Gym & Sport

Suka Main Golf? Ini Rekomendasi Sepatu Golf Terbaik agar Performa Kamu Maksimal!

05 Jun 2021|Rhandy Verizarie
sepatu golfIlustrasi sepatu golf

Tidak hanya stik dan bola, sepatu juga menjadi elemen penting dalam olahraga golf. Menggunakan sepatu golf terbaik bertujuan agar kamu merasa nyaman selama bermain, terlebih golf adalah olahraga yang dilakukan di lapangan luas sehingga mengharuskan kamu untuk banyak berjalan.

Nah, berikut ini ada rekomendasi sepatu untuk menunjang mobilitas kamu saat bermain bola golf. Apa saja itu? Simak informasinya berikut ini. 

Cara memilih sepatu golf terbaik

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terlebih dahulu saat hendak membeli sepatu golf incaran, yaitu:

1. Model

Tips memilih sepatu, termasuk untuk golf, yang pertama adalah, perhatikan model sepatu. Secara umum, ada dua model sepatu golf, yakni sneakers dan kulit.

Sepatu model sneakers biasanya memiliki bobot yang ringan dan sirkulasi udara yang baik. Jika kamu menitikberatkan pada fleksibilitas pergerakan saat bermain golf, sepatu sneakers bisa jadi pilihan. 

Bobotnya yang ringan juga tidak akan membuat kaki cepat lelah kendati banyak berjalan. Namun, kamu harus memahami jika sepatu sneakers biasanya tidak waterproof dan tingkat keawetannya berada di bawah sepatu model kulit.

Sementara itu, sepatu berbahan kulit (leather) biasanya sudah waterproof dan lebih awet ketimbang sneakers. Sepatu kulit juga antidebu dan cocok digunakan saat kamu bermain di area lapangan golf yang berpasir.

Sayangnya, sepatu kulit biasanya memiliki bobot yang berat sehingga cepat bikin kaki kamu lelah.

2. Ukuran

Ukuran menjadi elemen selanjutnya yang perlu menjadi perhatian ketika hendak membeli sepatu untuk bermain golf. 

Pastikan sepatu yang kamu beli ukurannya pas dengan kaki, tidak terlalu sempit tapi juga jangan terlalu longgar, ya. 

Sesuaikan juga tinggi dan lebar punggung sepatu dengan kaki kamu. Ukuran sepatu yang pas di kaki akan membuat kamu nyaman sehingga bisa menunjukkan performa terbaik di lapangan.

3. Jenis sol

Ada beberapa variasi sol sepatu golf berdasarkan jenis, bahan, dan alur sol. Kamu bisa memilih jenis sol soft spikes untuk daya cengkeram yang kuat.

Soft spikes adalah sol sepatu yang memiliki gerigi berbahan resin. Kendati daya cengkeramnya kuat, jenis sol ini membuat sepatu mudah tersangkut di rumput. Akibatnya, langkah kaki pun terasa lebih berat.

Selain soft spikes, ada juga sepatu dengan jenis sol spikeless. Sesuai dengan namanya, sol ini tidak dilengkapi dengan gerigi. Daya cengkeram sepatu dihasilkan oleh bahan sol dan alurnya. Akan tetapi, daya cengkeramnya tidak sebaik jenis soft spikes. 

Walaupun demikian, sepatu golf dengan jenis sol spikeless lebih mudah digunakan dan tidak gampang membuat kaki lelah.

Selain itu, perhatikan juga tingkat keempukan sol. Sol yang keras cocok apabila lapangan golf tempat kamu bermain memiliki kontur yang naik-turun. Sol juga akan meminimalisir rasa sakit pada kaki saat menginjak ranting atau batu yang ada di lapangan.

Tipe sol keras akan memberikan tenaga lebih saat kamu memukul bola karena gaya tolak kaki yang dihasilkan. Sementara itu, sol yang empuk bisa digunakan pada padang golf yang cenderung datar. 

Sayangnya, sol yang empul membuat kakimu bisa merasakan batu atau ranting pohon yang terinjak saat berjalan. Sol ini tidak cocok digunakan di lapangan golf dengan kontur menanjak dan menurun karena mudah membuat kaki lelah. 

Rekomendasi sepatu golf terbaik

Berikut ini rekomendasi sepatu golf terbaik yang bisa kamu pilih:

1

Nike Explorer 2

sepatu golf terbaiksumber foto: nike.com

Nike Explorer 2 adalah sepatu tipe sneakers yang solnya terbuat dari karet. Sementara itu, sepatunya sendiri berbahan phylon yang diklaim ringan dan nyaman saat digunakan.

Sepatu golf pria dan wanita ini memiliki tipe sol spikeless, tapi punya teknologi traction sehingga menghasilkan daya cengkeram cukup kuat. 

 

Harga sepatu golf Nike Explorer 2: mulai dari Rp1.298.000

2

Nike Lunar Control Vapor 2

sepatu golf terbaiksumber foto: nike.com

Masih dari brand Nike, sepatu golf wanita dan pria terbaik selanjutnya adalah Nike Lunar Control Vapor 2. Sepatu ini memiliki desain yang bisa dibilang tidak seperti sepatu untuk golf pada umumnya.

Sepatu ini cenderung bergaya casual dengan warna putih yang cukup mencolok jika digunakan di siang hari. Sepatu Nike Lunar Control Vapor 2 diklaim memiliki daya cengkeram yang kuat.

Selain itu, sepatu memiliki midsole yang cukup empuk dan ringan. Cukup nyaman untuk digunakan berjalan di atas lapangan golf dengan berbagai kontur. 

 

Harga sepatu golf Nike Lunar Control Vapor 2: mulai dari Rp1.905.000

3

Adidas Crossknit Boost Shoes

sepatu golf terbaiksumber foto: adidas.co.id

Sepatu golf Adidas Crossknit Boost memiliki busa di sekitar sepatu. Desain ini diklaim dapat membuat pijakan kaki jadi lebih stabil. 

Sepatu ini juga memiliki bobot yang cukup ringan. Modelnya pun tampak casual sehingga cocok untuk kamu yang ingin bermain golf secara santai.

 

Harga sepatu golf Adidas golf Adidas Crossknit Boost: mulai dari Rp1.000.000

4

Adidas Adizero One

sepatu golf terbaiksumber foto: adidas.co.id

Adizero One merupakan sepatu golf Adidas yang memiliki tipe sol softspikes untuk daya cengkeram yang kuat. Meski demikian, sepatu ini tetap nyaman di kaki saat kamu bermain.

Bobotnya sangat ringan, yakni hanya 272 gram. Bahannya sudah waterproof sehingga tidak perlu khawatir akan basah saat cuaca di lapangan kurang mendukung.

 

Harga sepatu golf Adidas Adizero One: mulai dari Rp1.800.000

5

Puma Golf Ace WD

sepatu golf terbaik

Brand asal Jerman lainnya, yakni Puma, mengeluarkan sepatu golf yang diberi nama Golf Ace WD. Ini adalah sepatu dengan bahan kulit pada bagian upper-nya, tepatnya full grain leather. 

Bantalan sol sepatu dibuat ringan sehingga memudahkan kamu untuk berjalan.

Puma Golf Ace WD dilengkapi sol Stealth Cleats yang bisa dilepas, dan dikombinasikan dengan teknologi GripZone lugs. Ini dapat menciptakan daya cengkeram yang kuat saat kamu memukul bola secara kencang.


Harga sepatu golf Puma Ace WD: mulai dari Rp1.199.000

6

Puma TitanTour Ignite

sepatu golf terbaik

Puma TitanTour Ignite memiliki teknologi PWRCOOL yang diklaim mampu melancarkan sirkulasi udara. Dengan begitu, kakimu tidak merasa gerah saat memakainya. 

Sepatu golf Puma ini cocok untuk kamu yang bermain golf dengan durasi cukup lama.

 

Harga sepatu Golf Puma TitanTour Ignite: mulai dari Rp1.330.000

7

Under Armour Tempo Hybrid 2 Golf Shoes

sepatu golf terbaik

Untuk kamu yang mencari sepatu golf tahan air, Under Armour Tempo Hybrid 2 bisa jadi pilihan. Pasalnya, bagian upper sepatu ini terbuat dari material waterproof. 

Tidak hanya itu, bahan sepatu juga terasa empuk sehingga nyaman saat dipakai. Karet solnya juga membuat sepatu ini memiliki daya cengkeram yang cukup baik. 

 

Harga sepatu golf Under Armour Tempo Hybrid 2: mulai dari Rp1.137.000

8

Footjoy FJ Pro/SL Boa

sepatu golf terbaik

Sepatu golf Footjoy FJ Pro/SL Boa terbuat dari 3 lapisan bantalan dengan bobot yang ringan dan empuk. Cukup nyaman saat kamu menggunakannya dalam waktu lama. 

Selain itu, bahan sepatu juga tahan air karena terbuat dari kulit sintetis. Bahan ini juga membuat sepatu mudah untuk dibersihkan. Dibandingkan merek lainnya, sepatu golf Footjoy ini juga terbilang cukup terjangkau.

 

Harga sepatu golf Footjoy FJ Pro/SL Boa: mulai dari Rp874.000

9

Skechers Go Mojo Elite

sepatu golf terbaik

Skechers Go Mojo Elite bisa kamu pilih apabila menginginkan sepatu golf bergaya casual. Sepatu ini memiliki jenis sol spikeless dengan daya cengkeram yang cukup baik.

Sepatu ini lebih cocok untuk kamu yang ingin bermain golf santai, seperti driving range. Kelebihan lainnya, sepatu keluaran Skechers ini juga cukup terjangkau dibandingkan sepatu golf lainnya.

 

Harga sepatu golf Skechers Go Mojo Elite: mulai dari Rp849.600

10

ECCO Biom Hybrid 3 GTX

sepatu golf terbaik

Ecco Biom Hybrid 3 GTX bisa dibilang merupakan sepatu golf kelas profesional. Sepatu ini terbuat dari kulit Yak, yakni hewan sejenis sapi dari negara Tibet.

Sepatu ini dilengkapi sol tipe spikeless. Namun, daya cengkeram sepatu diklaim cukup baik berkat teknologi ECCO Tri-Fi-Grip. Oleh karena ditujukan untuk pemain profesional, sepatu ini dibanderol cukup mahal.

 

Harga sepatu golf ECCO Biom Hybrid 3 GTX: Rp4.299.000

OlahragaTren KesehatanTips Kesehatan
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter