Mom & Baby

6 Rekomendasi Pembalut Nifas untuk Ibu Setelah Melahirkan

29 Jun 2021|Dina Rahmawati
Pembalut nifas harus dapat menyerap darah dengan baikPembalut nifas harus nyaman digunakan oleh ibu setelah melahirkan

Pembalut nifas atau bersalin merupakan salah satu perlengkapan yang dibutuhkan ibu setelah melahirkan. Saat berada dalam masa nifas, vagina umumnya akan mengeluarkan darah, sisa-sisa lapisan rahim, lendir, dan sel darah putih.

Perdarahan nifas ini terjadi akibat pemulihan lapisan rahim dan biasanya berlangsung selama 4-6 minggu setelah melahirkan. Di minggu awal, kamu akan melihat lebih banyak darah nifas. Namun, pada minggu-minggu berikutnya, lendir akan lebih banyak keluar daripada darah.

Memilih pembalut nifas yang nyaman

Ketika mengalami nifas, tentunya ibu akan kerepotan jika harus mengganti celana berkali-kali, bukan? Ditambah lagi harus menyusui dan mengurus bayi yang baru saja lahir. 

Penggunaan pembalut nifas dapat menjadi pilihan yang tepat karena memberikan perlindungan yang nyaman dan antibocor sehingga ibu tak perlu repot bergonta-ganti celana.

Nah, ada beberapa hal yang harus ibu perhatikan dalam memilih pembalut bersalin, di antaranya:

  • Pilih pembalut dengan bantalan yang lebih panjang dan lebih tebal
  • Pembalut harus nyaman dan aman digunakan
  • Pilih pembalut yang tidak mudah mengkerut dan bocor
  • Pembalut bersalin yang digunakan harus bisa menampung darah nifas dengan baik, terutama saat alirannya deras
  • Pilih pembalut nifas yang tidak menyebabkan iritasi pada kulit.

Rekomendasi pembalut nifas

Setelah memahami kriteria di atas, berikut adalah sejumlah rekomendasi pembalut nifas yang nyaman dan antibocor.

1

Softex Maternity

Rekomendasi pembalut nifas: Softex MaternitySoftex Maternity berdaya serap tinggi sehingga antibocor (sumber foto: softexindonesia.com)

Softex Maternity dirancang bagi ibu yang tengah melewati masa nifas setelah melahirkan. Panjang pembalut untuk ibu melahirkan ini adalah sekitar 45 cm dan berdaya serap tinggi sehingga tak perlu khawatir darah nifas bocor. 

Pembalut Softex melahirkan ini juga bisa membuat ibu melakukan aktivitas lain dengan nyaman dan aman. 

Softex Maternity dibanderol dengan harga yang bervariasi, yaitu Rp16.700 untuk kemasan berisi 10 pads dan Rp28.500 untuk kemasan berisi 20 pads.

2

Monalisa Jumbo

Rekomendasi pembalut nifas: Monalisa JumboMonalisa Jumbo dilengkapi teknologi ultra gel (sumber foto: Chubby Baby Shop)

Monalisa Jumbo merupakan pembalut bersalin yang nyaman digunakan. Pembalut ini memiliki perekat yang kuat sehingga tidak mudah bergeser. Selain itu, ada pula teknologi ultra gel yang dapat menyerap cairan dengan baik.

Untuk membawa pulang pembalut nifas Monalisa Jumbo, kamu hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp27.000 untuk kemasan berisi 10 pads.

3

Avail FC Sanitary Pad Night

Rekomendasi pembalut nifas: Avail FC Sanitary Pad NightAvail FC Sanitary Pad Night bebas klorin sehingga aman digunakan (sumber foto: Demasherbal Official Store)

Walaupun bukan dikhususkan untuk ibu yang baru melahirkan, Avail FC Sanitary Pad dapat digunakan untuk menampung darah nifas. Pembalut ini memiliki panjang 30 cm dengan permukaan yang lembut dan nyaman.

Avail FC Sanitary Pad terbuat dari kapas asli dan bebas klorin sehingga aman bagi organ intim. Selain itu, pembalut Avail untuk nifas juga berdaya serap yang baik sehingga antitembus. 

Jika kamu tertarik menggunakannya, siapkan dana sekitar Rp28.500 untuk kemasan berisi 10 pads.

4

Sofie Maternity

Rekomendasi pembalut nifas: Sofie MaternitySofie Maternity memiliki bantalan yang lebar dan panjang (sumber foto: Alvinbaby Official Store)

Sofie Maternity dapat membuat ibu merasa lebih nyaman untuk beraktivitas setelah melewati persalinan. Pembalut nifas ini memiliki bantalan yang lebar dan panjang, serta permukaan yang lembut di kulit.

Di samping itu, lapisan pulp-nya lebih tebal sehingga dapat menyerap darah nifas secara maksimal. Kamu tak perlu khawatir karena pembalut bersalin terbaik ini terbuat dari bahan yang berkualitas. 

Untuk membawa pulang kemasan Sofie Maternity berisi 10 pads, siapkan dana sekitar Rp24.000.

5

Char Mi Dr. Kang Maternity Pad

Rekomendasi pembalut nifas: Char Mi Dr. Kang Maternity PadChar Mi Dr. Kang Maternity Pad tidak membuat darah menggumpal di satu sisi (sumber foto: charmi.id)

Char Mi Dr. Kang Maternity Pad memiliki ukuran 38,5 cm yang tidak mudah bergeser dan tetap berada di posisinya dengan baik karena memiliki perekat ganda. 

Pembalut nifas ini terbuat dari bahan nonwoven dan PE film yang lembut, nyaman, dan tidak mudah bocor. Gel penyerapnya juga bisa menyerap darah nifas dengan baik. 

Keunggulan lain dari pembalut bersalin ini adalah kemampuannya dalam mendistribusikan cairan secara merata sehingga tidak menggumpal di satu sisi pembalut. 

Harga Char Mi Dr. Kang Maternity Pad cukup hemat di kantong, yaitu sekitar Rp21.000 untuk kemasa berisi 10 pads.

6

Mother-K Miracle Maternity Pad

Rekomendasi pembalut nifas: Mother-K Miracle Maternity PadMother-K Miracle Maternity Pad memiliki permukaan yang lembut (sumber foto: Babyempire Official Store)

Mother-K Miracle Maternity Pad terbuat dari material nonwoven fabric dan lapisan tahan air. Permukaannya sangat lembut dan tidak menimbulkan iritasi sehingga aman digunakan. 

Pembalut bersalin ini juga bisa menyerap darah nifas dengan cepat dan mencegahnya menggumpal.

Selain itu, pembalut Mother-K Miracle Maternity Pad memiliki perekat yang kuat dan tidak mudah copot. Pembalut bersalin ini juga antibocor sehingga kamu tak perlu khawatir saat tidur ataupun melakukan aktivitas lainnya. 

Kemasan Mother-K Miracle Maternity Pad berisi 10 pads dibanderol dengan harga Rp69.900.

MelahirkanPendarahan Pasca MelahirkanLokia

Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/is-postpartum-bleeding-normal#calling-the-doctor
Diakses pada 29 Juni 2021

What to Expect. https://www.whattoexpect.com/baby-products/postpartum/best-postpartum-pads/
Diakses pada 29 Juni 2021

Softex Indonesia. https://www.softexindonesia.com/id/product/softex-maternity-pads
Diakses pada 29 Juni 2021

Avail. https://web.availelok.co.id/produk/avail-fc-sanitary-pad-2
Diakses pada 29 Juni 2021

Charmi. http://charmi.id/produk/dr-kang/maternity-pad/
Diakses pada 29 Juni 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter