Mom & Baby

7 Rekomendasi Matras Bayi yang Aman dan Menggemaskan

12 May 2021|Dina Rahmawati
Matras bayi dapat membantu si kecil merangkak dan bermain dengan amanPilih matras bayi yang aman dan nyaman untuk si kecil

Ketika si kecil mulai belajar duduk atau merangkak, kamu dapat menggunakan matras bayi untuk mendukung perkembangannya. Dibandingkan kasur biasa, matras umumnya lebih padat sehingga bayi tidak mudah terguling saat duduk atau merangkak. 

Bayi juga bisa tengkurap atau tidur di matras tersebut. Selain di kamar, kamu bisa menggunakan matras bayi di ruang keluarga sehingga memberikan kamu kemudahan dalam mengasuh si kecil. Nah, saat memilih matras bayi merangkak, penting untuk memerhatikan keamanannya.

Rekomendasi matras bayi

Untuk membantumu memilih matras yang tepat, berikut adalah rekomendasi matras bayi dari SehatQ yang bisa kamu pertimbangkan.

1

Toylogy Matras Bayi Edukasi Playmat

Rekomendasi matras bayi: Toylogy Matras Bayi Edukasi PlaymatToylogy Matras Bayi Edukasi Playmat terbuat dari bahan eva sponge (sumber foto: Toylogy Official Store)

Dalam masa merangkak, bayi bisa terjatuh atau terbentur. Namun, kamu tak perlu khawatir karena Toylogy Matras Bayi Edukasi Playmat dapat meminimalisir risiko tersebut dan aman karena telah memenuhi SNI. 

Matras bayi ini memiliki bantalan yang cukup empuk dan terbuat dari bahan eva sponge terbaik yang ringan, elastis, tidak mudah rusak, tahan lama, hingga mudah dibersihkan. 

Selain itu, Toylogy Matras Bayi Edukasi Playmat terdiri dari delapan bagian yang mudah dibongkar pasang. Matras mainan bayi ini juga memiliki tampilan warna-warni dengan gambar yang menarik. Harganya cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp59.900 saja.

2

Playgro Party In The Park Super Mat

Rekomendasi matras bayi: Playgro Party In The Park Super MatPlaygro Party In The Park Super Mat dilapisi dengan kain lembut (sumber foto: playgro.com)

Matras bayi dari Playgro ini berukuran besar yang memungkinkan bayi untuk merangkak dan berguling dengan lebih leluasa. Matras ini juga dilapisi dengan kain lembut yang dapat mengembangkan sentuhan bayi.

Playgro Party In The Park Super Mat didesain dengan berbagai karakter hewan dan warna yang cerah untuk merangsang visual bayi dan mendorong imajinasi kognitifnya. Selain itu, ada pula cermin plastik yang membuat si kecil bisa melihat pantulan dirinya. 

Harga matras bayi merangkak dibanderol dengan nominal Rp559.000.

3

Pumpee Polyester Play Mat With Music

Rekomendasi matras bayi: Pumpee Polyester Play Mat With MusicPumpee Polyester Play Mat With Music dilengkapi dengan mainan dan musik (sumber foto: Pumpee Official Store)

Pumpee Polyester Play Mat With Music  dirancang sebagai tempat bermain si kecil dengan karakter singa yang menggemaskan. 

Matras bayi ini memiliki bantalan yang empuk dan dilengkapi dengan mainan lembut yang berguna untuk melatih gerak motorik bayi. Uniknya, terdapat musik yang dapat menenangkan si kecil jika sedang rewel. 

Matras kasur bayi dari Pumpee ini dibanderol dengan harga Rp599.900.

4

Dwinguler Play Mat Motif Dinoland

Rekomendasi matras bayi: Dwinguler Play Mat Motif DinolandDwinguler Play Mat Motif Dinoland memiliki dua sisi bergambar (sumber foto: Dwinguler Official Store)

Dwinguler Play Mat Motif Diamond diproduksi dengan bahan bebas racun dan berkualitas tinggi yang ramah lingkungan. Matras ini dilengkapi dengan desain bergambar dinosaurus dan abjad pada kedua sisi dengan warna yang cerah sehingga bisa menarik perhatian si kecil

Matras bayi ini memiliki permukaan anti-slip dan lapisan busa ganda yang dapat melindungi si kecil dari gesekan atau terjatuh. Sehingga, kamu pun tak perlu khawatir saat bayi merangkak. 

Kamu harus menyiapkan dana yang cukup besar untuk mendapatkan matras bayi merangkak ini, yakni sekitar Rp1.750.000.

5

Parklon Baby Angels Roll Zoo Road + Alphabet

Rekomendasi matras bayi: Parklon Baby Angels Roll Zoo Road + AlphabetParklon Baby Angels Roll Zoo Road + Alphabet bebas dari BPA (sumber foto: Parklon Official Store)

Parklon Baby Angels Roll Zoo Road + Alphabet dibuat dari bahan XPE busa berkualitas premium sehingga nyaman untuk bayi. Ukurannya juga besar sekitar 180x150 cm sehingga bisa membuat si kecil bermain atau bersantai dengan leluasa.

Matras bayi ini terjamin keamanannya dan bebas dari BPA, SGS, serta tidak mengandung phthalate, formaldehyde, maupun logam berbahaya lainnya. Selain itu, matras ini juga hypoallergenic (tidak menimbulkan energi) dan tidak beracun. 

Parklon Baby Angels Roll Zoo Road + Alphabet memiliki motif hewan di kebun binatang dan alfabet yang bisa membuat si kecil belajar. Jika kamu tertarik membelinya, kamu harus merogoh kocek sekitar Rp464.000.

6

Skip Hop Doubleplay Reversible Play Mat

Rekomendasi matras bayi: Skip Hop Doubleplay Reversible Play MatSkip Hop Doubleplay Reversible Play Mat memiliki busa yang empuk (sumber foto: skiphop.com)

Skip Hop Doubleplay Reversible Play Mat tergolong aman untuk si kecil karena bebas bahan kimia berbahaya, seperti polyvinyl chloride dan phthalate. Di dalamnya terdapat busa yang empuk untuk bayi duduk atau merangkak saat bermain. 

Matras bayi ini juga tahan air dan mudah dibersihkan. Kedua sisinya memiliki pola berwarna dan gambar yang dapat disenangi si kecil. 

Skip Hop Doubleplay Reversible Play Mat dibanderol dengan harga yang relatif tinggi, yakni sekitar Rp1.999.000.

7

Dr. Bebe Baby Play Mat

Rekomendasi matras bayi: Dr. Bebe Baby Play MatDr. Bebe Baby Play Mat berbentuk bulat yang menggemaskan (sumber foto: drbebe.co.id)

Berbeda dengan matras bayi umumnya yang berbentuk persegi panjang, Dr. Bebe Baby Play Mat berbentuk lingkaran dengan diameter 126 cm. Matras bayi ini didesain dua sisi menggunakan kain katun seersucker yang tipis dan ringan dan dikombinasikan dengan kain boa pure color.

Matras bayi ini memiliki motif karakter yang unik untuk menambah imajinasi si kecil. Ada pula fitur resleting pada bagian bawah sehingga memudahkan saat dicuci. Untuk mendapatkan , Dr. Bebe Baby Play Mat, kamu harus menyiapkan dana sekitar Rp259.000.

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Bayi & MenyusuiTumbuh Kembang BayiPerkembangan Bayi

Playgro. https://playgro.com/product/party-in-the-park-super-mat/
Diakses pada 08 Mei 2021

Dwinguler. http://dwinguler.com/default/sub2/dwinguler_playmat.php
Diakses pada 08 Mei 2021

Skip Hop. https://www.skiphop.com/skiphop-playtime-baby-activities/V_243103.html
Diakses pada 08 Mei 2021

Dr Bebe. https://drbebe.co.id/product/98/baby-play-mat---moonstar-blue
Diakses pada 08 Mei 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter