Makan Sehat

Rekomendasi Merk Microwave Terbaik untuk Menghangatkan Makanan

22 Oct 2021|Bayu Galih Permana
Pastikan memilih merk microwave berkualitas yang teruji keamanannyaMicrowave bisa dipakai untuk memasak atau menghangatkan makanan

Banyak orang yang selama ini memilih untuk memanaskan makanan dengan menggorengnya kembali ke dalam minyak panas. Meski membuat makanan jadi terasa lebih renyah dan nikmat, cara tersebut tentu tidak baik bagi kesehatan karena bisa meningkatkan risiko terkena penyakit mulai dari masalah pencernaan, obesitas, sakit jantung, hingga kanker.

Untuk mengurangi risiko tersebut, kamu dapat beralih menggunakan microwave. Kegunaan microwave adalah untuk memanaskan makanan. Beberapa juga bisa dipakai sebagai oven. Namun, kamu wajib paham cara memakainya dengan benar supaya tak menjadi bumerang. Beberapa makanan tidak boleh dimasukkan ke microwave karena dapat memicu ledakan.

Pastikan juga membeli merk microwave terbaik yang telah teruji kualitasnya. Jangan membeli produk dengan harga terlewat murah, yang tidak memerhatikan keamanan dan keselamatan pengguna.

Makanan yang tidak boleh dimasukkan ke microwave

Tidak semua makanan boleh dimasak atau dipanaskan memakai microwave. Jika dipaksakan, ada bahaya atau risiko yang mungkin ditimbulkan. Beberapa yang sebaiknya dihindari, antara lain:

  • Telur

Banyak kasus telur yang meledak karena direbus memakai microwave. Hal itu terjadi karena adanya penumpukan uap, serta peningkatan tekanan pada bagian dalam telur. Ledakan terjadi karena selaput dan cangkang telur yang tipis tidak mampu menahan tekanan tersebut.

  • Air dalam mug

Hindari memanaskan air dalam mug menggunakan microwave. Tidak hanya air, mug yang digunakan sebagai wadah akan ikut panas. Dalam beberapa kasus, panas yang terlalu tinggi dapat membuat mug pecah, bahkan meledak.

  • Makanan olahan

Tanpa dipanaskan dalam microwave, makanan olahan memang sudah tidak baik untuk kesehatan. Memanaskannya dengan microwave bisa membuat makanan olahan makin jahat. Konsumsinya berpotensi meningkatkan risiko terkena penyakit-penyakit kronis, salah satunya sakit jantung.

  • Sayuran berdaun hijau

Jangan sekali-kali memasak atau memanaskan sayuran berdaun hijau menggunakan microwave. Tindakan tersebut dapat memicu api pada makanan. Bahkan, kebakaran juga mungkin terjadi jika sayuran yang dimasak jumlahnya banyak.

Rekomendasi microwave terbaik

1

Microwave Electrolux EMM20M38GW

Rekomendasi microwave terbaikMicrowave Electrolux EMM20M38GW (Sumber foto: Electrolux Indonesia)

Electrolux EMM20M38GW adalah salah satu merk microwave terbaik dengan watt kecil. Bisa menampung makanan hingga 20 liter, besar daya yang dibutuhkan microwave Electrolux ini hanya 800 watt.

Tak hanya itu, Electrolux EMM20M38GW juga dilengkapi control digital untuk mempermudah penggunaan. Microwave watt kecil ini bisa kamu bawa pulang dengan harga mulai Rp1,4 juta.

2

Microwave Sharp R-21D0

Rekomendasi microwave terbaikMicrowave Sharp R-21D0 (Sumber foto: Sharp Indonesia)

Sharp R-21D0 merupakan oven sekaligus microwave dengan harga terjangkau. Punya daya rendah hanya 450 watt, harga microwave Sharp dengan control manual ini dibanderol mulai Rp900.000 saja. 

Meski dijual dengan harga terjangkau, fitur dan tampilan Microwave Sharp R-21D0 terbilang cukup elegan. Microwave ini memiliki kapasitas besar hingga 23 liter, serta dilengkapi pintu tempered glass, yang memudahkanmu untuk memantau tingkat kematangan makanan dari luar. 

3

Microwave Samsung ME731K

Rekomendasi microwave terbaikMicrowave Samsung ME731K (Sumber foto: Samsung)

Microwave oven dari Samsung ini dilengkapi berbagai macam fitur yang dapat membantumu ketika berada di dapur. Memiliki kapasitas hingga 20 liter, Samsung ME731K punya 6 power level, piringan berputar di bagian dalam, timer, hingga mode child lock.

Tampilannya pun juga terlihat futuristik karena sudah menggunakan kontrol digital dengan multi-display LED. Harga microwave Samsung ME731K dijual mulai Rp 999.000.

4

Microwave Aqua AEM-2612S

Rekomendasi microwave terbaikMicrowave Aqua AEM-2612S (Sumber foto: Aqua Japan)

Aqua AEM-2612S merupakan microwave watt kecil dengan 11 power level. Microwave murah dengan kebutuhan daya 400 watt ini juga dilengkapi berbagai fitur seperti defrost (pencairan makanan beku), child lock, hingga indikator suara ketika proses pemanasan sudah selesai.

Untuk kapasitasnya, Aqua AEM-2612S bisa menampung makanan hingga 21 liter. Microwave yang bagus dan hemat listrik ini dapat kamu beli dengan harga cukup terjangkau, yaitu mulai Rp960.000.

5

Microwave Panasonic NN-GT65

Rekomendasi microwave terbaikMicrowave Panasonic NN-GT65 (Sumber foto: Panasonic)

Panasonic NN-GT65 adalah oven sekaligus microwave, yang mempunyai kapasitas besar yaitu mencapai 31 liter. Dibekali teknologi inverter, salah satu merk microwave terbaik di kelasnya ini dapat memasak dengan cepat dan memberikan kematangan yang merata.

Fitur-fiturnya pun juga sangat lengkap, mulai dari auto reheat, turbo defrost, timer, hingga mode grill. Harga microwave oven dengan kebutuhan daya 1.000 watt ini dijual mulai Rp2,9 juta.

Makanan Sehat

Parenting FirstCry. https://parenting.firstcry.com/articles/benefits-of-microwave-cooking-and-dangers-associated-with-it/
Diakses pada 22 Oktober 2021

Sharp. https://id.sharp/products/small-home-appliances/23-liter-straight-microwave-oven-r-21d0sin
Diakses pada 22 Oktober 2021

Samsung. https://www.samsung.com/id/microwave-ovens/solo/microwave-oven-solo-me731k/
Diakses pada 22 Oktober 2021

Electrolux. https://www.electrolux.co.id/produk/microwave-oven/emm20m38gw/
Diakses pada 22 Oktober 2021

Aqua. https://aquajapanid.com/product/detail/205/AEM-S2612S
Diakses pada 22 Oktober 2021

Panasonic. https://www.panasonic.com/id/consumer/kitchen-appliances/microwave-ovens/grill/nn-gt65jbtte.html
Diakses pada 22 Oktober 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email