Lifestyle

7 Rekomendasi Pasta Gigi untuk Gigi Sensitif yang Terbaik

16 Aug 2021|Dina Rahmawati
Pasta gigi untuk gigi sensitif dapat membantu mengatasi linu yang menggangguPasta gigi untuk gigi sensitif memiliki formula khusus

Memiliki gigi sensitif bisa sangat mengganggu, terutama saat menikmati makanan panas atau dingin. Sensasi berdenyut dan ngilu yang ditimbulkannya bahkan terasa menyakitkan. Untuk membantu mengatasinya, kamu bisa mencoba menggunakan pasta gigi untuk gigi sensitif.

Penyebab gigi sensitif

Gigi sensitif dapat terjadi akibat pengikisan email gigi (lapisan paling luar) yang melindungi bagian dalam gigi. Kondisi ini dapat dipicu oleh:

  • Menyikat gigi terlalu keras
  • Menggunakan sikat gigi berbulu keras
  • Sering menggertakkan gigi 
  • Mengonsumsi makanan atau minuman asam
  • Gusi turun yang menyebabkan permukaan akar gigi terlihat
  • Penyakit gusi yang membuatnya meradang dan nyeri
  • Gigi retak
  • Penumpukan plak.

Jika kamu menderita masalah ini, cobalah gunakan pasta gigi yang diformulasikan khusus untuk gigi sensitif

Pasta gigi untuk gigi ngilu umumnya tidak mengandung bahan yang mengiritasi dan memiliki bahan desensitisasi yang dapat membantu menghalangi ketidaknyamanan pada saraf gigi. 

Selain itu, harus didukung dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan cara menyikat gigi 2 kali sehari, gunakan sikat gigi dengan ujung yang halus dan lembut, sikat gigi dengan gerakan memutar dan menggunakan benang gigi untuk membersihkan sela gigi.

Nah, ada banyak merek pasta gigi sensitif yang bisa ditemukan dengan mudah di swalayan ataupun toko-toko daring. Berikut adalah sejumlah rekomendasi pasta gigi untuk gigi sensitif yang terbaik.

7 Rekomendasi pasta gigi untuk gigi sensitif

1

Sensodyne Repair & Protect Original

Rekomendasi pasta gigi untuk gigi sensitif: Sensodyne Repair & Protect OriginalSensodyne Repair & Protect Original bantu meredakan ngilu akibat sensitivitas gigi (sumber foto: sensodyne.co.id)Cek Sekarang

Sensodyne Repair & Protect Original diformulasikan dengan teknologi Novamin. Formula ini membantu membentuk lapisan mineral gigi hingga 1,5 kali lebih kuat dari lapisan alami dentin (lapisan yang membentuk massa utama gigi). 

Pasta gigi untuk gigi sensitif dari Sensodyne diklaim memberi perlindungan yang tahan lama pada gigi sensitif dan meredakan ngilu akibat sensitivitas, terutama saat kamu mengonsumsi makanan panas atau dingin.

Pasta gigi untuk gigi ngilu ini sebaiknya digunakan dua kali sehari secara teratur. Harga pasta gigi Sensodyne untuk gigi ngilu juga cukup terjangkau.

Sensodyne Repair & Protect Original 100 gram dibanderol dengan harga Rp43.195.

2

Pepsodent Sensitive Mineral Expert Original

Rekomendasi pasta gigi untuk gigi sensitif: Pepsodent Sensitive Mineral Expert OriginalPepsodent Sensitive Mineral Expert Original diperkaya dengan mineral HAP (sumber foto: tanyapepsodent.com)

Pasta gigi untuk gigi sensitif selanjutnya adalah Pepsodent Sensitive Mineral Expert Original. Pasta gigi ini diperkaya dengan mineral HAP yang dapat membantu memperbaiki email gigi sehingga meredakan gigi sensitif. 

Menariknya, Pepsodent Sensitive Mineral Expert Original diklaim dapat menghilangkan gigi ngilu dalam waktu 30 menit karena kandungan kaliumnya.

Sementara itu, zinc dan fluoride-nya mampu melindungi gigi dari plak dan lubang akibat bakteri. Pasta gigi untuk gigi ngilu ini juga dapat membantu mengatasi masalah gusi, lho

Tertarik menggunakan Pepsodent untuk gigi ngilu? Jika ingin mendapatkan Pepsodent Sensitive Mineral Expert Original 100 gram, kamu harus merogoh kocek sekitar Rp30.675.

3

Colgate Sensitive Pro-Relief Whitening

Rekomendasi pasta gigi untuk gigi sensitif: Colgate Sensitive Pro-Relief WhiteningColgate Sensitive Pro-Relief Whitening bantu menghilangkan noda di permukaan gigi (sumber foto: colgate.com.au)

Colgate Sensitive Pro-Relief Whitening diformulasikan dengan pro-argin eksklusif yang telah terbukti secara klinis dapat menutup celah dentin terbuka yang bisa menimbulkan rasa nyeri dan ngilu pada gigi sensitif. 

Salah satu pasta gigi untuk gigi sensitif terbaik ini juga membantu menghilangkan noda di permukaan gigi sehingga membuatnya tampak cerah. 

Selain meredakan sensitivitas gigi, pasta gigi ngilu ini dapat mencegah pembentukan karang gigi, memperkuat email gigi, dan melindunginya dari gigi berlubang. 

Untuk membawa pulang Colgate Sensitive Pro-Relief Whitening, siapkan uang sebesar Rp47.400 untuk kemasan berukuran 100 gram.

4

Formula Sensitive Active Care

Rekomendasi pasta gigi untuk gigi sensitif: Formula Sensitive Active CareFormula Sensitive Active Care membantu mengatasi masalah sensitivitas gigi (sumber foto: formula.id)

Formula Sensitive Active Care mengandung bahan potassim nitrate, tea tree oil, dan clovermint fluoride. 

Pasta gigi untuk gigi sensitif ini telah terbukti secara klinis membantu mengatasi masalah sensitivitas gigi, serta menjaga gigi tetap sehat dan kuat sehingga terlindungi dari kerusakan maupun gigi berlubang

Kamu juga bisa menikmati sensasi segar di mulut setelah menggunakan pasta gigi untuk gigi ngilu ini. Harga Formula Sensitive Active Care 100 gram cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp20.000.

5

Systema Pro Sensitive

Rekomendasi pasta gigi untuk gigi sensitif: Systema Pro SensitiveSystema Pro Sensitive mengandung kalium nitrat dan aluminium laktat (sumber foto: Wings Official Shop)

Systema Pro Sensitive diformulasikan khusus untuk penderita gigi sensitif. Kalium nitrat yang terkandung di dalam odol gigi sensitif ini dapat membantu mengurangi rasa ngilu yang mengganggu pada gigi sensitifmu.

Sementara itu, kandungan aluminium laktat membantu menyumbat permukaan dentin yang terbuka. Rasa ngilu yang datang tiba-tiba pun bisa diatasi dengan menggunakan pasta gigi untuk gigi sensitif dan berlubang ini. 

Nah, Systema Pro Sensitive 105 gram dibanderol dengan harga Rp15.900. Hemat di kantong bukan?

6

Dentova Periodontal Toothpaste

Rekomendasi pasta gigi untuk gigi sensitif: Dentova Periodontal ToothpasteDentova Periodontal Toothpaste diformulasikan oleh dokter gigi Perancis (sumber foto: Gogobli Official Store)

Dentova Periodontal Toothpaste merupakan perawatan untuk gigi sensitif yang diformulasikan oleh dokter gigi Perancis. Penggunaan pasta gigi untuk gigi sensitif ini diklaim dapat mengurangi rasa ngilu, mengembalikan mineral gigi, dan mencegah karies gigi.

Dentova Periodontal Toothpaste mengandung kalsium, allantoin, fluoride, dan sodium benzoate yang dapat menunjang kesehatan gigi dan gusi. Pasta gigi untuk gigi retak ini sebaiknya digunakan dua kali sehari. 

Jika kamu ingin menggunakan Dentova Periodontal Toothpaste 60 gram, siapkan uang sekitar Rp16.300.

7

Antiplaque Total Solution Toothpaste

Rekomendasi pasta gigi untuk gigi sensitif: Antiplaque Total Solution ToothpasteAntiplaque Total Solution Toothpaste diformulasikan untuk mencegah pembentuk plak gigi

Antiplaque Total Solution Toothpaste adalah pasta gigi yang diformulasikan untuk mencegah pembentukan plak gigi, serta mengurangi karang gigi yang menumpuk. Khasiat tersebut berasal dari kandungan bahan aktif di dalamnya.

Pasta gigi ini juga mengandung minyak cengkeh alami yang dianggap mampu meredakan gigi sensitif dan ngilu, nyeri gigi berlubang, serta mengurangi risiko infeksi pada gusi. Napas pun terasa lebih segar setelah menggunakannya.

Pasta gigi untuk gigi ngilu Antiplaque Total Solution Toothpaste 180 gram dibanderol dengan harga Rp61.500.

Kesehatan GigiSakit GigiGigi Sensitif

Healthline. https://www.healthline.com/health/sensitive-teeth#How-is-tooth-sensitivity-treated?
Diakses pada 02 Agustus 2021

Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/10954-teeth-sensitivity
Diakses pada 02 Agustus 2021

Tanya Pepsodent. https://www.tanyapepsodent.com/produk/pasta-gigi/sensitif-sensitive-mineral-expert-original.html
Diakses pada 02 Agustus 2021

Sensodyne. https://www.sensodyne.co.id/Portfolio/pasta-gigi/Repair-Protect.html
Diakses pada 02 Agustus 2021

Colgate. https://www.colgate.com.au/products/toothpaste/colgate-sensitive-pro-relief-whitening
Diakses pada 02 Agustus 2021

Formula. http://www.formula.id/product/detail/sensitive-active-care
Diakses pada 02 Agustus 2021

Dentova. http://www.gigidentova.com/
Diakses pada 02 Agustus 2021

Toko SehatQ. https://toko.sehatq.com/produk/antiplaque-pasta-gigi-180-g
Diakses pada 01 Desember 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email