Gym & Sport

Rekomendasi Senar Raket Terbaik untuk Sempurnakan Permainan Badminton Kamu

31 May 2021|Nurul Rafiqua
Rekomendasi Senar Raket TerbaikSenar yang baik dan berkualitas akan sangat mempengaruhi cara bermain

Tak cukup hanya memiliki raket badminton yang bagus, ternyata melengkapi raket dengan senar raket terbaik dapat dapat memberikan efek yang sangat signifikan dalam permainan bulu tangkis. Pada umumnya, raket yang berkualitas memang dijual terpisah dari senarnya. Bagaimana cara memilih senar raket yang bagus untuk raket badminton kamu? Simak tips berikut ini.

Tips memilih senar raket badminton

Sebelum memilih senar raket yang bagus, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, yaitu:

  • Pilih tinggi rendahnya tarikan senar

Sebelum kamu memilih raket senar, kamu harus tahu bahwa tarikan senar yang kamu gunakan sangat mempengaruhi permainan badminton kamu. Saat kamu menggunakan senar dengan tarikan tinggi, senar akan menjadi lebih keras sehingga kok dan raket yang kamu gunakan akan mengalami kontak dalam waktu yang lebih singkat. Waktu kontak yang lebih singkat akan membuat kamu lebih mudah dalam mengontrol kok. Tapi senar dengan tarikan tinggi juga memiliki banyak kekurangan, kamu akan lebih menguras energi ketika bermain. Sebaliknya, senar dengan tarikan rendah akan mengurangi kontrol pada kok, tapi kamu tidak akan menguras energi terlalu besar ketika bermain.

Standarisasi tarikan senar :

Pemula            : 18-22lbs

Menengah       : 22-24lbs

Mahir               : 25lbs ke atas

  • Ketahui tipe permainan badminton kamu

Selanjutnya kamu harus tahu bagaimana tingkatan permainan kamu ketika kamu bermain badminton. Apakah kamu termasuk dalam kategori pemula sehingga belum memiliki power yang besar? Kalau iya, kamu bisa menggunakan senar yang tipis. Lalu, jika kamu tipe pemain bulu tangkis yang lebih suka menyerang dengan agresif, sebaiknya kamu menggunakan senar yang memiliki daya tahan yang besar. Jika kamu lebih suka bermain badminton dengan defensif, maka senar yang lebih lembut akan lebih cocok untuk dipilih.

Setelah kamu tahu apa peruntukan senar raket badminton dan tips dalam memilih senar raket badminton, Berikut ini adalah 6 rekomendasi senar raket badminton terbaik yang bisa kamu gunakan ketika kamu bermain badminton.

1

Li-Ning No.1

Rekomendasi Senar Raket Terbaik: Li-Ning No.1Senar raket badminton Li-Ning No.1

Senar dengan perpaduan warna putih, kuning dan hitam keluaran Li-Ning ini adalah salah satu senar terbaik yang bisa kamu gunakan. Dengan ukuran 0,65 milimeter yang dimilikinya, senar ini akan memberikan efek suara pukulan yang keras saat kamu melakukan pukulan smash.

Harga senar raket Li-Ning No.1: Mulai dari Rp 75.000

2

Yonex BG66

Rekomendasi Senar Raket Terbaik: Yonex BG66Senar raket badminton Yonex BG66

Senar ini cocok untuk digunakan bagi kamu yang baru saja memulai main badminton karena kelebihan dari senar ini bisa membuat pukulan kamu lebih akurat. Selain itu, kelenturannya juga sangat bagus. Sayangnya, senar raket ini dikabarkan kurang awet karena cukup tipis sehingga mudah untuk putus.

Harga produk : Mulai dari Rp 70.000

3

Ashaway Zymax 62 Fire

Rekomendasi Senar Raket Terbaik: Ashaway Zymax 62 FireSenar raket badminton Ashaway Zymax 62 Fire

Senar raket badminton ini cocok kamu gunakan jika kamu menginginkan permainan badminton dengan kontrol yang sangat baik. Senar ini juga dapat menambah power kamu untuk memukul kok hingga ke garis belakang area pertahanan lawan kamu.

Harga senar raket Ashaway Zymax 62 Fire : Mulai dari Rp 92.000

4

Ashaway Zymax 66 Fire Power

Rekomendasi Senar Raket Terbaik: Ashaway Zymax 66 Fire PowerSenar raket badminton Ashaway Zymax 66 Fire Power

Senar dengan perpaduan warna “fire” orange dan ivory white ini dirancang untuk pemain bulu tangkis yang mengutamakan performa tinggi dalam setiap permainannya. Senar ini memiliki repulsion power dan kontrol yang luar biasa sehingga banyak digunakan baik oleh pemain profesional maupun oleh pemain amatir.

Harga senar raket Ashaway Zymax 66 Fire Power: Mulai dari Rp 95.000

5

Yonex Nanogy 98

 

Rekomendasi Senar Raket Terbaik: Yonex Nanogy 98Senar raket badminton Yonex Nanogy 98

Senar dengan pilihan warna silver, gold dan blue dari Yonex ini diformulasikan supaya kamu memiliki daya tahan ekstra saat bermain. Senar ini sangat cocok digunakan jika lawan kamu adalah tipikal pemain badminton yang menyukai pukulan smash serta memiliki permainan netting yang apik.

Harga senar raket Yonex Nanogy 98: Mulai dari Rp 120.000

6

Yonex Aerobite

Rekomendasi Senar Raket Terbaik: Yonex AerobiteSenar raket badminton Yonex Aerobite

Senar dengan perpaduan warna merah dan putih dari dari Yonex ini menerapkan heavy spin untuk memotong pukulan smash atau sentuhan yang kuat untuk pukulan yang jatuh lurus ke bawah. Senar ini cocok untuk kamu  yang memiliki teknik cerdas dalam bermain di lapangan. Senar ini juga cocok pemain badminton yang mengusung power and control dalam bermain.

Harga senar raket Yonex Aerobite: Mulai dari Rp 130.000

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email