Mom & Baby

Rekomendasi Merek Susu Formula untuk Bayi Alergi Susu Sapi

22 Jun 2021|Nina Hertiwi Putri
Merek susu formula untuk bayi yang alergi susu sapi antara lain Puramino, Neocate, dan Morinaga Chil KidSusu formula untuk bayi yang alergi susu sapi bisa terbuat dari soya ataupun bahan lain

Kalau Si Kecil menunjukkan gejala seperti diare, gatal, hingga sesak napas beberapa hari hingga minggu setelah rutin mengonsumsi susu formula, maka bisa jadi ia mengidap alergi susu sapi. Sebab, susu formula pada bayi umumnya mengandung protein yang ada pada suus sapi.

Bayi bisa mengalami alergi ketika sistem imunnya mengira protein yang masuk dari susu sapi yang dikonsumsi adalah zat berbahaya yang harus dibasmi. Reaksi sistem imun yang berlebihan inilah yang kemudian memicu berbagai gejala alergi.

Untuk mengatasinya, tentu kamu perlu membawa buah hati untuk konsultasi ke dokter. Selain itu, mengganti asupan susu formula bayi menjadi susu antialergi adalah pilihan yang tepat.

Apa tandanya bayi mengalami alergi susu sapi?

Bayi yang mengalami alergi susu sapi bisa mengalami beberapa gejala, seperti:

  • Bentol dan gatal-gatal di kulit
  • Mata berair dan bengkak
  • Diare
  • Muntah
  • Sakit perut
  • Sesak napas
  • Batuk
  • Suara menjadi serak atau sakit tenggorokan

Tidak setiap bayi yang memiliki alergi susu sapi akan mengalami gejala yang sama. Semua tergantung dari reaksi sistem imun tubuh masing-masing orang serta kadar susu sapi yang dikonsumsi.

Alergi susu sapi tidak sama dengan intoleransi laktosa

Banyak orang termasuk kamu mungkin masih mengira kalau intoleransi laktosa dan alergi susu sapi adalah dua hal yang sama.

Memang, keduanya sama-sama membuat tubuh mengeluarkan reaksi tertentu setelah mengonsumsi susu sapi, tapi intoleransi laktosa tidak melibatkan reaksi sistem imun seperti alergi susu sapi.

Intoleransi laktosa terjadi ketika saluran pencernaan bayi tidak bisa mencerna laktosa, sejenis gula yang secara alami terdapat pada susu sapi. Gejala intoleransi laktosa juga terbatas pada gangguan pencernaan seperti diare, muntah, sakit perut, dan penumpukan gas di perut.

Merek susu formula untuk bayi yang alergi susu sapi

Ayah dan Bunda, ini dia beberapa merek susu formula yang bisa dijadikan alternatif pengganti susu biasa untuk Si Kecil yang punya alergi susu sapi.

1

Neocate LCP

Neocate LCP adalah susu formula untuk bayi yang alergi susu sapiNeocate LCP tidak mengandung protein susu sapiCek Sekarang

Neocate LCP adalah susu formula yang khusus dibuat untuk bayi yang memiliki riwayat alergi susu sapi dan bisa diminum anak usia 0-12 bulan.

Meski tidak mengandung protein dari susu sapi, namun susu ini dilengkapi dengan protein dari sumber lain sekaligus multivitamin, mineral, karbohidrat, dan asam amino.

Harga: Rp363.000 (400 gram)

2

Morinaga Chil Kid Soya

Morinaga Chil Kid Soya adalah susu formula untuk bayi yang alergi susu sapiMorinaga Chil Kid Soya terbuat dari kedelaiCek Sekarang

Morinaga Chil Kid Soya adalah susu bebas laktosa untuk anak usia 1-3 tahun yang memilki alergi susu sapi. Susu ini juga bisa diminum anak dengan intoleransi laktosa ataupun galaktosemia.

Dibuat dari Isolat Protein Kedelai berkualitas tinggi, protein Morinaga Chil Kid Soya setara susu sapi.

Tak hanya aman untuk pencernaan, formula Moricare+ Prodiges yang dimiliki Morinaga Chil Kid juga akan mendukung kecerdasan multitelenta, pertahanan tubuh, hingga tumbuh kembang optimal pada anak.

Harga: Rp86.000 (300 gram)

3

Nutricia Bebelove FL

Nutricia Bebelove FL adalah susu formula untuk bayi yang alergi susu sapiNutricia Bebelove FL mengandung DHA dan AACek Sekarang

Nutricia Bebelove FL bisa dikonsumsi bayi berusia 0-12 bulan yang memiliki kondisi tidak bisa mencerna laktosa, baik itu karena alergi ataupun intoleransi.

Susu ini bebas laktosa, namun mengandung DHA dan AA yang baik untuk kesehatan mata, otak, dan jantung bayi.

Harga: Rp113.500 (400 gram)

4

SGM Eksplor Soya Rasa Madu

SGM Eksplor Soya Rasa Madu adalah susu formula untuk bayi yang alergi susu sapiSGM Eksplor Soya Rasa Madu untuk anak usia 1-5 tahun yang alergi susu sapiCek Sekarang

SGM Eksplor Soya Rasa Madu adalah susu untuk anak usia 1-5 tahun yang diformulasikan dengan isolatin protein serta kedelai berkualitas, sehingga dapat menjadi alternatif bagi anak dengan alergi susu sapi.

Formula ComplinutriSoy+ yang dimilikinya membuat susu ini tetap mengandung protein, kalsium, zinc, minyak ikan, omega 3, omega 6, serta berbagai vitamin lain yang baik untuk tumbuh kembang si Kecil.

Harga: Rp65.000 (400 gram)

5

Nutrilon Royal Soya

Nutrilon Royal Soya adalah susu formula untuk bayi yang alergi susu sapiNutrilon Royal Soya mengandung protein kacang kedelai (sumber foto: nutriclub.co.id)

Nutrilon Royal Soya adalah susu formula yang berbasis protein kedelai, sehingga bebas laktosa. Susu ini aman untuk bayi dan anak yang memiliki riwayat alergi susu sapi.

Susu bebas laktosa ini juga mengandung minyak ikan dan IcFOS yang dapat mendukung ketahanan tubuh dan kemampuan berpikir si Kecil.

Nutrilon Royal Soya terdiri dari dua jenis, yakni Nutrilon Royal Soya 3 Acti DuoBio+ untuk anak usia 1-3 tahun dan Nutrilon Royal Soya 4 Acti DuoBio+ bagi Si Kecil berumur 3-6 tahun.

Harga: mulai dari Rp102.000 (400 gram)

6

Nutramigen LGG

Nutramigen LGG adalah susu formula untuk bayi yang alergi susu sapiNutramigen LGG adalah susu dengan formula hipoalergenik (sumber foto: store.enfa.co.id)

Nutramigen LGG dibuat dengan formula hipoalergenik untuk bayi yang memiliki alergi terhadap protein susu sapi. Susu ini mengandung protein terhidralosa ekstensif, tidak mengandung laktosa, serta komponen soya.

Protein terhidralosa ekstensif membuat protein yang ada diubah menjadi molekul yang sangat kecil, sehingga kemungkinannya memicu reaksi alergi lebih kecil.

Namun perlu diingat bahwa pembelian susu ini harus melalui rekomendasi dari dokter.

Harga: Rp383.000 (400 gram)

7

Pregestimil

Pregestimil adalah susu formula untuk bayi yang alergi susu sapiPregestimil bisa diminum olah bayi 0-12 bulan yang alergi susu sapi (sumber foto: store.enfa.co.id)

Pregestimil adalah susu formula hipoalergenik untuk bayi yang memiliki alergi susu sapi dan malabsorbsi lemak. Susu ini bisa diminum oleh bayi berusia 0-12 bulan dan diolah khusu sehingga proteinnya terpecah menjadi molekul-molekul kecil yang mudah diserap tubuh.

Harga: Rp388.400 (400 gram)

8

Morinaga Chil Kid P-HP MoriCare

Morinaga Chil Kid P-HP MoriCare adalah susu formula untuk bayi yang alergi susu sapiMorinaga Chil Kid P-HP MoriCare mengandung nutrisi yang baik untuk perkembangan anak (sumber foto: morinagaplatinum.com)

Morinaga Chil Kid P-HP MoriCare bisa dikonsumsi anak usia 1-3 tahun dan dibuat dengan formula khusus agar aman untuk anak yang memiliki alergi susu sapi.

Susu ini juga mengandung AA, DHA, kolin, omega 3 dan 6, zat besi, hingga vitamin B12 yang baik untuk meningkatkan kecerdasan Si Kecil di masa pertumbuhan emasnya.

Kandungan serat, vitamin A,C, E, dan zinc juga akan memperkuat sistem daya tahan tubuh anak sehingga bisa tumbuh dalam kondisi sehat.

Harga: mulai dari Rp123.000 (400 gram)

9

Isomil Plus Advance Soya

Isomil Plus Advance Soya adalah susu formula untuk bayi yang alergi susu sapiIsomil Plus Advance Soya terbuat dari isolat protein kedelai (sumber foto: abbotfamily.co.id)

Isomil Plus Advance Soya adalah susu pertumbuhan dengan isolat protein kedelai yang bebas laktosa sehingga aman untuk pencernaan anak dengan alergi susu sapi. Susu ini dapat dikonsumsi oleh anak usia 1-10 tahun.

Tambahan kalsium yang ada di dalamnya sangat baik untuk menunjang pertumbuhan tulang dan gigi.

Harga: mulai dari Rp250.000 (850 gram)

10

Puramino

Puramino adalah susu formula untuk bayi yang alergi susu sapiPuramino dilengkapi dengan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan (sumber foto:enfamil.com)

Puramino diperuntukkan untuk bayi yang memiliki riwayat alergi susu sapi. Dilengkapi dengan berbagai nutrisi untuk menunjang pertumbuhan, susu ini akan membantu menutupi kekurangan nutrisi yang terjadi akibat ketidakmampuan bayi mengonsumsi suatu asupan karena alergi.

Harga: mulai dari Rp430.000 (400 gram)

Bayi & MenyusuiAlergi SusuSusu FormulaSusu Kedelai

Enfamil. https://www.enfamil.com/products/puramino-formula/
Diakses pada 17 Juni 2021

Abbot. https://abbottfamily.co.id/produk/isomil-plus-advance
Diakses pada 17 Juni 2021

Enfa. https://www.enfa.co.id/produk/nutramigen-lgg
Diakses pada 17 Juni 2021

Nutri Club.https://www.nutriclub.co.id/9outof10/
Diakses pada 17 Juni 2021

NHS. https://www.nhs.uk/common-health-questions/childrens-health/what-should-i-do-if-i-think-my-baby-is-allergic-or-intolerant-to-cows-milk/
Diakses pada 17 Juni 2021

Kids Health.https://kidshealth.org/en/parents/milk-allergy.html
Diakses pada 17 Juni 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter