Makan Sehat

6 Rekomendasi Sambal Kemasan yang Menggugah Selera

18 Aug 2021|Dina Rahmawati
Sambal kemasan memiliki cita rasa yang pedas dan nikmatSambal sering dijadikan sebagai pelengkap makan

Bagi para pencinta pedas, makan tanpa sambal mungkin terasa kurang nikmat. Jika kamu tidak ada waktu atau tidak mampu membuat sambal sendiri, kamu bisa membeli sambal kemasan yang praktis untuk dikonsumsi.

Sambal umumnya berbahan utama cabai dan ditambah dengan bahan lain, seperti tomat, garam, dan terasi. Selain membuat makan menjadi lebih lahap, ternyata ada berbagai manfaat sambal. 

Sambal dipercaya dapat melancarkan metabolisme, meredakan peradangan, cocok untuk diet, bahkan membantu mengurangi depresi. Akan tetapi, bukan berarti kamu bisa mengonsumsinya secara sembarangan. Kamu tetap perlu mengonsumsi makanan utama yang menyehatkan. Selain itu, jangan mengonsumsi sambal kemasan secara berlebihan, ya!

Rekomendasi sambal kemasan

Sebelum membeli sambal kemasan, bacalah komposisi bahan dan informasi nilai gizi yang tertera untuk mengetahui kandungan yang ada di dalamnya. 

Berikut adalah rekomendasi sambal kemasan yang lezat dari berbagai merek:

1

Sambal Bu Rudy

Rekomendasi sambal kemasan: Sambal Bu RudySambal Bu Rudy telah dikenal luas sejak dulu (sumber foto: Bu Rudy Surabaya Official Store)

Sambal Bu Rudy telah dikenal luas sejak dulu karena cita rasa dan sensasi pedasnya yang nikmat. Sambal kemasan asal Surabaya ini terdiri dari cabai rawit merah, bawang merah, dan bawang putih yang ditumis dengan minyak.

Sambal Bu Rudy memiliki banyak varian, mulai dari sambal terasi atau sambal bajak, sambal bawang, sambal teri, sambal ijo, dan sambal petis. 

Banyak orang menganggap Sambal Bu Rudy memiliki rasa yang fresh sekaligus beraroma harum. Sambal kemasan ini juga memiliki daya simpan yang cukup lama, yaitu sekitar 3 bulan jika disimpan dalam lemari es. 

Kamu bisa menikmati Sambal Bu Rudy langsung dengan nasi hangat. Untuk menikmati kelezatan sambal terasi kemasan Bu Rudy 150 gram, kamu harus merogoh kocek sekitar Rp28.000.

2

Sambal Roa JuDes

Rekomendasi sambal kemasan: Sambal Roa JuDesSambal Roa JuDes tidak mengandung MSG dan halal (sumber foto: sambalroajudes.com)

Sambal Roa JuDes terbuat dari ikan roa asap, cabai, bawang, dan minyak nabati. Sambal kemasan ini digemari banyak orang sebagai pelengkap makan. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan sejumlah manfaat dari ikan roa di dalamnya.

Cita rasa khas sambal Manado yang pedas dan nikmat dari Sambal Roa JuDes didapatkan tanpa MSG, lho.  Selain itu, sambal kemasan ini juga halal dan diklaim aman untuk dikonsumsi siapa pun. 

Satu kemasan Sambal Roa JuDes berukuran 115 gram dibanderol dengan harga Rp32.500.

3

Sambal Matah Bu Majun

Rekomendasi sambal kemasan: Sambal Matah Bu MajunSambal Matah Bu Majun lezat dan harum sehingga menggugah selera (sumber foto: Kafinstore)

Sambal Matah Bu Majun adalah sambal khas Bali yang rasanya menggugah selera. Sambal ini dihasilkan dari perpaduan cabai, bawang merah, dan kecombrang sehingga membuatnya lezat dan harum.

Sambal kemasan Bu Majun termasuk praktis dan bisa dibawa ke mana-mana. Selain sambal matah, ada pula varian sambal terasi, sambal bawang, dan sambal cumi yang bisa kamu pilih sesuai seleramu. 

Satu kemasan Sambal Matah Bu Majun 240 gram dibanderol dengan harga Rp27.000.

4

Sambal Mertua

Rekomendasi sambal kemasan: Sambal MertuaSambal Mertua tidak mengandung bahan pengawet (sumber foto: Selera Pedas Bu Majun)

Sambal Mertua merupakan sambal kemasan rumahan yang terbuat dari bahan-bahan pilihan. Sambal kemasan ini tidak mengandung bahan pengawet sehingga rasa pedasnya fresh dan nikmat. 

Sambal Mertua memiliki banyak varian, mulai dari sambal bawang, sambal ebi, sambal teri, hingga sambal bawang goreng pedas, yang bisa kamu nikmati bersama keluarga. 

Sambal ini juga telah mendapat sertifikasi izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) karena telah memenuhi syarat dan standar keamanan yang telah ditentukan.

Sambal Mertua dikemas dalam kemasan botol plastik yang higienis dan aman sehingga rasanya tak akan berubah. Jika ingin membawa pulang sambal kemasan botol dengan berat 200 gram ini, siapkan uang sebesar Rp30.400.

5

Sambal Chili Chila Jambal Roti

Rekomendasi sambal kemasan: Sambal Chili Chila Jambal RotiSambal Chili Chila Jambal Roti dilengkapi dengan irisan jambal roti (sumber foto: bequeenmart Official Store)

Sambal Chili Chila Jambal Roti diolah dari cabai segar dengan irisan jambal roti yang gurih. Sambal kemasan ini tidak mengandung MSG, pengawet, maupun pewarna tambahan sehingga keaslian rasanya terjaga. 

Sambal Chili Cila memiliki tekstur yang tidak terlalu halus ataupun kasar. Sambal ini dikemas dalam kemasan plastik yang dilengkapi tutup segel berlapis alumunium di bagian dalamnya. 

Kamu juga tidak perlu khawatir karena sambal ini telah mengantongi sertifikasi halal dari MUI. Untuk mendapatkan Sambal Chili Chila Jambal Roti 220 gram, siapkan budget sekitar Rp37.625.

6

ABC Sambal Terasi

Rekomendasi sambal kemasan: ABC Sambal TerasiABC Sambal Terasi cocok dijadikan pelengkap berbagai makanan (sumber foto: heinzabc Official Store)

ABC Sambal Terasi terbuat dari cabai pilihan berkualitas tinggi yang dipadukan dengan terasi, minyak nabati, garam, dan gula. Sambal terasi kemasan ini memiliki cita rasa pedas yang khas dan bisa dinikmati langsung.

Rasa pedas manis yang dimiliki ABC Sambal Terasi cocok dijadikan sebagai pelengkap berbagai macam makanan. Sambal terasi kemasan ini mudah ditemukan dan dibanderol dengan harga yang ramah di kantong. 

Tertarik mencoba ABC Sambal Terasi? Kamu hanya perlu merogoh kantong sekitar Rp18.600 untuk 180 gram sambal kemasan plastik ini.

Makanan SehatMakanan DietNafsu Makan

SehatQ. https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-sambal-cegah-depresi-hingga-lancarkan-metabolisme-tubuh
Diakses pada 04 Agustus 2021

Bu Rudy. https://www.depotburudy.com/id/node/26
Diakses pada 04 Agustus 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email