Makan Sehat

10 Rekomendasi Minyak Zaitun untuk Masak Makanan Sehat

22 Jun 2021|Nina Hertiwi Putri
Merek minyak zaitun untuk masak antara lain Gallo, Rafael Salgado, dan Filippo BerioMinyak zaitun untuk masak lebih sehat dari minyak goreng biasa

Minyak zaitun alias olive oil memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tak hanya ketika dikonsumsi langsung, minyak ini juga baik dijadikan sebagai bahan memasak. Minyak zaitun untuk masak ada banyak jenisnya, mulai dari minyak jenis biasa hingga extra virgin olive oil.

Minyak zaitun sering digunakan di masakan-masakan Eropa. Negara Yunani, terutama, menjadikan olive oil sebagai salah satu asupan utama. Tapi bukan berarti kamu tidak bisa memakainya untuk mengolah makanan Indonesia, lho.

Kalau kamu berencana untuk hidup lebih sehat, maka salah satu langkah ringan yang bisa mulai dilakukan adalah dengan mengurangi asupan gorengan atau mengganti minyak masak dari minyak kelapa sawit menjadi minyak zaitun.

Kenapa minyak zaitun untuk masak menyehatkan bagi tubuh?

Ada beberapa alasan yang membuat minyak zaitun dianggap sebagai alternatif minyak yang lebih sehat dibanding minyak goreng biasa, yaitu:

• Stabil di suhu tinggi

Minyak zaitun untuk masak dinilai lebih sehat karena stabil dalam suhu tinggi. Artinya, ketika kamu pakai minyak ini untuk masak, ia butuh waktu lebih lama untuk mencapai titik didih.

Tanda minyak sudah mencapai titik didih adalah ketika mulai mengeluarkan asap. Ketika minyak sudah mencapai titik didih, komponen-komponen di dalamnya akan mulai rusak. Hal inilah yang kemudian bisa memicu berbagai gangguan kesehatan.

• Mengandung banyak antioksidan dan vitamin E

Extra virgin olive oil adalah salah satu makanan yang tinggi kandungan vitamin E. Vitamin ini punya sifat antiksodan yang dapat membantu menangkal berbagai penyakit berbahaya.

Rekomendasi merek minyak zaitun untuk masak

Sudah tertarik untuk memasak lebih sehat? Jangan bingung, ini beberapa merek minyak zaitun untuk masak yang bisa kamu coba.

1

Kent Boringer Extra Virgin Olive Oil

Rekomendasi Minyak Zaitun untuk Masak adalah Kent Boringer Extra Virgin Olive OilKent Boringer Extra Virgin Olive Oil mengandung vitamin E dan asam linoleatCek Sekarang

Kent Boringer Extra Virgin Olive Oil adalah minyak zaitun untuk memasak yang dibuat tanpa proses pemanasan, sehingga tidak ada komponen yang hilang dari buah zaitun aslinya.

Kamu bisa memakainya untuk berbagai makanan mulai dari dressing salad, dipping, seasoning, sampai menumis dan menggoreng. Minyak ini juga bisa diminum langsung tanpa diolah lagi.

Minyak zaitun bisa menjadi alternatif memasak yang lebih sehat karena mengandung vitamin E dan asam linoleat yang baik untuk kesehatan kulit dan kesehatan tubuh karena bisa mengurangi resiko penyakit jantung.

Harga: Rp150.000 (1 liter)

2

Gallo Extra Virgin Olive Oil

Rekomendasi Minyak Zaitun untuk Masak adalah Gallo Extra Virgin Olive OilGallo Extra Virgin Olive Oil bisa ditambahkan ke MPASICek Sekarang

Gallo Classico Extra Virgin Olive Oil cocok digunakan sebagai minyak zaitun untuk memasak karena memiliki rasa original yang seimbang, sehingga tidak mengubah rasa dan aroma masakan.

Minyak ini diolah dengan aman tanpa proses pemasanan, sehingga berbagai kandungan baik dalam buah zaitun masih bisa dinikmati di minyak ini. Sangat digunakan untuk membuat dressing salad, bumbu marinasi, membuat saus, dan memasak dalam suhu rendah.

Gallo Extra Virgin Olive Oil juga bisa ditambahkan ke MPASI buah hati sesaat sebelum disantap, sehingga Si Kecil bisa mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan.

Harga: Rp118.000 (750 ml)

3

Rafael Salgado Extra Virgin Olive Oil

Rekomendasi Minyak Zaitun untuk Masak adalah Rafael Salgado Extra Virgin Olive OilRafael Salgado Extra Virgin Olive Oil bisa diminum langsungCek Sekarang

Rafael Salgado Extra Virgin Olive Oil mengandung vitamin E dan asam linoleat yang baik untuk kesehatan tubuh. Sehingga, minyak ini bisa dijadikan sebagai minyak masak yang sehat.

Kamu bisa menggunakannya untuk menumis, membuat salad, saus, atau bahkan diminum langsung. Minyak zaitun juga dianggap lebih baik dari jenis minyak masak yang lain karena mudah dicerna, sehingga nyaman di perut.

Harga: Rp179.000 (1 liter)

4

Borges Pure Olive Oil

Rekomendasi Minyak Zaitun untuk Masak adalah Borges Pure Olive OilBorges Pure Olive Oil bisa membantu menurunkan kolesterolCek Sekarang

Untuk orang-orang yang ingin hidup sehat, memasak menggunakan Borges Pure Olive Oil bisa jadi salah satu langkah awal. Sebab, minyak zaitun ini bisa membantu menurunkan risiko terjadinya kolesterol tinggi, penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Dengan Borges Pure Olive Oil, kamu bisa menyajikan masakan yang lebih sehat. Tentunya, jika dicampur dengan bahan-bahan masakan yang sehat pula.

Harga: Rp79.000 (500 ml)

5

Bertolli Olive Oil

Rekomendasi Minyak Zaitun untuk Masak adalah Bertolli Olive OilBertolli Olive Oil cocok untuk menumis hingga memanggang (sumber foto: bertolli.com)

Bertolli olive oil adalah minyak zaitun yang khusus diproduksi untuk memasak. Rasanya yang ringan, membuat minyak ini cocok dipakai untuk menumis, memanggang, atau bahkan membakar langsung di atas api tanpa merusak rasa bumbu yang ada.

Harga: mulai dari Rp153.000 (1 liter)

6

Filippo Berio Extra Light Olive Oil

Merek Minyak Zaitun untuk Masak yang Bagus adalah Filippo Berio Extra Light Olive OilFilippo Berio Extra Light Olive Oil cocok untu semua jenis masakan (sumber foto: filippoberio.com)

Sesuai namanya, Filippo Berio Extra Light olive oil juga memberikan rasa yang sangat ringan di lidah ketiak digunakan untuk memasak. Minyak ini bisa kamu pakai untuk menumis, menggoreng, memanggang, hingga membuat sup dan makanan berkuah lainnya.

Cara menggoreng yang cocok untuk minyak ini adalah shallow fry ataupun pan fry dengan minyak yang tidak terlalu banyak. Meski bisa dipakai untuk deep fry, tekstur garing yang tercipta ketika menggoreng menggunakan minyak zaitun akan sedikit berbeda dari minyak biasa.

Titik didih minyak ini tinggi, sehingga tidak mudah rusak meski digunakan untuk menggoreng.

Harga: mulai dari Rp50.000 (250 ml)

7

Olitalia Extra Virgin Olive Oil

Merek Minyak Zaitun untuk Masak yang Bagus adalah Olitalia Extra Virgin Olive OilOlitalia Extra Virgin Olive Oil cocok untuk memasak pasta (sumber foto: oliatila.com)

Olitalia extra virgin olive oil adalah salah satu produk minyak zaitun produksi Italia yang cocok digunakan untuk memasak maupun dijadikan sebagai bumbu perendam serta membuat saus.Minyak ini terutama cocok untuk dipakai membuat pasta.

Harga: mulai dari Rp195.000 (1 liter)

8

Yummy Bites Kiddy Extra Virgin Olive Oil

Merek Minyak Zaitun untuk Masak yang Bagus adalah Yummy Bites Kiddy Extra Virgin Olive OilYummy Bites Kiddy Extra Virgin Olive Oil bisa dikonsumsi mulai usia 7 bulan (sumber foto: yummybites.com)

Sedang mencari minyak zaitun untuk memasak MPASI Si Kecil? Coba extra virgin olive oil dari Yummy Bites Kiddy. Minyak ini bisa dikonsumsi oleh bayi mulai dari usia 7 bulan dan mengandung vitamin E serta omega 3, 6, dan 9 yang sangat baik untuk perkembangan otak anak.

Tingkat keasamannya rendah, sehingga tidak membuat sakit tenggorokan saat ditelan. Rasa dan aromanya juga netral, sehingga buah hati Anda tetap bisa menikmati makanan kesukaannya tanpa terganggu.

Harga: Rp71.000 (250 ml)

9

Tropicana Slim Extra Virgin Olive Oil

Merek Minyak Zaitun untuk Masak yang Bagus adalah Tropicana Slim Extra Virgin Olive OilTropicana Slim Extra Virgin Olive Oil baik untuk jantung (sumber foto: tropicanaslim.com)

Kalau kamu ingin mulai menggunakan olive oil karena sedang berusaha menurunkan berat badan, extra virgin olive oil dari Tropicana Slim bisa jadi pilihan. Dibuat dari buah zaitun pilihan, minyak ini mengandung vitamin E dan lemak tidak jenuh yang baik untuk jantung.

Selain untuk menumis, minyak zaitun ini cocok untuk memasak ayam panggang, ikan panggang, hingga dijadikan sebagai salad dressing.

Harga: Rp198.000 (500 ml)

10

Costa d’Oro Extra Virgin Olive Oil

Merek Minyak Zaitun untuk Masak yang Bagus adalah Costa d’Oro Extra Virgin Olive OilCosta d’Oro Extra Virgin Olive Oil memiliki rasa yang ringan (sumber foto: oliocostadoro.net)

Costa d’Oro adalah salah satu minyak zaitun yang dibuat khusus untuk memasak dan cocok dipakai di berbagai jenis masakan. Rasanya yang ringan namun tetap terasa segar, membuatnya bisa menyeimbangkan rasa kuat dari bumbu-bumbu ungkepan maupun tumisan.

Harga: mulai dari Rp65.000 (500 ml)

Makanan SehatMakanan DietBuah Dan SayuranPola Hidup Sehat

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/is-olive-oil-good-for-cooking
Diakses pada 18 Juni 2021

http://www.yummybites.com/id/produk/15/yummy-bites-kiddy-extra-virgin-minyak-zaitun
Diakses pada 18 Juni 2021

Tropicana Slim. https://tropicanaslim.com/produk/extra-virgin-olive-oil
Diakses pada 18 Juni 2021

Olio Costa D'Oro. https://www.oliocostadoro.net/en/our-oils/#classici
Diakses pada 18 Juni 2021

Toko SehatQ. toko.sehatq.com
Diakses pada 18 Juni 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter