Mom & Baby

5 Rekomendasi Minyak Ikan untuk Bayi yang Aman Dikonsumsi

23 Jun 2021|Dina Rahmawati
Minyak ikan untuk bayi harus dikonsumsi sesuai anjuran dokterKandungan DHA baik untuk perkembangan otak bayi

Minyak ikan untuk bayi disinyalir dapat mengoptimalkan fungsi otak si kecil. Minyak ikan mengandung tiga jenis omega 3 yang penting bagi kesehatan dan perkembangan anak, yaitu ALA, EPA, dan DHA. Selain lewat makanan, omega 3 bisa didapatkan lewat suplemen minyak ikan. 

Meski dianggap membawa banyak manfaat, bayi berusia 6 bulan atau di bawah 1 tahun tidak direkomendasikan untuk mengonsumsi suplemen minyak ikan. Alasannya adalah karena ASI telah memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh si kecil. 

Namun, jika ingin memberikan suplemen minyak ikan untuk bayi berusia di bawah 1 tahun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, ya!  

Terlepas dari hal tersebut, kandungan omega 3 dalam minyak ikan memiliki sejumlah manfaat, seperti:

  • Meningkatkan fungsi otak dan perkembangan kognitif
  • Menjaga kesehatan penglihatan
  • Membantu meningkatkan kekebalan tubuh
  • Membantu menjaga kesehatan tulang.

Namun, minyak ikan untuk bayi juga dapat menimbulkan efek samping, berupa napas atau keringat bau, mual, diare, sakit perut, dan rewel. 

Rekomendasi minyak ikan untuk bayi

Jika sudah diberikan lampu hijau oleh dokter, ada beberapa produk minyak ikan yang dapat diberikan untuk bayi yang berusia di bawah 1 tahun ataupun di atasnya.

1

Sea Quill DHA Gold

Rekomendasi minyak ikan untuk bayi: Sea Quill DHA GoldSea Quill DHA Gold mengandung asam lemak DHA (sumber foto: Saudara Official Store)

Sea Quill DHA Gold mengandung asam lemak DHA yang baik untuk perkembangan otak si kecil. Suplemen ini terbuat dari 200 mg minyak ikan tuna yang dikemas dalam gel lembut sehingga dapat diserap oleh tubuh secara maksimal.

Untuk konsumsi pada bayi, sebaiknya keluarkan minyak ikan yang ada di dalam kapsul lunak, lalu campur ke dalam susu botol atau MPASI. Merek minyak ikan untuk bayi 6 bulan ini dibanderol dengan harga Rp213.500 berisi 30 kapsul lunak.

2

Scott’s Emulsion

Rekomendasi minyak ikan untuk bayi: Scott’s EmulsionScott’s Emulsion terbuat dari minyak ikan kod yang kaya omega 3 (sumber foto: Toko Baru Jkt Store)

Scott’s Emulsion diperuntukan bagi anak berusia mulai dari 1 tahun. Suplemen ini terbuat dari minyak ikan kod dengan kandungan omega 3, vitamin A, vitamin D, dan kalsium yang baik untuk pertumbuhan si kecil dan memelihara kesehatan tubuhnya. 

Suplemen minyak ikan untuk anak 1 tahun ini juga mengandung tambahan jus jeruk sehingga terasa lebih enak. Kamu hanya perlu memberikan 1 sdm Scott’s Emulsion sebanyak sekali sehari. Harga minyak ikan untuk balita ini adalah sekitar Rp68.500 untuk ukuran botol 400 ml.

3

Moller’s Tran Omega 3

Rekomendasi minyak ikan untuk bayi: Moller’s Tran Omega 3Moller’s Tran Omega 3 mengandung DHA dan EPA (sumber foto: Health Nut Story Store)

Moller’s Tran Omega 3 terbuat dari minyak ikan kod segar. Selain DHA dan EPA, minyak ikan untuk bayi ini juga dilengkapi dengan vitamin A, D, dan E yang baik untuk pertumbuhannya.

Berbagai kandungan minyak ikan ini dapat menunjang perkembangan otak, mata, dan sistem saraf anak. Nah, mengenai dosisnya, bayi berusia 1-6 bulan hanya 2,5 ml per hari dan bayi berusia 6 bulan ke atas diberikan 5 ml per hari. 

Merek minyak ikan untuk bayi ini dibanderol dengan harga Rp425.000 ukuran botol 250 ml.

4

Nature’s Way Kids Smart Drops DHA

Rekomendasi minyak ikan untuk bayi: Nature’s Way Kids Smart Drops DHANature’s Way Kids Smart Drops DHA baik untuk otak dan mata si kecil (sumber foto: naturesway.com.au)

Merek minyak ikan untuk bayi 6 bulan selanjutnya adalah Nature’s Way Kids Smart Drops DHA. Minyak ikan ini dapat mendukung perkembangan kognitif, fungsi otak, fungsi sistem saraf, dan kesehatan mata si kecil. Manfaat ini berasal dari konsentrat omega 3 ikan yang ada di dalamnya.

Untuk bayi berusia di bawah 12 bulan, cukup berikan Nature’s Way Kids Smart Drops DHA sekitar 0,5 ml per hari. Supaya si kecil bisa mengonsumsinya dengan mudah, kamu bisa mencampur minyak ikan untuk bayi ini dengan susu (ASI dan formula) atau MPASI. 

Tertarik membawa pulang suplemen Nature’s Way? Kamu harus menyiapkan budget sekitar Rp170.000 ukuran 200 ml.

5

Nordic Naturals Baby’s DHA

Rekomendasi minyak ikan untuk bayi: Nordic Naturals Baby’s DHANordic Naturals Baby’s DHA terbuat dari 100 persen ikan kod (sumber foto: nordicnaturals.com)

Nordic Natural Baby’s DHA mengandung omega 3 yang baik untuk perkembangan otak, mata, dan saraf bayi. Minyak ikan untuk bayi ini terbuat dari 100 persen ikan kod dengan tambahan vitamin D3 yang direkomendasikan oleh dokter anak.

Kamu tidak perlu meragukan keamanannya karena Nordic Natural Baby’s DHA telah melewati pengujian yang ketat dan bebas dari rekayasa genetik (non-GMO). 

Pemberian suplemen ini disesuaikan dengan berat badan bayi sehingga pastikan kamu membaca petunjuk penggunaannya. Nordic Naturals Baby’s DHA dibanderol dengan harga Rp209.000.

Bayi & MenyusuiMinyak IkanTumbuh Kembang BayiMakanan Mengandung Omega 3

Web MD. https://www.webmd.com/diet/features/who-needs-omega-3s#2
Diakses pada 23 Juni 2021

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/omega-3-for-kids#side-effects
Diakses pada 23 Juni 2021

Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/benefits-of-fish-oil-for-babies_00352009/
Diakses pada 23 Juni 2021

SehatQ. https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-minyak-ikan-untuk-otak-anak#tips-memberikan-minyak-ikan-untuk-bayi
Diakses pada 23 Juni 2021

Mandjur. https://www.mandjur.co.id/sea-quill-dha-gold
Diakses pada 23 Juni 2021

Mandjur. https://www.mandjur.co.id/scott-s-emulsion
Diakses pada 23 Juni 2021

Natures Way. https://www.naturesway.com.au/product/kidssmart-drops-dha-20ml
Diakses pada 23 Juni 2021

Nordic Naturals. https://www.nordicnaturals.com/consumers/babys-dha
Diakses pada 23 Juni 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter