Gym & Sport

Sarung Tangan Sepeda Terbaik, Aman dan Nyaman Saat Gowes

27 Apr 2021|Nurul Rafiqua
Rekomendasi Sarung Tangan Sepeda TerbaikSarung tangan sepeda dapat melindungi tangan dari gesekan saat bersepeda

Di antara sekian banyak perlengkapan bersepeda, sarung tangan sepeda mungkin bukan benda pertama yang terpikirkan. Padahal, sarung tangan sepeda memiliki banyak manfaat untuk dikenakan saat bersepeda.

Salah satu fungsi utama sarung tangan sepeda adalah untuk memberikan cengkeraman dan kontrol tambahan saat berkendara dengan sepeda. Sebab, berbagai hal seperti keringat hingga air hujan dapat membuat setang sepeda licin. Tanpa sarung tangan, kemungkinan besar pengendara sepeda bisa tergelincir pada kondisi seperti itu.

Dengan mengenakan sarung tangan, kamu juga bisa terlindung dari gesekan yang terus-menerus terjadi antara tangan dan setang. Gesekan tersebut bisa menyebabkan lecet atau cedera yang akan membuat pengalaman gowes kamu menjadi kurang menyenangkan.

Selain itu, bantalan yang terdapat pada sarung tangan sepeda dapat membantu menangkal kondisi kesehatan yang biasa dihasilkan saat bersepeda, seperti sensasi kebas, mati rasa atau sindrom Karpal.

Tips Memilih sarung tangan sepeda

Sarung tangan sepeda hadir dalam banyak tipe dan fungsi. Oleh karena itu, pastikan sarung tangan yang kamu pilih memenuhi unsur-unsur penting dari sarung tangan sepeda berikut ini:

  • Pilih sesuai jenis sepeda

Sarung tangan untuk mountain bike (MTB) atau sepeda gunung dan road bike yang biasa dipakai di jalan raya memiliki desain yang berbeda. Sarung tangan mountain bike biasanya memiliki bantalan di telapak tangan yang dilengkapi dengan alur untuk cengkraman yang lebih maksimal.

Sedangkan untuk road bike umumnya memiliki bantalan yang lebih empuk untuk menghindari guncangan. Sebab, road bike biasanya tidak memiliki suspensi yang lebih baik dari sepeda gunung.

  • Bahan dan tipe style

Sarung tangan sepeda umumnya memiliki dua tipe style, yaitu half finger gloves atau sarung tangan tanpa jari dan tipe full finger gloves yang menutupi hingga ujung jari. Saat bersepeda di jalan umum, sarung tangan tanpa jari sangat cocok digunakan karena memungkinkan pengendaranya untuk mengontrol rem dan shifter lebih baik. Sirkulasi udara juga terasa lebih adem pada sarung tangan tipe ini.

Sementara saat bersepeda di gunung atau jalanan khusus, sarung tangan dengan jari penuh dapat dipilih agar bisa mendapatkan proteksi yang lebih baik.

Kedua jenis sarung tangan tersebut biasanya terbuat dari kulit sintetis dan bahan sintetis lainnya seperti polyester dan spandex yang sudah terbukti dapat memberikan kenyamanan dan daya mobilitas yang baik. Beberapa produk bahkan memiliki fitur breathability yang dapat meminimalkan produksi keringat tangan saat bersepeda.

  • Ukuran yang tepat

Menentukan ukuran yang tepat adalah salah satu hal yang penting dalam memilih sarung tangan karena dapat menentukan kenyamanan dan keamanan bersepeda. Sarung tangan yang kebesaran dapat mengakibatkan tangan tergelincir di setang, sedangkan sarung tangan yang kekecilan bisa menghambat aliran darah.

Cara mengukur sarung tangan sepeda yang paling akurat adalah dengan mengukur lingkar telapak tangan dan cocokkan sesuai keterangan ukuran masing-masing produk.

Setelah mengetahui pentingnya sarung tangan saat bersepeda dan faktor yang harus diperhatikan, tertarik untuk membeli sarung tangan sepeda?

 

1

Sarung tangan Avelio Iron Cross Gecko

Rekomendasi Sarung Tangan Sepeda Terbaik: Avelio Iron Cross Gecko

Iron Cross Gecko dari merek Avelio ini adalah sarung tangan half finger tanpa jahitan dengan bahan utama spandex dan suede. Pola desain dari sarung tangan ini terinspirasi dari gecko atau tokek, memiliki tekstur berbintik dengan aksen bulatan-bulatan kecil. Tak hanya hiasan, bulatan pada bagian telapak sarung tangan ini memiliki fungsi untuk menghasilkan cengkraman yang lebih mantap. Sehingga dapat melekat dengan baik ketika menggenggam setang sepeda.

Selain itu, saat dipakai bersepeda, bahan kain berpori di bagian jari dari sarung tangan ini memberikan kenyamanan maksimal. Tidak terasa gerah dan keringat yang dihasilkan tidak sebanyak biasanya.

Hal yang paling menarik dari sarung tangan ini adalah bahannya yang sangat fit in di tangan meskipun tidak dilengkapi pengunci seperti velcro atau perekat lainnya. Sensasinya seperti hampir tidak mengenakan sarung tangan. Tapi saking melekatnya, mungkin bagi sebagian orang, desain sarung tangan ini agaknya membuat cukup sulit untuk dilepaskan. Meski begitu, Avelio telah melengkapi sarung tangan ini dengan sejenis lidah di bagian ujung sarung tangan untuk dapat menyesuaikan posisi sarung di tangan maupun untuk menarik ke atas saat melepaskannya.

Sarung tangan ini hadir dalam banyak ukuran dan warna yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Dari mulai size s hingga xxl. Warna yang tersedia adalah hitam, biru, oranye, pink, kuning dan abu dengan aksen strip warna yang berbeda untuk masing-masing pilihan. Menjadikan sarung tangan ini tidak juga fungsional namun juga sangat stylish.

Harga sarung tangan sepeda Avelio Iron Cross Gecko ini dibanderol dengan harga Rp139.000

2

Sarung tangan sepeda Eiger X-Rapidez 1.0

Rekomendasi Sarung Tangan Sepeda Terbaik: Eiger X-Rapidez 1.0Sarung tangan sepeda Eiger X-Rapidez 1.0 (sumber: Eigeradventure.com)

X – Rapidez 1.0 dari Eiger ini adalah sarung tangan MTB full finger yang dirancang dengan silikon anti-slip pada telapak tangan. Sehingga tidak akan membuat tangan kamu licin saat harus melakukan pengereman mendadak. Sangat cocok untuk dipasangkan dengan sepeda gunung.

Bahannya yang breathable dengan daya serap tinggi membuat tangan tetap kering dan nyaman saat bersepeda. Bagian ujung ibu jari dan telunjuk sarung tangan ini memungkinkan kamu untuk menggunakan ponsel tanpa harus melepaskannya.

Hadir dalam kombinasi warna hitam dan ungu terong yang minimalis namun terkesan manly, sarung tangan ini memiliki 3 ukuran, yakni M, L dan XL. Untuk membeli sarung tangan ini, kamu harus mengeluarkan kocek sebesar Rp149.000. Namun kamu perlu berhati-hati agar tidak salah membeli produk tiruan dari sarung tangan Eiger ini, pasalnya banyak produk palsu yang beredar di pasaran.

3

Sarung tangan sepeda Rockbross S-221-BK

 

Rekomendasi Sarung Tangan Sepeda Terbaik: Rockbross S-221-BKSarung tangan sepeda Rockbross S-221-BK (sumber: rockbros.international)

Sarung tangan half finger yang bagus kali ini berasal dari merek Rockbross. Dibuat dari bahan elastis yang lebih rapat menutup tangan tapi tidak membuat sesak. Satu poin utama dari sarung tangan ini adalah material yang dapat berperan sebagai tabir surya dengan daya proteksi UV400. Jadi, saat gowes di tengah teriknya sinar matahari, kulit dapat terlindung dari radikal bebas akibat sinar UV.

Tak hanya cocok untuk digunakan bersepeda di siang hari, desain reflektif dari sarung tangan ini juga membuatnya aman digunakan di malam hari. Di samping itu, sarung tangan ini juga dilengkapi dengan silikon anti selip. Paduan bahan beludru dan lycra menjadikan gloves ini sangat nyaman digunakan.

Harga produk: Rp192.000

4

Sarung tangan sepeda Shimano Gloves Windbreak Thermal Reflective

Rekomendasi Sarung Tangan Sepeda Terbaik: Shimano Gloves Windbreak Thermal Reflectivehimano Gloves Windbreak Thermal Reflective (sumber: bike.shimano.com)

Rekomendasi sarung tangan sepeda berikutnya datang dari merek Shimano. Dengan kelebihan antiangin atau windbreaker, sangat pas digunakan saat bersepeda di hari dingin berangin. Dijamin, tangan akan tetap hangat karena sarung ini telah dilengkapi dengan tiga lapisan karet kolorprena juga teknologi termal metalik yang memastikan penyimpanan panas yang optimal.

Selain itu bantalan khusus yang diposisikan secara strategis dapat menyaring benturan dengan baik. Meski berjenis full finger, sarung tangan ini tidak perlu dilepas jika kamu ingin mengoperasikan ponsel. Fitur reflektif yang terdapat pada sarung tangan ini juga dapat meningkatkan kemanan dalam kondisi pencahayaan yang buruk saat bersepeda.

Harga produk: Mulai dari Rp200.000

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email