Makan Sehat

7 Rekomendasi Minyak Ikan Terbaik untuk Kesehatan Tubuhmu

08 Mar 2021|Fadli Adzani
Ada banyak merek minyak ikan terbaik yang bisa dicoba, mulai dari Nordic Naturals DHA Xtra Omega-3 Fish Oils hingga Blackmores Odourless Fish Oil 1000.Terdapat segudang merek minyak ikan terbaik yang bisa dicoba, salah satunya Nordic Naturals DHA Xtra Omega-3 Fish Oils.

Minyak ikan adalah salah satu suplemen makanan yang dikonsumsi banyak orang. Minyak ini mengandung asam lemak omega-3 yang membawa banyak manfaat bagi kesehatan. Jika kamu jarang mengonsumsi ikan, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi suplemen minyak ikan terbaik untuk memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3 yang dibutuhkan tubuhmu.

Rekomendasi minyak ikan terbaik untuk jaga kesehatanmu

Satu hal yang perlu diingat sebelum mengonsumsi atau memberikan minyak ikan, kamu disarankan  berkonsultasi dulu pada dokter untuk mengetahui takaran dan anjuran yang tepat.

Perlu diperhatikan juga, terdapat beberapa produk minyak ikan yang tidak memiliki kandungan serupa seperti yang tertera pada kandungan nutrisinya. Maka dari itu, pastikan bahwa suplemen minyak ikan yang kamu beli sudah teruji secara klinis.

Berikut adalah beberapa rekomendasi minyak ikan terbaik yang paling cocok untuk kebutuhan kamu dan keluarga.

1

Nordic Naturals DHA Xtra Omega-3 Fish Oils

minyak ikan terbaikNordic Naturals DHA Xtra Omega-3 Fish Oils (Sumber: Nordic Naturals)

Nordic Naturals DHA Xtra Omega-3 Fish Oils adalah merek suplemen minyak ikan yang mengandung DHA tinggi untuk mendukung fungsi kognitif. Secara total, salah satu merek minyak ikan terbaik ini mengandung 1.660 miligram asam lemak omega-3.

Nordic Naturals mengklaim bahwa produknya ini dapat menyehatkan otak dan sistem saraf. Jika kamu tidak menyukai rasa minyak ikan, kamu tidak perlu khawatir karena Nordic Naturals DHA Xtra Omega-3 Fish Oils hadir dalam rasa stroberi.

Perlu diingat, setiap orang memiliki kebutuhan asam lemak omega-3 asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA) yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sebaiknya kamu pilih merek minyak ikan terbaik yang mengandung setidaknya 300 miligram EPA dan DHA per porsinya seperti Nordic Naturals DHA Xtra Omega-3 Fish Oils ini.

Produk minyak ikan yang terbuat dari sarden dan teri liar ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp419.081.

2

Blackmores Odourless Fish Oil 1000

minyak ikan terbaikBlackmores Odourless Fish Oil 1000 (Sumber: Blackmores Indonesia)

Tidak semua orang menyukai bau minyak ikan. Jika kamu termasuk salah satunya, cobalah Blackmores Odourless Fish Oil 1000. Salah satu produk minyak ikan terbaik ini sudah mengandung lemon dan vanilla sehingga kamu tidak akan terganggu dengan aromanya.

Blackmores Odourless Fish Oil 1000 terbuat dari ikan sarden, kembung, dan teri yang hidup di laut dalam sehingga minim merkuri. Tidak hanya itu, minyak ikan ini sudah diuji secara ketat agar kualitasnya terjaga.

Blackmores Odourless Fish Oil 1000 juga mengklaim bahwa produknya bisa mendukung kesehatan jantung dan kardiovaskular. Klaim ini juga didukung oleh sebuah riset yang menyatakan bahwa minyak ikan dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan trigliserida hingga 15-30 persen. Tidak hanya itu, minyak ini juga mampu mencegah munculnya plak yang dapat menyebabkan pembuluh darah mengeras.

Untuk anak 2-12 tahun, Blackmores Odourless Fish Oil 1000 dapat dikonsumsi sebanyak 1 kapsul saja sehari. Sementara itu, orang dewasa boleh meminumnya sebanyak 2 kapsul sehari setelah makan.

Blackmores Odourless Fish Oil 1000 berisi 200 kapsul dapat kamu beli dengan harga mulai dari Rp277.500.

3

ChildLife Essential Cod Liver Oil

minyak ikan terbaikChildLife Essential Cod Liver Oil (Sumber: ChildLife)

Minyak ikan kod memiliki peran penting untuk mendukung pertumbuhan anak. Bagi orangtua yang ingin memberikan minyak ikan kod kepada anak, kamu boleh mencoba ChildLife Essential Cod Liver Oil.

Selain mendukung pertumbuhan Si Kecil, manfaat minyak ikan juga dipercaya bisa mengatasi penyakit attention deficit hyperactivity disorder (ADHD). Asam lemak omega-3 yang terkandung di dalam minyak ikan dipercaya penting dalam mencegah gangguan perilaku pada anak-anak. Ditambah lagi, suplemen minyak ikan juga dapat membantu mengatasi perilaku hiperaktif, impulsif, dan agresif pada anak.

Kamu tidak perlu khawatir karena ChildLife Essential Cod Liver Oil memiliki rasa stroberi yang disukai oleh anak-anak. Minyak ikan kod berbentuk sirup ini mengandung asam lemak omega-3 DHA yang baik untuk sistem saraf, tulang, dan otak.

Harga minyak ikan ini dibanderol mulai dari Rp341.400 untuk botol berukuran 237 mililiter.

4

Möller’s Cod Liver Oil

minyak ikan terbaikMöller’s Cod Liver Oil (Sumber: Möller’s)

Tersedia dalam rasa alami, apel, dan lemon, Möller’s Cod Liver Oil merupakan salah satu merek minyak ikan terbaik yang bisa kamu coba.

Selain mengandung asam lemak omega-3, Möller’s Cod Liver Oil juga mengandung berbagai nutrisi lainnya, seperti vitamin A dan D untuk menjaga sistem imun serta vitamin E untuk menjaga sel dari stres oksidatif.

Vitamin A yang dikandung Möller’s Cod Liver Oil juga bisa berkontribusi dalam perkembangan mata dari janin. Penelitian juga membuktikan, orang yang kekurangan asam lemak omega-3 memiliki risiko penyakit mata yang tinggi. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi minyak ikan secara rutin untuk mencegah penyakit mata.

Kamu perlu merogoh kocek mulai dari Rp400.000 untuk mendapatkan salah satu merek minyak ikan terbaik ini.

5

Puritan's Pride - Triple Omega 3, 6, 9

minyak ikan terbaikPuritan's Pride - Triple Omega 3, 6, 9 (Sumber: Puritan's Pride)

Jika asam lemak omega-3 saja tidak cukup, kamu bisa mencoba produk Puritan's Pride - Triple Omega 3, 6, 9. Alasannya, suplemen minyak ikan ini juga mengandung asam lemak omega-6 dan 9.

Asam lemak omega-6 dapat memberikan tubuh energi yang cukup, sedangkan asam lemak omega-9 terbukti bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi peradangan berdasarkan sejumlah studi.

Minyak ikan juga terbukti mengandung senyawa antiradang, inilah sebabnya minyak ikan diyakini dapat mengatasi kondisi yang melibatkan peradangan kronis.

Pada pasien obesitas misalnya, minyak ikan terbukti bisa mengurangi produksi dan ekspresi gen peradangan bernama sitokin.

Tidak hanya itu, salah satu merek minyak ikan terbaik ini juga memiliki kandungan minyak flax dan borage. Hebatnya, tidak ada kandungan pewarna buatan, perasa, atau pemanis di dalam Puritan's Pride - Triple Omega 3, 6, 9.

Untuk membawa pulang Puritan's Pride - Triple Omega 3, 6, 9, kamu harus merogoh kocek mulai dari Rp239.900.

6

Nutrimax Omega 3 Pro

minyak ikan terbaikNutrimax Omega 3 Pro (Sumber: Nutrimax)

Nutrimax Omega 3 Pro mengklaim bahwa produknya mengandung asam lemak omega-3 EPA dan DHA yang 1,5 kali lebih tinggi dibandingkan produk minyak ikan lainnya di pasaran.

Merek minyak ikan ini juga mengandung vitamin E dengan kadar yang disarankan untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan mencegah oksidasi LDL.

Salah satu merek minyak ikan terbaik ini memiliki beberapa keunggulan, di antaranya:

  • Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah
  • Menormalkan kadar kolesterol dan trigliserida
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Melancarkan sirkulasi darah
  • Menjaga fungsi kognitif
  • Menjaga kesehatan persendian.

Nutrimax Omega 3 Pro berisi 30 kapsul dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp225.000.

7

Nature’s Health Virgin Salmon Omega 3

minyak ikan terbaikNature’s Health Virgin Salmon Omega 3 (Sumber: Nature's Health)

Minyak ikan salmon menawarkan banyak manfaat. Menurut riset, mengonsumsi 270 gram ikan salmon dua kali per minggu mampu menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh partisipan.

Jika kamu ingin merasakan manfaat minyak ikan salmon, kamu patut mencoba Natures Health Virgin Salmon Omega 3.

Salah satu merek minyak ikan terbaik ini menggunakan bahan baku alami, tidak mengandung zat kimia, pengawet, atau pewarna. Kualitas dan stabilitas produknya pun terjaga oleh ekstrak rosemary, ascorbyl palmitat, dan tokoferol alami.

Hanya dengan Rp220.000, kamu sudah bisa membawa pulang Nature’s Health Virgin Salmon Omega 3 berisi 50 soft gel.

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Minyak IkanMakanan SehatHidup Sehat

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/13-benefits-of-fish-oil
Diakses pada 8 Februari 2021

Nordic Naturals. https://www.nordicnaturals.com/consumers/dha-xtra
Diakses pada 8 Februari 2021

Blackmores. https://www.blackmores.co.id/product/jantung-dan-sirkulasi/odourless-fish-oil-1000
Diakses pada 8 Februari 2021

ChildLife Nutrition. https://childlifenutrition.com/product/cod-liver-oil/
Diakses pada 8 Februari 2021

Mollers. https://www.mollers.com/product/mollers-tran/
Diakses pada 8 Februari 2021

Puritan. http://www.puritan.co.id/products/puritan-s-pride-triple-omega-3-6-9-maximum-strength-triple-omega-3-6-9-suplemen-kesehatan-dengan-kandungan-omega-3-6-dan-omega-9-dengan-komposisi-seimbang
Diakses pada 8 Februari 2021

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/omega-3-6-9-overview#omega-6
Diakses pada 8 Februari 2021

Tokopedia. https://www.tokopedia.com/officialnutrimax/nutrimax-omega-3-pro-30-softgel-minyak-ikan-hipertensi-kolesterol
Diakses pada 8 Februari 2021

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/salmon-oil-benefits#TOC_TITLE_HDR_3
Diakses pada 8 Februari 2021

Natural Farm. https://naturalfarm.id/product/natures-health-virgin-salmon-omega-3-50-softgels
Diakses pada 8 Februari 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter