Mom & Baby

Rekomendasi Pasta Gigi Bayi yang Aman Digunakan dan Menyehatkan

24 Mar 2021|Dina Rahmawati
Pasta gigi bayi harus dirancang khusus untuk Si KecilPasta gigi bayi harus aman digunakan oleh Si Kecil
Saat gigi anak sudah mulai tumbuh, kamu bisa mengajarinya untuk menyikat gigi. Selain itu, kamu juga perlu membekali diri dengan sikat dan pasta gigi bayi untuk melindungi gigi Si Kecil. Sebab, pada masa tumbuhnya gigi ini, anak lebih rentan mengalami masalah karies gigi dan gigi berlubang. Nah, menggunakan pasta gigi dapat mencegah terjadinya kerusakan gigi. Kamu juga tidak boleh sembarangan dalam memilih pasta gigi untuk bayi. Untuk mempermudah kamu dalam memilihnya, berikut adalah daftar rekomendasi pasta gigi bayi yang bisa kamu berikan untuk Si Kecil.

Rekomendasi pasta gigi bayi

Pasta gigi bayi umumnya dirancang khusus agar aman saat tertelan. Namun, beberapa bahan, seperti sodium lauryl sulfate (SLS), minyak esensial, dan bahan abrasif yang keras, harus dihindari karena bisa merusak enamel gigi maupun melukai mulut Si Kecil.Pasta gigi untuk bayi juga biasanya didesain dengan rasa buah-buahan karena bayi tidak menyukai rasa yang kuat, misalnya mint. Berikut adalah rekomendasi pasta gigi bayi yang aman dan nyaman untuk Si Kecil:
1

Pure Kids Toothpaste Banana Flavour

Rekomendasi pasta gigi bayi: Pure Kids Toothpaste Banana FlavourPure Kids Toothpaste Banana Flavour mencegah terbentuknya karies gigiCek Sekarang
Pure Kids Toothpaste Banana Flavour diformulasikan untuk anak usia 6 bulan atau sejak tumbuh gigi. Odol bayi ini bisa membantu membersihkan plak pada permukaan gigi dan gusi. Selain itu, kandungan xylitol di dalamnya juga bisa mencegah terbentuknya karies gigi.Kamu tidak perlu khawatir karena pasta gigi Pure Kids tidak mengandung deterjen, pewarna, maupun pemanis buatan sehingga aman untuk bayi. Untuk memperoleh Pure Kids Toothpaste Banana Flavour ukuran 50 gram, kamu harus merogoh kocek sekitar Rp28.152.
2

Pigeon Toothpaste Strawberry

Rekomendasi pasta gigi bayi: Pigeon Toothpaste StrawberryPigeon Toothpaste Strawberry tidak mengandung SLSCek Sekarang
Pigeon Toothpaste Strawberry diformulasikan untuk membersihkan dan mencegah kerusakan pada gigi dan gusi bayi. Kamu juga perlu tahu kalau pasta gigi bayi ini sudah bersertifikasi halal dari MUI. Pasta gigi Pigeon tidak memiliki kandungan SLS sehingga aman untuk mulut bayi. Terdapat dua varian jenis, yaitu strawberry dan orange yang bisa kamu pilih. Pigeon Toothpaste Strawberry ukuran 45 gram dibanderol dengan harga Rp15.500.
3

Kodomo Regular Toothpaste Grape

Rekomendasi pasta gigi bayi: Kodomo Regular Toothpaste GrapeKodomo Regular Toothpaste Grape didesain dengan warna dan gambar yang menarik (sumber foto: Temankodomo.com)
Kodomo Regular Toothpaste Grape mengandung fluoride dan xylitol yang dapat membantu menjaga gigi bayi tetap sehat, kuat, dan tidak berlubang. Aroma anggur dari pasta gigi bayi ini juga nyaman di hidung bayi.Pasta gigi Kodomo tidak mengandung SLS maupun bahan berbahaya lainnya sehingga aman jika tertelan oleh bayi. Kemasannya juga didesain dengan warna dan gambar yang menarik.Selain anggur, Kodomo Regular Toothpaste juga tersedia dalam varian orange, strawberry, dan melon. Pasta gigi untuk bayi ini memiliki harga yang terjangkau, yaitu Rp5.200 ukuran tube 45 gram.
4

Cussons Kids 3x Protection Toothpaste

Rekomendasi pasta gigi bayi: Cussons Kids 3x Protection ToothpasteCussons Kids 3x Protection Toothpaste diformulasikan oleh ahli perawatan gigi dan mulut (sumber foto: Cussonskids.co.id)
Cussons Kids 3x Protection Toothpaste mengandung fluoride, xylitol, dan kalsium. Pasta gigi fluoride ini diformulasikan oleh ahli perawatan gigi dan mulut untuk membantu menjaga kesehatan dan memperkuat gigi bayi sekaligus membuat napasnya menjadi lebih segar.Pasta gigi bayi ini memiliki desain yang menarik, yakni berupa varian unicorn berwarna pink dengan rasa strawberry smoothie dan varian hot wheels berwarna biru dengan rasa apel segar. Harga odol bayi Cussons juga ramah di kantong, yaitu sekitar Rp5.500 untuk ukuran 45 gram.
5

Pepsodent Awesome Orange

Rekomendasi pasta gigi bayi: Pepsodent Awesome OrangePepsodent Awesome Orange dilengkapi dengan fluoride (sumber foto: tanyapepsodent.com)
Pepsodent Awesome Orange diformulasikan khusus untuk gigi susu bayi. Pasta gigi bayi ini dilengkapi dengan fluoride, kalsium, dan rasa buah yang disukai oleh anak. Pasta gigi anak Pepsodent Awesome Orange juga membantu menjaga dan melindungi gigi susu anak agar tetap sehat dan kuat.Pepsodent Awesome Orange umumnya aman untuk anak dan hanya menghasilkan sedikit busa. Pasta gigi untuk bayi ini dibanderol dengan harga Rp6.000 saja untuk ukuran 50 gram.
6

Jack N’ Jill Natural Toothpaste

Rekomendasi pasta gigi bayi: Jack N’ Jill Natural ToothpasteJack N’ Jill Natural Toothpaste bebas SLS dan BPA (sumber foto: wellbeingisland.com)
Jack N’ Jill Natural Toothpaste mengandung xylitol dan calendula organik yang dapat membantu menenangkan gusi dan melawan kerusakan gigi bayi. Pasta gigi bayi ini bebas SLS, BPA, pewarna, perasa, maupun pengawet buatan.Terdapat beragam varian yang bisa kamu pilih, mulai dari permen karet, milkshake, strawberry, pisang, raspberry, blueberry, hingga blackcurrant. Aromanya juga lembut sehingga membuat aktivitas menyikat gigi Si Kecil jadi menyenangkan. Namun, harganya relatif lebih tinggi ketimbang merek lainnya, yaitu sekitar Rp65.000 untuk ukuran 50 gram.
Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Tumbuh Gigi Pada BayiMerawat BayiGigi Bungsu
Healthline. https://www.healthline.com/health/baby/best-baby-toothpaste#how-we-chose
Diakses pada 24 Maret 2021
Pure Premium Care. https://purepremiumcare.co.id/purekids/web/produk/detail?id=35
Diakses pada 24 Maret 2021
Pigeon. http://www.pigeon.co.id/products/product/based-on-categories/toiletries-and-skin-care/baby-toiletries-hypoallergenic/toothpaste
Diakses pada 24 Maret 2021
Kodomo. https://temankodomo.com/produk/15-kodomo-regular-toothpaste-grape
Diakses pada 24 Maret 2021
Cussons Kids. https://www.cussonskids.co.id/our-range/unicorn/unicorn-pasta-gigi-fruty-berries-45gr/
Diakses pada 24 Maret 2021
Tanya Pepsodent. https://www.tanyapepsodent.com/produk/pasta-gigi/anak-awesome-orange.html
Diakses pada 24 Maret 2021
Well being Island. https://wellbeingisland.com/collections/jack-n-jill-kids/products/milkshake-jack-n-jill-natural-toothpaste-50g
Diakses pada 24 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter