Makan Sehat

7 Rekomendasi Santan Instan yang Menambah Kelezatan Masakanmu

10 May 2021|Dina Rahmawati
Santan instan digunakan untuk menambah kelezatan masakan tertentuSantan terbuat dari daging kelapa parut sehingga memiliki rasa yang gurih

Menjelang Hari Raya Idulfitri, berbagai hidangan bersantan dipersiapkan, mulai dari opor ayam, rendang, hingga gulai. Untuk memudahkan proses masaknya, tak sedikit orang yang memilih menggunakan produk santan instan.

Santan berasal dari perasan daging kelapa parut dan air hangat. Bahan makanan ini umumnya memiliki rasa yang gurih sehingga membuat masakan menjadi lebih sedap. Produk santan instan sering dipilih karena praktis dan mudah digunakan. Santan ini memiliki dua varian, yaitu santan instan yang berbentuk cair atau bubuk.

Rekomendasi produk santan instan 

Dalam memilih santan instan, hindari produk yang menggunakan bahan pengawet atau pewarna tambahan. Berikut rekomendasi santan instan dari SehatQ yang bisa kamu pilih untuk memasak.

1

Sun KARA Santan

Rekomendasi santan instan: Sun KARA SantanSun KARA Santan diproses secara UHT (sumber foto: kara-indonesia.com)

Santan Sun KARA terbuat dari krim kelapa alami segar, air, dan penstabil. Santan instan ini diproses secara UHT dan dikemas secara aseptik sehingga lebih aman. 

Varian santan KARA ini tetap mempertahankan rasa alami kelapa dan memiliki tekstur yang cukup kental. Rasa masakanmu dianggap bisa menjadi lebih gurih dan lezat setelah ditambahkan santan instan ini. 

Kamu tidak perlu khawatir karena santan kental instan ini tidak mengandung pengawet, pewarna tambahan, gluten, dan kolesterol. Harga Sun KARA santan kelapa siap pakai juga pas di kantong, yaitu sekitar Rp8.900 ukuran 200 ml.

2

Sasa Santan Kelapa

Rekomendasi santan instan: Sasa Santan KelapaSasa Santan terbuat dari daging buah kelapa tua pilihan (sumber foto: sasa.co.id)

Sasa santan instan terbuat dari daging buah kelapa tua segar pilihan sehingga kualitasnya tak usah kamu ragukan. Daging kelapa pun diolah melalui beberapa tahapan untuk menghasilkan santan cair yang praktis.

Keaslian cita rasa dan aromanya tetap dipertahankan sehingga dapat melezatkan segala jenis masakan yang membutuhkan santan. Selain santan cair, Sasa juga memiliki santan bubuk yang bisa kamu pilih sesuai selera. 

Santan Sasa cair yang berukuran 200 ml dibanderol dengan harga Rp8.800.

3

Rosebrand Santan Kelapa

Rekomendasi santan instan: Rosebrand SantanRosebrand Santan mengandung antioksidan dan vitamin (sumber foto: Rosebrand Official Store)

Santan Rosebrand terbuat dari kelapa pilihan berkualitas yang diproses dengan teknologi tinggi secara higienis. Santan kental instan ini mengandung antioksidan, vitamin C, B, dan E yang bermanfaat untuk tubuh.

Kamu bisa menggunakan santan Rosebrand untuk masakan atau bahan pembuat aneka kue tradisional. Untuk mendapatkan santan instan ini, kamu harus mengeluarkan uang sekitar Rp9.400 untuk ukuran 200 ml.

4

Tropicana Slim Santan Less Fat

Rekomendasi santan instan: Tropicana Slim Santan Less FatTropicana Slim Santan Less Fat lebih redah lemak dan tinggi serat (sumber foto: tropicanaslim.com)

Tropicana Slim Santan Less Fat dibuat dengan kelapa pilihan. Produk ini memiliki keunggulan lebih rendah lemak dan tinggi serat dibandingkan yang lain. Namun, rasa gurihnya tetap nikmat untuk masakan. 

Selain itu, Tropicana Slim Santan Less Fat bebas kolesterol dengan kandungan karbohidrat yang rendah. Santan instan ini berbentuk bubuk halus yang mudah bercampur dengan masakan. 

Harga santan instan ini cukup terjangkau, yaitu Rp16.000 per satu kotak yang terdiri dari lima sachet.

5

KARA Santan Kelapa

Rekomendasi santan instan: KARA Santan KelapaKARA Santan Kelapa dikemas secara aseptik (sumber foto: kara-indonesia.com)

KARA Santan Kelapa diproduksi dengan teknologi mutakhir. Dalam proses pembuatannya, santan ini dipanaskan pada suhu yang tinggi dalam waktu yang singkat untuk menghilangkan bakteri-bakteri di dalamnya.

Selanjutnya, salah satu varian santan KARA dikemas secara aseptik sehingga aman digunakan. Santan instan ini juga memiliki kekentalan yang konsisten dan langsung siap digunakan. 

KARA Santan Kelapa dibanderol dengan harga Rp8.500 ukuran 200 ml.

6

Klatu Santan Kelapa Tua

Rekomendasi santan instan: Klatu Santan Kelapa TuaKlatu Santan Kelapa Tua berasal dari perasan pertama kelapa tua pilihan (sumebr foto: pecucoconut.com)

Klatu Santan Kelapa Tua memiliki tekstur yang kental karena berasal dari perasan pertama kelapa tua pilihan. Santan kental instan ini dapat menambah cita rasa masakan sehingga terasa lebih sedap dan harum.

Santan instan ini juga dilengkapi dengan tutupan yang praktis sehingga tidak mudah tumpah. Untuk mendapatkan Klatu Santan Kelapa Tua ukuran 200 ml, kamu harus menyiapkan dana sebesar Rp9.500.

7

Nucifera Coconut Milk Powder

Rekomendasi santan instan: Nucifera Coconut Milk PowderNucifera Coconut Milk Powder 100 persen santan organik (sumber foto: indococopasific.com)

Nucifera Coconut Milk Powder merupakan 100 persen santan organik yang diperah dari kelapa segar dan diproses untuk menjadi bubuk santan halus. Tidak ada penambahan dairy creamer sehingga rasa kelapanya terjaga.

Selain itu, santan instan ini gluten free sehingga cocok bagi kamu yang punya masalah intoleransi gluten. Harga Nucifera Coconut Milk Powder memang terbilang lebih tinggi dibandingkan yang lain, yaitu Rp55.000 ukuran 250 gram.

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Makanan Sehat

Kara. https://kara-indonesia.com/product-view.php?v=sun-kara-santan-kelapa-siap-pakai-200-ml&l=ind
Diakses pada 10 Mei 2021

Sasa. https://www.sasa.co.id/our-products/view/santan-cair
Diakses pada 10 Mei 2021

Rosebrand. https://rosebrand.co.id/produk/all/
Diakses pada 10 Mei 2021

Tropicana Slim. https://tropicanaslim.com/produk/santan-less-fat
Diakses pada 10 Mei 2021

Pecu Coconut. http://www.pecucoconut.com/products/coconut.cream
Diakses pada 10 Mei 2021

Indococo Pasific. https://indococopasific.com/coconut-milk-powder/
Diakses pada 10 Mei 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter