Lifestyle

Rekomendasi Masker Kain yang Bagus untuk Lindungi Tubuh dari Penyakit

10 Mar 2021|Nurul Rafiqua
Rekomendasi masker kain yang bagus, dari merek apa saja?Saat ini, masker kain hadir dalam beragam jenis dengan fungsi yang semakin disempurnakan

Masker kain di era pandemi adalah benda yang wajib ada saat bepergian. Ibaratnya, lebih baik ketinggalan dompet daripada masker. Karena itu, kebutuhan masker kain di pasaran pun semakin meningkat.

Awalnya, masker kain disarankan untuk digunakan sebagai alternatif dari masker medis guna menghindari kelangkaan. Memang sih, jika dibandingkan masker medis, kemampuan masker kain cukup terbatas dalam melindungi hidung dan mulut dari paparan virus dan bakteri.

Namun, seiring waktu, para produsen masker kain pun kian menyempurnakan fungsinya dengan inovasi desain dan teknologi. Apalagi, Badan Standardisasi Nasional (BSN) baru saja menetapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) terkait masker kain.

Kriteria standar mutu masker kain yang disarankan SNI, di antaranya adalah:

  • Minimal terdiri dari dua lapis kain yang dibuat terpisah atau menyatu dengan teknik tertentu.
  • Bahan masker kain memiliki kerapatan, jenis serat dan anyaman dengan daya filtrasi yang efisien. Efisiensi filtrasi partikel dan bakteri yang dinilai baik yakni dengan nilai minimum 60%.
  • Memiliki daya serap sebesar ≤ 60 detik.
  • Dapat dicuci beberapa kali.
  • Tidak luntur saat dicuci atau ketika terkena keringat dan ludah.
  • Pengemasan harus per unit dan dibungkus plastik.
  • Bebas kadar formaldehida hingga 75mg/kg.

Setelah mengetahui berbagai kriteria di atas, sudahkah masker kain yang kamu miliki sesuai dengan standar tersebut? Jika kamu berniat membeli masker kain yang baru, berikut ini SehatQ rangkum rekomendasi masker kain yang bagus untuk kamu miliki.

1

Masker Kain OneCare (3ply)

Rekomendasi Masker Kain: Masker Kain OneCare (3ply)Masker Kain OneCare (3ply)

Masker kain Onecare adalah masker yang terbuat dari 3 lapisan. Terdiri dari lapisan luar dari katun combat yang lebih tebal, lapisan dalam berupa filter carbon yang dapat menyaring bakteri dan virus lalu satu lapisan dari bahan katun yang lebih halus untuk bagian dalam masker.

Di bagian luar kemasan masker kain ini jelas terpampang logo SNI, yang berarti masker ini sudah diuji sesuai standar mutunya. Memang setelah dicoba digunakan, masker ini terasa nyaman, tidak membuat sesak karena bahannya yang breathable. Jahitannya juga rapi dan melekat dengan pas di wajah.

Hal yang paling SehatQ suka adalah bagian tali pengaitnya terbuat dari kain dengan fungsi yang fleksibel karena dapat digunakan sebagai earloop mau pun headloop. Ada bagian pengait untuk telinga khas masker earloop yang tersambung dengan tali memanjang agar dapat diikat ke bagian belakang kepala. Jadi masker tidak akan gampang terlepas dan juga cocok untuk dikenakan oleh kamu yang berhijab.

Karena masker ini ditujukan untuk digunakan berulang kali, tali dari kain ini sangat sesuai dengan fungsinya. Kamu tidak akan menemukan masalah di mana tali akan melar sehabis dicuci, berbeda dengan tali yang terbuat dari karet.

Satu hal yang mungkin disayangkan, yaitu kain masker dibuat dengan warna yang sama untuk bagian depan dan belakang. Meski teksturnya berbeda, namun cukup sulit untuk membedakannya.

Kamu bisa membeli Masker Kain OneCare dengan harga mulai dari Rp12.000/pcs.

2

Masker Kain Sritex

Rekomendasi Masker Kain: Masker Kain SritexMasker Kain Sritex (Sumber: Sritex.co.id)

Sritex adalah salah satu produsen kain terkemuka yang gercep menanggapi kebutuhan pasar akan masker kain. Masker kain sritex ini merupakan masker antimikroba yang tahan air. Jadi kita tidak perlu khawatir apabila terkena hujan atau saat muka sedang berkeringat.

Masker ini terdiri dari 2 lapisan kain yang terdiri dari 100% katun di bagian luarnya dan katun rajut halus di bagian dalamnya. Harganya yang murah menjadi keunggulan dari produk ini.

Rasanya memang enak dikenakan di berbagai bentuk muka. Ditambah lagi bagian pengaitnya yang berbahan karet membuat masker ini sangat fit in ketika digunakan. Dari segi keawetannya, masker ini hanya disarankan untuk digunakan berulang kali setelah dicuci hingga 10 kali, agar penggunaannya tetap optimal.

Seperti halnya masker kain lainnya, kekurangan dari masker ini adalah bagian depan belakangnya kurang ketara karena sama-sama berwarna putih. Untuk menyiasatinya, terdapat jahitan benang berwarna merah di ujung masker yang berfungsi untuk membedakan dua sisi masker.

Berdasarkan penggunaan pribadi SehatQ, kain putih dari Sritex ini lumayan mudah menjadi kusam ketika sudah digunakan dan dicuci berkali-kali. Tapi menurut petunjuk penggunaannya, kain ini masih aman apabila direndam di cairan pemutih agar kain putihnya tetap kinclong.  

Harga produk: mulai dari Rp5.500.

3

AsmaraKu Masker Kain

Rekomendasi Masker Kain: AsmaraKu Masker KainAsmaraKu Masker KainCek Sekarang

Jika kamu termasuk orang yang suka dengan masker kain yang simple namun tetap terlihat manis, AsmaraKu Masker Kain ini dapat menjadi pilihan. Masker ini hadir dengan tiga warna earth tone yang terdiri dari warna coklat muda, biru dan coklat tua.

Selain fungsinya yang dapat mencegah debu dan droplet masuk ke mulu atau hidung, kelebihan lainnya dari masker ini terletak di bahan kainnya. Bahan kain yang digunakan pada masker ini sangat lembut dan tidak akan mengganggu kenyamanan saat bernafas.

Meski sudah digunakan cukup lama sembari beraktifitas, kain lembutnya tidak menimbulkan iritasi. Cocok untuk kamu yang memiliki kulit sensitif. Hanya saja memang setelah beberapa saat, mungkin sekitar 2 jam pemakaian, rasa panas cukup terasa ketika memakai masker ini.

Masker ini dapat kembali digunakan dan tidak akan luntur meski sudah dicuci berulang kali.

Harga produk: Rp7.900.

4

Staycool 3 Ply Mask Valve

 

Rekomendasi Masker Kain: Staycool 3 Ply Mask ValveStaycool 3 Ply Mask Valve (sumber: staycoolsocks.com)

Nah, kalau masker yang satu ini memberikan kesann masker untuk anak muda yang stylish dengan desain masker yang kokoh dihiasi berbagai motif. Staycool 3 Ply Mask Valve adalah masker antibakteri yang terdiri dari tiga lapis dan dilengkapi dengan valve atau katup yang berfungsi untuk mengontrol aliran udara. Jadi kamu bisa bernafas tanpa engap dengan masker ini.

Mungkin karena adanya valve tersebut, masker ini bahkan tidak meninggalkan uap ketika dipakai oleh orang yang berkacamata lho. Selain aliran udara yang terjaga dengan baik, pola masker kain dari merek Staycool ini memang jadi keunggulannya.

Kamu bisa menemukan banyak sekali desain yang cocok dengan kepribadian kamu. Staycool menyediakan desain untuk wanita, pria mau pun anak-anak. Bahannya dibuat dengan kain yang mudah menyerap keringat dan skin friendly yang berarti sangat lembut di kulit tanpa meninggalkan risiko iritasi.

Rata-rata masker dari Staycool ini juga memiliki bagian depan dan belakang dengan warna yang berbeda, jadi kamu tidak perlu bingung lagi. Selain itu tersedia pula berbagai jenis tali pengait yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Harga produk: Rp89.000.

5

Uniqlo AIRism Masker

Rekomendasi Masker Kain: Uniqlo AIRism MaskerUniqlo AIRism Masker (sumber: uniqlo.com)

Uniqlo, yakni merek fashion dari Jepang yang terkenal dengan produk AIRism-nya kini merambah ke area masker kain. Uniqlo AIRism Masker adalah masker dengan 3 lapisan yang masing-masing lapisannya memliki kelebihan tersendiri.

Lapisan pertama terdiri dari kain berpori halus yang memiliki sirkulasi udara yang tinggi. Lapisan kedua diisi dengan bahan khusus yang dapat menghalangi 99% partikel seperti bakteri dan debu. Lalu, lapisan ketiga adalah lapisan yang sama seperti lapisan pertama, yakni AIRism mesh agar lajur pernapasan tetap lancar.

Hal yang paling SehatQ sukai dari produk ini adalah desainnya yang minimalis namun tetap terkesan elegan. Terlebih, produk ini memiliki pilihan ukuran yang terdiri dari S, M dan L. Jadi masker ini dapat melekat dengan sempurna sesuai dengan ukuran muka kamu. Masker ini tersedia dalam tiga warna basic yaitu putih, abu dan hitam

Dalam hal penggunaannya, Uniqlo AIRism Masker memang sangat nyaman meski digunakan selama waktu maksimal dari masker kain, yakni 4 jam lamanya. Bentuknya tetap seperti semula walau dipakai di kegiatan yang membutuhkan banyak gerakan, seperti saat berolahraga.

Rasa gerah hanya terasa sedikit ketika cuaca di luar sedang panas, namun jika kamu mengenakannya ketika suhu dingin, masker ini sangat bisa diandalkan. Kainnya yang tahan air juga dapat menahan keringat kamu agar tidak meleber ke masker.

Harga produk: Rp149.000.

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Hidup Sehat
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter