Mom & Baby

6 Rekomendasi Minyak Canola untuk MPASI yang Kaya Lemak Sehat

07 Jul 2021|Dina Rahmawati
Minyak canola untuk MPASI kaya akan lemak sehatMinyak canola dapat memberi lemak sehat pada MPASI

Untuk memenuhi kebutuhan lemak bayi, kamu bisa menambahkan canola oil atau minyak canola untuk MPASI. Minyak canola adalah minyak nabati yang dihasilkan dari biji tanaman kanola. Minyak ini mengandung lemak tak jenuh yang baik bagi tumbuh kembang si kecil.

Selain itu, ada pula kandungan asam lemak esensial yang disebut asam lemak linoleat dan asam lemak linolenat. Menggunakan canola oil untuk MPASI disertai dengan bahan makanan yang sehat lainnya, dapat menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi.

Manfaat minyak canola untuk bayi

Minyak canola untuk MPASI aman digunakan. Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat bahkan telah lama mengizinkan penggunaan canola oil ke dalam makanan bayi dan balita. Adapun sejumlah manfaat minyak canola untuk bayi, yaitu:

  • Membantu tubuh mendapatkan asam lemak penting, seperti DHA dan ARA
  • Mendukung perkembangan otak dan sistem saraf
  • Melindungi tubuh dari peradangan
  • Membantu menjaga kesehatan jantung.

Kamu bisa mengkreasikan minyak canola bersama sayur-mayur, ikan, daging, atau bahan lainnya untuk memperkaya menu MPASI bayi. Namun, pastikan menggunakan canola oil untuk MPASI secukupnya saja, ya!

Rekomendasi minyak canola untuk MPASI

Ada banyak merek minyak canola yang beredar di pasaran. Untuk memberikan kemudahan dalam memilihnya, berikut adalah sejumlah rekomendasi dari SehatQ yang bisa kamu pertimbangkan.

1

Dyanas Canola Oil

Rekomendasi minyak canola untuk MPASI: Dyanas Canola OilDyanas Canola Oil bersih dan ringan karena diproses dengan baikCek Sekarang

Dyanas Canola Oil dapat digunakan untuk MPASI bayi. Minyak yang terbuat dari biji tanaman canola ini bersih dan ringan karena diproses dengan baik. Teksturnya pun tidak kental sehingga nyaman di mulut bayi.

Kamu bisa menggunakan Dyanas Canola Oil untuk memasak ataupun dressing MPASI bayi. Daya simpannya juga cukup lama, yakni sekitar dua tahun. 

Harga minyak canola untuk MPASI ini cukup terjangkau, siapkan uang sekitar Rp56.800 untuk membawa pulang kemasan botol 1 liter.

2

Tropicana Slim Canola Oil

Rekomendasi minyak canola untuk MPASI: Tropicana Slim Canola OilTropicana Slim Canola Oil mengandung omega 3 dan vitamin E (sumber foto: tropicanaslim.com)

Tropicana Slim Canola Oil terbuat dari 100 persen biji canola pilihan yang cocok untuk MPASI bayi. 

Minyak sehat ini mengandung omega 3 dan vitamin E yang baik untuk tumbuh kembang si kecil karena dapat meningkatkan kecerdasan dan menguatkan fungsi otaknya. 

Selain itu, asam lemak jenuh Tropicana Slim Canola Oil juga lebih rendah. Cita rasa MPASI bayi yang Anda buat tidak akan rusak karena tekstur minyak ini ringan dan beraroma segar. 

Minyak canola untuk MPASI ini dibanderol dengan harga Rp65.300 kemasan botol 946 ml.

3

Mazola Canola Oil

Rekomendasi minyak canola untuk MPASI: Mazola Canola OilMazola Canola Oil mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda (sumber foto: mazola.com)

Mazola Canola Oil merupakan 100 persen minyak kanola murni. Minyak nabati ini cocok digunakan sebagai minyak tambahan dalam MPASI karena mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang dibutuhkan bayi.

Mazola Canola Oil juga mengandung vitamin E yang dapat berperan sebagai antioksidan dan diklaim bebas dari senyawa jahat, seperti kolesterol dan lemak trans, lho

Jika kamu ingin membawa pulang minyak Mazola untuk MPASI ini, siapkan uang sekitar Rp83.000 untuk kemasan botol berukuran 900 ml.

4

Golden Bridge Canola Oil

Rekomendasi minyak canola untuk MPASI: Golden Bridge Canola OilGolden Bridge Canola Oil memiliki tekstur yang ringan dan segar (sumber foto: ksgfood.com)

Canola oil untuk MPASI selanjutnya adalah Golden Bridge Canola Oil. Minyak biji canola ini mengandung omega 3, omega 6, dan rendah lemak jenuh. Teksturnya yang ringan dan segar membuatnya cocok menjadi tambahan untuk MPASI.

Kamu juga tidak perlu meragukan keamanannya t karena Golden Bridge Canola Oil telah mengantongi izin BPOM. 1 liter minyak canola untuk MPASI ini dibanderol dengan harga yang ramah di kantong, yaitu Rp55.000.

5

Dougo Canola Oil

Rekomendasi minyak canola untuk MPASI: Dougo Canola OilDougo Canola Oil kandungan lemak jenuhnya rendah (sumber foto: Pandurasa Official Store)

Dougo Canola Oil dihasilkan dari ekstrak biji tanaman canola dan diproduksi langsung di Kanada. Minyak canola ini memiliki kandungan omega 3 dan 6 yang baik untuk kesehatan otak dan jantung bayi. 

Minyak canola untuk MPASI dari Dougo ini dianggap lebih sehat karena kandungan lemak jenuhnya rendah. Kamu bisa memadukan Dougo Canola Oil dengan bahan makanan sehat lainnya untuk MPASI bayi. 

Tertarik untuk membelinya? Kamu harus merogoh kocek sekitar Rp69.000 untuk kemasan botol berukuran 1 liter.

6

Family Choice Canola Oil

Rekomendasi minyak canola untuk MPASI: Family Choice Canola OilFamily Choice Canola Oil tinggi kadar kolesterol baik (sumber foto: bigboxasia.com)

Family Choice Canola Oil memiliki tekstur ringan dengan warna yang jernih. Kamu bisa menggunakannya untuk membuat MPASI yang bernutrisi karena minyak ini merupakan sumber lemak omega 3 yang bagus untuk tumbuh kembang si kecil. 

Selain itu, Family Choice Canola Oil tinggi kadar kolesterol baik (HDL). Menambahkan minyak ini ke dalam MPASI juga tidak akan mengubah rasa makanan, lho

Untuk membawa pulang 1 liter minyak canola untuk MPASI ini, siapkan budget sekitar Rp64.200.

Tumbuh Kembang BayiMpasiMakanan Bayi

Naturesone. https://www.naturesone.com/blog/is-canola-oil-safe-for-use-in-baby-formula-/
Diakses pada 07 Juli 2021

Web MD. https://www.webmd.com/food-recipes/canola-oil
Diakses pada 07 Juli 2021

Toko SehatQ. https://toko.sehatq.com/produk/dyanas-canola-oil-minyak-goreng-1-liter
Diakses pada 07 Juli 2021

Tropicana Slim. https://tropicanaslim.com/produk/canola-oil
Diakses pada 07 Juli 2021

Mazola. https://www.mazola.com/products/mazola-canola-oil/
Diakses pada 07 Juli 2021

Big Box Asia. https://bigboxasia.com/my/family-choice-canola-oil-2l-malaysia.html
Diakses pada 07 Juli 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter