Makan Sehat

7 Rekomendasi Merek Mentega Putih yang Bagus dan Berkualitas

14 Jun 2021|Dina Rahmawati
Merek mentega putih yang bagus dapat digunakan untuk membuat biskuit dan rotiMentega putih umumnya terbuat dari lemak nabati

Sebelum memilih merek mentega putih (shortening), kamu harus memahami dulu kegunaannya. Mentega putih adalah mentega yang terbuat dari lemak nabati yang diolah tanpa campuran bahan lain sehingga cenderung berwarna putih. Saat ini, ada banyak merek mentega putih di pasaran yang bisa kamu pilih.

Berbeda dengan mentega kuning yang banyak mengandung garam, mentega putih memiliki rasa yang tawar. Mentega ini biasanya digunakan untuk membuat biskuit, pastry, campuran butter cream, dan roti tawar.

Nutrisi yang terkandung dalam mentega putih

Dalam 100 gram mentega putih terkandung kalori sebesar 884 kkal, lemak jenuh sebesar 91 gram, lemak tak jenuh ganda sebesar 1 gram, dan lemak tak jenuh tunggal sebesar 2,2 gram.

Terkadang, kandungan lemak trans dapat ditemukan pada butter putih ini. Namun, tak sedikit merek mentega putih yang memiliki formula bebas lemak trans dengan menaikkan jumlah lemak jenuh dan tak jenuh di dalamnya. Ada pula sedikit kandungan vitamin K di dalam mentega ini.

Mentega putih bisa ditemukan dengan mudah di berbagai tempat, baik di pasar tradisional, swalayan, maupun toko-toko daring. Ketika memilih mentega putih yang bagus, pastikan kamu membaca informasi nilai gizi pada label kemasan, ya!

Rekomendasi merek mentega putih yang bagus

Berikut adalah sejumlah rekomendasi merek mentega putih yang bagus dan berkualitas.

1

Blue Band Master White Cream Fat

Merek mentega putih Blue Band Master White Cream FatBlue Band Master White Cream Fat mengandung antioksidan BHA dan BHT (sumber foto: Blue Band Official Store)

Blue Band Master White Cream Fat terbuat dari minyak nabati yang mengandung antioksidan berupa BHA dan BHT. Teksturnya lembut dan ringan sehingga cocok diaplikasikan pada kue tart, cupcakes, atau sebagai butter cream untuk topping dan isian.

Merek mentega putih ini juga tidak meninggalkan rasa lengket di lidah lho, lho! Warna putih cerahnya bisa mudah dicampur dengan bahan lain, seperti pewarna makanan atau cokelat cair. Mentega putih Blue Band kemasan box 15 kg dibanderol dengan harga Rp421.300.

2

Palmia Shortening Putih

Merek mentega putih Palmia Shortening PutihPalmia Shortening Putih memiliki tekstur yang creamy (sumber foto: tobaku_online store)

Palmia Shortening Putih dibuat dari 100 persen lemak nabati, hewani, ataupun campuran keduanya yang telah dimurnikan. Mentega putih Palmia yang memiliki tekstur creamy dan lembut ini juga tidak berbau.

Kamu bisa menggunakannya untuk membuat roti yang empuk, biskuit, krim isian, dan lainnya. Karena kandungan 100 persen lemaknya, mentega putih yang bagus dari Palmia ini juga dapat digunakan untuk menggoreng. Harga Palmia Shortening Putih ukuran box 15 kg adalah sekitar Rp350.000.

3

Crisco All-Vegetable Shortening

Merek mentega putih Crisco All-Vegetable ShorteningCrisco All-Vegetable Shortening cocok digunakan untuk membuat roti (sumber foto: crisco.com)

Crisco All-Vegetable Shortening dihasilkan dari minyak kelapa, minyak sawit, mono dan digliserida, serta asam sitrat (antioksidan). Merek mentega putih ini tidak mengandung lemak trans dan lemak jenuhnya lebih sedikit.

Kandungan lemak jenuh mentega putih Crisco hanya sekitar 3,5 gram saja per sendok makan, sedangkan mentega biasa mengandung 7 gram lemak jenuh. Di dalamnya juga terkandung sumber asam lemak ALA Omega-3 yang baik bagi tubuh.

Mentega putih bebas gluten ini bisa digunakan untuk membuat roti atau menggoreng. Jika tertarik menggunakan Crisco All-Vegetable Shortening, kamu harus merogoh kocek sekitar Rp109.000 untuk ukuran 453 gram.

4

Amanda Baker’s Fat

Merek mentega putih Amanda Baker’s FatAmanda Baker’s Fat memiliki tekstur yang ringan (sumber foto: halusciptanadi.co.id)

Amanda Baker’s Fat terbuat dari lemak nabati berkualitas yang diproduksi secara higienis. Teksturnya pun ringan dan tidak meninggalkan sensasi lengket di lidah. Mentega putih yang bagus ini bisa digunakan untuk membuat roti, biskuit, dan butter cream.

Selain itu, Amanda Baker’s Fat dapat memaksimalkan adonan kue menjadi lebih lembut dan adonan cookies menjadi lebih renyah. Harga merek mentega putih yang bagus ini pun cukup terjangkau dibandingkan produk lainnya, yaitu sekitar Rp282.000 (ukuran box 15 kg).

5

Filma Baker’s Cream Fat

Merek mentega putih Filma Baker’s Cream FatFilma Baker’s Cream Fat bebas lemak trans (sumber foto: filmapro.co.id)

Filma Baker’s Cream Fat dihasilkan dari minyak nabati pilihan yang telah murnikan dan dihilangkan baunya. Minyak nabati ini juga bebas lemak trans dan mengandung antioksidan alami tocopherol (vitamin E).

Mentega putih dari Filma memiliki daya kental yang sangat baik dan titik leleh yang rendah sehingga cocok untuk pembuatan krim pengisi biskuit dan wafer atau krim hiasan kue. 

Filma Baker’s Cream Fat juga memiliki aroma vanila yang wangi. Merek mentega putih ini dibanderol dengan harga Rp287.500 untuk ukuran box 15 kg.

6

Menara Shortening Baker’s Fat Spc

Merek mentega putih Menara Shortening Baker’s Fat SpcMenara Shortening Baker’s Fat Spc tidak mengandung garam dan tambahan rasa (sumber foto: smartpluspro.com)

Menara Shortening Baker’s Fat Spc merupakan mentega putih ekonomis dengan tambahan minyak lauric. Daya kembang yang baik membuat merek mentega putih ini cocok digunakan untuk adonan biskuit dan roti tawar, krim isian, dan hiasan kue.

Menara Shortening Baker’s Fat Spc tidak mengandung garam dan tambahan rasa sehingga rasanya tawar. Daya simpan mentega putih ini pun cukup lama hingga 12 bulan. 

Untuk membawa pulang merek mentega putih yang bagus ini, kamu harus menyiapkan dana sebesar Rp266.000 (ukuran box 15 kg).

7

Spectrum Organic All Vegetable Shortening

Merek mentega putih Spectrum Organic All Vegetable ShorteningSpectrum Organic All Vegetable Shortening terbuat dari minyak sawit organik (sumber foto: spectrumorganics.com)

Spectrum Organic All Vegetable Shortening memiliki tekstur creamy dan terbuat dari minyak sawit organik. Merek mentega putih ini tidak mengandung susu, gula, dan lemak trans sehingga bisa digunakan untuk menggoreng, memasak, dan memanggang.

Spectrum Organic All Vegetable Shortening juga memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Jika kamu tertarik mencoba merek mentega putih ini, siapkan uang sekitar Rp189.000 untuk ukuran 680 gram.

Makanan SehatMakanan Mengandung Omega 3

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/shortening#TOC_TITLE_HDR_4
Diakses pada 14 Juni 2021

UII. https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/11161/05.2%20bab%202.pdf?sequence=6&isAllowed=y
Diakses pada 14 Juni 2021

Kumparan. https://kumparan.com/kumparanfood/butter-mentega-and-shortening-mana-yang-paling-menyehatkan/full
Diakses pada 14 Juni 2021

Crisco. https://crisco.com/product/all-vegetable-shortening/
Diakses pada 14 Juni 2021

Filmapro. https://filmapro.co.id/material/filma-bakers-cream-fat-1
Diakses pada 14 Juni 2021

Smartplus Pro. https://smartpluspro.com/products-detail/menara-bakers-fat-spc-1
Diakses pada 14 Juni 2021

Spectrum Organics. http://www.spectrumorganics.com/product/organic-all-vegetable-shortening/
Diakses pada 14 Juni 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter