Lifestyle

10 Rekomendasi Plester Luka dari yang Bening, Besar, hingga Tahan Air

18 May 2021|Nina Hertiwi Putri
Rekomendasi plester luka yang bagus antara lain Betadine, Hansaplast, dan HypafixPlester luka yang bagus yang banyak dicari biasanya berwarna bening dan tahan air

Plester luka penting untuk disediakan sebagai salah satu perlengkapan darurat di setiap rumah. Menutup luka dengan plester bisa membantu mencegah terjadinya infeksi  luka akibat kontaminasi bakteri. Penggunaan plester yang tepat juga akan mempercepat penyembuhan, bahkan mencegah terbentuknya bekas luka yang mengganggu.

Ada banyak jenis plester luka yang tersedia, mulai dari plester biasa yang dapat digunakan untuk jenis luka yang umum, hingga plester tahan air dan plester ukuran besar bagi luka operasi.

Untuk anak-anak, plester luka juga tersedia dalam berbagai warna dan gambar, sehingga Si Kecil lebih senang menggunakannya.

Rekomendasi plester luka

Berikut ini beberapa rekomendasi plester luka yang bisa dipilih.

1

Betadine Plaster Waterproof Transparent

Rekomendasi plester luka yang bagus Betadine Plaster Waterproof TransparentBetadine Plaster Waterproof Transparent tahan air dan berwarna beningCek Sekarang

Plester luka serbaguna yang praktis untuk disimpan di rumah maupun tas saat bepergian adalah Betadine Plaster Waterproof yang memiliki warna transparan.

Ukurannya yang kecil ideal untuk menutupi luka ringan dan sifatnya yang tahan air, membuat plester ini lebih praktis digunakan sebab kamu jadi tidak perlu sering-sering mengganti plester meski terkena air.

Satu hal yang sering mengganggu dari penggunaan plester luka adalah rasa sakit saat mencabutnya. Sebab lapisan lengket ini bisa menempel pada luka. Betadine plaster, sudah dirancang khusus untuk tidak melekat pada luka, sehingga tidak sakit saat dilepas.

Harga: Rp9.000

2

3M Nexcare Tegaderm

Rekomendasi plester luka yang bagus 3M Nexcare Tegaderm3M Nexcare Tegaderm bisa mencegah infeksiCek Sekarang

3M Nexcare Tegaderm adalah plester luka bening berukuran besar yang dapat membalut berbagai jenis luka mulai dari luka sayatan, lecet, luka bakar ringan, hingga luka bekas operasi.

Lapisannya yang bisa melekat dengan baik di kulit tidak memberikan akses untuk bakteri maupun kotoran untuk menginfeksi luka. Plester ini juga memiliki sifat hypoallergenic, sehingga aman untuk semua jenis kulit dan terasa lembut saat dipakai.

Harga: Rp12.000 (2 lembar)

3

Handsaplast Transparent

Rekomendasi plester luka yang bagus Handsaplast TransparentHandsaplast Transparent bisa digunakan bahkan saat mandiCek Sekarang

Handsaplast Transparent alias Handsaplast bening adalah salah satu jenis plester luka yang paling banyak dicari. Sebab, desainnya yang transparan membuatmu tidak terlihat seperti sedang menggunakan plester. Bagi beberapa orang, kelebihan secara estetis ini merupakan pertimbangan yang penting.

Selain bisa mendukung penyembuhan luka, plester ini juga akan melindungi kulit dari bakteri dan kotoran penyebab infeksi. Hansaplast Transparent diperuntukkan untuk luka ringan dan dapat bertahan di posisinya dengan baik alias tidak mudah lepas, meski kamu banyak beraktivitas.

Sifatnya yang tahan air juga membuat Handsaplast bening ini akan tetap menjaga luka saat kamu melakukan aktivitas yang membuat tubuh menjadi basah seperti mandi atau mencuci.

Harga: Rp7.700 (isi 10)

4

Hypafix

Rekomendasi plester luka yang bagus HypafixHypafix bersifat fleksibel sehingga bisa digunakan di bagian lekukan tubuhCek Sekarang

Hypafix adalah plester luka yang digunakan untuk membantu menutupi perban atau kain kassa secara sempurna, sehingga tidak mudah bergeser atau bahkan lepas dari luka.

Hypafix tersedia dalam dua ukuran, 5 cm x 1 cm dan 10 cm x 5 cm, sehingga kamu bisa memilih sesuai dengan ukuran luka. Plester ini sifatnya fleksibel dan tetap akan merekat dengan baik meski direkatkan di lekukan tubuh.

Bahan polister nonwovennya juga membuat Hypafix dapat menyerap keringat dengan baik, sehingga kulit yang ditutupi tidak terlalu lembap.

Harga: Rp18.000 (1 box berisi 1 roll)

5

FamilyDr Adhesive Bandage

Rekomendasi plester luka yang bagus FamilyDr Adhesive BandageFamilyDr Adhesive Bandage aman untuk kulit dan tidak memicu alergiCek Sekarang

Plester luka dari FamilyDr terbuat dari bahan yang bersifat hypoallergenic sehingga aman untuk kulit karena tidak memicu iritasi. Lapisannya yang dibuat memiliki lubang-lubang kecil juga memungkinkan kulit untuk bernapas, tanpa menjadi lembap selama menggunakan plester.

Perlekatannya yang baik memungkinkan plester ini melindungi luka dengan maksimal sehingga risiko terjadinya infeksi pada luka bisa berkurang.

Harga: Rp6.000 (isi 10)

6

Leukomed T Plus

Rekomendasi plester luka yang bagus Leukomed T PlusLeukomed T Plus tidak akan membuat luka menjadi bauCek Sekarang

Leukomed T Plus adalah plester luka transaparan yang tahan air yang tidak akan lembap dan berbau meski sudah terkena air. Warnanya yang cenderung transparan juga bisa membuat luka terutupi dengan maksimal tanpa terlihat sedang menggunakan plester.

Selain perlekatannya yang baik, kandungan antibakteri yang ada di dalam Leukomed T Plus membuat risiko infeksi pada luka yang dibalut lebih kecil.

Harga: Rp11.000

7

Hansaplast Sesitive Steril XXL

Rekomendasi plester luka yang bagus Hansaplast Sesitive Steril XXLHansaplast Sesitive Steril XXL cocok untuk luka ukuran besar

Sesuai namanya, Hansaplast Sensitive Sterile XXL merupakan plester luka besar yang dapat digunakan untuk menutupi luka-luka besar pascaoperasi hingga luka akibat sayatan dan lecet.

Plester berukuran 8x10 cm ini bersifat steril. Artinya, permukaannya benar-benar terbebas dari bakteri maupun kuman lain yang bisa memicu infeksi ataupun menghambat penyembuhan luka.

Harga: Rp8.500

8

Dermafix T OneMed

Rekomendasi plester luka yang bagus Dermafix T OneMedDermafix T OneMed bisa untuk plester setelah operasi caesarCek Sekarang

Dermafix T OneMed adalah plester luka besar dengan ukuran 10x25 cm yang biasanya digunakan untuk menutupi luka pascaoperasi caesar maupun pembedahan besar lainnya.

Sifatnya yang lembut dan lapisannya yang dilengkapi dengan pori-pori halus membuat kulit bisa bebas bernapas sehingga risiko infeksi dan iritasi bisa berkurang.

Tentu, plester ini juga kedap air serta aman digunakan saat mandi dan tidak menyebabkan luka menjadi berbau. Daya serapnya yang tinggi juga membuat Dermafix T OneMed tidak terasa lengket saat disentuh.

Harga: Rp23.000

9

Cuticell Classic Plester

Rekomendasi plester luka yang bagus Cuticell Classic PlesterCuticell Classic Plester menjaga luka tetap keringCek Sekarang

Cuticell Classic Plester terbuat dari katun berkualitas sehingga bisa menjaga luka tetap kering dan mencegah kulit di sekitarnya terasa terlalu lembap. Plester ini juga dilapisi soft paraffin yang dapat merawat luka dari infeksi.

Selain untuk luka kecil, plester Cuticell jenis ini juga dapat dipakai untuk menutupi luka sayat dan operasi.

Harga: Rp19.000

10

Keloplast

Rekomendasi plester luka yang bagus KeloplastKeloplast bisa menghilangkan bekas lukaCek Sekarang

Berbeda dari jenis plester luka lain yang berfokus pada proses penyembuhan, Keloplast adalah plester luka yang berfungsi untuk menghilangkan bekas luka yang sudah terlanjur terbentuk di permukaan kulit, seperti kemerahan dan kulit menggelap.

Plester ini juga dapat membantu mencegah terbentuknya keloid serta mendukung penyembuhan luka tergores maupun pada luka bekas jahitan. Keloplast tersedia dalam ukuran 6x10 cm.

Harga: mulai dari Rp120.000 (1 box berisi 1 lembar)

Luka BakarPenyembuhan LukaBekas Luka
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter