Mom & Baby

Pilihan Mie Instan untuk Bayi yang Enak dan Sehat

19 May 2021|Rhandy Verizarie
mie untuk bayiIlustrasi mie untuk bayi

Cita rasa yang lezat dan cara membuatnya yang praktis menjadikan mie instan sebagai salah satu makanan favorit banyak orang. Pertanyaannya, apakah mi instan bisa dikonsumsi oleh bayi? Jika ya, apa saja pilihan mie untuk bayi yang aman dikonsumsi?

Nah, buat kamu yang ingin memberikan mi instan kepada si kecil, simak informasi berikut ini, yuk!

Kapan bayi boleh makan mie?

Saat memasuki usia 6 bulan, bayi sudah bisa mulai mengonsumsi makanan padat. Ini juga menjadi langkah awal mereka untuk “berkenalan” dengan berbagai macam jenis makanan yang memiliki rasa, tekstur, dan aroma bervariasi.

Namun, apakah di antara makanan-makanan padat tersebut, mie salah satunya? Usia 6 bulan merupakan masa di mana bayi belum memiliki kemampuan motorik yang baik, pun gigi yang belum tumbuh sempurna. Padahal, mengunyah mie sedikit lebih susah ketimbang jenis makanan lainnya.

Mie instan boleh saja dijadikan makanan untuk bayi, dengan memperhatikan beberapa kondisi berikut:

  • Kemampuan motorik. Kamu bisa mulai memberikan mie untuk bayi apabila kemampuan motoriknya—dalam hal ini menelan makanan—sudah cukup baik.
  • Refleks ekstrusi. Refleks ekstrusi adalah refleks mendorong keluar makanan padat dari dalam mulut. Apabila si kecil tidak lagi seperti itu, kamu boleh memberikannya mie. Potonglah kecil-kecil agar lebih mudah masuk ke mulut.
  • Kontrol kepala. Apabila si kecil sudah bisa duduk sendiri dan memiliki kontrol kepala yang baik, maka tidak ada salahnya kamu mulai mengenalkannya pada mi instan.
  • Reaksi alergi. Si kecil mungkin saja memiliki intoleransi gluten sehingga kemungkinan akan mengalami reaksi alergi pasca makan mi atau spagheti. Itu sebabnya, pastikan terlebih dahulu apakah ia mengalami tanda-tanda reaksi alergi sesudah makan mi. Jika tidak, maka kamu boleh memberikannya lagi di kemudian hari.

Secara umum, usia 8-9 bulan adalah waktu yang disarankan untuk mulai memberikan mie bagi bayi.

Namun, ada juga ahli medis yang berpendapat bahwa bayi baru diperbolehkan makan mi pada usia 2 tahun ke atas. Kamu bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai hal ini, termasuk risiko kandungan mi instan terhadap kesehatan bayi.

Pilihan mie untuk bayi yang aman dikonsumsi

Setelah mendapat saran dari dokter, kamu bisa memilih salah satu dari mie untuk bayi berikut ini guna diberikan pada si kecil.

1

Promina Sup Mi

mie untuk bayiPromina Sup Mi (sumber foto: promina.co.id)

Promina Sup Mi adalah mie khusus untuk bayi usia 12 bulan ke atas. Mi instan dari Promina ini dilengkapi dengan sayuran serta daging. 

Tekstur mi cenderung halus, sehingga cocok dikonsumsi oleh si kecil yang sedang belajar menggigit dan mengunyah.

 

Harga: Rp15.000

2

Yummy Bites

mie untuk bayiYummy Bites Organic Noodle

Yummy Bites adalah mie khusus bayi usia 7 bulan ke atas. Mi ini tersedia dalam varian rasa brokoli, bayam, dan sweet potato. 

Mi instan Yummy Bites mengandung Omega 3 dan 6, serta sejumlah mineral seperti zat besi, zinc, kalsium, fosfor, dan magnesium. 

 

Harga: Rp42.000 (200gr)

3

Alamie Mi Instan Sehat

mie untuk bayiAlamie Mi Instan (sumber foto: alamifood.com)

Alamie Mi Instan Sehat adalah mie buat bayi yang terbuat dari sayuran seperti bayam merah, bayam hijau, dan wortel, serta bahan organik lainnya seperti buah naga. 

Mi ini tidak mengandung bahan pengawet sehingga lebih sehat untuk dikonsumsi si kecil. Alamie Mi Instan Sehat tersedia dalam varian goreng dan kuah. 

 

Harga: Rp4.000

4

Mie Pondok Sehat

mie untuk bayiMie Pondok Sehat

Mie Pondok Sehat adalah mie untuk bayi yang terbuat dari bahan organik yakni sayur bayam, tomat, ubi, wortel, dan sawi.

Bumbunya juga terbuat dari bahan alami dan tersedia dalam berbagai varian rasa seperti ayam bawang, soto, kari, dan goreng.

 

Harga: Rp9.000

5

Lemonilo

mie untuk bayiLemonilo Mi Instan (sumber foto: lemonilo.com)

Lemonilo terbuat dari bahan organik dan bebas kandungan MSG, HVP, serta bahan-bahan 3P (pengawet, perasa, dan pewarna buatan). 

Cita rasa mie instan yang satu ini mirip dengan beberapa merek umum lainnya. 

 

Harga: Rp6.000

6

Ladang Lima Mi Instan Organik

mie untuk bayiMie Ladang Lima (sumber foto: ladanglimastore.com)

Mie untuk bayi dari Ladang Lima terbuat dari tepung singkong. Mie ini memiliki tekstur yang lebar. Sebaiknya mie dipotong kecil-kecil sebelum diberikan kepada si kecil.

Mi instan Organik dari Ladang Lima tersedia dalam varian rasa bayam merah, tomat, bawang putih, bawang merah, dan kemangi. 

 

Harga: Rp13.000

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Ibu Dan AnakBayiMakanan Bayi
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter