Beauty & Skincare

Rekomendasi Masker Wajah untuk Hilangkan Bruntusan di Kulit

20 Apr 2021|Nurul Rafiqua
Rekomendasi masker untuk beruntusan terbaik versi SehatQBruntusan bikin jengkel? masker wajah untuk bruntusan bisa jadi solusinya

Bruntusan kerap menjadi penghalang kulit mulus nan glowing. Masalahnya, bruntusan sering kali menjadikan tekstur kulit menjadi tidak rata, gatal dan berubah menjadi kemerahan.

Bruntusan sebenarnya adalah istilah umum untuk menggambarkan benjolan atau tonjolan kecil yang muncul di bawah kulit. Bentuk dari bruntusan itu sendiri bisa sangat beragam, tergantung penyebabnya.

Umumnya, bruntusan yang kita sering temui adalah salah satu jenis jerawat yang disebut juga sebagai closed comedones alias whitehead. Tipe jerawat seperti ini terasa kasar ketika diraba, permukaannya tertutup, dan terlihat seperti biang keringat yang berwarna putih atau senada dengan kulit.

Penyebab lainnya dari bruntusan bisa karena dermatitis, biang keringat, alergi atau bahkan infeksi jamur. Bruntusan ini bisa menyerang kulit pada berbagai anggota tubuh, tapi paling sering muncul di kulit dahi atau jidat serta di bagian pipi.

Cara menghilangkan bruntusan di dahi ataupun area kulit lainnya sebenarnya cukup mudah. Ada beragam cara untuk menghilangkan bruntusan, dari yang alami hingga menggunakan produk perawatan kulit khusus.

Salah satu langkah mengatasi bruntusan yang kini tengah populer, adalah dengan menggunakan masker wajah. Berbagai masker wajah untuk kulit bruntusan hadir dalam berbagai varian dari yang krim, gel, clay hingga serbuk.

Untuk memilih masker penghilang bruntusan yang bagus dan cocok untuk kebutuhan kulit kamu, simak ulasan berikut yuk.

1

Innisfree super volcanic pore clay mask 2x

Rekomendasi Masker Bruntusan: Innisfree super volcanic pore clay mask 2xInnisfree super volcanic pore clay mask 2x (sumber: innisfree.com)

Masker wajah dari Innisfree ini adalah clay mask dengan kandungan khusus yang telah dipatenkan, bernama Jeju Volcanic Cluster Sphere. Zat ini diklaim memiliki daya serap sebum (zat minyak) dua kali lebih kuat sehingga dapat merawat pori-pori kulit secara intensif.

Selain bermanfaat untuk mengencangkan pori-pori dan mengontrol sebum, masker ini juga dapat membersihkan keratin dan debu halus yang bisa menyumbat pori. Karena salah satu penyebab bruntusan adalah pori-pori yang tersumbat, Innisfree Clay Mask ini sangat bisa diandalkan sebagai masker untuk kulit bruntusan. 

Tekstur dari masker ini khas clay mask yang terasa seperti tanah liat, persis seperti krim padat tapi lentur. Dibandingkan produk clay mask dari merek lain, tekstur clay Innisfree ini sebenarnya tidak terlalu tebal dan sangat mudah dibaurkan di kulit wajah.

Saat menyentuh wajah, cooling effect dari masker ini sangat terasa, wajah seketika jadi segar. Aroma yang dihasilkan seperti bau tanah liat yang samar-samar tercium. Setelah 10-15 menit, masker ini dapat dibilas dengan air. Untuk efek yang lebih menenangkan, gunakan air hangat. Masker ini juga tidak membuat kulit lengket atau licin sehingga tidak membutuhkan waktu lama sampai benar-benar bersih dari kulit.

Jujur saja, berdasarkan pengalaman tim SehatQ sendiri, masker ini benar-benar memberikan efek, terutama pada pemilik kulit berminyak. Jika menggunakan masker ini di malam hari saat kulit sedang berjerawat, keesokan harinya jerawat tersebut langsung kering. Dalam waktu seminggu, bruntusan yang ada juga jauh lebih berkurang.

Namun, perlu diperhatikan apabila terdapat luka pada kulit ataupun sedang mengalami eksim atau alergi. Pada sejumlah kondisi tersebut, jangan dulu gunakan produk ini untuk menghindari komplikasi.

Dari segi kemasan, Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask tersedia dalam bentuk jar berwarna cokelat yang terkesan simple dan classy. Satu hal yang disayangkan, tidak terdapat spatula khusus yang disediakan di kemasannya. Jadi kita harus lebih berhati-hati dalam penggunaan dan penyimpanannya agar tidak mudah terkontaminasi. Pilihan lainnya adalah dengan membeli spatula sendiri.

Harga produk: Rp190.000

2

Emina Green Tea Latte Face Mask

Rekomendasi Masker Bruntusan: Emina Green Tea Latte Face MaskEmina Green Tea Latte Face Mask (sumber: eminacosmetics.com)

Emina Green Tea Latte Face Mask adalah masker wajah berbentuk gel yang terbuat dari ekstrak teh hijau dan susu.

Teh hijau yang mengandung senyawa polifenol epigallocatechin gallate (EGCG) dikenal mampu menghilangkan bruntusan di dahi dan mengatasi kulit yang berminyak. Sementara itu, ekstrak susu dan kombinasi dari berbagai kandungan lain di dalamnya bekerja untuk memberikan sensasi kulit yang lebih halus, elastis dan segar.

Dari segi tekstur, masker ini berbentuk gel yang thick tapi tetap terasa lembut seperti losion. Warna gelnya yang berwarna hijau muda dilengkapi dengan hint aroma matcha. Wanginya lumayan calming dan tidak begitu menyengat.

Setelah dibaurkan di seluruh kulit muka, masker harus didiamkan selama kurang lebih 15 menit. Masker ini berjenis wash off yang berarti tidak bisa mengering sendiri dan harus dibilas. Ketika terkena air, muka langsung terasa licin dan lengket, sehingga membutuhkan waktu dan air yang cukup banyak untuk membasuhnya.

Tidak seperti masker wash off yang biasanya memberikan kesan bersih dan kesat pada wajah, masker green tea Emina ini justru membuat kulit jadi lembap. Sementara untuk efek pada bruntusan, dibutuhkan waktu kurang lebih dua minggu untuk melihat hasilnya, dan pada beberapa orang, mungkin bisa lebih lama. Sebagai catatan, produknya harus dipakai dengan rutin, ya!

Untuk packaging-nya, masker ini dikemas dalam tube dengan tutup flip yang kokoh. Jadi, isi di dalamnya aman terjaga, tidak perlu takut bocor. Selain itu, masker di dalamnya juga bisa lebih higienis karena terjaga dari kontak yang tidak perlu, baik dari tangan ataupun udara di sekitar.

Hadir dalam kemasan 60 ml Emina Green Tea Latte Face Mask dibanderol di harga Rp31.000

3

The Body Shop Tea Tree Peel Off Mask

Rekomendasi Masker Bruntusan: The Body Shop Tea Tree Peel Off MaskThe Body Shop Tea Tree Peel Off Mask (sumber: thebodyshop.co.id)

Berbeda dari dua produk sebelumnya yang mesti dibilas, masker wajah dari The Body Shop ini merupakan masker peel off yang cukup dikelupaskan saja. Masker ini memiliki kandungan aktif tea tree oil yang dapat membantu membersihkan kulit dari kotoran dan minyak berlebih, menghaluskan pori-pori, dan mengurangi komedo.

Telah lama diketahui bahwa tea tree oil berkhasiat untuk mengurangi peradangan serta berperan sebagai anti mikroba. Di samping itu, tea tree juga dapat membantu mengurangi produksi minyak. Kombinasi dari berbagai fungsi tersebut dapat menangkis jerawat maupun bruntusan.

Peel off mask dari Body Shop ini dikemas dalam kapsul sekali pakai dengan bentuk seperti mangkok berukuran sedang. Isi di dalamnya berbentuk serbuk berwarna hijau pudar yang harus dicampur terlebih dahulu dengan air. Setelah diaduk merata, masker harus cepat-cepat dioleskan ke seluruh wajah dan leher, karena “adonan” masker ini lumayan cepat mengering.

Memang sih, agak ribet karena harus meraciknya terlebih dahulu. Namun di sisi lain, masker ini berarti sangat higienis dan traveling friendly. Dari segi tekstur, serbuk masker akan berubah-ubah konsistensinya. Pertama setelah ditambah air, bubuknya akan jadi pasta creamy dan mengental seperti clay. Saat sudah mengeras di wajah, sekitar 10 menit kemudian, teksturnya berubah menjadi seperti jelly. Sebenarnya, proses pengaplikasiannya malah sangat seru.

Setelah 15 menit dari pertama dioleskan, masker sudah bisa dikelupas. Jika dirasa masih ada sisa masker yang tertinggal, basuh wajah hingga bersih. Begitu masker terlepas, sensasi fresh dan menenangkan langsung merayap ke kulit.

Membahas efeknya pada jerawat, masker ini cukup berefek pada jerawat yang belum meradang atau memerah. Jerawat bisa langsung kempes dan kering. Namun perlu kamu ketahui juga, bahwa untuk jerawat yang meradang atau sudah bernanah, masker peel off tidak boleh dipakai karena bisa memperparah peradangan.

Sebaliknya, untuk jenis jerawat yang tertutup kulit seperti bruntusan atau komedo, masker ini berfungsi sangat efektif. Pasalnya, masker peel off memang berfungsi untuk menarik sel kulit mati dan juga komedo yang menempel di kulit.

Dari sekian banyak kelebihan masker ini, kekurangannya adalah harganya yang lumayan pricey. Satu kapsul Tea Tree Peel Off Mask ini berkisar di harga Rp99.000 untuk sekali pakai. Meski begitu, serbuk di dalamnya sebenarnya cukup banyak dan dapat digunakan hingga 2-3kali. Namun jika ingin membaginya, kamu harus pandai-pandai menyiasatinya agar serbuk masker tidak ikut menggumpal atau rusak ketika disimpan saat segel telah terbuka.

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Kulit BerminyakJerawatKomedoKomedo PutihMasker Wajah

Emina Cosmetics. https://www.eminacosmetics.com/emina-green-tea-latte-face-mask-60-ml-id
Diakses pada 19 April 2021

Innisfree. https://www.innisfree.com/id/id/product/productView.do?prdSeq=26236
Diakses pada 19 April 2021

The Body Shop. https://www.thebodyshop.co.id/tea-tree-peel-off-mask-10g-087.html#
Diakses pada 19 April 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter