rekomendasi Sepatu Lari Wanita: New Balance Women’s Fresh Foam TempoNew Balance Women’s Fresh Foam Tempo (sumber: www.newbalance.co.id)

Untuk kamu yang baru mau mulai olahraga lari, New Balance Women’s Fresh Foam Tempo cocok untuk kamu gunakan karena harganya yang cukup terjangkau. Sepatu ini dibanderol dengan harga di bawah satu juta rupiah.

Meskipun lebih murah dibandingkan sepatu lari wanita lainnya, sepatu ini memiliki bantalan lembut yang akan membuat kamu nyaman dalam berlari. Dibuat dengan bantalan midsole Fresh Foam yang sangat mewah, saat dipakai, sepatu ini terasa sangat ringan namun responsif ketika kaki menginjakkan kaki ke tanah.

Meski memang, dibandingnkan jenis New Balance lain yang berbahan foam, busa di bagian midsole dari Women’s Fresh Foam Tempo ini masih kalah responsif. Akan tetapi, jika kamu berencana untuk sprint atau lari dalam jarak pendek, performa sepatu ini sangat memadai. Untuk alasan itu pula sepatu ini merupakan salah satu sepatu jogging wanita terbaik yang bisa kamu pilih.

Selain itu, sepatu ini memliki bagian upper berprofil rendah, terbuat dari hypoknit sintetis dan jaring bergaya yang menawarkan daya penyangga yang lembut namun strategis dari tumit hingga kaki bagian depan.

Rongga dalam bahan rajutan sepatu ini juga didesain khusus untuk mendukung sirkulasi udara yang mantap, jadi kaki tetap terasa adem meski dipakai berlari dalam jarak jauh.

Harga produk : Mulai dari Rp600.000

2

Nike Free RN

Rekomendasi Sepatu Lari Wanita: Nike Free RNNike Free RN (Sumber: Nike.com)

Kelebihan sepatu yang satu ini adalah selain bantalannya yang empuk, pengaturan sirkulasinya juga bagus saat kamu pakai lari. Saat dicoba, sepatu ini akan membuat kaki tetap segar dan sejuk, membuat kamu tetap nyaman dalam berlari. Sol sepatu ini juga sangat fleksibel, memungkinkan kamu bergerak bebas tanpa memaksa kaki dan otot tungkai bekerja keras.

Tak heran sepatu ini diklaim cocok untuk dikenakan saat kamu lari jarak jauh. Meski begitu, Nike Free RN paling ideal untuk digunakan dengan jarak tempuh paling jauh sepanjang 4 KM, jadi mungkin kurang cocok jika digunakan saat marathon.

Harga produk : Mulai dari Rp1.200.000

3

Adidas Pure Boost

Rekomendasi Sepatu Lari Wanita: Adidas Pure BoostAdidas Pure Boost (sumber: Adidas.co.id)

Kalau mementingkan performa lari, kamu bisa pakai sepatu yang satu ini. Teknologi ultra boost yang ada pada sepatu ini akan meningkatkan akselerasi saat berlari hingga 20%. Bagian bawah sepatu ini juga menggunakan fitur stretch web sehingga bisa menyesuaikan dengan gerakan kaki saat berlari.

Tidak salah lagi, Sepatu ini sudah pasti akan menunjang performa kamu saat kamu lari, juga cocok untuk dijadikan sepatu jogging wanita.  Selain itu, desainnya yang stylish dan elegan ini pun bisa membuat kamu tampil bergaya saat berlari.

Harga produk : Mulai dari Rp2.500.000

4

Asics Gel-Kayano 25

Rekomendasi Sepatu Lari Wanita: Asics Gel-Kayano 25Asics Gel-Kayano 25 (Sumber: asics.com)

Sepatu ini bisa kamu pilih jika kamu suka berlari dengan jarak jauh dengan durasi yang panjang. Saat penulis mencoba sepatu ini, tidak ada perbedaan sama sekali antara kilometer pertama yang telah ditempuh dan kilometer terakhir. Sepatu ini betul-betul mampu membalut serta melindungi kaki dengan aman dan nyaman.

Desain dan pilihan warnanya pun sangat beragam, cocok untuk kamu yang suka dengan desain sepatu yang mencolok. Sayangnya sejak dulu sepatu dari Asics ini memiliki bantalan yang cukup keras sehingga ebagian orang mungkin akan merasa tidak terlalu nyaman ketika menggunakannya.

Harga produk : Mulai dari Rp2.600.000

5

New Balance Vazee Pace Protect Pack

Rekomendasi Sepatu Lari Wanita: New Balance Vazee Pace Protect PackNew Balance Vazee Pace Protect Pack (sumber: newbalance.co.id)

Sepatu lari wanita lain keluaran dari New Balance ini memungkinkan kamu untuk tetap nyaman berlari di berbagai cuaca. Sebab, sepatu ini telah dilengkapi fitur weather ressistant. Ini berarti ketika kamu berlari di tengah gerimis, kaki akan tetap kering atau ketika udara di luar sedang panas-panasnya, kaki tetap sejuk. Bahkan ketika suhu sedang dingin, sepatu ini bisa tetap membuat kaki hangat.

Selain fitur weather resistance, sepatu ini memiliki outsole berbahan karet dengan alur yang efisien sehingga dapat memberi dorongan yang dibutuhkan saat berlari. Di samping itu, saat berlari dengan sepatu ini, anyaman bagian belakang sepatu terasa begitu mengunci tumit tanpa terasa sesak karena anyaman di bagian depan tetap dibuat lapang.

Bagi kamu yang menyukai sepatu lari yang sederhana namun fungsional, sepatu ini sangat direkomendasikan. Namun, jika kamu termasuk pelari yang mencari sepatu ringan, sepatu ini mungkin kurang cocok karena bukan merupakan opsi sepatu yang paling ringan.

Harga produk : Mulai dari Rp650.000

OlahragaKesehatan WanitaLari
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email