Gym & Sport

10 Rekomendasi Pedometer, Alat Penghitung Langkah Kaki

21 Sep 2021|Nina Hertiwi Putri
Pedometer adalah alat penghitung langkah kakiPedometer adalah alat untuk menghitung langkah kaki

Pedometer adalah alat penghitung langkah kaki yang biasanya dipasang di pinggul maupun di area lain di tubuh. Menghitung langkah kaki bisa jadi salah satu ukuran seberapa banyak aktivitas fisik yang sudah kita lakukan.

Idealnya, orang dewasa melakukan aktivitas fisik setidaknya 150 menit setiap minggu. Ini bisa dibagi menjadi 30 menit sehari selama 5 hari. Berjalan juga termasuk aktivitas fisik yang baik untuk kesehatan.

Berdasarkan rekomendasi, kita dianjurkan untuk berjalan 10.000 langkah setiap harinya. Menggunakan pedometer bisa membantu kita mencapai target itu sehingga kebugaran tubuh tetap terjaga.

Apa yang perlu diperhatikan saat memilih pedometer?

Pedometer ada banyak jenisnya. Jadi, kamu perlu pintar-pintar memilih yang paling bagus. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli pedometer:

• Akurasi

Akurasi adalah hal utama yang harus dilihat saat membeli pedometer. Untuk mengetahuinya, kamu bisa minta kepada penjual untuk mencobanya terlebih dahulu. Gunakanlah untuk berjalan sejauh 100 langkah.

Hitung langkahmu secara manual, lalu di akhir lihat hasil yang tertera di pedometer. Jika sama, atau misalnya berbeda tapi selisihnya hanya sedikit, alat tersebut cukup akurat.

• Daya tahan baterai

Ada pedometer yang menggunakan baterai bulat kecil seperti jam, ada pula yang menggunakan baterai elektrik yang perlu di-charge setiap beberapa hari sekali.

Kalau kamu termasuk orang yang malas mengisi daya secara rutin, pilihlah yang pakai baterai manual.

• Fitur penghitung kalori dan aktivitas fisik

Selain menghitung langkah, ada pedometer yang dilengkapi juga dengan fitur penghitung kalori serta aktivitas fisik yang telah dilakukan.

Kedua fitur ini akan memberi tahu seberapa banyak kalori yang sudah dibakar. Fitur ini juga bisa membantu kamu menentukan apakah aktivitas fisik yang kamu lakukan sudah cukup atau belum.

Kalau tujuanmu membeli pedometer adalah untuk menurunkan berat badan, kedua fitur ini sangat berguna untuk dimiliki.

• Fitur log

Log atau pencatat hasil juga tak kalah penting. Pasalnya, ini bisa membantu kamu melihat progres aktivitasmu selama 7-30 hari ke belakang. Melihat progres akan membantumu tetap termotivasi mencapai target yang dimiliki.

• Display

Cari pedometer yang memiliki display atau tampilan layar yang mudah kamu baca. Terkadang, ada beberapa pedometer yang memiliki tampilan terlalu rumit sehingga membuat penggunanya kesulitan melihat informasi utama yang dibutuhkan.

Rekomendasi pedometer terbaik

Berikut ini beberapa merek pedometer terbaik yang bisa kamu beli:

1

Omron Alvita HJ-321

Pedometer Omron Alvita HJ-321 harga mulai dari Rp450.000Omron Alvita HJ-321 (sumber: omronhealthcare.com)

Omron Alvita HJ-321 adalah salah satu pedometer terbaik yang dapat memberikan informasi rinci seputar kegiatan fisikmu.

Pedometer ini akan memisahkan hitungan langkah jalan biasa dengan power walking untuk latihan aerobik dengan intensitas yang lebih tinggi.

Selain jumlah langkah, alat ini juga bisa mencatat jarak yang sudah ditempuh, kalori yang sudah dibakar, dan waktu yang dibutuhkan.

Untuk menjaga akurasi pengukuran harian, pedometer ini akan melakukan reset secara otomatis saat tengah malam. Teknologi Tri-Axis yang dimilikinya juga membuatmu bisa menaruhnya di mana saja dan langkah akan tetap terhitung dengan akurat.

Kamu bisa menyimpan data aktivitas fisikmu di alat ini hingga 7 hari untuk melihat progres harian.

Omron Alvita HJ-321 dijual dengan harga mulai dari Rp450.000.

2

Omron Alvita HJ-320

Pedometer Omron Alvita HJ-320 harga mulai dari Rp350.000Omron Alvita HJ-320 (sumber: omronhealthcare.com)

Omron Alvita HJ-320 memiliki fitur yang lebih sedikit dari saudaranya, HJ-321. Namun, untuk kamu yang hanya ingin memiliki penghitung langkah dan mengetahui jarak yang sudah ditempuh, ini bisa jadi alat yang pas.

Mengingat fiturnya yang sederhana, maka harganya pun lebih murah. Kamu bisa mendapatkan pedometer Omron Alvita HJ-320 dengan harga mulai dari Rp350.000.

Alat ini juga dilengkapi dengan fitur tetap yang dimiliki Omron untuk mempertahankan akurasi, seperti teknologi Tri-Axis, reset otomatis saat tengah malam, dan memori yang bisa menyimpan data hingga 7 hari.

3

 Decathlon Onwalk 900 Pedometer

Pedometer Decathlon Onwalk 900 Pedometer harga Rp125.000Decathlon Onwalk 900 Pedometer (sumber: decathlon.co.id)

Kalau kamu ingin memiliki pedometer dengan harga terjangkau, Decathlon Onwalk 900 bisa jadi pilihan. Pedometer milik Decathlon ini dibanderol mulai dari harga Rp125.000.

Alat ini memiliki fitur yang cukup lengkap, yaitu penghitung langkah, kalori, jarak, dan kecepatan. Data yang direkam juga bisa tersimpan hingga 7 hari sehingga kamu bisa mencatat progres.

Fitur tambahan lain yang berguna adalah adanya teknologi yang menjamin kestabilan akurasi di setiap kegiatan yang kamu lakukan, serta otomatis akan menghitung saat kamu berjalan.

4

Decathlon Onwalk 100

Pedometer Decathlon Onwalk 100 harga mulai dari Rp125.000Decathlon Onwalk 100 (sumber: decathlon.co.id)

Decathlon Onwalk 100 adalah pedometer yang dapat mengukur langkah dan jarak yang sudah ditempuh. Kamu bisa menaruh atau memasang pedometer ini di sabuk, dimasukkan ke kantong baju atau celana, hingga tas.

Jangan khawatiir, langkahmu akan tetap terukur dengan baik.

Bentuknya seperti gantungan kunci besar, sehingga mudah dipasang di berbagai perlengkapan.
Harganya juga relatif terjangkau, yakni Rp125.000.

5

Garmin Vivofit 4

Pedometer Garmin Vivofit 4 harga Rp999.000Garmin Vivofit 4 (sumber: garmin.co.id)

Garmin Vivofit 4 adalah activity tracker eksklusif yang dijual dengan harga mulai dari Rp999.000. Baterainya tahan hingga 1 tahun.

Selain bisa menghitung langkah, alat ini juga dapat menghitung kalori yang dibakar hingga pola tidur. Kamu bahkan bisa memakainya saat berenang dan mandi.

Garmin Vivofit 4 bisa dihubungkan dengan Garmin Connect untuk melihat data yang tersimpan dan merencanakan berbagai aktivitas fisik. Fitur otomatisnya akan langsung mendeteksi aktivitas dan mengklasifikasikannya ke Garmin Connect. Bisa kamu pakai 24 jam dan nyaman di tangan.

6

Samsung Galaxy Fit

Pedometer Samsung Galaxy Fit harga Rp500.000Samsung Galaxy Fit (sumber: samsung.com)

Samsung Galaxy Fit ringan dengan bentuk yang elegan. Meski begitu, alat penghitung langkah ini tetap kuat karena dibuat dengan standar ketahanan alat militer. Tahan air, angin, hingga debu.

Alat ini akan mencatat setiap gerakan fisikmu, mulai dari langkah kaki, detak jantung, hingga pola tidur.
Terdapat fitur penghitungan status fisik yang dapat disesuaikan dengan jenis olahraga yang sedang dilakukan.

Kamu bisa memilih hingga lebih dari 90 olahraga dan memajang yang menjadi kegiatan favorit untuk dilakukan.
Terhubung langsung dengan aplikasi Samsung Health, kamu jadi bisa lebih mudah melihat progres dan kondisi fisikmu. Galaxy Fit dari Samsung dijual dengan harga mulai dari Rp500.000.

7

Aolon I5 Series Fitness Tracker

Pedometer Aolon I5 Series Fitness Tracker harga Rp369.000Aolon I5 Series Fitness Tracker (sumber: aolon.id)

Aolon I5 Series Fitness Tracker adalah smartwatch yang memiliki berbagai fitur untuk menghitung aktivitas fisik seperti jumlah langkah kaki, detak jantung, dan kalori yang sudah dibakar.

Jika dibandingkan dengan alat lain, smartwatch ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau yaitu, mulai dari Rp369.000. Meski begitu, kualitasnya tidak main-main.

Desainnya yang apik membuat jam ini bisa kamu pakai ke mana pun untuk menunjang penampilan. Layarnya dibuat dari kaca antigores, sehingga awet dipakai dan cukup di-charge setiap 2 minggu sekali.

Mengingat smartwatch ini juga tahan air, otomatis kamu bisa memakainya untuk berenang.

8

Tanita Bluetooth Pedometer AM-121E

Tanita Bluetooth Pedometer AM-121ETanita Bluetooth Pedometer AM-121E (sumber: tanita.com)

Tanita Pedometer adalah salah satu pengukur aktivitas fisik terlengkap yang bisa memonitor kondisimu 24 jam. Dibuat berdasarkan penelitian ilmiah terbaru, alat ini bisa digunakan sebagai penghitung langkah kaki, kalori, jarak tempuh, hingga waktu tempuh.

Semua data tersebut bisa tersimpan selama 14 hari sehingga kamu bisa melihat progres aktivitas fisik yang kamu lakukan. Jika progres menurun, laporan yang tercatat di pedometer ini bisa menjadi motivasi untuk mencapai target yang lebih baik.

Kamu bisa melihat data secara spesifik setiap jamnya. Alat ini kecil dan mudah digunakan. Bisa kamu taruh di kantung baju maupun celana hingga tas tangan.

Pedometer dari Tanita dibanderol dengan harga mulai dari Rp770.000

9

Fitbit Luxe

Pedometer Fitbit Luxe harga Rp2.500.000Fitbit Luxe (sumber: fitbit.com)

Dengan desain yang elegan dan simple, Fitbit Luxe mungkin lebih terlihat seperti aksesori mewah dibanding alat olahraga.

Sebagai salah satu alat pemantau aktivitas terlengkap, Fitbit tidak hanya berguna sebagai penghitung langkah.

Alat ini juga bisa menghitung kalori yang sudah dibakar, jarak yang sudah ditempuh saat berolahraga, frekuensi detak jantung, hingga saturasi oksigen.

Keunggulan lain yang dimliki Fitbit Luxe adalah fiturnya yang bisa disesuaikan dengan olahraga yang sedang kamu lakukan. Bahkan, kamu bisa memakainya saat berenang karena alat ini tahan air.

Fitbit Luxe dijual dengan harga mulai dari Rp2.500.000.

10

Createkat Katfit Classic

Pedometer Createkat Katfit Classic harga Rp400.000Createkat Katfit Classic (sumber: instagram @createkatid)

Createkat Katfir Classic adalah smartwatch yang memiliki fitur lengkap yang dapat mendukung kesehatan. Selain bisa menghitung langkah, jam ini juga dapat mencatat jarak yang sudah ditempuh, kalori yang sudah dibakar, dan durasi olahraga kamu.

Fitur lain seperti pemantau detak jantung dan waktu tidur menyempurnakan fitur kesehatan yang dimiliki smartwatch ini.

Jam ini memiliki fitur pengingat pesan dan panggilan, sehingga jika ada hal penting yang harus segera di urus saat sedang olahraga, kamu tidak akan ketinggalan.

Pedometer sekaligus smartwatch ini bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp400.000.

Jalan-jalanLari

Medicine Net. https://www.medicinenet.com/pedometers/article.htm#how_do_pedometers_work
Diakses pada 7 September 2021

Prevention. https://www.prevention.com/fitness/workout-clothes-gear/a22810731/best-pedometer-for-walking/
Diakses pada 7 September 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter